Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Apa itu Aplikasi Web? Penjelasan Fitur dan Cara Pengembangannya
Aplikasi web adalah aplikasi yang dapat digunakan di browser. Ini mudah digunakan dan memiliki keuntungan bagi pengguna dan perusahaan yang berkembang. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan fitur, kelebihan, dan pengembangan untuk perusahaan yang tertarik dengan aplikasi web.
20985
post-template-default,single,single-post,postid-20985,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-child-theme-ver-1.0.0,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge-child,wpb-js-composer js-comp-ver-6.4.1,vc_responsive
aplikasi web

Apa itu Aplikasi Web? Penjelasan Fitur dan Cara Pengembangannya

Mungkin beberapa orang telah mendengar kata ‘aplikasi web’ dan bingung dengan mengatakan, ‘apakah ini situs web atau aplikasi?’. Aplikasi web adalah aplikasi yang dapat digunakan di browser. Ini mudah digunakan dan memiliki keuntungan bagi pengguna dan perusahaan yang berkembang. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan fitur, kelebihan, dan pengembangan untuk perusahaan yang tertarik dengan aplikasi web.

Apa Itu Aplikasi Web? Apa Bedanya Dengan Situs Web?

 

aplikasi web

Aplikasi web adalah aplikasi yang berjalan di server web. Kita seringkali bingung dengan aplikasi web dengan ‘situs web’. Tidak ada definisi yang jelas. Tetapi situs web merujuk ke situs web resmi perusahaan. Tujuan utamanya adalah membaca artikel yang Anda minati dan mengumpulkan informasi.

Di sisi lain, aplikasi web mengacu pada fungsi interaktif yang memungkinkan Anda mengedit komentar, memproses data, dan membeli produk. Contoh spesifik adalah YouTube dan Twitter. Beberapa contohnya seperti: menonton lagu-lagu baru dari penyanyi favorit Anda di YouTube dan beri peringkat dan komentar dari akun Anda.

Atau ketika Anda mencari kata kunci dari Google, tweet Twitter terkait ditampilkan. Dengan cara ini, Anda dapat membuka dan menggunakan versi layanan situs web dengan mesin pencari seperti Google, Yahoo!, atau Safari. Bahkan jika Anda belum mengunduh aplikasi seperti Youtube dan Twitter. Halaman seperti itu adalah aplikasi web.

Artikel Terkait  Cara Mengembangkan Aplikasi Native pada Tahun 2020

Perbedaan Antara Aplikasi Web Dan Aplikasi Asli

 

aplikasi-web-1

Aplikasi asli sering dikontraskan dengan aplikasi web. Aplikasi asli hanya disebut ‘aplikasi’, yang dapat diunduh dari App Store atau Google Play Store ke smartphone. Aplikasi asli pada dasarnya bekerja menggunakan sistem pada perangkat. Oleh karena itu, tidak dapat digunakan tanpa mengunduh aplikasi ke terminal. Namun, ada keuntungan bahwa ia beroperasi lebih cepat daripada aplikasi web.

Di sisi lain, kerugian dari aplikasi asli adalah biaya pengembangan yang tinggi. Saat membuat aplikasi asli untuk ponsel cerdas, pengembang harus membuat dua aplikasi jika mereka menyiapkan versi iOS dan Android. Harganya lebih tinggi daripada mengembangkan aplikasi web.

Contoh pengembangan aplikasi web dan aplikasi asli adalah ‘Zomato’ yang memeriksa reputasi restoran. Jika Anda mengunduh aplikasi smartphone Zomato, layar khusus aplikasi akan terbuka, memungkinkan Anda untuk mencari toko dan membuat reservasi.

Namun, bahkan jika Anda tidak memiliki aplikasi, Anda dapat mencari Zomato dengan mesin pencari dan Anda akan melihat situs yang terlihat persis seperti aplikasi tersebut. Pada saat ini, Zomato harus ditampilkan seperti pada layar browser pencarian, seperti saat menelusuri situs lain. Dalam hal ini, menjadi aplikasi web.

Baru-baru ini, ada teknologi yang disebut ‘PWA’ atau Progressive Web App, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan situs web seperti aplikasi web. Dengan PWA, Anda dapat menerapkan fungsi-fungsi seperti menempatkan ikon di layar beranda dan mengirim pemberitahuan push tanpa menjadi aplikasi asli.

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi iOS Pertama Anda

Apa Itu PWA? Cara Membuat Situs Web Mirip Sebuah Aplikasi

 

aplikasi pwa

Aplikasi web memiliki kemungkinan pengembangan yang tak terbatas. Saat ini, layanan web dihasilkan oleh berbagai layanan, dan fungsinya beragam. Dengan kata lain, ada layanan yang tak terhitung jumlahnya yang dapat direalisasikan oleh aplikasi web. Tergantung pada gagasan perusahaan, yang mungkin digunakan untuk menarik banyak pengguna.

Manfaat Aplikasi Web

Keuntungan Bagi Perusahaan

 
Seperti disebutkan di atas, keuntungan mengembangkan aplikasi web adalah biayanya lebih murah daripada aplikasi asli. Keuntungan lain adalah aplikasi web mudah diperbarui. Pembaruan untuk aplikasi asli diserahkan kepada pengguna dan tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan. Aplikasi web dapat segera diperbarui karena mereka dapat diperbarui di sisi server web.

Manfaat Bagi Pengguna

 
Salah satu manfaat menggunakan aplikasi web untuk pengguna adalah kemudahan. Karena dapat digunakan tanpa mengunduh aplikasi, volume data komunikasi, yang disebut ‘gigabyte’, dapat disimpan. Dan jika Anda menandai situs web, itu akan mudah digunakan setiap hari. Jadi beberapa orang lebih suka menggunakannya.

Poin Utama Untuk Mencapai Hasil Dengan Aplikasi Web

 
Seperti aplikasi asli, aplikasi web dapat digunakan tanpa melewati penyaringan App Store atau Google Play Store. Dapat dikatakan bahwa keuntungan dari tidak menggunakan pasar aplikasi adalah suatu kelebihan. Tetapi dapat dikatakan bahwa itu adalah kerugian dalam hal kesadaran pengguna. Ada beberapa poin berikut yang harus dirancang untuk meningkatkan kesadaran aplikasi web:

  • Desain berlapis-lapis agar mudah digunakan pengguna
  • Mengambil tindakan terhadap SEO dan meningkatkan arus masuk dari pencarian
  • Saat mengembangkan aplikasi web, buat hierarki seperti situs web dan rancang kontennya sehingga mudah dilihat

SEO Juga Merupakan Gambar Penting Dalam Aplikasi Web

 
Selain itu, karena aplikasi asli diunduh dan digunakan, pengguna ingin menggunakan layanan dan ingin menggunakannya. Di sisi lain, ada banyak pengguna yang menggunakan aplikasi web ketika mereka melihatnya, dan garis aliran tidak stabil. Oleh karena itu, langkah-langkah seperti SEO yang efektif dan meningkatkan jumlah arus masuk sangat penting.

Artikel Terkait  [Versi 2020] Penjelasan Menyeluruh Tentang Pengembangan Aplikasi Untuk Pemula. Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Jasa Pihak Luar.

Aliran Pengembangan Aplikasi Web, Apa Yang Berbeda Dari Situs Web Normal?

 

Kembangkan Aplikasi Sisi Klien

 
Dalam aplikasi web, layar yang ditelusuri oleh pengguna disebut sisi klien. Di sisi klien, desain seluruh gambar aplikasi dan mulai pengembangan dengan merancang dan memasukkan kode. Bagian ini sama dengan pembuatan situs web tradisional. Bahasa utama yang digunakan di sisi klien adalah HTML, CSS, dan JavaScript.

Kembangkan Aplikasi Sisi Server

 
Perbedaan antara aplikasi web dan situs web atau aplikasi asli adalah pengembangan sisi server. Sisi server yang tidak terlihat oleh pengguna disebut sisi server. Aplikasi web berfungsi dengan memroses permintaan yang dikirim oleh sisi klien di sisi server.

Bahasa Pemrograman

 
Bahasa pemrograman dan kerangka kerja yang digunakan adalah Python. Python adalah bahasa populer baru-baru ini. Karena Python juga digunakan untuk pemrograman AI dan kecerdasan buatan, itu menjadi lebih dikenal. Selain itu, ada JavaScript yang digunakan di ujung depan. PHP direkomendasikan untuk pemula dalam pemrograman.

Selain itu, setiap bahasa memiliki koleksi fungsi yang biasa digunakan yang disebut ‘framework. Saat mengembangkan aplikasi web, Anda dapat menghasilkan secara efisien dengan menggunakan kerangka kerja web. CakePHP terkenal dengan PHP, dan Ruby on Rails terkenal dengan Ruby.

Instalasi Server / DB

 
Aplikasi web memerlukan instalasi dan konstruksi server web. Adalah umum untuk menggunakan server rental atau server cloud sesuai dengan skala aplikasi. Aplikasi web juga membutuhkan database untuk menyimpan data. Semua data yang diperlukan untuk aplikasi web disimpan dalam database ini. Bahasa utama yang digunakan untuk pengembangan termasuk Oracle dan MySQL.

Namun, untuk mengembangkan aplikasi web seperti itu, diperlukan sejumlah besar pengetahuan dan keterampilan, jadi mengandalkan ahli mungkin merupakan salah satu cara.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami