Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Harga Aplikasi Android dan iOS | Jasa Pembuatan Aplikasi
Harga aplikasi Android dan iOS kami sesuaikan dengan spesifikasi dan konsep dari aplikasi yang ingin dibuat. Berikut ini beberapa paket harga aplikasi yang kami tawarkan.
18361
post-template-default,single,single-post,postid-18361,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Harga Aplikasi Android dan iOS | Jasa Pembuatan Aplikasi

Apakah untuk membuat aplikasi itu selalu berbiaya tinggi? Harga aplikasi tidak selalu mahal, apalagi jika Anda menggunakan jasa pembuatan aplikasi yang profesional contohnya seperti Appkey. Appkey adalah jasa pembuatan aplikasi dengan harga terjangkau namun tetap memiliki kinerja yang profesional. Nah, berikut ini akan dijelaskan biaya yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi.

Seperti diketahui setiap tahunnya ada ratusan aplikasi Android dan iOS yang dirilis. Tentunya bukan hal yang mudah dan belum tentu semua orang bisa membuat aplikasi sendiri walaupun telah mempelajari cara membuat aplikasi. Oleh sebab itu, dibutuhkan jasa pembuatan aplikasi yang mampu menawarkan pembuatan aplikasi berkualitas, sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Hanya saja, jika Anda memutuskan untuk membuat aplikasi dengan bantuan jasa pembuatan aplikasi, maka tentunya Anda perlu memikirkan soal biaya pembuatannya. Harga pembuatan aplikasi ini yang biasanya menjadi kendala tersendiri, sebab tidak jarang jasa pembuatan aplikasi memberikan banderol aplikasi buatan mereka dengan harga yang cukup mahal.

Penentuan harga aplikasi sendiri sebenarnya termasuk masalah yang rumit. Hal tersebut disebabkan karena biasanya klien ingin langsung mengetahui harga yang pasti, padahal untuk membuat sebuah aplikasi Android dan iOS harus mempertimbangkan sejumlah faktor, sehingga biasanya biaya pembuatan aplikasi itu awalnya masih dalam harga perkiraan.

Faktor Untuk Menentukan Harga Aplikasi

Ketika Anda ingin membuat sebuah aplikasi Android dan iOS biasanya sebagai calon klien maka Anda sudah memiliki strategi pemasaran untuk mempromosikan aplikasi tersebut, atau setidaknya Anda telah memiliki gagasan awal. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih jasa pembuatan aplikasi yang memang terbuka untuk menerima ide-ide yang berasal dari klien.

Appkey termasuk jasa pembuatan aplikasi yang sangat terbuka terhadap klien, Anda sebagai klien bisa secara bebas mendiskusikan seperti apa aplikasi yang Anda inginkan. Diskusi sehat antara pihak pembuat aplikasi dengan klien diharapkan bisa menghasilkan sebuah aplikasi yang akan dapat memuaskan klien yang bekerja sama dengan jasa pembuatan aplikasi tersebut.

Artikel Terkait  Harga Buat Aplikasi Android dan iOS

Meskipun demikian, jika berbicara tentang harga aplikasi, ada satu hal yang penting untuk diketahui, bahwa tidak bisa memperkirakan biaya proses pembuatan dan pengembangan aplikasi secara detail. Namun setidaknya dengan melakukan diskusi bersama klien maka proyeksi anggaran pembuatan aplikasi akan lebih dapat dinilai seakurat mungkin.
Setidaknya ada tiga faktor yang berpengaruh terhadap biaya pembuatan aplikasi, yaitu:

  • Spesifikasi proyek
  • Cerita klien
  • Nilai kelayakan

Faktor pertama melibatkan proses diskusi bersama antara jasa pembuatan aplikasi dengan klien sehingga pada proses tersebut akan menghasilkan rincian daftar fitur yang ingin disematkan oleh klien dalam aplikasi Android dan iOS. Proses diskusi membutuhkan pembicaraan yang sistematis, sehingga aplikasi yang dibuat akan menjadi sebuah aplikasi terbaik yang memang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan klien.

Agar bisa mendapatkan perkiraan harga aplikasi yang cukup akurat, bisa menggunakan teknik perkiraan yang disebut perkiraan tiga titik. Jenis perkiraan tersebut merupakan perkiraan dengan sistem tiga titik atau tiga poin yang kemungkinan mampu mewakili perkiraan terbaik, perkiraan yang paling mungkin dan perkiraan terburuk.

Selanjutnya, faktor kedua adalah mengumpulkan cerita klien yang berfungsi untuk membantu mengidentifikasi perkiraan biaya yang diperlukan untuk membuat aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan keinginan klien berdasarkan dari cerita klien tersebut.

Pengumpulan cerita klien ini berupa definisi singkat yang bisa terdiri hanya dari satu hingga dua kalimat saja dari apa yang akan bisa membuat pengguna aplikasi merasa nyaman dengan aplikasi milik klien tersebut. Kami berikan contoh seperti “ Saya Sebagai pengguna, ingin bisa masuk ke akun hanya dengan menggunakan email atau melalui akun sosial media yang saya miliki”

Selain itu juga bisa menggunakan pendekatan melalui konsep pertanyaan 5 W yang terdiri dari, Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), What (apa), Why (mengapa). Selain melalui pengumpulan cerita klien, Anda juga bisa memperkirakan biaya pembuatan aplikasi Android dan iOS dengan menggunakan asumsi nilai kelayakan.

Jika menggunakan asumsi nilai kelayakan untuk memperkirakan harga aplikasi, maka bisa dilihat dari dua perspektif.

  • Kemungkinan ROI proyek yang dapat memberikan profit untuk sebuah perusahaan
  • Nilai sumber daya yang dibutuhkan agar tercipta output yang terbaik

Memperkirakan harga pembuatan aplikasi dari potensial ROI ketika proyek pembuatan dan pengembangan aplikasi belum selesai dimulai memang bukan suatu hal yang mudah dan memang rumit. Oleh sebab itu sebaiknya lebih fokus untuk mempertimbangkan perkiraan harga aplikasi melalui perspektif nilai sumber daya yang dibutuhkan.

Dalam tahapan ini yang dibutuhkan adalah memastikan bahwa sebagai jasa pembuatan aplikasi lebih banyak memiliki aset yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi, sehingga biaya pembuatan aplikasi yang tidak terlalu besar pun tidak akan merugikan. Nilai proyek pembuatan aplikasi harus dapat dibandingkan dengan biaya yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi.

Bandingkan waktu yang diperlukan untuk proses pembuatan dan pengembangan aplikasi Android dan iOS dengan upaya yang diperlukan oleh sebuah tim pembuat dan pengembang aplikasi tersebut. Berikut ini ada beberapa contoh personil tim yang diperlukan untuk proyek pembuatan aplikasi Android dan iOS.

  • Pengembang UX Senior yang bertugas untuk memetakan perjalanan pengalaman pengguna (user experience) dan arsitektur.
  • Perancang UI (user interface) senior yang bertugas sebagai pembuat desain visual dan tata letak aplikasi.
  • Junior UI yang bertugas sebagai pemberi bantuan dan redundansi.
  • Pengembang Front-End Senior yang bertugas untuk memberikan kode dan mengembangkan elemen UI kustom.
  • Pengembang Back-End Senior dan Medium yang bertugas untuk memberikan kode semua fungsi.
  • DevOps yang bertugas sebagai pembangun, penguji dan juga yang bertugas untuk menggunakan perilisan environment.
  • Manajer Proyek yang bertugas untuk menjaga proyek agar bisa tetap berjalan di jalur yang seharusnya dan juga bertugas untuk menengahi kesenjangan antara klien dan tim teknis.
  • Technical Support yang bertugas untuk mempertahankan proyek dan seterusnya.
  • QA (quality assurance) Tester yang bertugas untuk menjamin kualitas produk sesuai dengan standar sebuah perusahaan.
  • System Administrator yang bertugas sebagai orang yang akan mendokumentasi konfigurasi sistem dan menjaga tingkat keamanan instalasi.

Untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan klien, memang diperlukan sebuah tim pembuat aplikasi yang ahli dibidangnya dan mampu bekerja sama dalam sebuah team work yang solid.

Cara Menghitung Harga Aplikasi yang Dibutuhkan

Untuk mengembangkan aplikasi memang sudah wajar jika cara perhitungannya menggunakan sistem “man-month” dan juga perhitungan yang menggunakan “jumlah pekerja dikalikan dengan waktu pengerjaan”. Dua cara tersebut merupakan cara dasar yang biasanya dibutuhkan untuk menghitung harga aplikasi. Hal tersebut baru akan bisa dipahami jika melihat proses pengembangan aplikasi.

Proses pengembangan aplikasi tersebut, baik itu untuk aplikasi Android ataupun iOS akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Proses pembuatan dan pengembangan aplikasi diawali dengan memproses desain aplikasi tersebut. Pada tahapan ini, definisi kebutuhan dan desain harus benar-benar dipahami sebaik mungkin.
  • Selanjutnya proses pembuatan dan pengembangan aplikasi dilanjutkan dengan pemrograman.
  • Kemudian proses pembuatan dan pengembangan aplikasi berlanjut lagi pada proses uji coba yang meliputi uji sistem dan uji operasi.
  • Lalu, setelah proses uji coba itu, baik aplikasi Android ataupun iOS akan bisa diserahterimakan dari pihak jasa pembuatan aplikasi kepada klien atau dapat pula langsung dirilis ke Play Store (Android) ataupun App Store (iOS).
  • Setelah itu, aplikasi yang sudah dirilis tidak bisa dibiarkan begitu saja, sebab selain harus ada sistem operasional yang baik juga diperlukan sistem pemeliharaan.

Umumnya, sebuah jasa pembuatan aplikasi yang profesional seperti misalnya Appkey juga bukan hanya sekadar membuat dan mengembangkan aplikasi saja, namun paket pembuatan aplikasi tersebut sudah sekaligus menyediakan paket pemeliharaan aplikasi.

Artikel Terkait  Harga Membuat Aplikasi Android dan iOS

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebuah aplikasi membutuhkan cukup banyak sumber daya manusia yang ahli dibidangnya, dalam hal ini proses pengembangan aplikasi Android dan iOS membutuhkan system engineer handal yang terlibat dalam semua proses pengembangan serta programmer yang handal dan mampu bertanggung jawab dalam pemrograman aplikasi.

Perbedaan tugas dan peranan antara system engineer dan programmer itulah yang akan membuat harga pembuatan aplikasi berbeda satu dengan yang lainnya. Jika jumlah jam kerja yang dibutuhkan lebih banyak tentunya membutuhkan lebih banyak biaya pula. Hal tersebut berarti semakin banyak jumlah fungsi dan elemen produksi yang diperlukan untuk pembuatan dan pengembangan aplikasi maka semakin tinggi harga aplikasinya.

Oleh sebab itu, jika aplikasi yang dibuat itu hanya menampilkan layar dan sejumlah tulisan, biaya aplikasinya lebih murah, sementara itu aplikasi yang fungsinya lebih rumit, contohnya seperti game maka biaya yang dibutuhkan akan lebih besar sehingga secara otomatis harga aplikasi tersebut pun akan lebih mahal. Jadi intinya, harga sebuah aplikasi tergantung pada isinya.

Berikut ini, ada sejumlah perkiraan biaya menurut konten aplikasi:

  • 5juta – 150juta Aplikasi keranjang belanja
  • 20juta – 70juta Aplikasi katalog
  • 30juta – 250juta Sistem aplikasi panggilan / pesan (chat)
  • 10juta – 1M Aplikasi game
  • 20juta – 800juta Sistem informasi lokasi SNS
  • 20juta – 200juta Tool system

Itulah beberapa contoh harga pembuatan dan pengembangan aplikasi yang berbeda-beda tergantung dari jenis dan spesifikasi fungsi dari aplikasi tersebut. Daftar harga pembuatan aplikasi tersebut hanya merupakan perkiraan, namun biasanya setelah dilakukan perincian biaya, harga aplikasinya tidak akan setinggi itu. Namun, perlu diketahui pula bahwa jika pembuatan aplikasi sekaligus untuk Android dan iOS maka biaya yang diperlukan pun dua kali lipat.

Hal tersebut disebabkan karena lingkungan pengembangan serta bahasa pemrograman yang digunakan berbeda. Oleh sebab itu diperlukan biaya ganda agar aplikasi yang dibuat dapat kompatible dengan kedua perangkat tersebut. Bukan hanya itu saja, untuk penyesuaian sistem operasi, kemungkinan juga masih membutuhkan biaya tambahan.
Maka dari itu, apabila Anda memang ingin menyesuaikan dengan versi OS terbaru, akan diperlukan pula biaya pengembangan yang lebih tinggi. Di Indonesia sendiri harga pengembangan untuk aplikasi iOS memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan aplikasi Android. Hal tersebut disebabkan karena lingkungan pengembangan serta individu yang mampu menguasai dan ahli dibidang pemrograman iOS lebih sedikit jumlahnya.

Harga Aplikasi yang Terkait dengan Biaya Desain dan Dukungan Operasional

Harga aplikasi yang ada di pasaran memang sangat bervariasi, selain tergantung dari kebijakan jasa pembuat aplikasi, hal tersebut juga dapat tergantung dari apakah desain untuk aplikasi yang akan dikembangkan tersebut berasal dari desain yang sudah disiapkan klien atau klien menyerahkan sepenuhnya kepada pihak jasa pembuat aplikasi.

Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa untuk mendesain tampilan sebuah aplikasi smartphone, baik itu untuk perangkat Android ataupun iOS merupakan cara yang mudah sebab ukuran dari layar perangkat tersebut termasuk kecil. Namun, sebenarnya diperlukan pengetahuan dan pengalaman khusus untuk bisa membuat sebuah interface terpadu sehingga mudah digunakan.

Ketika aplikasi dibuat mulai dari tahap perencanaan, maka jasa pembuatan aplikasi akan mempertimbangkan konsep dari aplikasi yang akan dibuat. Hal tersebut disebabkan karena dalam proses pengembangan aplikasi akan seringkali terjadi perbedaan antara desainer dan juga engineer pembuat aplikasi.

Sementara itu, pada saat proses pembuatan aplikasi selesai dan kemudian berlanjut dengan proses perilisan aplikasi. Diperlukan pula proses pemeliharaan aplikasi dan dukungan operasional yang mumpuni. Sebuah jasa pembuatan dan pengembangan aplikasi profesional memang harus memiliki layanan pembuatan lengkap dengan pemeliharaan aplikasi.

Ada sejumlah proses yang perlu dilakukan pasca perilisan sebuah aplikasi, diantaranya seperti proses perbaikan bug serta berbagai permasalahan yang tidak bisa sepenuhnya ditemukan saat proses sebelumnya dalam pengembangan aplikasi. Selain itu, aplikasi yang dirilis tersebut perlu lebih dimudahkan untuk penggunaan user, penambahan fitur dan juga update dari versi OS dan lain sebagainya.

Selain itu, sebuah aplikasi juga perlu dilakukan proses pemeliharaan konten dan informasi yang tentunya perlu dilakukan proses pembaharuan secara berkala. Perlu diketahui, bahwa aplikasi harus selalu mengalami pembaharuan sebab jika tidak maka teknologi tersebut akan menjadi sebuah teknologi usang yang lama-kelamaan akan kehilangan fungsi utamanya.

Maka itulah sebabnya jika proses operasional dan pemeliharaan sangat diperlukan, apalagi setelah aplikasi tersebut sudah dirilis. Hindari mengabaikan biaya pemeliharaan aplikasi sebab jika Anda mengabaikannya maka bisa saja Anda akan mengalami over budget yang tidak sesuai dengan perencanaan pembuatan dan pengembangan aplikasi.

Artikel Terkait  Biaya Bikin Aplikasi Android dan iOS

Bukan hanya itu saja, sebuah aplikasi juga masih membutuhkan beberapa biaya tambahan agar aplikasi bisa tetap berjalan lancar. Ada beberapa biaya tambahan lain, diantaranya seperti biaya server, biaya domain, biaya SSL, hingga biaya dukungan operasi back-end.

Sebuah jasa pembuatan aplikasi yang menetapkan biaya pembuatan dan pengembangan aplikasi serta dilengkapi pula dengan biaya operasional dan pemeliharaan aplikasi umumnya akan menetapkan harga aplikasi yang cukup tinggi. Namun, jika Anda bekerjasama dengan jasa pembuatan aplikasi Appkey, maka Anda akan mendapatkan penawaran harga yang masih terbilang cukup terjangkau.

Appkey memberikan penawaran biaya pengembangan lengkap dengan biaya operasional dan pemeliharaan aplikasi perbulannya dengan harga yang masih terbilang masuk akal. Namun, sebaiknya Anda tetap perlu memastikan terlebih dahulu dukungan operasional apa saja yang akan bisa didapatkan ketika sebuah aplikasi yang dibuat oleh Appkey itu selesai dan siap untuk dirilis.

Paket Aplikasi dengan Harga Murah

Saat ini Appkey juga telah meluncurkan layanan khusus berupa paket aplikasi dengan harga murah. Aplikasi yang dibuat Appkey juga termasuk cukup singkat proses pembuatan dan pengembangan aplikasinya. Selain itu agar biaya pembuatan aplikasi dapat lebih ditekan lebih murah, Appkey telah membuat template aplikasi bisnis khusus.

Biaya aplikasi dalam paket aplikasi murah ini bahkan biayanya dapat dipangkas mulai dari 10 hingga 30 persen dari harga asli pembuatan aplikasi pada umumnya. Appkey menawarkan paket dengan harga aplikasi lebih murah terdiri dari berbagai jenis aplikasi, mulai dari aplikasi pengiriman, aplikasi belanja, aplikasi toko, aplikasi pemesanan kendaraan dan berbagai jenis aplikasi lainnya.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang KamiKontak Kami
Pengenalan PerusahaanPengenalan Layanan
Tags: