APPKEY | Harga Membuat Aplikasi Android dan iOS
Harga membuat aplikasi Android dan iOS yang dapat disesuaikan dengan fitur aplikasi. Anda tidak perlu khawatir tentang harga yang kami tawarkan, Anda bisa membuat aplikasi dengan harga terjangkau.
18645
post-template-default,single,single-post,postid-18645,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Harga Membuat Aplikasi Android dan iOS

Harga membuat aplikasi android berbeda untuk setiap jenis aplikasi yang ingin dibuat. Ada bermacam-macam faktor pendukung yang membuat harga aplikasi tersebut berbeda. Misalnya dari tingkat kesulitan dalam pembuatan aplikasi baik di android maupun iOS. Apalagi jika Anda menginginkan untuk membuat 2 aplikasi yang nantinya bisa terinstal di OS android dan iOS.

Aplikasi yang digunakan di iOS dan android memiliki bahasa pemrograman yang berbeda. Hal tersebut karena pada dasarnya sistem operasi yang dipergunakan juga berbeda. Sehingga, tidak bisa sembarang aplikasi yang dapat diunduh dan dipasang di ponsel terutama untuk iOS.

Jika Anda membandingkan kedua sistem operasi tersebut untuk menentukan pangsa pasar, maka android lebih unggul. Hal ini disebabkan karena harga dari ponsel android yang lebih terjangkau dibandingkan dengan ponsel iOS, sehingga banyak masyarakat yang akhirnya memilih untuk menggunakan aplikasi yang bisa terpasang di ponsel sistem Android.

Sedangkan untuk aplikasi yang hanya ingin digunakan di ponsel tertentu, maka Anda bisa membuat aplikasi untuk iOS. Hal ini disebabkan karena tidak semua aplikasi bisa diunggah dan akhirnya diunduh dan dipasang di ponsel. Apalagi, umumnya sistem operasi iOS tidak memungkinkan Anda untuk transfer data seperti foto dengan cara tertentu misalnya Bluetooth. Perangkat yang menggunakan sistem operasi iOS hanya dapat melakukan transfer data dengan perangkat yang sama.

Harga Membuat Aplikasi Android dan iOS

Ada beberapa perbedaan antara iOS dan android yang bisa mempengaruhi harga membuat aplikasi android dan iOS. Diantaranya adalah:

Sistem Pengembangan

Sistem android memiliki sifat open source yang artinya bahwa pengguna bisa melakukan pengubahan sesuai dengan keinginan serta selera. Misalnya ROM MIUI yang menjadi dasar dari suatu sistem operasi di android. Sedangkan iOS sistem pengembangan bersifat closed source yang hanya orang tertentu saja yang bisa melakukan pengubahan perangkat.

Dari sifat sistem yang dipergunakan tersebut, maka sebagai pengembang aplikasi juga harus menyesuaikan dengan sistem tersebut, terutama untuk sistem iOS. Anda harus lebih bisa menyesuaikan bahasa pemrograman dengan system yang sifatnya closed source.

Artikel Terkait  Harga Aplikasi Android dan iOS | Jasa Pembuatan Aplikasi

Masing-masing aplikasi baik untuk iOS ataupun untuk android memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri. Misalnya dari sisi keamanan, aplikasi untuk iOS lebih aman. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan karena sistem pengembangannya bersifat closed source.

Segi Aplikasi

Jika dilihat dari segi vendornya, iOS hanya memiliki 1 vendor sehingga jika pun nantinya ada updater terbaru dari iOS maka selama hardware ponsel tersebut mendukung, update sistem bisa dinikmati.

Sedangkan android memiliki vendor yang berbeda. Karena itu, jika ada update baru, maka harus disesuaikan dengan vendor tersebut, walaupun untuk update aplikasi biasanya dapat dilakukan untuk smartphone android apapun tanpa melihat vendor.

Namun, yang membedakan biasanya ada di memori yang dipergunakan. Misalnya aplikasi yang cukup berat, seperti gaming, memiliki performa yang lebih baik untuk ponsel yang mempunyai RAM 3GB dibandingkan jika dipergunakan di ponsel dengan RAM 1 GB.

Segi Gaming

Tidak semua aplikasi yang terinstal di ponsel adalah jenis aplikasi untuk pengolahan data. Namun ada juga aplikasi untuk bermain game. Baik iOS ataupun android memiliki kompatibilitas headset yang berbeda dengan kompatibilitas yang berbeda.

Sehingga sebelum developer game mempublikasikan aplikasi yang dibuat maka harus melakukan pengetesan di semua device yang ada, terutama android. Itu karena ponsel Android memiliki lebih banyak memiliki jenis dan tipe ponsel dibandingkan dengan iOS. Langkah tersebut dilakukan agar nantinya aplikasi yang dikeluarkan bisa digunakan di device apapun.

Faktor Staff untuk Menentukan Harga Membuat Aplikasi Android

Tidak hanya dari segi sistem operasi yang akan mempengaruhi harga membuat aplikasi android maupun iOS namun juga seberapa banyak tim atau staff yang ada untuk membuat aplikasi tersebut. Selain itu, beban yang ditanggung oleh staff, misalnya apakah dia harus melakukan pekerjaan ganda untuk membuat aplikasi tersebut atau tidak.

Pada dasarnya, staff dalam 1 tim yang diperlukan untuk pembuatan aplikasi terutama untuk jenis aplikasi custom diantaranya adalah:

  • Pengembang UX untuk memetakan perjalanan dan pengalaman bagi pengguna dan arsitektur aplikasi.
  • Perancang UI untuk membuat desain dan tata letak pada aplikasi misalnya letak tombolnya.
  • Pengembang front end untuk melakukan programming serta pengembangan elemen UI secara custom.
  • Pengembang back end untuk melakukan programming semua fungsi dari aplikasi tersebut.
  • DevOps bertugas untuk membangun, menguji serta merilis environment.
  • Manager project yang bertugas agar project berjalan dengan baik serta menengahi antara tim teknis dan klien.
  • Dukungan teknis atau technical support yang bertugas untuk mempertahankan project.
  • QA atau tester untuk menguji kualitas dari produk apakah sudah sesuai dengan standar perusahaan atau tidak.
  • System administrator bertugas untuk mendokumentasikan konfigurasi dari sistem tersebut serta menjaga tingkat keamanan instalasi.

Hal yang harus Anda ketahui adalah jumlah staf untuk masing-masing project bisa saja berbeda, akan tetapi, harus memiliki staf yang tetap. Misalnya untuk programming dan untuk tester. Staf yang terlibat tersebut bisa saja juga menghandle berbagai jenis aplikasi sehingga tingkat kesulitan aplikasi akan sangat berpengaruh pada harga membuat aplikasi android ataupun untuk iOS.

Pengembangan yang Mempengaruhi Harga Membuat Aplikasi Android

Selain proses dalam pembuatan aplikasi yang akan menentukan tinggi rendahnya harga membuat aplikasi android dan juga iOS, proses pengembangan juga sangat mempengaruhi harga. Pengembangan yang dimaksud dalam hal ini tidak hanya pengembangan dari kerangka hingga menjadi aplikasi secara utuh namun juga setelah aplikasi tersebut dibuat.

Harga aplikasi akan semakin mahal jika aplikasi tersebut memiliki potensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut. Hal ini disebabkan karena, semakin lama aplikasi tersebut akan dipergunakan secara berkala. Misalnya ide yang tampak sederhana akan menjadi aplikasi yang rumit karena harus mengembangkan ide menjadi aplikasi yang menarik.

Agar dapat melalui proses pengembangan yang baik maka diperlukan komunikasi dan proses kreatif. Komunikasi yang baik tidak hanya diperlukan untuk berkomunikasi dengan sesama tim namun juga antara tim dengan klien. Terkadang terdapat klien yang memiliki ide menarik namun tidak bisa diungkapkan.

Artikel Terkait  Harga Membuat Aplikasi Android dan iOS

Karena hal tersebutlah, diperlukan orang yang ahli untuk menginterpretasikan apa yang diinginkan oleh klien yaitu project manager. Setelah itu akan disampaikan ke tim agar ide atau keinginan dari klien bisa segera dieksekusi. Namun, dalam proses pengembangan, tidak lepas dari adanya masalah yang diluar dugaan.

Misalnya keinginan klien yang tiba-tiba berubah atau ingin menambahkan fitur tertentu sehingga mau tidak mau, tim untuk membuat dan mengembangkan aplikasi tersebut harus menyesuaikan aplikasi dengan kebutuhan klien. Akibatnya waktu yang dipergunakan harus mundur dan biaya juga akan membengkak. Selain karena overtime juga karena membuat banyak orang semakin terlibat.

Harga Membuat Aplikasi Android yang Meniru Aplikasi Lain

Keinginan klien bisa berbeda-beda dan bahkan ada yang menginginkan untuk membuat aplikasi yang seperti atau dengan basic seperti aplikasi lain. Keinginan tersebut akan sangat berpengaruh pada harga membuat aplikasi android ataupun iOS. Harga pembuatannya bisa semakin lebih mahal daripada ide organic yang tidak meniru aplikasi lain.

Hal ini disebabkan karena tim yang membuat aplikasi tersebut, mau tidak mau harus membongkar atau tahu terlebih dahulu sistem atau program yang dipergunakan untuk dapat menghasilkan aplikasi tersebut. Tidak hanya berhenti di situ, biasanya klien juga menginginkan tambahan fitur lain.

Sayangnya, permintaan “ditambah fitur” tersebut tidak jarang menyebabkan error yang susah untuk diatasi. Butuh waktu yang tidak sedikit untuk menguak barisan program yang ada di aplikasi yang diinginkan oleh klien dan kemudian mencocokkan dengan fitur yang hendak dipasang.

Semakin tinggi tingkat kesulitannya, misalnya untuk pemasangan fitur maka harga yang harus dibayarkan akan semakin tinggi.

Beberapa jenis fitur yang saat ini banyak dipergunakan dan disematkan di aplikasi yaitu:

  • Fitur e-niaga yang berfungsi untuk pembayaran ataupun penarikan dan untuk penarikan daring. Fitur ini biasanya ada untuk aplikasi yang berkaitan dengan perbankan.
  • Fitur media sosial: fitur ini seakan menjadi fitur wajib untuk setiap aplikasi. Setidaknya ada 1 media sosial yang dihubungkan dengan aplikasi untuk tujuan tertentu, misalnya untuk sekedar sharing ataupun untuk menikmati fitur tambahan. Contohnya dalam bermain game untuk membeli item yang dapat berguna untuk mengalahkan musuh.
  • Alat management dan operasional yang dapat menampilkan statistic dan analitik.
  • Fitur tracking yang cocok untuk disematkan di aplikasi yang berkaitan dengan pemesanan misalnya online shop sehingga dapat meminimalisir kecurangan dan penipuan.
  • Fitur untuk berkirim pesan secara real time. Fitur ini biasanya dipergunakan di toko online atau aplikasi pelayanan yang memungkinkan pengguna aplikasi dapat bertanya secara langsung kepada pemilik aplikasi untuk mengatasi masalah yang terjadi.
  • Fitur pemesanan yang biasanya ada di online shop atau e-commerce ataupun untuk aplikasi pemesanan tiket dan hotel.

Harga Membuat Aplikasi Android dan iOS Pasca Rilis

Setelah aplikasi dirilis, tugas pembuat aplikasi baik untuk android dan untuk iOS sebenarnya sudah selesai karena tugas utamanya hanyalah untuk membuat aplikasi tersebut. Akan tetapi, tidak sedikit yang memberikan penawaran untuk pasca rilis, misalnya pengembangan aplikas agar nantinya aplikasi yang dibuat tersebut dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.

Besar biaya untuk pengembangan tersebut berbeda satu sama lain, tergantung dari jenis pengembangan yang dilakukan. Misalnya pengembangan untuk menambah fitur yang kompleks maka harganya juga akan lebih mahal dibandingkan dengan pengembangan yang hanya perlu untuk penambahan informasi statis di dalam aplikasi.

Biaya Dukungan Operasional

Biaya ini merupakan biaya yang harus dibayarkan untuk tambahan layanan seperti untuk memperbaiki bug ataupun masalah yang timbul setelah aplikasi tersebut rilis. Selain itu, biaya pasca rilis ini besarnya tergantung dari kebutuhan klien.

Artikel Terkait  Harga Pembuatan Aplikasi Android dan iOS

Misalnya apakah klien menghendaki untuk update informasi atau fitur yang diperbarui secara berkala atau tidak. Serta biaya lain seperti penggunaan cloud yang sesuai dengan kebutuhan agar aplikasi bisa berjalan dengan baik.

Selain biaya tersebut, ada juga layanan yang memerlukan biaya tambahan yang harus Anda ketahui sehingga nantinya Anda tidak merasa kecewa dan dapat merancang anggaran dengan baik. Layanan tersebut diantaranya adalah:

  • Pengunggahan aplikasi ke app store baik ke playstore ataupun ke appstore iOS agar dapat ditemukan dan diunduh dan dipergunakan oleh pengguna smartphone.
  • Dukungan promosi untuk membantu Anda agar setelah aplikasi tersebut rilis, aplikasi tersebut dapat disebarkan dengan lebih luas. Caranya adalah dengan menggunakan media dari perusahaan Anda sendiri ataupun dengan menggunakan media dari perusahaan yang lainnya.
  • Layanan maintenance, misalnya untuk perbaikan aplikasi agar aplikasi dan website tetap dapat dipergunakan dengan baik tanpa ada masalah seperti terjangkit virus atau aplikasi menjadi lambat.

Misalnya untuk paket aplikasi android dan iOS yang diintegrasikan dengan website, maka dengan biaya sekitar Rp 7 jutaan, 6 jutaan rupiah untuk biaya di awal misalnya untuk perancangan, desain serta dokumentasi dan biaya 1 jutaan untuk biaya per bulan. Dengan total biaya kurang dari 10 jutaan tersebut, Anda sudah akan mendapatkan atau mencakup hal berikut ini:

  • Biaya aplikasi Android dan iPhone.
  • Biaya pembuatan website.
  • Sistem back end atau admin panel.
  • Maintenance atau pemeliharaan sehingga aplikasi dan website dapat berjalan dengan baik.
  • Rental server.
  • Pengaturan server untuk website.
  • Upload aplikasi ke app store karena butuh akun seperti akun berbayar.

Jadi, harga membuat aplikasi Android dan iOS bisa berbeda-beda disesuaikan dengan fitur aplikasi yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan ditagih dengan biaya mahal untuk pembuatan aplikasi yang sederhana.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang KamiKontak Kami
Pengenalan PerusahaanPengenalan Layanan
Tags: