Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Dasar-dasar "bagaimana mengembangkan aplikasi iPhone" yang harus Anda pahami
Untuk bisa menjadi seorang developer aplikasi iPhone yang profesional tidaklah cukup dengan memahami coding saja, perencanaan, desain hingga pengujian hasil juga harus dilakukan untuk menghasilkan aplikasi dengan kualitas yang baik.
20444
post-template-default,single,single-post,postid-20444,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Bagaimana mengembangkan aplikasi iPhone? Pahami dasar-dasarnya berikut ini

Seiring dengan munculnya berbagai alat dan perangkat modern beberapa tahun terakhir ini, hal ini seakan menjadi tantangan tersendiri dalam mengembangkan aplikasi dengan spesifikasi yang lebih unggul dari yang pernah ada sebelumnya.

Itulah mengapa, ketika hendak mengembangkan aplikasi mobile para developer harus bekerja lebih keras dan melakukan persiapan yang lebih matang untuk bisa mengembangkan aplikasi yang berkualitas.

Pada umumnya, untuk mengembangkan teknologi aplikasi dengan performa dan kualitas yang baik diperlukan adanya ketelitian, konsistensi, sumber daya dan skill yang menunjang. Jadi jika Anda ingin menjadi seorang developer yang profesional, pastikan agar Anda konsisten dan memahami dasar-dasarnya dengan baik.

Dari beberapa jenis aplikasi mobile yang ada, manakah yang akan Anda buat? Apakah aplikasi berbasis Android, iOS atau Windows? Di antara beberapa jenis aplikasi yang ada, aplikasi iPhone berbasis iOS memang selalu menjadi primadona. Untuk itulah, di sini kami akan menyampaikan informasi yang berkaitan tentang tips untuk mengembangkan aplikasi iPhone agar memperoleh hasil yang berkualitas.

Alur Pengembangan Aplikasi Berbasis iPhone

 
IPHONE

Artikel Terkait  Pembuatan Aplikasi Mobile dan Perhitungan Biayanya

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa dipilih dalam mengembangkan aplikasi iPhone. Namun kali ini kami telah merangkum  beberapa ikhtisar tugas yang diperlukan untuk pengembangan aplikasi secara umum.

Membuat Perencanaan

 
Pertama-tama, Anda harus membuat rencana untuk aplikasi yang akan dikembangkan. Dari sini, Anda harus bisa menentukan seperti apa tampilan desainnya, jenis pemrograman, menentukan target audiens dan hal-hal lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk menentukan jumlah anggaran yang akan dialokasikan dalam pembuatan aplikasi iPhone yang akan Anda kembangkan.

Membuat Desain Aplikasi

 
Setelah berhasil dalam memiliki rencana dan konsep jelas untuk membuat aplikasi. Maka selanjutnya, Anda sudah bisa mulai untuk membuat desain aplikasi. Sebisa mungkin, buatlah desain dengan tampilan yang menarik, namun tetap user friendly. Dengan begitu, para pengguna akan betah berlama-lama untuk menggunakan aplikasi yang Anda buat.

Untuk menghasilkan desain yang sempurna dan sesuai rencana, sebaiknya buatlah dokumen desain terlebih dahulu. Berbekal dari dokumen yang berisi sketsa desain aplikasi rancangan Anda, selanjutnya Anda bisa meminta pendapat dari ahlinya. Dengan begitu, Anda akan diberikan masukan-masukan dan arahan agar mampu menciptakan desain aplikasi yang menarik sekaligus memiliki fungsionalitas yang tinggi.

Mulai Membuat Aplikasi

 
images898

Sesudah menyelesaikan proses desainnya, selanjutnya Anda bisa mencoba untuk mulai membuat aplikasi.

Pada umumnya, XCode adalah lingkungan pengembangan yang paling sering digunakan untuk pengembangan aplikasi iPhone. Lingkungan pengembangan bernama XCode ini, memiliki fitur editor yang dapat digunakan untuk menulis kode-kode program, untuk menerjemahkan (mengkompilasi) kode program ke dalam aplikasi yang akan terhubung, dan digunakan untuk mengkonfirmasi sistem pengoperasian program.

XCode merupakan lingkungan pengembangan yang dirilis khusus oleh Apple Inc.  Yang mana, kehadirannya memang digunakan untuk mengembangkan program yang berjalan pada OS Mac, iPhone, iPad, dan yang lainnya. Selain itu, XCode juga dapat diunduh serta diinstal dari App Store dan dapat digunakan secara gratis. Akan tetapi, akses penggunanya hanya bisa dilakukan pada Mac OS saja.

Menguji Aplikasi

 
Untuk memastikan tentang sejauh apa progres aplikasi yang sudah Anda buat, maka sangatlah penting untuk melakukan proses pengujian terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui apakah aplikasi tersebut sudah tepat dan sudah sesuai dengan tujuan serta konsep awal yang Anda inginkan.

Artikel Terkait  Alur dan Proses Dasar Pengembangan Aplikasi | Perbedaan antara Waterfall dan Agile Development

Pastikan bahwa tata letaknya sudah berada di posisi yang tepat. Kemudian, pastikan bahwa layar aplikasi dapat difungsikan sesuai dengan keinginan. Periksa pula apakah aplikasi memiliki permasalahan bug atau tidak.

Proses pengujian harus dilakukan secara detail, guna untuk mengidentifikasi segala kemungkinan yang terjadi. Seperti permasalahan aplikasi yang terlalu banyak menyedot baterai, sehingga baterai menjadi cepat panas.

Pastikan bahwa aplikasi yang Anda buat tidak mengalami permasalahan apapun, agar para pengguna pun bisa merasa terpuaskan, sehingga mereka juga tidak akan segan dalam memberikan rating terbaik untuk aplikasi yang telah Anda kembangkan dengan baik.

Apabila menemukan permasalahan pada saat proses pengujian aplikasi, maka Anda harus segera memperbaikinya. Yang terpenting, selalu pikirkan kualitas, performa dan kemampuan aplikasi. Sebab, para pengguna bukan hanya sekedar menginginkan aplikasi dengan tampilan desain terbaik saja, melainkan menginginkan aplikasi yang memiliki kelengkapan fitur, berkualitas tinggi dan dapat diakses dengan cepat.

Merilis Aplikasi

 
images23

Sebenarnya, proses perilisan aplikasi iPhone jauh lebih sulit dibandingkan dengan proses perilisan aplikasi berbasis Android. Sebab, ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum melakukan proses perilisan aplikasi. Adapun diantaranya, adalah sebagai berikut ini.

Mendaftarkan Diri Sebagai Pengembang

 
Tahap awal yang perlu dilakukan sebelum mulai merilis aplikasi, yakni Anda harus mendaftar sebagai pihak pengembang. Pendaftaran bisa dilakukan langsung melalui program pengembangan layanan yang disediakan oleh Apple. Namun, untuk melakukannya, Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar $ 100 per tahun.

Membuat sertifikat, profil, dll

 
Setelah menyelesaikan proses pendaftaran sebagai pengembang aplikasi, maka Anda masih diharuskan untuk membuat sertifikat, profil aplikasi, dan lain-lain. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan ID khusus yang sudah didapatkan dari proses pendaftaran sebagai pihak pengembang.

Proses Ulasan Aplikasi

 
Jika aplikasi Android bisa langsung dirilis hanya dengan mengunggahnya ke Google Play, tetapi untuk aplikasi iPhone perlu untuk diunggah ke Apple terlebih dahulu.

Dalam meminta peninjauan ulasan aplikasi ini, Anda bisa mengumpulkan sertifikat dan profil yang telah dibuat sebelumnya. Setelahnya baru bisa melakukan proses pengunggahan.

Setelah proses pengunggahan selesai, maka Anda bisa langsung  mendaftarkan informasi aplikasi beserta data yang diperlukan seperti ikon aplikasi dan informasi tangkapan layar. Kemudian, bisa langsung mengajukan permohonan tinjauan oleh Apple. Setelah ulasan proses selesai dibuat, maka Anda akan dapat mengunduh aplikasi dari App Store.

Itulah beberapa tahapan yang harus dipenuhi ketika hendak mengembangkan dan merilis aplikasi iPhone atau aplikasi berbasis iOS. Yang mana, pekerjaan Anda tidak terselesaikan begitu saja setelah aplikasi selesai dibuat, karena proses perilisan aplikasi pun harus dilakukan sesuai dengan prosedur dan tata cara seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Artikel Terkait  Kenali Perbedaan Antara Aplikasi dan Browser

Bagi ahlinya, proses pembuatan dan pengembangan aplikasi berbasis iOS adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Namun, hal yang sama tidak berlaku pada pemula. Pasalnya, proses pembuatan aplikasi iPhone memang jauh lebih rumit dibandingkan dengan proses pembuatan aplikasi Android.

Hal tersebut juga berlaku pada proses pengembangannya. Sebab, proses pengembangan aplikasi iPhone memang memerlukan proses yang lebih panjang, mengingat bahwa perangkat iPhone memiliki peraturan dan prosedur keamanan yang lebih intensif.

Kendati demikian, tidak sedikit para development aplikasi iPhone yang sukses dalam percobaan pertamanya. Hal ini disebabkan karena, persaingan penjualan di toko aplikasi iPhone memang tidak jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di toko aplikasi Android.

Terlebih lagi, memang jumlah orang yang mampu menciptakan dan mengembangkan aplikasi iPhon masih sedikit, sehingga sangat wajar apabila harga penggunaan aplikasi iPhone hampir tidak ada yang gratis. Sebab, semua itu disesuaikan dengan kerja keras pihak pengembang dalam membuat dan merilis aplikasi tersebut.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami