Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Apa itu ASO (App Store Optimization) yang Bertujuan Memaksimalkan Instalasi Aplikasi Sebagai Hasil dari Pencarian
Apa itu ASO? Pengembang dan pemasar aplikasi mungkin sudah tidak asing dengan istilah ini, berikut dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang ASO.
20996
post-template-default,single,single-post,postid-20996,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.2.0,vc_responsive
ASO thumbnail

Apa itu ASO (App Store Optimization) yang Bertujuan Memaksimalkan Instalasi Aplikasi Sebagai Hasil dari Pencarian

Apakah Anda semua tahu ASO? Pengembang dan pemasar aplikasi mungkin sudah mengetahuinya dengan baik. Kami ingin memperkenalkannya kepada pemasaran aplikasi pemula dan mereka yang tidak tahu ASO.

Apa Itu ASO?

 

aso-2

Langkah-langkah ASO dan ASO yang menjadi subjek ini adalah singkatan dari App Store Optimization. Di toko aplikasi Apple Store dan Google Play Store, ini adalah ukuran untuk memaksimalkan jumlah pengguna pencarian yang diinstal.

Tentu saja, ini adalah dasar untuk meningkatkan jumlah pengguna aplikasi, jadi jika Anda belum mengetahuinya, silakan periksa konten berikut.

ASO secara kasar dapat diuraikan menjadi tiga elemen berikut.

  • Memaksimalkan jumlah tampilan (tayangan) dengan pencarian aplikasi
  • Memaksimalkan laju transisi (RKT) ke halaman produk aplikasi
  • Memaksimalkan laju pemasangan (CVR) aplikasi

Sementara menyesuaikan masing-masing dari tiga KPI di atas, kami bertujuan untuk memaksimalkan jumlah pengguna pencarian yang diinstal.

Anda mungkin lebih terbiasa dengan halaman web SEO* dan LPO daripada dengan aplikasi ASO. Memaksimalkan tampilan pencarian adalah SEO pada halaman web, dan langkah-langkah dari halaman produk ke instalasi adalah LPO* dan CRO*.

*SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization
*LPO adalah singkatan dari Landing Page Optimization
*CRO adalah singkatan dari Conversion Rate Optimization

Artikel Terkait  Apa itu Iklan Bing? Manfaat Iklan Bing Untuk Pemasaran

Pentingnya Search User dari Pencarian

 

aso-1

Sejauh ini, ASO telah dijelaskan sebagai langkah yang ditujukan untuk “memaksimalkan instalasi pengguna pencarian”. Berapa banyak orang yang memasang aplikasi dari “pencarian”? Apakah ada banyak? Mengapa pengguna pencarian sangat fokus?

Sebenarnya, Apple telah secara resmi merilis data berikut.

  • Lebih dari 70% pengguna menggunakan fungsi pencarian aplikasi
  • 65% aplikasi yang ditampilkan dengan pencarian dipasang apa adanya

Anda dapat membayangkan bahwa pengguna yang mencari aplikasi menggunakan fungsi pencarian sangat termotivasi untuk mencari aplikasi, dan memiliki tingkat aktivitas yang tinggi setelah instalasi. Apakah Anda mengerti mengapa ada banyak pengguna yang mencari aplikasi, bahwa pengguna pencarian masih aktif setelah instalasi, dan mengapa ASO fokus pada ini?

Artikel Terkait  7 Program Aplikasi Android Offline

Haruskah ASO Dilakukan oleh Orang-Orang dengan Anggaran Iklan Kecil?

 

iklan-1 (1)

Kesimpulannya, ini tidak pernah terjadi. Misalkan Anda telah bekerja keras untuk mengembangkan aplikasi dan melepaskannya ke toko. Jadi, bagaimana Anda mendapatkan banyak pengguna untuk menggunakannya? Tidak semua orang memiliki banyak anggaran iklan. Dan jika Anda berpikir Anda akan melakukan lebih banyak pemasangan tanpa melakukan apa pun, itu mungkin agak ceroboh. Toko aplikasi adalah sesuatu yang besar dan luas.

Di sisi lain, bahkan jika anggaran iklan banyak, jika Anda tidak menerapkan langkah-langkah ASO, itu mungkin seperti membuang-buang air di ember berlubang. Itu tentu saja akan membuang-buang anggaran iklan Anda.

Artikel Terkait  Apa itu "Pengembangan Agile"? Penjelasan yang Mudah Dipahami Tentang Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan yang Dimilikinya

Seberapa Besar Sebenarnya ASO Meningkatkan Jumlah Instalasi?

 
Jadi, jika Anda fokus pada ASO, berapa banyak jumlah instalasi akan meningkat? Kami akan menunjukkan kepada Anda contoh betapa berbedanya hal ini.

Sebelum fokus / Jumlah instalasi: 50/hari, 1.500/bulan

Setelah fokus / Jumlah instalasi: 120/hari, 3.600/bulan

*Jumlah pemasangan telah meningkat 2.100 per bulan!

Jumlah instalasi telah meningkat sangat banyak hanya dengan meninjau judul dan kata kunci. Jika Anda menolak, kami tidak memiliki catatan publikasi yang baik.

Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat meningkatkan jumlah instalasi pencarian jika Anda menggunakan pengetahuan yang benar dan tindakan yang benar untuk aplikasi yang belum mengetahui ASO.

Kesimpulan

 
Kami berharap artikel ini akan membantu Anda memperdalam pemahaman dan minat Anda pada ASO. ASO adalah cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah instalasi yang dapat dimulai tanpa mengeluarkan uang. Ini juga memainkan peran yang sangat penting ketika penempatan iklan dilakukan agar tidak menyia-nyiakan anggaran iklan.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami