Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Cara Terbaik Membuat Fitur Booking di Aplikasi Smartphone Anda
Ada satu aplikasi pembookingan jadwal yang sudah terkenal mendunia dan digunakan banyak orang. Mari ambil dan gunakan sistem aplikasi tersebut sebagai contoh agar Anda bisa membuat fitur booking di aplikasi sendiri. Mari simak informasi selengkapnya.
21147
post-template-default,single,single-post,postid-21147,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive
thumbnail-appointment-schedule

Cara Terbaik Membuat Fitur Booking di Aplikasi Smartphone Anda

Ada banyak perusahaan atau bisnis yang kini memberikan akses kepada kliennya untuk membuat suatu janji temu atau “booking”. Biasanya, perusahaan-perusahaan ini telah memahami bahwa menyusun suatu jadwal pertemuan bisa menjadi perkara yang sulit dan membuang-buang waktu. Oleh sebab itu, mereka akhirnnya mencetuskan suatu cara yang bisa mempermudah booking pertemuan melalui aplikasi masing-masing.

Nah, jika aplikasi perusahaan Anda masih belum memiliki fitur booking yang simpel, mudah dan praktis… berhati-hatilah. Pengguna bisa merasa tidak puas atas kekurangan aplikasi Anda dan memilih beralih ke aplikasi lain. Jika dibiarkan terus-terusan, Anda akan kalah dalam persaingan!

Sebelum membahas lebih lanjut, Anda harus memahami betapa pentingnya fitur booking pertemuan ini bagi sebagian kalangan masyarakat. Masyarakat memiliki rutinitas padat yang mengharuskan mereka melakukan banyak hal sekaligus bertemu dengan banyak orang. Agar pertemuan tersebut bisa berjalan dengan lancar, ada kalanya orang-orang membutuhkan suatu aplikasi yang bisa mengatur dan mengingatkan mereka terkait pertemuan yang direncanakan.

Bayangkan jika Anda adalah seorang pekerja dengan rutinitas padat dan harus mengatur pertemuan penting dengan sejumlah orang. Bukan tidak mungkin Anda akan kewalahan karena harus mengatur pertemuan secara tradisional, jauh-jauh mendatangi kantor tempat orang tersebut bekerja, bertatap muka hanya untuk memikirkan kapan waktu dan tempat terbaik untuk meeting. Belum lagi kalau Anda kesulitan menghubungi klien meeting Anda untuk menanyakan waktu dan tempat pertemuan gara-gara dia terlalu sibuk dan tidak bisa diganggu.

Selain itu, manusia adalah sosok yang pelupa. Bukan hal yang mustahil juga pertemuan penting Anda jadi gagal hanya karena Anda lupa memiliki pertemuan pada hari itu. Beragam masalah lain akan bermunculan kalau hal ini sampai terjadi, seperti klien meeting Anda yang marah-marah, kegagalan kesepakatan kerjasama perusahaan, dan lainnya. Oleh karena alasan-alasan inilah, masyarakat membutuhkan suatu hal yang bisa memudahkan mereka dalam menjadwalkan pertemuan sekaligus mengingatkan mereka agar tidak lupa.

Berita bagusnya, saat ini cara tersebut sudah bisa diaplikasikan secara nyata langsung di tangan Anda!

Ada satu aplikasi pembookingan jadwal yang sudah terkenal mendunia dan digunakan banyak orang. Mari ambil dan gunakan sistem aplikasi tersebut sebagai contoh agar Anda bisa membuat fitur booking di aplikasi sendiri.

Artikel Terkait  Buat Aplikasi Android Murah dan Terpercaya

Fitur-Fitur Terbaik untuk Booking via Aplikasi

 

aplikasi-schedule

Bingung bagaimana caranya membuat fitur booking aplikasi yang baik? Mari belajar dari BookedIN. BookedIN adalah aplikasi penyedia jasa pengaturan jadwal pertemuan yang telah terkenal mendunia serta digunakan oleh masyarakat dari berbagai belahan negara. BookedIN diminati banyak orang sebab kemudahannya dalam mengatur serta menjadwalkan janji temu Anda dengan klien, tak peduli berapa kali Anda harus bertemu dengan klien tersebut.

Sebagai langkah awal yang mudah, Anda bisa memasang BookedIN ke situs atau aplikasi Anda sendiri. BookedIN menawarkan periode gratis coba selama 30 hari yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Jika akhirnya Anda memutuskan untuk berlangganan BookedIN, Anda juga akan mendapat kemudahan lain berupa ketidakharusan menginstal perangkat lunak pada aplikasi atau website, dan pembayaran tanpa menggunakan kartu kredit.

Lewat aplikasi BookedIN, klien yang ingin bertemu dengan Anda bisa dengan mudah mengatur sendiri jadwal pertemuannya dengan perusahaan Anda. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan notifikasi pengingat terkait pertemuan yang direncanakan. Jadi tak seorangpun akan mungkin lupa soal janji pertemuan.

Namun pilihan tetap di tangan Anda. Tidak ada salahnya jika Anda ingin mengembangkan fitur booking sendiri dengan belajar dari sistem kerja aplikasi pengatur jadwal yang sudah ada.

Kembali ke fitur-fitur BookedIN unggulan yang bisa Anda dan klien Anda rasakan saat menggunakannya. Ada 6 fitur unggulan BookedIN yang digemari oleh masyarakat:

Booking Sendiri

 
Klien bebas melakukan penjadwalan pertemuan secara swadaya. Masyarakat nyatanya lebih suka mengatur jadwal pertemuan sendiri sebab mereka bisa bebas menyesuaikan waktu pertemuan dengan aktivitas yang lain. Kapanpun dan dimanapun, klien bisa mengatur pertemuan yang diinginkan hanya melalui aplikasi saja tanpa perlu repot-repot menelepon ke perusahaan untuk mengatur janji secara manual.

Custom Formulir yang Menyesuaikan dengan Kebutuhan

 
Selaku pihak perusahaan, Anda juga memiliki kelebihan berupa kebebasan mengatur formulir yang harus diisi klien saat membooking pertemuan. Lewat aplikasi ini, Anda bisa dengan bebas menyusun informasi apa saja yang sekiranya dibutuhkan saat mengatur jadwal pertemuan dengan klien.

Biasanya Anda hanya akan membutuhkan hal-hal sederhana seperti nama dan kontak yang bisa dihubungi. Namun bukan tak mungkin untuk meeting tertentu, Anda akan membutuhkan informasi yang lebih mendetail.

Kalender yang Bisa Dikustomisasi

 

schedule

Fitur unggulan selanjutnya adalah kalender yang bisa dikustomisasi oleh klien. Saat mengatur jadwal pertemuan, klien bisa dengan mudah menyesuaikan tanggal, bulan dan tahun hingga jam meeting akan berlangsung. Anda juga bisa menyertakan informasi hari dan jam kerja perusahaan, serta waktu-waktu ideal untuk bertemu klien. Dengan begitu, klien pun dapat menyesuaikan waktu dan agenda mereka dengan waktu Anda. BookedIN juga menyediakan fitur untuk pertemuan lebih dari sekali. Anda pun dapat mencobanya agar meeting dengan klien dapat berlangsung maksimal!

Daftar Riwayat Klien

 
Selain bisa mengumpulkan informasi terkait klien dan tujuan meeting, BookedIN menyediakan fitur yang memuat daftar riwayat klien yang pernah meeting di perusahaan Anda. Anda bisa mengakses daftar riwayat lengkap mulai dari kapan booking dilakukan hingga rincian pembayaran dari klien sebelum meeting berlangsung. Tenang saja, data ini hanya disajikan untuk perusahaan. Masyarakat atau klien tidak dapat mengaksesnya.

Pengingat Otomatis

 
Fitur yang satu ini tergolong sangat penting dalam proses booking pertemuan. Kehadiran fitur pengingat otomatis terkait jadwal pertemuan bisa meminimalisir klien yang “kabur” alias membatalkan meeting begitu saja tanpa konfirmasi. Lewat fitur pengingat otomatis pun, klien bisa dengan mudah memberikan respon balik seperti konfirmasi, membatalkan, atau mengatur ulang jadwal pertemuan.

Hanya saja, fitur pengingat otomatis dari BookedIN masih berupa e-mail untuk wilayah di luar Amerika serikat dan Kanada. Namun jangan khawatir, Anda masih bisa mengirimkan lebih dari 1 e-mail beserta teks pengingat ke klien Anda. Khusus untuk wilayah Amerika dan Kanada, mereka bisa mengirimkan pesan pengingat melalui SMS.

Proses Pembayaran yang Mudah

 
Keunggulan terakhir dari BookedIN adalah sistem pembayaran yang mudah. BookedIN menerima pembayaran melalui kartu kredit, kartu debit, atau PayPal. Melalui pembayaran virtual ini, baik Anda maupun klien dapat melakukan aktivitas transaksi demi kelancaran meeting dengan mudah.

Nah, itulah dia sejumlah hal yang bisa Anda pelajari untuk mengembangkan fitur booking pertemuan di aplikasi sendiri. Tertarik untuk mencobanya? Jangan buang-buang waktu lagi, segera maksimalkan kemampuan aplikasi Anda!