Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Apa Kunci Kewirausahaan yang Sukses dalam Pengembangan Aplikasi? Tiga Pola Kegagalan dan Poin yang Perlu Diperhatikan
Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh seseorang yang ingin berwirausaha atau berkarier menjadi seorang pengembang aplikasi.
20851
post-template-default,single,single-post,postid-20851,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive

Apa Kunci Kewirausahaan yang Sukses dalam Pengembangan Aplikasi? Tiga Pola Kegagalan dan Poin yang Perlu Diperhatikan

Aplikasi merupakan sebuah komponen penunjang yang setiap perangkat computer memilikinya. Tidak heran bila saat ini banyak sekali orang-orang yang mulai melirik peluang bisnis ini menjadi sumber mata pencaharian yang menjanjikan. Tidak bisa dipungkiri bahwasanya perkembangan teknologi sedikit banyaknya mempengaruhi perspektif dan gaya hidup seseorang maupun kelompok masyarakat.

Mengapa para pengembang aplikasi dianggap sebagai pekerjaan dengan penghasilan diatas rata-rata? Karena perusahaan sebesar google saja rela membayar tinggi, seseorang yang mampu menjadi pengembang aplikasinya. Bagaimana dengan pengembangan aplikasi di indonesia? Saat ini hanya ada Gojek yang mampu menembus seribu aplikasi teratas dunia.

Hal ini menjadi sesuatu yang cukup mengherankan sebenarnya. Padahal jika dilihat, pengguna internet di Indonesia sangatlah banyak bahkan mencapai angka 64,1 juta jiwa. Seharusnya pengembang aplikasi Indonesia lebih serius menggarap dan mengembangkan aplikasi agar mampu bersaing secara global dengan negara-negara lain.

Melihat fenomena tersebut, sepertinya memang ada sesautu yang kerap menjadi penghambat developer Indonesia dalam membuat aplikasi multi-guna yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat banyak. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tuntas mengenai kunci kewirausahaan yang suskes dalam pengembangan aplikasi, dan juga poin-poin yang harus diperhatikan dalam meminimalisir kegagalan.

Artikel Terkait  Aplikasi Pengatur Keuangan - Aplikasi Pengatur Keuangan Seluler Terbaik untuk Keuangan Pribadi dan Bisnis

Seberapa Besar Peluang Para Developer?

 

Mengikuti perkembangan zaman dan bagaimana teknologi bertransformasi mungkin membuat mereka yang memiliki jiwa wirausaha dan kreatif akan melihat bagaimana peluang era digital. Di mana popularitas smartphone sudah semakin melejit.  Dengan berbagai variasi system operasi, mulai dari iOS, Android dan yang lainnya.

Para developer tak memerlukan modal besar untuk bisa meraup keuntungan dari jasanya mengembangkan aplikasi. Seperti pengalaman yang dialami Garry, pendiri Nightspade yang mengaku hanya bermodalkan laptop pemberian orang tua. Awalnya, Garry hanya asal jalan saja dengan mengerjakan beberapa proyek berhubungan dengan IT. Sampai pada akhirnya berhasil mendirikan nightspade.

Apa yang dibutuhkan agar bisa menjadi developer sukses layaknya Garry? Yakni sebuah license. Tentunya seseorang yang diakui kemampuannya akan lebih mudah berkarir dan mendapatkan proyek besar. Pertanyaannya, bagaimana mendapatkan lisensi sebagai pengembang? Yakni dengan melakukan pendaftaran pada vendor yang memang menyediakan lowongan ini. Seseorang memang harus mengeluarkan modal berupa biaya registrasi terlebih dahulu.

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi Android Online Secara Gratis Dengan Mudah

Poin-poin Yang Perlu Diperhatikan Untuk Kewirausahan Sukses dalam Pengembangan Aplikasi

 

images4

Berkarir menjadi seorang developer pastinya tidak bisa mengandalkan insting saja. Ada beberapa poin-poin yang perlu diperhatikan sebagai bentuk wirausaha sukses dalam pengembangan aplikasi. Ini menjadi amat sangat penting untuk diperhatikan, guna mendapatkan profit dari apa yang telah dibangun dari nol. Apa saja poin-poin penting itu? Berikut ulasannya.

1. Bisnis Dengan Keterampilan dan Ide Pengembangan Aplikasi

 
Poin peretama yang harus diperhatikan adalah bagaimana keterampilan mengembangkan aplikasi menjadi sebuah awalan yang baik untuk memulai bisnis. Apakah bisa seseorang membangun usaha dalam mengembangkan aplikasinya sendiri tanpa dinaungi sebuah perusahaan? Pertanyaan ini kerap kali muncul dalam benak para developer baru.

Namun, pada dasarnya, jika seseorang memang memiliki kemampuan dan ide dalam mengembangkan aplikasi seseorang dapat menumbuhkan valuenya sendiri.  Bukan hal yang tidak mungkin bagi seorang developer untuk memulai bisnisnya sendiri dan membangun perusahaannya sendiri. Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah seseorang tadi haruslah memiliki niat dan juga passion dalam bidang ini.

2. Ide-Ide Melimpah Sebagai Awal Memulai Aplikasi

 
Ide-ide yang kemudian muncul sangat disayangkan apabila tidak dieksekusi. Semua ide brilliant ini tidaklah berarti apa-apa tanpa adanya usaha untuk mengembangkannya. Sama seperti dalam memulai pengembangan aplikasi, ide-ide menjadi sebuah langkah awal untuk memulai bisnis apapun, termasuk pengembangan aplikasi di era digital ini.

Mereka yang memiliki ide-ide brilliant yang melimpah tentang bagaimana mengembangkan aplikasi memiliki keunggulan dan kelebihannya sendiri. Mengapa? Karena hal itu menandakan bahwa orang tersebut memang memiliki passion dalam bidang ini. Hal itu menjadi modal awal yang sangat mempengaruhi perjalanan karir kedepannya hingga menjadi seorang developer yang sukses.

Seorang yang selalu memiliki ide dan daya untuk mengeksekusi selalu memiliki nilai tersendiri dalam dunia industri digital ini. Memang modal pertama yang dibutuhkan itu adalah bagaimana menciptakan inovasi guna membuat sesuatu yang memiliki nilai guna dalam masyarakat dan dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

3. Outsourcing Dalam Pengembangan Aplikasi

 
Baru-baru ini banyak sekali perusahaan ingin melakukan outsourcing atau alih daya dalam proses pengembangan aplikasi miliknya. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang tak memiliki kesempatan untuk memahami bagaimana seluk beluk dari pengembangan aplikasi, padahal perusahaan ini amat sangat membutuhkannya. Beberapa bahkan rela membayar ratusan juta hanya untuk menyewa atau mempekerjakan para developer ini.

Ini menjadi sebuah kesempatan besar bagi para pengembang luar dalam memulai karirnya. Dengan semakin meningkatnya penggunaan smartphone tentunya juga mempengaruhi semakin banyaknya penggunaan aplikasi. Tentunya perusahan-perusahaan akan memanfaatkan peluang ini untuk semakin memajukan perusahaanya melalui pengembangan aplikasi melalui developer.

4. Menjadikannya Sebagai Pekerjaan Sampingan

 
Dikarenakan pekerjaan ini cukup fleskibel dilakukan maka ini bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan, disamping pekerjaan utama yang saat ini digeluti. Jadi, tidak harus meninggalkan pekerjaan yang sekarang untuk bisa menjadi seorang developer. Biaya yang dibutuhkan juga terjangkau dibandingkan bisnis konvensional lainnya.

Sebagai langkah awal berbisnis dalam pengembangan aplikasi adalah dengan memasang iklan bahwasanya seseorang menerima atau menerima jasa mengembangkan aplikasi. Dengan adanya adsense ini akan membuat perusahaan tahu bahwa ada yang membuka jasa ini dan akan menghubungi dengan segera. Terlebih lagi jika image yang dibuat itu baik, bukan tidak mungkin kalau karir yang dibangun akan melejit.

Artikel Terkait  Cara Memasarkan Aplikasi Anda dengan Media Sosial

Apa Pola yang dapat Menggagalkan Pengembangan Aplikasi?

 

Dalam membuat atau mengembangkan sebuah aplikasi memang tidak bisa direncanakan dalam satu malam saja. Perlu beberapa persiapan, termasuk dalam menyiapkan ide tentang aplikasi apa yang akan dibuat kedepannya, bagaimana pangsa pasarnya, bermanfaatkah tidak terhadap orang banyak dan banyak lagi pertimbangan lainnya. Dibawah ini beberapa faktor yang bisa mengakibatkan kegagalan.

1. Tidak Memiliki Rencana Untuk Merilis Aplikasi dan Memonitisasi

 
Dalam memulai bisnis pengembangan aplikasi, hal terpenting yang harus dilakukan adalah rencana monetisasi. Diperlukan paket khusus, seperti bagaimana membayar aplikasi atau beban biaya atas fitur tambahan. Banyak diantara developer yang tidak jeli dalam melihat pola kegagalan satu ini, sehingga membuat banyak developer mengalami kegagalan dini.

Pertama lakukan dulu riset tentang bagaimana aplikasi yang dibuat bisa menghasilkan uang, seperti apa fungsinya, dan banyak pertimbangan lain yang tak boleh luput dari perhatian para pengembang.  Harus ada rencana tentang aplikasi apa yang akan dirilis dan bagaimana cara untuk memonitisasinya.

2. Model Bisnis Lemah, Mengarah Pada Ide

 
Model bisnis lemah, mengarah pada ide maksudnya seperti apa? Adapun maksud dari pernyataan ini ialah jika pada akhirnya bisnis yang dijalankan itu tidak memberikan insight yang positif maka mungkin saja kesalahan ada pada ide. Itulah mengapa, ide menjadi sesautu yang sangat penting untuk dikembangkan dengan sebaik mungkin.

Ini menjadi salah satu faktor penyebab kegagalan bisnis. Memang diperlukan pengetahuan dan juga soft skill yang mumpuni untuk bisa berkembang. Untuk itulah, sebelum memulai bisnis sangat penting untuk mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Mengenai hal-hal teknis bisa diusahakan belakangan pada saat program sudah dijalankan.

3. Aplikasi dalam Skala Besar Mahal Untuk Dikembangkan

 
Anggapan bahwa aplikasi dalam skala besar mahal untuk dikembangkan. Sebenarnya tidak ada yang salah dari anggapan ini, karena memang pada dasarnya. Sesuatu yang besar pastinya memerlukan pengorbanan tenaga, materi yang juga tak kalah besarnya. Ini seringkali juga menjadi penyebab adanya kegagalan pada para pengembang aplikasi.

Sebenarnya ini semua menjadi hal-hal teknis. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk bisa mengatasinya. Misalnya dengan mencari sponsor untuk proyek yang akan dikerjakan. Jika memang nantinya proyek itu bisa mendatangkan keuntungan, bukan tidak mungkin jika banyak investor yang akan membantu dalam menyuntikkan modal dan membantu pengembangan suatu aplikasi.

Artikel Terkait  Sukses Jadi YouTuber dengan 10 Aplikasi Editing Suara Gratis Terbaik 2020 di Smartphone

Apa Kunci Kewirausahaan Sukses dalam Mengembangkan Aplikasi?

 
Berbisnis atau berwirausaha dalam dunia digital ini tentunya ada tips dan kunci dasar agar supaya bisa sukses dalam mengembangkan aplikasi. Apa saja kunci kewirausahaan sukses dalam mengembangkan aplikasi tersebut? Berikut daftarnya yang harus diketahui oleh para developer untuk menghindari atau meminimalisir pola kegagalan di atas.

1. Jeli Melihat Peluang Pasar

 
Kunci kewirausahaan sukses dalam mengembangkan aplikasi yang pertama adalah jeli melihat peluang pasar. Sangat penting untuk mengembangkan aplikasi berdasarkan kebutuhan pangsa pasar yang ada. Jangan sampai, aplikasi yang dibuat tadi tidaklah sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan pasar. Apapun yang menurut kita menarik belum tentu dibutuhkan oleh orang lain.

Dengan mengikuti perubahan kebutuhan pasar akan memberikan perspektif dan juga ide untuk berinovasi. Sebuah aplikasi dibuat tentunya bukan hanya untuk konsumsi pribadi bukan? Pasti setiap developer berusaha agar aplikasi yang dibuatnya itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat secara luas.

2. Lakukan Proyek Secara Bertahap

 
Langkah kedua yang harus dilakukan untuk meminamalisir terjadinya kegagalan adalah kembangkan proyek secara bertahap. Pastikan bisnis berjalan pada jalur yang benar. Mulailah dengan mengerjakan hal-hal kecil dan pastikan hal kecil tersebut selesai dan tidak menganggu proyek ke depannya. Tidak mungkin bukan seseorang secara langsung menangani proyek besar.

Untuk itu, mulailah dengan mengerjakan proyek kecil. Kumpulkan pengalaman dan juga pengalaman selam di sana. Cara ini akan membuat seseorang terbiasa dan akhirnya nannti mampu mengerjakan proyek yang lebih besar tanpa menemui kendala yang berarti nantinya.

3. Pilihlah Partner Yang Berkompeten

 
Partner juga menjadi elemen penting dalam berwirausaha. Ada kalanya kita membutuhkan orang lain dalam berbagi dan bertukar pikiran. Pilihlah mereka yang benar-benar berkompeten dan bisa diajak bekerja sama. Jangan lupakan kemampuan pemrograman dan skill mengembangkan aplikasinya, pastikan keduanya baik.

Adanya partner ini akan memudahkan pembagian tugas nantinya, seperti siapa menghandle penjualan, manajemen program, manejemen iklan, dan sebagainya. Ini dimaksudkan agar bisnis bisa berjalan efisien dan efektif dalam menghasilkan profit kepada pihak-pihak terkait.

Demikianlah tadi beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh seseorang yang ingin berwirausaha atau berkarir menjadi seorang pengembang aplikasi. Semoga artikel ini bisa menjadi sumber bacaan yang baik untuk para pembaca. Semoga bermanfaat.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami