APPKEY | Pembuatan Aplikasi Mobile dan Perhitungan Biayanya
Pembuatan aplikasi mobile dilakukan oleh tim berpengalaman, dimana harga disesuaikan dengan fitur yang ada dalam aplikasi. Kami melayani jasa pembuatan aplikasi Android dan iOS berkualitas.
18664
post-template-default,single,single-post,postid-18664,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Pembuatan Aplikasi Mobile dan Perhitungan Biayanya

Aplikasi mobile merupakan sebuah aplikasi yang dibuat untuk digunakan pada perangkat portable smartphone dengan mengharuskan penggunaannya untuk melakukan sebuah proses mendownloadnya terlebih dahulu melalui toko aplikasi untuk selanjutnya diinstall pada smartphone.

Perkembangan zaman yang semakin maju tidak pernah lepas dari pengaruh perkembangan dunia digital khususnya internet. Berbagai jenis informasi dapat kita jumpai di internet. Dan kemajuan ini sangat membantu memudahkan kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari misalnya dalam melakukan pekerjaan.

Mengikuti internet, teknologi yang mengalami perkembangan yang sangat signifikan adalah ponsel pintar dan aplikasi yang digunakan di dalamnya. Dengan adanya aplikasi semua kebutuhan dan aktivitas kita dapat diakses dan dilakukan dengan lebih cepat.

Berbagai kemajuan itu juga memberikan angin segar bagi perusahaan yang bergerak di bidang IT memiliki bentuk bisnis baru dalam hal pengembangan aplikasi seluler. Beberapa aplikasi seluler terkenal seperti skype, facebook, mobile banking dan berbagai macam aplikasi seluler lainnya dibuat oleh para pengembang aplikasi mobile tersebut dan bahkan telah berhasil meningkatkan taraf hidup masyarakat penggunanya.

Lalu bagaimana dengan biaya yang diperlukan untuk pengembangan sebuah aplikasi? Tentunya terlebih dahulu Anda harus menentuk bagaimana jenis aplikasi dan bagaimana konsepnya yang akan dibuat. Dan berikut ini adalah urain tentang bagaimana kita bisa mengetahui biaya pembuatan aplikasi mobile tersebut.

Pembuatan Aplikasi Mobile dan Biayanya

Berikut akan diuraikan cara pembuatan aplikasi mobile dan perhitungan biayanya.

Langkah pertama, dapatkan ide

Untuk mendapatkan ide, Anda mungkin bisa mulai menganalisa masalah yang sedang Anda hadapi bahkan oleh orang-orang yang ada di sekeliling. Hal ini biasanya akan membantu kita untuk berfikir kreatif untuk mendapatkan sebuah ide cemerlang dalam pembuatan aplikasi mobile yang Anda inginkan. Lihatlah di sekeliling atau di lingkungan yang paling dekat dengan Anda, karena setiap produk dan layanan yang Anda gunakan saat ini, diciptakan untuk bisa memecahkan masalah Anda.

Artikel Terkait  Pengembang Aplikasi Android di Indonesia

Oleh karena itu, carilah masalah dalam kehidupan sehari-hari dan masukkan semua masalah tersebut pada sebuah daftar masalah. Jika masalah tersebut sudah lengkap, kemudian mulailah memikirkan bagaimana cara Anda mengatasi permasalahan tersebut dengan cara yang cepat, efisien, dan masuk akal.

Langkah kedua, identifikasi kebutuhan

Setelah menganalisa masalah, Anda bisa melanjutkan dengan mengidentifikasi kebutuhan dari masyarakat, dan berapa banyak permintaan yang bisa Anda dapatkan saat membuat aplikasi tersebut. Hal ini hampir mirip dengan perumusan masalah dimana kita harus mengetahui suatu masalah atau kebutuhan masyarakat terlebih dahulu untuk bisa memberikan solusi yang tepat.

Namun jika hal itu membingungkan Anda, Internet selalu bisa menjadi solusi bagi ide buntu kita.

Langkah  ketiga, hapus semua fitur non inti

Dengan berbagai fitur yang diperoleh, mulailah untuk melihat secara detail fitur yang dapat dihapus. Jangan sampai Anda membuat fitur bagus pada versi pertama, karena fitur tersebut nantinya dapat dapat ditambahkan setelah pembaruan. Cara tersebut bertujuan untuk mengurangi biaya awal pembuatan aplikasi ini, sehingga aplikasi Anda lebih cepat masuk pasar.

Langkah keempat, meletakkan arus dan fitur

Anda dapat memvalidasikan ide tentang aplikasi Anda yang menandakan bahwa Anda memiliki sesuatu yang diinginkan orang lain. Dengan kata lain, Anda sekarang memiliki waktu untuk merinci produk yang nantinya dibuat dengan alat wireframing.

Jika Anda sedang menggambar atau merancang ide jangan sampai melupakan hal-hal kecil, harus detail. Lakukan dengan cara penggunaan aplikasi sekaligus agar lebih jelas. Hal tersebut dapat membantu mengembangkan kemampuan yang diharapkan.

Langkah kelima, buatlah desain aplikasi pembuatan aplikasi mobile

Anda dapat membuat desain aplikasi yang ingin ditampilkan pada aplikasi Anda, karena desain itu dapat mempengaruhi perasaan para pengguna aplikasi tersebut. Oleh karena itu, buatlah desain yang menarik dan baik.

Langkah keenam, menyewa desainer atau pengembang

Apabila Anda ingin mengembangkan aplikasi seluler, maka Anda dapat mencari perusahaan pengembang yang memiliki tim dengan desain yang bagus dan hebat. Saat Anda menyewa pengembang, lebih baik Anda menggali informasi dalam-dalam mengenai pengembang tersebut.

Anda dapat melihat hasil pekerjaan yang telah dilakukan melalui portofolio pengembang melalui internet sehingga Anda dapat menyewa penggembang yang benar-benar memiliki perusahaan aplikasi terpercaya.

Langkah ketujuh, melakukan integrasi analisis

Melakukan Analisis merupakan hal yang sangat penting untuk Anda lakukan untuk membantu Anda dalam menemukan berbagai unduhan. Keterlibatan pengguna dan kualitas aplikasi yang telah dibuat akan berguna. Disarankan untuk menggunakan alat seperti Flurry dan Loyaltycs yang mempunyai versi gratis.

Langkah kedelapan, dapatkan umpan balik dari pelanggan kemudian lakukan improvisasi

Langkah pembuatan aplikasi mobile yang satu ini sangat penting, karena Anda bisa mendapatkan umpan balik dari pelanggan. Anda akan tahu perilaku pelanggan seperti apa, dengan cara Anda mengamati respon mereka pada toko aplikasi. Respon pelanggan sangat penting untuk terus berinovasi memperbaiki dan meningkatkan aplikasi mobile Anda.

Langkah kesembilan, perkenalkan fitur

langkah yang terakhir, saat aplikasi Anda sudah diperkenalkan maka Anda dapat memberikan fitur terbatas pada versi pertama aplikasi yang telah Anda buat. Selanjutnya, Anda terus bisa melakukan evaluasi dan memperkenalkan berbagai fitur terbaru dengan melakukan analisis untuk mendapatkan umpan balik dari pelanggan.

Selain langkah-langkah dalam pembuatan aplikasi mobile. Ternyata pembuatan aplikasi ini juga memerlukan biaya yang berbeda-beda dalam setiap pembuatannya. dapat disimak uraian mengenai biaya pada setiap platformnya.

Android

Android dengan platformnya merupakan aplikasi yang banyak dilirik oleh para investor. Pembuatan aplikasi android tidak memerlukan biaya fantasis dibandingkan platform lainnya.

Tools eclipse IDE + android development tools (gratis), phonegap (cross platform) (gratis), game maker studio (android) (299 US$), sencha touch bundle (1 developer) (695 US$), corona SDK pro (599 US$).

Aplikasi ini paling murah dan gratis dari yang lain. Anda dapat mengubah aplikasi linux untuk proses development. Tools yang paling sering digunakan yaitu eclipse IDE juga gratis dan tersedia di internet.

Artikel Terkait  Jasa Pembuat Aplikasi Android dan iPhone Terpercaya

Bahkan berbagai aplikasi pada android disediakan oleh internet sehingga dapat Anda jumpai tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Developer dapat membeli perangkat android ini yang dibutuhkan oleh penguji aplikasi platform dengan simbol robot hijau ini. Selain pendaftaran menjadi publisher toko aplikasi dapat memakan dana sekitar 25 US$ (250 ribu).

Memang cukup murah dan terjangkau dalam pembeliaan aplikasi ini, sehingga dapat meningkatkan minat pembelian pada masyarakat. Platform ini menjad banyak dikenal dan digunakan untuk semua kalangan sehingga bersifat luwes.

Platform ini menjadi incaran banyak perusahaan untuk menggunakannya. Dengan harga yang relatif ringan, sehingga minat untuk membeli aplikasi ini juga cukup besar. Bagaimana apakah Anda tertarik? Anda dapat mencobanya jika ingin memiliki aplikasi yang diinginkan pada platform ini.

iOS

Inilah platform yang menghabiskan banyak dana lebih untuk pembuatan aplikasi ini. Aplikasi ios ini memang cukup mahal, saat pendaftaran market saja sudah membutuhkan dana sekitar 99 US$.

Harga tools xcode (harus mac) (gratis), phonegap (cross platform) ( gratis), game maker studio (ios) (299 US$),sencha touch bundle (1 developer) (695 US$).

Bagi sebuah perusahaan, pemain utama perusahaan developer ios adalah sebuah perusahaan mobile yang memiliki tingkat income dan kekuatan manajemen yang tinggi. Dengan modal yang besar, membuat para developer pemula terhambat karena memang harga yang dipatok cukup tinggi. Meskipun demikian, pangsa pasar dari iOS ini sangat luas dan besar sehingga dapat menarik konsumen dengan jumlah yang tinggi.

Window Phone

Aplikasi ini juga banyak dilirik meskipun lebih unggul aplikasi yang dibahas di atas tadi. Banyak pula investor yang menggunakan aplikasi ini. Harga tools visual studio 2012 (5.500.000), XNA games studio (gratis), phonegap (cross platform) (gratis).
Jika Anda berminat untuk untuk bergabung di window phone, bagi perusahaan harus merogoh kocek dengan harga 99 US$. Sedangkan untuk tools yang digunakan oleh development aplikasi windows phone adalah microsoft visual studio 2010/2012 dengan harga 5 juta untuk setiap 1 user.

Setelah Anda mempelajari berbagai ulasan pembuatan aplikasi mobile dan perhitungan biayanya. Pastinya Anda dapat melakukan dengan mendaftar sendiri atau dengan bantuan jasa pembuatan aplikasi dan website.

 

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang KamiKontak Kami
Pengenalan PerusahaanPengenalan Layanan
Tags: