Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | 10 Poin Penting untuk Membuat Rencana Pengembangan Aplikasi yang Sukses
Sebelum melakukan pengembangan aplikasi ada beberapa point penting yang harus diperhatikan. Berikut 10 poin penting untuk membuat rencana pengembangan aplikasi yang sukses.
20803
post-template-default,single,single-post,postid-20803,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
pengembangan aplikasi

10 Poin Penting untuk Membuat Rencana Pengembangan Aplikasi yang Sukses

Dewasa ini ada banyak sekali perusahaan yang sudah menggunakan pengembangan aplikasi sebagai media untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih baik. Dalam beberapa kurun waktu terakhir ini banyak perusahaan yang mulai mengembangkan aplikasi dengan kemampuan tertentu. Pengembangan ini menjadi salah satu upaya guna untuk memecahkan masalah yang mungkin dihadapi perusahaan.

Di lain sisi perusahaan mulai mengembangkan aplikasi tertentu sebagai bagian dari strategi bisnis untuk menghadapi persaingan global yang ada. Selain itu aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan tertentu biasanya terkait memiliki fungsi untuk promosi juga. Kemudian memiliki fungsi untuk menarik pelanggan baru atau meningkatkan pengalaman pengguna.

Ada banyak sekali manajer dan perwakilan perusahaan tertentu yang ingin memulai untuk mengembangkan bisnis dengan cara mengembangkan aplikasi. Aplikasi yang baik akan mampu menjadi salah satu pemecah masalah manajemen didalam perusahaan. Namun sebelum ingin mengembangkan aplikasi untuk perusahaan ada banyak point dan pertimbangan yang harus diperhatikan.

Termasuk keperluan dan fungsi aplikasi yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, kemudian bisa juga mengenai budget tertentu. Selain itu yang perlu diperhatikan dari pengadaan suatu aplikasi adalah darimana penyedia aplikasi itu sendiri. Oleh sebab itu dalam artikel dan ulasan ini akan dibahas mengenai 10 poin penting untuk membuat rencana pengembangan aplikasi yang sukses.

Melakukan Perencanaan dan Memahami Kebutuhan Perusahaan

 
 

Sebelum menuju pembahasan mengenai 10 poin penting untuk membuat rencana pengembangan aplikasi yang sukses ada hal yang perlu diperhatikan. Hal mendasar yang paling wajib untuk diperhatikan adalah dengan melakukan perencanaan dasar dan memahami kebutuhan perusahaan. Hal ini menjadi hal yang paling mendasar dan wajib diperhatikan mengingat ada banyak sekali aplikasi yang beredar.

Banyaknya aplikasi yang beredar ini, belum tentu cocok dan mampu menjadi pemecah masalah dalam kebutuhan perusahaan. Oleh sebab itu lakukan perencanaan dan pemetaan kebutuhan terhadap apa saja yang dibutuhkan dan diharapkan oleh perusahaan. Jangan sampai pengadaan aplikasi yang diharapkan mampu menjadi solusi malah tidak banyak membantu apapun.

Setelah melakukan perencanaan dan memahami kebutuhan perusahaan maka selanjutnya bisa mulai beranjak pada point penting lainnya. Lakukan pendataan kebutuhan dan pemetaan fungsi yang diharapkan sebelum beranjak pada point berikut. Apa saja point penting tersebut? Akan dibahas dalam uraian lanjutan lainnya, sebagai berikut.

Artikel Terkait  Panduan Lengkap untuk Pemasaran Aplikasi -Basics, Flow, Studi Kasus Terbaru Pengembangan Aplikasi-

Berikut 10 Poin Penting Untuk Membuat Rencana Pengembangan Aplikasi Yang Sukses

 
 

app development

Setelah memahami garis dasar yang harus diterapkan seperti pemahaman akan kebutuhan perusahaan dan pemetaan dasarnya. Langkah selanjutnya adalah dengan mulai memahami point penting berikut untuk membuat rencana pengembangan aplikasi.

1. Memperhatikan Tujuan Pembuatan Aplikasi

 
Poin penting yang pertama untuk membuat rencana pengembangan aplikasi yang sukses adalah dengan memperhatikan tujuan pembuatan aplikasi. Hal ini menjadi hal yang penting dan mendasar karena tujuan pembuatan aplikasi haruslah jelas dan terarah. Perusahaan tidak bisa menghasilkan suatu produk atau terobosan tanpa maksud dan fungsi tertentu.

Aplikasi yang akan dikembangkan haruslah sejalan dengan kebutuhan dan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan karena ini sangat penting. Misalnya saja perusahaan ingin membuat suatu terobosan baru, pemecahan masalah yang ada dengan aplikasi. Barulah perusahaan bisa mengembangkan sebuah aplikasi untuk memecahkan masalah dan kebutuhan tersebut.

Memahami tujuan pembuatan aplikasi akan menjadi salah satu kemudahan juga untuk memetakan fungsi dan kinerja aplikasi. Oleh sebab itu jika ingin sukses mengembangkan sebuah aplikasi maka pastikan untuk memperhatikan kegunaan dan tujuannya. Perusahaan tidak bisa serta merta untuk mengembangkan aplikasi tanpa tujuan terkait.

2. Pahami Target Pengguna

 
Poin penting selanjutnya dalam rencana pengembangan aplikasi yang sukses adalah dengan menetapkan dan memahami target pengguna. Perusahaan menghasilkan sebuah pengembangan aplikasi tentu saja sebagai bagian untuk memecahkan sebuah masalah atau menjadi terobosan. Nah hal semacam inilah yang kemudian mendasarkan sebuah keharusan untuk memahami target pengguna terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan mengembangkan sebuah aplikasi.

Lakukan analisis dan penelitian kuat terhadap kebutuhan dan target pengguna yang ingin dicapai sebagai dasar data pengembangan aplikasi. Pastikan juga bagaimana kebutuhan pengguna, situasi pengguna, lokasi pengguna bahkan layanan serupa yang mungkin ada. Beberapa kebutuhan tersebut harus menjadi salah satu point yang diperhatikan oleh pengembang dan tentunya perusahaan.

Artikel Terkait  7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

3. Apakah Aplikasi Akan Memberikan Keuntungan Lebih Bagi Pengguna?

 
Poin selanjutnya yang mengkategorikan perusahaan pengembang bisa mengembangkan aplikasi yang sukses adalah terkait keuntungan pengguna. Mengapa demikian? Keuntungan yang didapatkan oleh pengguna merupakan salah satu unsur dan tolak ukur kesuksesan aplikasi. Pengguna harus dapat mendapatkan suatu keuntungan dari aplikasi yang digunakan untuk mengkategorikan perusahaan sukses mengembangkannya.

Oleh sebab itu ketika akan mengembangkan sebuah aplikasi wajib untuk melakukan survei kebutuhan dan tentunya riset. Jangan sampai perusahaan mengembangkan suatu aplikasi dimana ternyata tidak banyak membantu pengguna dan tidak membawa keuntungan. Hal itu hanya akan membuat perusahaan pengembang tidak mendapatkan kesuksesan berarti.

4. Pilih Pengembangan Aplikasi Dengan Jelas, Apakah Menggunakan Web atau Asli

 
Langkah dan poin penting selanjutnya yang perlu diperhatikan oleh perusahaan pengembang adalah mengenai jenis aplikasi yang dikembangkan. Ada dua jenis aplikasi yang banyak dan biasanya beredar di pasaran yaitu aplikasi asli dan aplikasi web. Meski pada kenyataannya ada banyak orang yang lebih tertarik dengan aplikasi asli yang perlu didownload untuk penggunaannya.

Namun kembali lagi akan tujuan, keinginan dan kemampuan perusahaan dalam pengembangan aplikasi karena ada banyak jenis variasi aplikasi. Karena bagaimana pun kedua aplikasi asli maupun web memiliki keuntungan, fitur dan pengembangan tersendiri. Oleh sebab itu lakukan prospek dan survei pasar.

Artikel Terkait  [Apa itu Aplikasi Hybrid? ] Pengantar dari Pengetahuan Dasar Hingga Cara Menggunakan

5. Memperhatikan Platform Pendukung

 
Dalam membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi tentu saja biasanya platform pendukung akan banyak digunakan dalam pembuatannya. Hal ini wajib diperhatikan oleh perusahaan pengembang mengenai platform pendukung yang ada agar tidak terjadi kesalahan. Jangan sampai menggunakan atau bekerja sama dengan platform pendukung yang tidak mumpuni dan sesuai.

Platform pendukung menjadi salah satu faktor penting dari aplikasi yang dikembangkan memiliki kategori sukses. Maka dari itu lakukan perhatian lebih pada platform pendukung yang digunakan sebagai penunjang pengembangan. Selamat mencoba!

6. Ada Fungsi Minimum Yang Mampu Diterapkan

 
Ketika mengembangkan sebuah aplikasi tentu saja perlu memperhatikan fungsi minimum dari aplikasi yang dikembangkan. Hal ini nantinya yang akan menjadi tolak ukur dari pengguna yang akan menaikkan rating aplikasi dan membawa kesuksesan perusahaan. Pengelola dan perusahaan dari aplikasi wajib untuk memperhatikan fungsi minimum aplikasi yang mampu diterapkan.

Penerapan semacam ini menjadi salah satu tolak ukur wajib yang harus diperhatikan untuk membuat sebuah aplikasi menjadi sukses. Jangan abaikan bagian dasar dari sebuah fungsi minimum aplikasi karena ini adalah satu poin penting yang wajib diperhatikan. Terapkan sebuah fungsi minimum untuk menjadikan aplikasi semakin sukses dan mampu berkembang diantara pengguna.

7. Harus Ada Kesinambungan Antara Kebutuhan Pengguna dan Perusahaan

 
Poin lanjutan yang tidak kalah penting adalah dengan memperhatikan kesinambungan akan kebutuhan pengguna dan perusahaan pengembang sendiri. Biasanya ketika mengembangkan aplikasi perusahaan pengembang hanya berfokus pada keuntungan perusahaan. Hal ini merupakan salah satu hal yang salah karena kebutuhan dari pengguna juga perlu untuk diperhatikan.

Aplikasi yang sukses selalu mampu menjadi media melepaskan masalah atau media untuk pengguna berkembang, oleh karena itu kesinambungan diperlukan. Perusahaan pengembang tidak bisa hanya berfokus pada keuntungan atau jalannya perusahaan karena pengguna adalah tolak ukur keberhasilannya. Pastikan agar perusahaan pengembang memiliki tujuan senada dengan kebutuhan dari pengguna itu sendiri.

Tentu saja survei pasar dan kemampuan perusahaan bisa menjadi salah satu poin yang bisa diperhatikan sebagai modal pengembangan aplikasi. Ingat, bahwa kesinambungan antara kebutuhan pengguna dan perusahaan itu sendiri. Buatlah keseimbangan antara keduanya untuk menarik kesuksesan.

Artikel Terkait  Apa Kunci Kewirausahaan yang Sukses dalam Pengembangan Aplikasi? Tiga Pola Kegagalan dan Poin yang Perlu Diperhatikan

8. Seberapa Besar Kapasitas Penggunaan Aplikasi

 
Besaran kapasitas dari penggunaan aplikasi juga menjadi poin penting yang wajib untuk diperhatikan oleh pengembang dan perusahaan. Perusahaan yang mengembangkan aplikasi dengan besar kapasitas berlebih biasanya tidak akan dilirik oleh pengguna. Oleh sebab itu wajib untuk mengembangkan kapasitas aplikasi yang normal dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Hal ini juga berkaitan dengan kemampuan smartphone yang beredar dewasa ini yang biasanya memiliki besaran RAM pendukung tertentu. Oleh sebab itu perusahaan pengembang wajib untuk membuat kapasitas aplikasi tanpa berlebih demi untuk menjaga atensi pengguna.  Jangan sampai kapasitas aplikasi menjadi hambatan bagi pengguna yang akhirnya hanya akan membuat aplikasi rendah peminat dan menjadi tidak sukses.

9. Bagaimana Kemampuan dan Ketahanan Aplikasi

 
Kemampuan dan ketahanan aplikasi menjadi salah satu poin penting dari aplikasi pengembangan bisa dikatakan sukses. Perusahaan wajib untuk memberikan kemampuan dan ketahanan aplikasi terbaik untuk memecahkan masalah pengguna dan perusahaan. Perancangan terbaik dan uji coba wajib untuk dilakukan sebagai media untuk memastikan kemampuan dan ketahanan aplikasi yang dibentuk.

Dengan kata lain, pengembang wajib memberikan kegunaan yang variatif,universal dan super membantu pengguna agar aplikasi terus diunduh pengguna. Prioritas pembaharuan, mekanisme rutin dan update rutin jika diperlukan untuk menambah kemampuan aplikasi. Bagaimanapun juga hal itulah yang akan menggiring pada kepuasan pengguna dan menjadikan aplikasi sukses.

Artikel Terkait  Ayo Realisasikan Ide-ide Anda! Langkah Awal Dalam Pengembangan Aplikasi (iOS & Android)

10. Pengembang Harus Memahami Design dan Kegunaan

 
Poin kesepuluh dari banyaknya poin penting untuk membuat rencana pengembangan aplikasi yang sukses adalah memahami design dan kegunaan. Seperti yang sudah disinggung seperti diatas bahwa perusahaan perlu sekali untuk memahami design aplikasi yang diciptakan. Selain itu pengembang wajib untuk mengetahui kegunaan aplikasi dengan rinci dan terarah.

Hal ini dimaksudkan dan ditujukkan agar pengembangan aplikasi menjadi baik dan tidak berjalan sia-sia. Oleh sebab itu perusahaan wajib melakukan riset, survei dan memahami kebutuhan pengguna juga kemampuan perusahaan. Pengembangan aplikasi yang sukses memang selalu mampu menjangkau kebutuhan pengguna

Itulah diatas ulasan ringan, lugas dan jelas mengenai 10 poin penting untuk membuat rencana pengembangan aplikasi yang sukses. Sebelum melakukan pengembangan aplikasi memang seyogyanya perlu untuk memperhatikan pertimbangan sesuai point diatas. Hal tersebut dimaksudkan untuk pengadaan dan pengembangan aplikasi menjadi terarah dan sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu pengembangan aplikasi yang berdasar pemetaan dan kebutuhan tentu akan lebih mampu memberikan keuntungan lebih. Perusahaan wajib untuk memahami tujuan, fungsi dan kegunaan aplikasi sebelum mengembangkannya. Jika sudah memahami beberapa point diatas, maka lakukan pengembangan untuk mensukseskan perusahaan.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami