Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | "Apakah ini bisnis?" "Model bisnis" dan "Bagaimana menghasilkan penjualan dan laba" yang penting dalam perencanaan bisnis aplikasi
21060
post-template-default,single,single-post,postid-21060,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-child-theme-ver-1.0.0,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge-child,wpb-js-composer js-comp-ver-6.4.1,vc_responsive
aplikasi-native

“Apakah ini bisnis?” “Model bisnis” dan “Bagaimana Menghasilkan Penjualan dan Laba” yang Penting dalam Perencanaan Bisnis aplikasi

“Aplikasi menghasilkan banyak uang” “Ada perusahaan dalam industri yang sama yang tampaknya menguntungkan” “saya tidak sabar untuk memulai manajemennya” Bahkan ketika memutuskan mengembangkan aplikasi dalam suasana seperti itu, hal itu bahkan tidak dapat memulihkan investasi. Ada banyak kasus di mana itu terjadi.

Ada beberapa jenis alasan mengapa aplikasi yang dibangun menjadi gagal, tetapi menurut informasi ada kasus di mana “bisnis tidak didirikan pada saat rencana bisnis dibangun di tempat pertama”.Ada banyak pengalaman terhadap beberapa bisnis baru di industri web, tetapi sering kali menemukan bahwa bisnis aplikasi masih sulit untuk dijalankan.

Oleh karena itu, kali ini, dengan menganggap aplikasi native sebagai bisnis alih-alih menjadikan situs web sebagai aplikasi, poin-poin yang harus diorganisasikan pertama dari perspektif “Apakah bisnis aplikasi saat ini sedang dipertimbangkan sebagai bisnis yang memungkinkan?” Akan dijelaskan di sini.

Jika Anda berpengalaman dalam bisnis baru berkali-kali, itu adalah masalah biasa, dan yang terfikirkan mungkin akan bersemangat dengan mengatakan “Tidak, tidak, apa yang lebih penting daripada pengetahuan semacam ini”, tetapi pertama-tama itu adalah dasar. Mari kita memilah.

Artikel Terkait  Manfaat dan Apa yang Bisa Kita Lakukan dengan Menggunakan Website, SNS, PWA dan Aplikasi Native (Versi 2020)

Sebelum Anda mulai menulis rencana bisnis, ada poin yang perlu dipertimbangkan dari bisnis terlebih dahulu

 

bisnis-1

Dalam kasus perusahaan startup yang mengembangkan aplikasi seperti eksperimen sosial yang memiliki tujuan “mengusulkan nilai dan gaya hidup yang sepenuhnya baru” dan ” mengembalikan dunia”, penting untuk menerbitkan aplikasi dan melihat reaksinya terlebih dahulu.

Namun, sebagian besar perusahaan dan orang yang bertanggung jawab sedang memikirkan penerapan “peningkatan pelanggan yang baik” dan “peningkatan penjualan”, sehingga bisnis akan menjadi penting dalam mengembangkan dan mengoperasikan aplikasi.

Bukan hanya aplikasi, tetapi hal pertama yang dipikirkan ketika membuat bisnis baru, adalah apa yang harus diselidiki

  • Apakah Anda memiliki pelanggan yang ingin menggunakan aplikasi yang Anda kembangkan?
  • Apakah ada cukup banyak pelanggan yang ingin menggunakannya?
  • Apakah akan menghasilkan penjualan jika ada cukup banyak pelanggan?
  • Apakah akan melebihi biaya operasi dan pemeliharaan, dengan asumsi penjualan yang memadai
  • Apakah ada arus kas yang cukup untuk memulihkan investasi awal?
  • Apa yang membedakan bisnis Anda sebagai daya saing dan mewujudkan rencana ini?

Mengenai “Apakah ada pelanggan yang benar-benar akan menggunakannya?”, untuk mengumpulkan data referensi dalam penelitian dahulu, tetapi ada banyak poin yang tidak dapat diklarifikasi.

Ini sedikit menyimpang, tetapi survei kuesioner membuat pemasaran menjadi pesimis, terutama ketika mewawancarai tatap muka atau ketika menggunakan prototipe, itu dalam keadaan “membuat orang lain memikirkan hal-hal tambahan”. Pada saat itu, itu tidak akan menjadi pendapat pengguna yang menggunakannya untuk pertama kalinya dalam keadaan datar, dan bahkan jika Anda tidak benar-benar menyukainya, ada juga yang hanya berucap saja seperti “Ini menarik! Saya akan menggunakannya ketika dirilis!”

Dan ketika memikirkan beberapa layanan web terkenal yang biasanya digunakan, tidak terbatas pada bisnis aplikasi, ada beberapa yang mengatakan “layanan ini benar-benar keren” sebelum dan segera setelah rilis. Bukan hanya itu? (Mungkin, sering seperti “Tidak ada gunanya menggunakan layanan ini.”)

Jadi, mari kita pertimbangkan apakah ada permintaan dari data nyata setelah versi α dan Versi Β Dirilis, Mari Kita Pikirkan Dulu Sebagai Berikut.

Artikel Terkait  Pentingnya Tindakan Pembaruan Terhadap Aplikasi

Berapa Pasaran Tentang Itu?

 

bisnis-2

Pertama dan terpenting, ini tentang berapa banyak orang dan berapa banyak uang yang dapat Anda terbitkan ke pasar. Ukuran penjualan yang ingin Anda tuju sebagai perusahaan atau bisnis besar, tetapi apakah target tersebut dapat tercapai atau tidak, sangat dipengaruhi oleh ukuran pasar.

Dalam hal aplikasi, Anda dapat melihat “perkiraan jumlah unduhan” dan “peringkat dari pengguna” semua aplikasi yang bersaing dengan melihat App Store dan Google Play. Selanjutnya, jika Anda melihat peringkat penjualan, Anda dapat melihat peringkat di aplikasi genre tertentu.

Jika Anda adalah perusahaan terbuka atau perusahaan berkembang yang telah mencapai beberapa hasil, angka-angkanya sering diungkapkan, jadi pastikan untuk memeriksanya ketika Anda memikirkan rencana bisnis Anda.

Keduanya tidak selalu akurat, tetapi memperkirakan penjualan dari saham pesaing, jumlah DL, dan ulasan dapat membantu Anda menetapkan beberapa tujuan saat menulis rencana bisnis Anda.

Strategi Dasar Porter

 
Di tempat pertama, ketika menetapkan target pasar

  • Cara untuk melawan persaingan (pasar besar, tetapi bisnis tidak dapat dibangun kecuali bisa mendapat bagian)
  • Jalur di mana kita tidak bersaing dengan pesaing (ukuran pasar kecil, jumlah pengguna dan batas penjualan rendah)

Ada dua pilihan.

Secara alami, ada manfaat mendapatkan banyak uang jika ukuran pasar meningkat, tetapi misalnya, jika tiga perusahaan besar teratas masing-masing memegang sekitar 30% dari pangsa pasar, ada batasan untuk penjualan yang dapat diperoleh dalam jangka pendek hingga menengah. Dan strategi bagaimana tumbuh di Laut Merah dan bagaimana melindunginya ketika Anda memegang saham menjadi sangat penting, dan tidak sedikit investasi diperlukan.

Di sisi lain, ada cara untuk menemukan atau menciptakan samudra biru dengan mengkhususkan diri di suatu tempat di pasar tertentu. Tentu, jika ada sedikit persaingan, tidak sulit untuk mendapatkan saham mayoritas dengan investasi kecil. Tetapi jika terlalu banyak, penjualan mungkin tidak sebesar itu, bahkan ketika itu 50-100%.

Plus, ada pilihan besar lain.

  • Penjualan berbiaya rendah (membutuhkan upaya untuk meningkatkan jumlah pelanggan sambil mempertahankan biaya rendah)
  • Penjualan menurut pengalaman Anda sendiri (perlu upaya untuk memberikan nilai yang membuat Anda ingin membeli walaupun harganya mahal)

Dan nilai mana yang harus disampaikan kepada pelanggan.

Sementara “kecepatan” merek dalam industri pakaian dan restoran terus bersaing ketat dalam harga, ada juga merek yang berjuang tanpa mengurangi harga pada rute mewah dan rute organik.

Bahkan dengan aplikasi, hampir tidak ada persaingan di mana tidak ada persaingan. Penting untuk memperjelas tujuan aplikasi dan memperjelas posisi berdiri perusahaan berdasarkan dua sumbu “di mana Anda membidik” dan “bagaimana membidik”.

Struktur untuk menghasilkan penjualan dan laba berdasarkan model bisnis dan bisnis aplikasi

 
Untuk penjualan yang dihasilkan dari aplikasi

  • Iklan
  • Pembelian dalam aplikasi
  • Penjualan langsung produk dan layanan in-house
  • Gunakan sebagai platform, biaya broker
  • Data penjualan / biaya riset pemasaran

 

Ada berbagai macam pembelian dalam aplikasi, termasuk model harga tetap yang mendorong registrasi pengguna berbayar dengan pembayaran bulanan, dan model pay-as-you-go seperti game.

Transaksi intra-aplikasi dan statistik data pengguna diambil dan dijual sebagai data pemasaran, hanya nomor 5 yang khusus, tetapi itu merupakan dasar penjualan aplikasi.

Penjualan = jumlah pengguna aktif (AU) x harga satuan rata-rata.

Itu menjadi rumus perhitungan. Pengguna aktif adalah pelanggan yang dalam kondisi “menginstal aplikasi dan kemudian menggunakannya”, yaitu, pelanggan yang baik yang telah menjadi penggemar.

Dan ketika itu semakin menjamur,

  • Penjualan model iklan = jumlah AU x frekuensi kunjungan x jumlah tampilan halaman (≈ waktu tinggal)
  • Penjualan model pembelian dalam aplikasi = jumlah AUs x persentase pengguna yang membayar x harga pembelian
  • Penjualan langsung / penjualan tipe EC = Jumlah AUs x Frekuensi pembelian x Harga unit rata-rata
  • Penjualan aplikasi model berbasis biaya = jumlah total yang ditangani (jumlah AU x frekuensi transaksi x harga unit transaksi) x suku bunga

Biaya operasi dan investasi awal yang diperlukan untuk aplikasi agar memberikan “pengembalian”

 
            Tentu saja, laba bisnis dihitung dengan mengurangi biaya dari penjualan, jadi penting juga untuk merencanakan bisnis Anda dengan mengasumsikan biaya bulanan.

Secara alami, biaya pengembangan aplikasi adalah biaya. Sangat mudah untuk menganggapnya sebagai biaya outsourcing ketika memesan dari perusahaan produksi, tetapi mari kita perkirakan hal yang sama ketika staf in-house beroperasi. Jika Anda mulai menghitung situasi bulanan dengan gagasan bahwa “gratis jika Anda menggunakan karyawan perusahaan Anda”, Anda mungkin akan kesulitan nantinya.

Biaya penting dalam bisnis aplikasi adalah biaya dan tenaga yang diperlukan untuk “promosi pemasangan” dan “promosi untuk terus bertahan”.

 
Pertama-tama, agar bisnis dapat diselesaikan seminimal mungkin, untuk membuat puluhan ribu orang mengunduh aplikasi, dibutuhkan biaya iklan dan biaya personal untuk staf internal.

Juga, jika bukan aplikasi yang pengguna aktifkan secara aktif seperti sebuah game, tindakan PR untuk “retensi” seperti distribusi mendorong pemeritahuan juga akan diperlukan.

Bahkan dengan 10.000 orang yang mengunduh aplikasi, tidak jarang bagi sebagian besar pengguna untuk dengan cepat memasuki kondisi “tidur”. Indikator paling penting untuk meningkatkan penjualan aplikasi adalah “jumlah pengguna aktif”, jadi tidak dapat dikatakan bahwa “karena 10.000 orang telah mengunduh, mari berhentilah beriklan untuk sementara waktu”.

Iklan web dapat ditempatkan dalam format yang membutuhkan biaya untuk setiap instalasi dan setiap menekan tombol mulai, sehingga dapat dikatakan bahwa anggaran bulanan atau tahunan relatif mudah diperkirakan.

Biaya operasi bulanan tinggi yang tak terduga setelah rilis aplikasi

 
Anda tidak perlu khawatir tentang inventaris dan kerugian seperti yang Anda lakukan dalam bisnis penjualan barang, tetapi tentu saja dalam bisnis aplikasi Web, ada biaya yang disebut “biaya pemeliharaan” selama operasi.

Secara khusus, dukungan untuk pengguna yang memposting ulasan bintang 1, perbaikan bug, dan peningkatan versi iOS / Android cenderung diabaikan.

Artikel Terkait  7 Metode Dasar dalam Promosi Aplikasi | Contoh Promosi Aplikasi yang Sukses

Aliran uang tunai yang dapat “ditanggung” tiap bulan menghasilkan laba dan memulihkan investasi awal

 
Bahkan jika Anda menerbitkan aplikasi dan mengiklankannya serta mendapatkan sejumlah pengguna, itu tidak berarti bahwa penjualan akan segera dimulai. Sampai nilai suatu produk atau layanan dikenali, pengguna “tunggu dan lihat” mendominasi, dan penjualan mungkin tidak tumbuh sebanyak jumlah pengguna.

Kesalahan sia-sia dalam bisnis aplikasi adalah “Meskipun semakin banyak pengguna dan kepuasan, dana habis tanpa mampu membayar biaya operasi.”

Oleh karena itu, penting untuk tidak melalui proyek skala besar sebelum ada arus kas yang cukup, tetapi untuk merencanakan cara mengumpulkan dana atau untuk membagi fase pertumbuhan dan membangun strategi bertahap.

Juga, karena biayanya lebih mahal daripada di Web, daripada menunggu bahwa “akan ada lebih banyak keuntungan setiap bulan mengingat ukuran pasar dan tingkat pertumbuhan saat ini”, “Saya akan berinvestasi sebanyak ini untuk membidik negara ini” Saya pikir sangat penting untuk memiliki sikap agresif untuk beroperasi (sambal sering melihat ke belakang).

Ringkasan hal-hal yang harus dipikirkan secara sistematis sebelum memulai bisnis aplikasi smartphone

 

  • Perjelas “pasar apa dan bagaimana mengarahkan” untuk bisnis apa pun
  • Pada saat rencana bisnis, Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang pertanyaan “Apakah Anda ingin menggunakan aplikasi seperti itu?”
  • Lihatlah toko aplikasi dan pengumuman resmi untuk mendapatkan perkiraan “kasar” dari jumlah pengguna dan peringkat perusahaan-perusahaan terkemuka
  • Jumlah pelanggan yang baik (penggemar), frekuensi aktivasi, dan harga satuan adalah faktor yang mempengaruhi penjualan bisnis aplikasi.
  • Cegah pengeluaran yang tidak terduga dengan memahami biaya setelah publikasi dan memasukkannya ke dalam anggaran
  • Aplikasi native menjadi model untuk “berinvestasi sampai batas tertentu dan mendapatkan lebih banyak”
  • Rasa krisis bahwa “akan bermanfaat untuk membuat penjualan sebanyak ini” daripada pengamatan penuh harapan bahwa “jumlah penjualan ini akan datang dari pasar”

Ini lebih tentang bisnis baru daripada berbicara tentang aplikasi iPhone / Android, tetapi untuk berhasil dalam bisnis aplikasi, desain strategis adalah penting.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

Tags: