Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Berapa Kira-Kira Biaya Pemasangan Iklan Di Dalam Aplikasi? Perbandingan Biaya Pemasangan Iklan Pada Aplikasi Iphone Dan Android
Berikut informasi mengenai biaya pemasangan iklan untuk beragam media, mulai dari iklan Google, Youtube, Yahoo, kemudian platform Social Networking Service (SNS) seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan yang terakhir media web yaitu iklan artikel.
20940
post-template-default,single,single-post,postid-20940,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.2.0,vc_responsive
iklan web

Berapa Kira-Kira Biaya Pemasangan Iklan Di Dalam Aplikasi? Perbandingan Biaya Pemasangan Iklan Pada Aplikasi Iphone Dan Android

Biaya iklan tentunya mahal ketika banyak perusahaan bersaing untuk mempromosikan aplikasinya. Hal ini juga bergantung dengan faktor waktu misalnya masa peluncuran produk atau masa liburan yang ramai. Selain itu, bergantung juga dengan genre aplikasi. Terkait dengan promosi, Anda harus menetapkan tujuan terlebih dahulu sebelum menetapkan nilai target Anda. Setelah itu, Anda dapat menghitung tafsiran biaya iklan.

Terkait dengan periklanan, ada banyak sekali jenis penghitungan balik dan iklan yang berasal dari website saja, dan hal ini tentunya menciptakan kesulitan untuk menentukan pilihan mana yang harus dipilih. Dengan asumsi bahwa target Anda telah ditetapkan. Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara pemasangan iklan sekaligus langkah-langkah yang dilakukan oleh PR (Public Relation) untuk mendapatkan aplikasi yang diunduh.

Adapun hal-hal lainnya yang akan dibahas dalam artikel ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang iklan web, tinjauan mengenai distribusi iklan di platform dan kutipan melalui Google, Youtube, dan Yahoo, ikhtisar harga pasar iklan di SNS seperti Twitter, Facebook, Instagram hingga media website yang berbasis iklan artikel.

Untuk poin-poin, tinjauan mengenai distribusi iklan di platform dan ikhtisar harga pasar iklan di SNS seperti Twitter, Facebook, Instagram hingga media website berbasis iklan artikel. Hal spesifik lainnya yang akan dibahas adalah industri dengan manfaat atau dengan kata lain jenis sosial media dengan karakteristik dan manfaat yang dapat Anda gunakan, dan kiat untuk menurunkan cost per install (CPI) rata-rata dan meningkatkan efektivitas biaya.

Berikut ini akan dibahas mengenai poin-poin tersebut, dimulai dari poin mengenai hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang iklan web!

Hal Pertama Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Iklan Web

  

iklan-web' (1)

Pertanyaan pertama mengenai iklan web yang patut Anda ketahui jawabannya adalah : apa yang membuat iklan website berbeda dari iklan massal dan iklan kertas? Ada beberapa jawaban untuk menjawab pertanyaan ini, yaitu:

  • Dapat mulai didistribusikan dari jumlah yang sangat kecil;
  • Target berupa informasi yang akan disampaikan dapat ditentukan secara lebih rinci;
  • Beberapa informasi dapat dimodifikasi setelah dihasilkan;
  • Efektivitas biaya dapat berubah, tergantung dari kualitas operasional.

Itulah poin-poin yang membuat iklan web lebih unggul dibandingkan iklan-iklan dari sumber lainnya. Di Indonesia, Anda dapat memanfaatkan Google Ads untuk mempromosikan aplikasi milik Anda, dan terdapat Cost per Install dan anggaran harian maksimal. Kemudian, Anda dapat menyesuaikan biaya tersebut kapan saja. Saat Anda memutuskan untuk menayangkan iklan web, Anda dapat mengatur terlebih dahulu anggaran Anda dan jumlah tawaran yang ingin Anda otomatisasikan.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah pesaing. Jika pesaing menaikkan tawarannya karena ingin banyak beriklan disebabkan pesaing tersebut memiliki banyak dana untuk membayarnya, layar (screen) perangkat milik pengguna akan lebih sering menampilkan iklan yang sedang bersaing. Tetapi, tidak semua perusahaan yang memiliki penawaran tertinggi dapat menayangkan iklan.

Perusahaan dengan tawaran yang lebih rendah, iklannya cenderung untuk tidak ditampilkan dan pada akhirnya secara bertahap menjangkau pelanggan. Apabila Anda menaikkan harga penawaran menjadi tinggi, tentunya akan lebih hemat biaya. Jadi sangat penting untuk menyesuaikan harga saat akan memasang iklan.

Selain itu, Anda juga harus membayar sejumlah pelanggan yang benar-benar meng-install aplikasi atau pelanggan yang mengakses application store seperti App Store dan Google Play. Yaitu dengan cara mengalikan jumlah pelanggan yang benar-benar meng-install aplikasi atau pelanggan yang mengakses application store tersebut dengan harga penawaran, dan pada akhirnya mencapai anggaran yang telah ditentukan. Ulangi cara ini untuk mempertimbangkannya hingga Anda memutuskan untuk melakukannya.

Artikel Terkait  Cara-Cara Terampuh Menarik Konsumen Bisnis Melalui Aplikasi

Tinjauan Distribusi Iklan di Platform dan Kutipan (Google, Youtube, Yahoo)

  

iklan-1 (1)

Terkait dengan biaya iklan, Anda dapat menentukan anggaran Anda sendiri. Kemudian terdapat ketentuan yang harus Anda perhatikan, yaitu melakukan pembayaran untuk setiap pemasangan aplikasi dan kunjungan situs atau toko Anda. Setelah melakukan hal tersebut, Google akan mengotomatiskan operasi tersebut.

Apabila Anda memilih sistem iklan yang mengenakan biaya setiap kali dipasang, maka akan mudah sekali untuk memahami efektivitas biaya. Tetapi, memang, di Jepang, harga satuan per kas cenderung tinggi, dari ratusan hingga ribuan Yen tergantung pada casing. Namun, bahkan jika 10 orang mengunjungi toko dengan biaya iklan 10 Yen, tetapi hanya satu yang mengunduh aplikasi Anda, maka Anda akan menemukan Cost per Install (CPI) agak tinggi. Tetapi, hal ini tentunya berbeda dengan aturan dan ketentuan yang Anda di Indonesia.

Industri dengan Manfaat

 
Google Adwords, website penyedia iklan, sudah melakukan otomatisasi pemasangan iklan aplikasi sejak November 2017. Iklan di Google Adwords, dibuat dari list di Google Play dan Apple App Store, kemudian target dan penawaran dioptimalkan secara otomatis oleh sistem pembelajaran mesin Google Adwords. Hal ini akan memudahkan perusahaan yang belum pernah melakukan pemasangan iklan mengiklankan aplikasi buatannya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Yahoo, perusahaan yang mengoperasikan situs portal terbesar di Jepang, memiliki data pelanggan dalam jumlah besar. Harapannya adalah sistem pemrograman otomatis, yang mirip dengan situs Google, dapat hadir di masa yang akan datang. Untuk iklan web, memiliki kerugiannya tersendiri sebab banyak iklan web sulit untuk dijangkau, bahkan oleh orang yang secara teratur melakukan browsing melalui internet seperti orang paruh baya dan senior. Informasi mengenai aplikasi terutama dikumpulkan melalui surat kabar dan majalah.

Tetapi iklan Google Adwords dan Yahoo Jepang menutupi kekurangan tersebut. Google dapat menayangkan iklan di beragam layanan, seperti Google Play dan Youtube. Kemudian, Yahoo Jepang memiliki tingkat penetrasi yang tinggi, bahkan untuk kalangan yang tidak secara teratur mengakses internet.

Artikel Terkait  Pembuatan Aplikasi dengan Harga Terjangkau Melalui APPSHOP

Kiat untuk Menurukan Cost per Install (CPI) dan Meningkatkan Efektivitas Biaya

 
Sama seperti dalam hal iklan konvensional, penting sekali untuk menargetkan iklan Anda dengan mempersiapkan teks, gambar dan video untuk iklan Anda. Jika Anda memutuskan untuk beriklan melalui Google, Anda harus memastikan untuk meninjau deskripsi toko aplikasi dan layar atau screen milik Anda yang ditangkap oleh calon pengguna aplikasi.

Apabila Anda memiliki banyak video berkualitas, Anda dapat menayangkan iklan video melalui Youtube. Tetapi Anda memerlukan desain yang dapat memberikan dampak yang tepat setelah memulai, sehingga tidak dilewati oleh pengguna Youtube.

Ikhtisar dan Harga Pasar Iklan di Media Sosial atau SNS (Twitter, Facebook dan Instagram)

  

iklan-sosial-media (1)

Anda dapat menetapkan anggaran Anda sendiri untuk biaya iklan. Anda harus membayar untuk setiap pemasangan aplikasi atau kunjungan ke situs Anda. Tetapi terdapat sensasi bahwa target pasar dekat Google dan website lainnya. Semakin baik sistem operasinya maka akan semakin murah.

Apabila menggunakan metode beriklan melalui platform Social Networking Service (SNS) atau di Indonesia biasa disebut dengan Media Sosial, maka Anda akan menampilkan link ke application store, bersama dengan spanduk dan contoh video di timeline SNS (media social). Secara alami, Social Networking Service (SNS), seperti Facebook, Twitter, dan Instagram memiliki karakteristiknya sendiri. Mengetahui karakteristik Social Networking Service (SNS) dan membagikannya dalam bentuk konteks dapat menghemat uang Anda. Menggunakannya setiap hari dapat digunakan untuk memperdalam pemahaman Anda.

Artikel Terkait  Cara Memulai Layanan Berlangganan di Dalam Aplikasi

Industri dengan Manfaat

 
Karakteristik umum dari masing-masing Social Networking Service (SNS) atau media sosial adalah sebagai berikut.

  • Facebook
  • Bagus untuk pebisnis berusia 30-an atau lebih;
  • Sangat efektif apabila Anda ingin menargetkan atribut tertentu karena pengguna sosial media telah mendaftarkan informasi pribadi, seperti nama asli dan usia.
  • Instagram
  • Aplikasi yang sering digunakan oleh wanita berusia remaja sekitar umur 20-an;
  • Dunia yang unik dan menarik dibangun melalui platform ini, dan banyak pelanggan tidak dapat menjangkau dengan iklan lain.
  • Twitter
  • Terdapat berbagai pengguna, mulai dari remaja hingga orang-orang berumur 30-an dan 40-an;
  • Apabila konten menarik, efeknya akan lebih tinggi karena akan menyebar secara alami.

Dalam beberapa tahun terakhir, gaya hidup baru telah bermunculan dimana kaum muda menggunakan aplikasi Instagram dan media lainnya untuk mencari gambar restoran, pakaian, atau hal lainnya, dibandingkan mengetik secara langsung di search engine Google. Tetapi khusus untuk perusahaan yang memiliki target audiens kaum muda, penting sekali untuk mengoperasikan akun resmi dan komunikasi kepada pelanggan melalui sistem operasi, tidak hanya melalui iklan.

Kiat untuk Menurunkan Cost per Install (CPI) Rata-Rata dan Meningkatkan Efektivitas Biaya

 
Iklan Sosial Networking Service (SNS) pada umumnya ditampilkan bersama dengan pos teman-teman ketika pengguna timeline platform-platform tersebut, jadi sangat penting sekali untuk menggunakan emoji atau ekspresi yang sesuai dengan suasana di tempat tersebut. Adapun kiat untuk menurunkan Cost Per Install (CPI) adalah sebagai berikut.

Facebook

  • Daripada hanya membuatnya lucu saja, lebih baik tambahakn twist sembari menjaga dasar-dasar dari post Anda;
  • Gunakan sistem pemasaran yang lebih kreatif;
  • Usahakan untuk dekat dengan iklan konvensional, piringan hitam dan sebagainya.

Instagram

  • Usahakan untuk mementingkan kualitas foto atau video sebab kualitas foto dan video adalah yang terpenting dalam instagram;
  • Bandingkan antara desain dan penampilan daripada fungsi;

Twitter

  • Pahami konteks yang unik, twitter-shine yang tentunya berbeda dengan insta-shine (utamakan untuk kaum muda);
  • Pengguna pada umumnya melihat melalui timeline, jadi penting sekali untuk memiliki dampak yang dapat memberitahu Anda sesuatu saat Anda melihatnya.
Artikel Terkait  Harga Membuat Aplikasi Android dan iOS

Ikhtisar dan Harga Pasar Iklan di Media Web (Iklan Artikel)

  

iklan-2 (1)

Untuk iklan melalui media web terdapat biaya pengiriman untuk lusinan hingga jutaan per artikel. Biayanya akan bertambah sesuai dengan ukuran media. Dalam media web, menggunakan metode penempatan artikel yang diproduksi melalui format artikel di media web. Ini tidak terlihat secara publik sebagai situs portal utama, tetapi lebih berfokus untuk mengumpulkan pengguna dengan atribut tertentu, seperti situs untuk remaja yang ingin menjadi lebih imut atau situs untuk peninjauan aplikasi baru yang berfungsi untuk menarik informasi tentang aplikas-aplikasi baru tersebut.

Menggunakan media web tidak seperti iklan majalah atau surat kabar, tidak perlu repot mengoperasikannya seperti beriklan di SNS ataupun situs portal. Tetapi, penyesuaian yang baik tidak dapat dilakukan hanya dikarenakan kecepatan pemasangan yang buruk atau harga satuan yang tinggi.

Industri dengan Manfaat

 
Secara umum, aplikasi tidak mudah dipasang di media web, bahkan jika calon pengguna aplikasi Anda memilih gambar spanduk dan mengunjungi application store. Intinya adalah jika Anda menempatkan iklan dalam bentuk konten artikel, Anda akan dapat menyampaikan manfaat menggunakan aplikasi dan membimbingnya ke application store.

Adapun kiat menurunkan Cost Per Install (CPI) rata-rata dan meningkatkan efektivitas biaya adalah memilih media yang cocok dengan tampilan untuk dunia aplikasi dan membuat media yang cocok tersebut memiliki konten yang menyatu dengan media.

Demikian informasi mengenai biaya pemasangan iklan untuk beragam media, mulai dari iklan Google, Youtube, Yahoo, kemudian platform Social Networking Service (SNS) seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan yang terakhir media web yaitu iklan artikel. Informasi ini tentunya bermanfaat bagi Anda yang sedang atau akan menjalankan bisnis aplikasi dalam memutuskan media iklan yang mana sebaiknya digunakan.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: