Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | 7 Metode Dasar dalam Promosi Aplikasi | Contoh Promosi Aplikasi yang Sukses
Sebelum melakukan promosi aplikasi ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal ini. Berikut ulasan mengenai pentingnya melakukan promosi pada aplikasi serta hal yang bisa dilakukan untuk membuat aplikasi lebih dikenal.
20868
post-template-default,single,single-post,postid-20868,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.2.0,vc_responsive

7 Metode Dasar dalam Promosi Aplikasi | Contoh Promosi Aplikasi yang Sukses

Di era digital seperti sekarang banyak orang yang menyadari bahwa membuat aplikasi bisa untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Hal tersebut bisa didapatkan apabila aplikasi tersebut mendulang sukses di masyarakat luas. Permasalahannya tidak banyak aplikasi yang bisa diterima dengan baik di masyarakat. Bahkan untuk aplikasi buatan developer terkenal sekalipun.

Hal tersebut tentu membuat seseorang menjadi ragu ketika ingin membuat sebuah aplikasi. Karena khawatir aplikasinya tidak bisa cukup sukses di pasaran. Ini tentu merupakan hal yang wajar, tapi tenang saja karena masalah ini masih bisa disiasati dengan cara promosi. Sebab dengan menggunakan promosi, aplikasi buatan tersebut bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Artikel Terkait  Menggunakan Dasar-Dasar Pemasaran Aplikasi dan Langkah-Langkah untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pentingnya Melakukan Promosi Pada Aplikasi

 

Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya melakukan promosi pada aplikasi saat aplikasi tersebut baru pertama kali dirilis. Padahal upaya melakukan promosi ini sangat penting dan sudah harus direncanakan sedari awal, bahkan saat proses pengembangan aplikasi tersebut. Hal ini sangat penting karena memang aplikasi yang tersebar di play store dan juga app store sangat banyak sekali.

Menurut survei pada tahun 2017 setidaknya ada 20.000 aplikasi yang bertebaran tidak hanya di play store saja. Belum terhitung toko aplikasi lainnya seperti app store dan beberapa toko lain yang tidak terkenal. Hanya saja berdasarkan survei tersebut sudah bisa dipastikan bahwa dunia aplikasi ini memiliki banyak saingan. Karena jumlah tersebut juga belum termasuk aplikasi lama.

Melihat banyaknya aplikasi yang bertebaran tersebut tentu sekarang sudah mulai menyadari pentingnya melakukan promosi pada sebuah aplikasi. Karena persaingannya sangat ketat dan sebuah aplikasi baru harus bisa memenangkan persaingan tersebut. Hal ini dilakukan agar aplikasi yang dibuat bisa dikenal luas oleh masyarakat. Sehingga aplikasi tersebut bisa mendapatkan penjualan sesuai harapan.

Banyak developer baru yang berpikiran jika seorang pengguna hanya ingin mendownload aplikasi yang bagus. Hal ini bukanlah sesuatu yang salah, hanya saja tidak semua orang pengguna akan memiliki pemikiran yang sama seperti itu. Karena banyak juga pengguna yang lebih mudah terpengaruh apabila aplikasi tersebut memiliki banyak pengguna dan juga ulasan. Sehingga sangat penting untuk membuat aplikasi tersebut diketahui oleh pengguna.

Artikel Terkait  Bagaimana Anda Membuat Pengguna Mendownload Aplikasi Anda? Coba Gunakan Cara Promosi Aplikasi Berikut Ini!

Tujuh Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Melakukan Promosi Terhadap Aplikasi

 

Sebelumnya sangat jelas dikatakan bahwa langkah penting untuk membuat aplikasi laris di masyarakat adalah, membuatnya dikenal terlebih dahulu. Untuk membuat aplikasi ini bisa di kenal oleh masyarakat adalah dengan melakukan promosi yang tepat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan promosi dengan langkah tepat dan juga efisien. Seperti tujuh cara di bawah ini terkait dengan promosi aplikasi.

1. Melalui Situs Web

 
Salah satu alasan terbesar mengapa seseorang memutuskan untuk mendownload sebuah aplikasi adalah kehandalan dari aplikasi tersebut. Untuk meningkatkan hal tersebut, cara yang paling tepat untuk dilakukan adalah dengan membuat situs web, menempatkan pengantar aplikasi di tempat yang menonjol di situs aplikasi itu sendiri, membuat halaman khusus aplikasi dan memasang tautan, dll.

2. Melalui Media Sosial

 
Sepertinya sudah rahasia umum jika media sosial adalah sarana yang paling tepat untuk melakukan promosi terhadap hal apapun. Salah satunya adalah aplikasi. Dengan memanfaatkan media sosial proses promosi terhadap sebuah aplikasi bisa dilakukan dengan tepat. Bahkan ada beberapa iklan di media sosial yang bisa dilakukan dengan gratis. Sehingga sifatnya sangat efektif, efisien, dan hemat.

3. ASO

 
Merupakan singkatan dari app store optimization, aso ini mengacu tidak hanya pada pengoptimalan AppStore saja melainkan juga toko aplikasi lainnya. Dengan menggunakan aso ini diharapkan semua pengembang mengerti pentingnya sebuah toko bagi aplikasi buatannya. Karena disinilah pengguna akan menemukan aplikasi buatan tersebut. Cara yang bisa dilakukan adalah membuatnya mudah ditemukan oleh pengguna.

4. Menggunakan Jasa Influencer

 
Jasa influencer sama halnya seperti sosial media memang memiliki banyak sekali keuntungan jika itu berkaitan dengan promosi. Sehingga tidak ada salahnya untuk menggunakan teknik yang satu ini untuk melakukan pemasaran pada aplikasi buatannya. Hal ini dikarenakan seorang influencer dianggap mampu untuk memberikan pengaruh kuat terhadap masyarakat di sekitarnya.

5. Membangun Public Relation

 
Kegiatan public relation ini meningkatkan proses pemasaran tidak hanya pada media sosial namun juga media massa lainnya. Misalnya dengan melakukan periklanan di koran maupun televisi. Hal ini memang dianggap kuno tapi pada kenyataannya banyak orang yang masih menggunakan tv maupun koran sebagai bahan referensinya. Karenanya cara ini masih dianggap efektif.

6. Melakukan Tinjauan

 
Tinjauan disini adalah melakukan pemasaran melalui metode mouth to mouth atau mulut ke mulut. Dimana seseorang membuat aplikasi layak untuk diperbincangkan oleh beberapa orang. Hal yang menyebabkan cara ini efektif adalah sifatnya yang mudah untuk dilakukan, tapi mampu memberikan pengaruh yang besar terhadap konsumen. Sehingga langkah ini juga perlu diterapkan dalam melakukan sebuah promosi.

7. Melakukan Pemasaran Offline

 
Mari juga mempromosikan secara offline. Offline mengacu pada melakukan kegiatan iklan di toko fisik atau sejenisnya. Misalnya, promosi seperti “memasang selebaran di dekat mesin kasir di toko” atau “langsung merekomendasikan pelanggan dari petugas”. Dengan menggunakan hal ini juga bisa dilakukan untuk memperkenalkan aplikasinya secara langsung agar mudah diterima oleh masyarakat dan dikenal secara luas.

Artikel Terkait  Cara Mendesain Splash Screen Terbaik untuk Aplikasi Anda

Memperhatikan Waktu Ketika Melakukan Promosi Pada Aplikasi

 

Melakukan promosi pada aplikasi merupakan sebuah keharusan. Tapi perhatikan saat seseorang melakukan promosi aplikasinya. Karena ada beberapa metode serta waktu yang tepat agar promosi bisa berjalan dengan lancar. Banyak sekali developer baru yang ingin langsung mempromosikan aplikasinya begitu saja tepat setelah rilis. Padahal ada beberapa yang perlu diperhatikan.

Memang hal tersebut tidaklah salah hanya saja, ingat bahwa perencanaan promosi ini harus sama matangnya dengan perencanaan pengembangan di awal. Jadi perhatikan dengan baik bahwa melakukan promosi tepat di awal setelah aplikasi tersebut baru dirilis merupakan suatu hal yang beresiko. Apalagi bagi seorang developer baru yang belum memiliki banyak pengalaman.

Hal ini sangat tidak disarankan. Karena aplikasi yang baru dirilis belum lengkap, berisiko menjalankan promosi berbayar pada saat itu. Karena jika promosi dilakukan pada saat aplikasi memiliki tingkat kesempurnaan yang rendah, ulasan bernilai rendah akan menyebar di antara pengguna. Jadi bukannya mendulang sukses seperti yang diharapkan dari promosi, malah membuat aplikasi tersebut menjadi terpuruk.

Apalagi dengan banyaknya ulasan buruk yang diterima oleh aplikasi justru bisa membuat aplikasi tersebut sangat sulit ditemukan di toko aplikasi. Selain itu sangat sulit juga untuk menyingkirkan ulasan buruk yang sudah ada sedari awal aplikasi tersebut diciptakan. Karenanya jika hal tersebut sampai terjadi, maka kemungkinan yang ada hanyalah biaya promosi terbuang dengan sia-sia.

Artikel Terkait  Cara-Cara Terampuh Menarik Konsumen Bisnis Melalui Aplikasi

Hal yang Bisa Dilakukan Agar Aplikasi Bisa Dikenal Di Masyarakat

 
Seperti yang dikatakan sebelumnya jika hal yang penting dari sebuah aplikasi tersebut adalah pengenalan dari masyarakat dan juga di pasaran. Selain beberapa cara promosi di atas ada beberapa cara yang bisa dilakukan di dalam aplikasi, agar aplikasi tersebut dapat dikenal luas di masyarakat. Berikut ini beberapa hal yang dianggap bisa membuat aplikasi lebih baik.

1. Meningkatkan Rating

 
Dengan meningkatkan sebuah rating, maka bisa dipastikan bahwa aplikasi tersebut akan lebih mudah ditemukan di toko aplikasi. Hal ini dikarenakan beberapa toko aplikasi menerapkan sebuah filter secara tidak langsung. Dimana hasil dari pencarian yang dilakukan hanyalah aplikasi yang memiliki rating tinggi dengan ulasan yang memuaskan.

2. Menggunakan SEO

 
Banyak orang yang berpikir bahwa SEO hanya bisa diterapkan di sebuah artikel dengan kegunaan utamanya adalah artikel lebih mudah ditemukan. Ternyata penggunaan SEO juga bisa digunakan pada aplikasi. Dengan tujuan utama yang sama pada artikel yakni agar aplikasi lebih mudah ditemukan di toko aplikasi. Sehingga terapkan seo ini pada judul dan juga preview untuk pengguna.

3. Memancing Pengguna Dengan Beberapa Hadiah Menarik

 
Ini mungkin terdengar seperti sarana pemasaran umum. Tapi sebenarnya ini adalah cara yang efektif untuk menarik pelanggan sehingga membuat aplikasi lebih mudah untuk dikenali. Dengan memancing pengguna menggunakan beberapa hadiah menarik, bisa membuat banyak pengguna baru ikut merasa tertarik. Karenanya tidak masalah jika ingin memberikan sedikit kebaikan kepada pengguna.

4. Menerapkan Banyak Fitur

 
Hal yang membuat pengguna menyukai sebuah aplikasi adalah fitur yang dimilikinya sangat lengkap. Oleh karena itu pastikan bahwa aplikasi ini memiliki semua fitur yang kiranya dibutuhkan agar aplikasi tersebut banyak menarik minat pengguna baru. Tidak hanya itu, agar pengguna lama juga tetap bertahan jangan lupa untuk meningkatkan fitur sebelumnya yang sudah ada.

Artikel Terkait  Dukungan Untuk iOS13 ke Atas yang Harus Didukung pada Tahun 2020 (WebView, Split View, dll.)

Contoh Promosi Aplikasi

 
Ada beberapa aplikasi yang bisa menjadi contoh nyata dalam hal melakukan promosi. Seperti yang pertama ada sensor mobil (promosi dengan situs web). Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang terkait dengan jual beli mobil bekas yang sangat dikenal di kalangan masyarakat. Salah satu hal yang membuat aplikasi ini disukai oleh masyarakat adalah karena mengiklankan aplikasi menggunakan situs web.

Satu lagi contoh adalah olx, karena pada awalnya aplikasi ini merupakan sebuah situs web yang sangat terkenal. Sehingga pada saat perilisannya banyak orang yang sudah mengetahui aplikasi ini. Jadi tidak terlalu membutuhkan banyak cara agar aplikasi tersebut bisa dikenali oleh banyak orang. Orang-orang sudah langsung mengenali aplikasi tersebut begitu aplikasi dirilis.

Terakhir adalah contoh dari aplikasi jebolan produsen minuman soda terbesar coca cola dengan nama aplikasi yaitu coke on. Berbeda dengan yang sebelumnya aplikasi ini lebih mengedepankan metode offline. Dimana Coca cola sendiri sudah mempunyai nama sebelumnya jadi tidaklah sulit untuk membuat aplikasi ini dikenal.

Jadi itulah tadi pentingnya melakukan promosi pada aplikasi serta hal yang bisa dilakukan untuk membuat aplikasi lebih dikenal di masyarakat. Jangan pernah ragu saat hendak membuat aplikasi, hanya karena takut jika aplikasi tidak terlalu terkenal di masyarakat. Ikuti langkah-langkah promosi yang telah disampaikan diatas, maka kegiatan promosi akan berjalan baik dan aplikasi bisa dikenal dan diterima di masyarakat.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: