Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Apa Manfaat Menggunakan Aplikasi Toko dan Bagaimana Menggunakannya Secara Lebih Efektif?
Berikut informasi mengenai manfaat dari sebuah aplikasi di application store yang berfungsi sebagai reputasi bagi merk Anda. Sembari Anda bekerja dengan sistem operasional aplikasi Anda, Anda pun bekerja dengan memanfaatkan strategi omni-channel, demi meningkatkan penjualan aplikasi Anda.
20935
post-template-default,single,single-post,postid-20935,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,hide_inital_sticky,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive
aplikasi (1)

Apa Manfaat Menggunakan Aplikasi Toko dan Bagaimana Menggunakannya Secara Lebih Efektif?

Sebagai pemilik smartphone, pastinya mengenal aplikasi toko di application store, sebab di tempat inilah para pemilik smartphone melakukan pengunduhan aplikasi. Tetapi, bagaimana fenomena ini dari segi pemilik bisnis aplikasi? Tentunya berbeda dari segi pemilik smartphone, dikarenakan pemilik smartphone adalah pemakai aplikasi sementara pemilik bisnis adalah pembuat aplikasi, yang tentunya memandang application store sebagai media untuk meraup keuntungan dalam dunia bisnis aplikasi.

Anda tentunya sebagai pemilik bisnis di bidang aplikasi, mengharapkan agar aplikasi milik Anda dapat memberikan manfaat kepada pengguna aplikasi Anda dengan tujuan mendapatkan reputasi yang baik. Sebab reputasi yang baik akan membuat aplikasi Anda menarik perhatian pelanggan dan pada akhirnya merangsang Anda untuk menciptakan aplikasi yang lebih baik, sehingga membuat ketersediaan aplikasi dalam sebuah application store menjadi meningkat.

Sembari reputasi aplikasi Anda bekerja untuk bisnis aplikasi Anda, Anda juga dapat mempraktekkan konsep omni-channel. Lalu, apakah yang dimaksud dengan omni-channel itu? Artikel ini akan membahas beberapa poin sekaligus terkait bisnis di bidang pembuatan aplikasi, yaitu fakta mengenai jumlah aplikasi toko yang bertambah setiap tahunnya, cara menggunakan aplikasi toko secara efektif, poin-poin yang perlu diperhatikan saat memperkenalkan aplikasi toko dan bagaimana cara mengembangkan aplikasi toko.

Kemudian untuk poin-poin, fakta mengenai jumlah aplikasi toko yang bertambah tiap tahunnya dan cara menggunakan aplikasi toko secara efektif, dibagi lagi menjadi sub-sub. Yaitu, latar belakang peningkatan aplikasi toko, tiga manfaat dari memperkenalkan aplikasi toko, pemberitahuan push dalam hal penggunaan informasi segmentasi dan lokasi, pembagian kupon dan promosi unduhan, dan fungsi kartu hadiah.

Berikut ini akan dibahas informasi selengkapnya mengenai poin-poin tersebut!

Jumlah Aplikasi Toko Bertambah Setiap Tahun

 

aplikasi toko

Saat ini, jumlah ketersediaan aplikasi dalam toko atau application store erat kaitannya dengan reputasi aplikasi yang berfungsi sebagai alat yang efektif untuk menarik perhatian pelanggan. Berikut ini akan dibahas poin-poin penting terkait jumlah aplikasi toko yang kian bertambah setiap tahunnya.

Artikel Terkait  Bagaimana Anda Membuat Pengguna Mendownload Aplikasi Anda? Coba Gunakan Cara Promosi Aplikasi Berikut Ini!

Latar Belakang Peningkatan Aplikasi Toko

 
Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, telah diperkenalkan istilah omni-channel. Dalam pengaplikasiannya di dunia nyata, beberapa tahun terakhir ini pendekatan omni-channel sangat ditekankan dalam industri ritel. Selain itu dikenal juga istilah multi-channel, yang tentunya berbeda dengan istilah omni-channel. Dalam dunia bisnis aplikasi, omni-channel diawali dari istilah multi-channel. Multi-saluran atau multi-channel adalah konsep terkait pengambilan keuntungan dalam dunia bisnis aplikasi melalui beberapa saluran penjualan.

Sementara omni-channel adalah istilah yang lebih maju lagi dibandingkan multi-channel, yaitu konsep lebih lanjut untuk memajukan konsep multi-channel, yaitu konsep pengambilan keuntungan melalui beberapa saluran penjualan, sekaligus pengelolaan semua titik kontak antara merk dan pelanggan. Adapun hal-hal penting terkait pengelolaan semua titik kontak antara merk dan pelanggan seperti penyediaan dan perolehan informasi aplikasi dan layanan purna jual, disamping aspek penjualan. Informasi mengenai aplikasi, dapat diperoleh melalui dunia maya, yaitu situs web, e-mail, majalah, SNS, dan melalui saluran lain, yaitu review di dalam toko dan surat secara langsung. Selain itu, pelanggan dapat membeli produk atau aplikasi tertentu melalui toko fisik atau e-commerce.

Kunci kesuksesan dari omni–channelization adalah kerja sama antara aspek online dan aspek offline, yaitu informasi atau aksi secara online dan toko aktual. Oleh karena itu, sesuai dengan konsep omni-channel seperti yang dipaparkan sebelumnya, konsep ini membawa konsep multi-channel yaitu pengambilan keuntungan melalui beberapa saluran penjualan, sebagai contoh melalui saluran-saluran yang dipaparkan sebelumnya, seperti situs web, email, majalah, SNS, bahkan pengalaman di dalam toko dan surat secara langsung.

Kemudian, pengelolaan semua titik kontak antara merk dan pelanggan yang berfungsi untuk menghubungkan antara merk dan pelanggan, dengan tujuan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pengelolaan semua saluran demi menghubungkan merk dan pelanggan dengan tujuan meningkatkan loyalitas pelanggan, erat kaitannya dengan penjualan merk. Hal ini berkaitan dengan hukum Pareto, yang mengatakan bahwa 80% penjualan merk berasal dari 20% pelanggan.

Sementara untuk memperoleh pelanggan baru lebih sulit dibandingkan mempertahankan pelanggan tetap. Oleh karena memperoleh pelanggan baru lebih sulit, maka loyalitas pelanggan sangat penting demi meningkatkan penjualan merk. Sebab, loyalitas pelanggan lah yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan penjualan merk.

Saat Anda mengelola seluruh saluran yang menghubungkan merk dengan pelanggan, maka tentunya Anda akan memberikan informasi atau aksi secara online. Maka smartphone milik pelanggan Anda juga akan memberikan informasi dan panduan kepada pelanggan Anda, yang juga memainkan peran utama untuk mengubah perilaku pelanggan dalam dunia nyata.

Oleh karena itu, aplikasi buatan Anda sangatlah penting sebagai reputasi untuk menarik perhatian pelanggan dikarenakan karakteristiknya, sementara Anda juga bekerja dengan konsep omni-channel. Apabila aplikasi Anda memberikan manfaat kepada pelanggan, tentunya akan mendapatkan reputasi yang bagus dan konsep omni-channel dapat digunakan sebagai strategi untuk menyebar luaskan reputasi aplikasi milik bisnis Anda. Tentunya ini akan merangsang merk lain yang menyediakan aplikasi semakin meningkat terkait dengan persaingan bisnis.

Artikel Terkait  Masa Depan Swift Berdasarkan Situasi Penggunaannya Kini

Tiga Manfaat dari Memperkenalkan Aplikasi Toko

 

app shop

Adapun manfaat dari menggunakan aplikasi toko untuk diperkenalkan sebagai strategi omni-channel Anda adalah sebagai berikut.

Tingkat Pembukaan Tinggi

 
Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, ada banyak saluran seperti iklan, DM, majalah, e-mail, dan akun perusahaan SNS, yang berfungsi untuk memperdalam hubungan antara pelanggan dan merk, lewat penyediaan informasi produk dan informasi kampanye. Meskipun tentunya setiap pelanggan yang menjadi target pasar memiliki tahapan, segmen, dan spesialiasi yang berbeda-beda, tentunya informasi yang dipaparkan melalui saluran-saluran tersebut harus dilihat dan dibuka terlebih dahulu sebelum disebar luaskan kepada pelanggan yang Anda targetkan.

Saluran DM relatif lebih mahal, tetapi tingkat pembukaannya tidak pernah bagus. Sementara majalah e-mail adalah media yang dapat digunakan dengan mudah oleh pihak distributor dikarenakan biayanya yang rendah, tetapi memiliki kelemahan yaitu tingkat pembukaannya yang rendah. Pemberitahuan push ke aplikasi asli smartphone dibuka pada tingkatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan majalah DM dan e-mail. Lalu, apa yang dimaksud dengan pemberitahuan push? Pemberitahuan push adalah pesan yang sangat singkat, tetapi dapat menautkan ke fitur aplikasi sehingga dapat mengarahkan pengguna ke halaman dalam aplikasi. Tentunya hal ini dapat memberikan informasi baru.

Dapat Bekerja dengan SNS

 
Penggunaan SNS (Social Networking Service) adalah aktivitas pemasaran yang penting, terutama dalam hal bisnis ritel, yang berhadapan langsung dengan konsumen di antara perusahaan, meskipun SNS (Social Networking Service) tidak lagi menjadi infrastruktur informasi di internet.

Meskipun SNS (Social Networking Service) tidak lagi menjadi infrastruktur informasi di internet, banyak merk mengirim informasi dari SNS (Social Networking Service) secara teratur. Di aplikasi, Anda dapat mengatur halaman yang dapat merujuk ke informasi yang dikirim dari akun SNS merk milik Anda, dan juga memungkinkan untuk meng-konfigurasi pengguna sehingga informasi terbaru tentang merk dapat diperoleh dalam aplikasi tersebut sepenuhnya.

Metode lainnya adalah Anda dapat melampirkan link yang apabila di-click dapat  membawa Anda ke halaman tertentu di aplikasi, di pos SNS (Social Networking Service). Terkait dengan hal ini, juga dikenal istilah kupon baru di aplikasi, yang akan diumumkan dari akun SNS (Social Networking Service), dan koordinasi tambahan dapat dipertimbangkan sehingga pengguna aplikasi dapat didorong untuk menggunakan kupon tersebut. Hal penting lainnya yang patut untuk dilakukan adalah pelanggan yang belum meng-install aplikasi didorong untuk men-install-nya.

Analisis Pengguna yang Mudah

 
Sebagai pemilik bisnis, Anda juga dapat menganalisis riwayat perilaku pengguna lebih mudah melalui aplikasi daripada situs web. Selain menjelajahi konten di dalam aplikasi, perilaku pembelian e-commerce yang terletak di dalam aplikasi, juga membuka pemberitahuan push dan sebagainya. Selain itu terdapat kemungkinan lainnya, seperti penggunaan kupon dan titik, pencapan data penggunaan, penganalisisan pengguna yang bermigrasi ke toko aktual (fisik) dan perilaku pembelian.

Dalam hal peningkatan loyalitas pelanggan dengan menggunakan konsep omni-channel, sangat penting sekali untuk memberikan pengalaman pada pengguna yang dipersonalisasi untuk setiap pelanggan. Analisis perilaku pelanggan yang tepat dapat membantu dalam hal penerapan langkah-langkah pemasaran yang lebih ramah kepada para pengguna aplikasi. Hal ini tentunya dapat menjadi kekuatan utama dalam hal peningkatan loyalitas pelanggan.

Artikel Terkait  Buat Aplikasi Android Murah dan Terpercaya

Cara Menggunakan Aplikasi Toko Secara Efektif

 

aplikasi seluler

Saat memperkenalkan aplikasi toko, Anda sebagai pemilik bisnis aplikasi juga akan memperkenalkan fungsi dan bagaimana cara pengoperasiannya.

Pemberitahuan Push Menggunakan Informasi Segmentasi dan Lokasi

 
Pemberitahuan push ke aplikasi smartphone asli tentunya menarik karena tarif pembukaan yang tinggi. Pada umumnya, halaman utama tidak akan cocok untuk mengirimkan pesan panjang, tetapi lebih cocok untuk penjelasan yang singkat mengenai konten dan juga link ke informasi terperinci. Selain itu, juga terdapat notifikasi yang datang secara tepat waktu kepada audiens yang tentunya tersegmentasi pada atribut pelanggan, dan hal ini tentunya dapat meningkatkan penggunaan aplikasi oleh pengguna.

Selain itu, aplikasi dalam smartphone dapat digunakan untuk mengirim permberitahuan push dengan menggunakan informasi lokasi sebagai pemicu ketika pengguna sudah setuju untuk memberikan informasi mengenai lokasinya. Hal ini tentunya dapat digunakan untuk mengirimkan informasi mengenai toko penjualan kepada pengguna di dekat toko. Selain itu, juga dapat digunakan untuk mengirimkan ucapan terima kasih ketika pengunjung meninggalkan daerah tersebut agar kembali ke toko.

Bagikan Kupon dan Promosikan Unduhan

 
Apabila pelanggan Anda menggunakan aplikasi yang tersedia di application store, tentunya mereka dapat melakukan berbagai tindakan seperti yang dijelaskan dalam pemaparan sebelumnya. Tetapi, tentunya terdapat rintangan yang relatif tinggi untuk membuat pelanggan Anda men-download dan meng-install sebelum menggunakan aplikasi.

Adapun cara yang efektif untuk mengatasi rintangan ini adalah melalui penggunaan kupon yang disediakan dalam aplikasi Anda. Banyak pelanggan yang memilih menggunakan kupon, bahkan dalam hal aplikasi aktual. Penyediaan kupon dalam aplikasi akan mengarah pada komunikasi yang lancar, ketika staf operasional dari aplikasi memberikan rekomendasi kepada pelanggan untuk meng-install aplikasi di toko fisik.

Ketentuan kupon dalam aplikasi memiliki keunggulan jika dibandingkan kupon berbasis kertas, sebagai contoh, dalam hal pengaturan kadaluarsa yang fleksibel. Kupon dalam aplikasi adalah alat yang ampuh sebagai penghubung antara online dan offline, dan tentunya sangat diperlukan untuk omni-channel.

Fungsi Kartu Hadiah

 
Kartu loyalitas adalah hal yang penting bagi aplikasi di application store. Kartu loyalitas kertas konvensional, seperti layaknya kartu pada umumnya, dapat memenuhi dompet dan tempat kartu (card casing) dan dapat menyebabkan Anda lupa kartu loyalitas Anda ketika berkunjung ke toko. Tetapi jika Anda mengintegrasikan fungsi kartu loyalitas ke dalam aplikasi, Anda dapat menghilangkan kerugian tersebut.

Ketika mengintegrasikan fungsi kartu loyalitas ke dalam aplikasi, sistem dari sisi operator aplikasi perlu memiliki fungsi agar dapat terhubung dengan sistem eskternal, sehingga titik-titik layanan yang ada, yang telah dioperasikan secara konvensional, dapat diambil alih oleh operator aplikasi.

Artikel Terkait  Pentingnya Tindakan Pembaruan Terhadap Aplikasi

Poin yang Perlu Diperhatikan Saat Memperkenalkan Aplikasi Toko

 
Aplikasi asli juga melakukan perannya untuk pertama kalinya, di luar rintangan utamanya yaitu meminta pelanggan untuk men-download dan meng-install aplikasi Anda. Tetapi bahkan jika pengguna aplikasi Anda dapat meng-install-nya sepanjang waktu, meskipun tergantung pada cara aplikasi itu dibuat dan dioperasikan, aplikasi tersebut tetap dapat langsung dihapus instalasi-nya oleh pengguna aplikasi Anda.

Bahkan jika Anda sebagai pemilik bisnis menyediakan kupon atau kartu poin, apabila operasi ini rumit, proses log in rumit, perlu waktu untuk mempresentasikannya di kasir toko aktual (fisik), pengguna aplikasi Anda akan pergi. Aplikasi dengan sistem operasi yang buruk, sebagai contoh, struktur aplikasi secara kesuluruhan sulit dipahami, pengguna aplikasi tidak dapat memahami informasi yang ingin mereka ketahui, atau informasi pada aplikasi tidak up-to-date dan ditampilkan terus menerus, tentu saja pengguna aplikasi tidak akan menemukana manfaat menggunakan aplikasi tersebut.

Pemberitahuan push juga senjata yang ampuh bagi aplikasi, tetapi pemberitahuan push yang terlalu sering dapat memicu pengguna aplikasi melakukan penghapusan instalasi. Desain yang bagus dan operasi yang handal bagi sebuah aplikasi tentunya sangat penting untuk meningkatkan efektivitas aplikasi.

Berdasarkan pemaparan sebelumnya, apakah Anda dapat memahami manfaat dari aplikasi toko? Idealnya, sebagai pemilik bisnis aplikasi, Anda harus mengembangkan aplikasi dengan kegunaan dan kecepatan yang tinggi. Apabila kalian tertarik dengan informasi ini, kalian bisa mencoba dan melihat contoh pembuatan aplikasi toko yang kami punya dengan mengunjungi situs web kami https://appshop.co.id/

Demikian informasi mengenai manfaat dari sebuah aplikasi di application store yang berfungsi sebagai reputasi bagi merk Anda. Sembari Anda bekerja dengan sistem operasional aplikasi Anda, Anda pun bekerja dengan memanfaatkan strategi omni-channel, demi meningkatkan penjualan aplikasi Anda.

Tags: