Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Pengembang Aplikasi Android di Indonesia
Pengembang aplikasi android di Indonesia saat ini mulai banyak dilakukan. Butuhkan aplikasi Android untuk mengembangkan bisnis Anda? Hubungi kami sekarang!
18794
post-template-default,single,single-post,postid-18794,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Pengembang Aplikasi Android di Indonesia

Pengembang aplikasi di Indonesia semakin lama semakin banyak. Hal tersebut berbanding lurus dengan semakin banyaknya pihak seperti perusahaan yang membutuhkan aplikasi untuk kepentingan bisnis. Sayangnya, tidak semudah itu untuk menjadi seorang developer aplikasi.

Peluang pasar sebenarnya bisa kita manfaatkan agar bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan uang. Seorang developer yang bisa membuat aplikasi dapat bekerja pada perusahaan IT dan menerima penghasilan yang tinggi untuk skill yang dimilikinya, atau jika Anda tidak suka bekerja pada orang lain, maka bisa juga mempromosikan kemampuan Anda di internet kepada orang-orang yang membutuhkan jasa tersebut.

Anda yang sudah memiliki pengetahuan tentang pengembangan aplikasi seperti ini bisa mengambil peluang yang menguntungkan itu. Melihat semakin berkembangnya teknologi internet, ponsel pintar dan juga kebutuhan perusahaan akan aplikasi sebagai tool pemasaran, kita bisa simpulkan bahwa bisnis pembuatan aplikasi adalah bisnis yang menjanjikan.

Sebagai salah satu syarat untuk menekuni bisnis ini adalah Anda harus menguasai bahasa pemrograman untuk bisa membuat suatu aplikasi. Walaupun saat ini sudah banyak aplikasi dan situs yang memungkinkan seseorang terutama pemula sekalipun untuk bisa membuat suatu aplikasi.

Kemampuan seseorang dalam memahami bahasa pemrograman akan semakin memantapkannya saat akan membuat aplikasi. Menguasai bahasa pemrograman otomatis akan semakin meningkatkan kepercayaan klien kepada kita sebagai developer.

Meskipun banyak situs maupun aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi, namun kebutuhan seseorang akan suatu aplikasi tidak semuanya dapat dibuat dengan menggunakan aplikasi atau situs  tersebut. Butuh kreatifitas agar Anda dapat membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan klien.

Kreatifitas yang dimiliki oleh seseorang akan menjadikan aplikasi yang dihasilkannya berkualitas. Kemudahan dalam menggunakan aplikasi yang telah dibuat tersebut juga akan menjadi nilai plus tersendiri sehingga banyak perusahaan yang akan memakai aplikasi tersebut.

Kreatifitas juga dalam pengembangan juga dibutuhkan untuk memberikan ide segar dan saran kepada klien yang notabene adalah orang awam di bidang ini. Inilah mengapa orang yang kreatif sangat dibutuhkan dalam suatu kerja sama team.

Selain harus mengikuti informasi terbaru tentang Bahasa pemrograman dan juga trend di bidang IT, berikut ini merupakan cara untuk menjadi seorang developer aplikasi.

Pengembang Aplikasi Android

Artikel Terkait  Jasa Pembuat Aplikasi Android dan iPhone Terpercaya

Cara Menjadi Pengembang Aplikasi: Belajar Bahasa Pemrograman

Hal mendasar yang harus Anda pelajari saat Anda ingin menjadi seorang pengembang aplikasi yang ahli di Indonesia adalah tahu, paham dan mengerti bahasa pemrograman. Ada banyak jenis bahasa pemrograman namun Anda tidak harus tahu semuanya. Pilih yang menurut Anda sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda.

Kemampuan dalam menguasai bahasa pemrograman tentunya harus dikuasai dengan benar agar bisa membuat aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuannya. Seseorang yang menyukai bahasa pemrograman tertentu bisa menekuninya hingga mahir sehingga dapat menghasilkan aplikasi yang baik.

Namun, dari sekian banyak bahasa pemrograman tersebut, sebaiknya Anda menguasai bahasa pemrograman Java dan XML. Ini karena java termasuk bahasa pemrograman yang ‘disiplin’ dan kompleks. Di dalamnya terdapat class, access, dan package yang berkaitan satu sama lain.

Pengembang yang menguasai Java dan XML akan lebih mudah dalam membuat aplikasi yang sesuai dengan permintaan. Meskipun kompleks, Bahasa pemrograman Java memiliki class yang lengkap yang memungkinkan pengembang untuk menciptakan aplikasi dengan system yang kompleks.

Sedangkan untuk XML, bahasa pemrograman ini biasanya dipergunakan di web service, untuk mempertukarkan data dari lingkungan yang tidak kompatibel ke lingkungan yang kompatibel. Jika Dibandingkan dengan Java, XML lebih mudah untuk dipelajari. Biasanya saat Anda belajar XML, Anda juga akan mempelajari HTML, CSS ataupun PHP untuk membuat sebuah program dan skin atau template aplikasi.

Mudahnya dalam mempelajari bahasa pemrograman XML, bisa dimanfaatkan oleh para pemula. Seseorang yang sebelumnya kurang mahir dalam menggunakan bahasa pemrograman maka dengan XML akan segera bisa menguasainya dan membuat aplikasi sesuai dengan tujuannya.

Oleh karena itu, agar Anda semakin yakin untuk mempelajari bahasa pemrograman yang ada, Anda harus tahu kelebihan dan kekurangannya. Sehingga dalam pengaplikasiannya, Anda tahu bagian mana yang sebaiknya menggunakan Java dibandingkan dengan menggunakan Phyton atau yang lainnya.

Keputusan untuk menggunakan bahasa pemrograman sesuai dengan keinginan bisa terwujud jika seseorang menguasai banyak bahasa pemrograman. Usahakan untuk selalu belajar sehingga semakin banyak pilihan bahasa pemrograman yang bisa digunakan dalam membuat aplikasi.

Cara Menjadi Pengembang Aplikasi: Memilih Software

Untuk semakin menguasai suatu bahasa pemrograman yang dipergunakan, maka Anda harus tahu akan menggunakan software (yang dalam pengembangan aplikasi disebut sebagai IDE) seperti apa. Ada 2 software yang biasanya dipergunakan untuk membuat aplikasi yaitu Android Studio dan Eclipse.

Pengetahuan tentang kedua software ini penting untuk dikuasai agar bisa membuat aplikasi dengan benar. Pemilihan software disesuaikan dengan tujuan dari pengembang dalam membuat aplikasi. Pilihan yang tepat akan menjadikan aplikasi yang bagus.

Keduanya sangat populer di kalangan developer untuk membuat aplikasi, walaupun kini, Android Studio lebih populer dibandingkan dengan dengan Eclipse. Akan tetapi hal tersebut tidak membuat Eclipse tidak bisa dipergunakan secara maksimal untuk pembuatan aplikasi.

Meski kedua aplikasi ini bisa digunakan oleh pengembang aplikasi, namun belakangan ini Android studio lebih banyak digunakan oleh pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi android.

Baik Android Studio ataupun Eclipse memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda satu sama lain, salah satunya dilihat dari sisi memori yang diperlukan untuk bisa menginstallnya agar komputer Anda tidak berat saat sedang programming.

Jadi, jika Anda ingin menjadi pengembang aplikasi khususnya aplikasi android, bisa menggunakan IDE ini adalah suatu kewajiban. Berbagai pertimbangan seperti spesifikasi komputer bisa digunakan dalam menentukan software mana yang akan dipilih.

Artikel Terkait  Jasa Bikin Aplikasi Android Terpercaya

Cara Menjadi Pengembang Aplikasi: Gunakan Library Terbaru

Bagi siapapun melakukan adaptasi adalah hal yang penting. Hal itu berlaku juga untuk orang yang mengembangkan aplikasi. Kemampuan untuk beradaptasi dengan baik akan membuatnya bisa bertahan dari persaingan.

Perubahan yang cepat juga harus ditanggapi dengan cepat agar bisa menyesuaikan dengan keadaan dan tidak kalah bersaing. Apalagi jika Anda adalah seseorang yang berkecimpung dengan dunia teknologi, Anda harus peka terhadap pengetahuan baru di bidang itu.

Hal ini karena dunia teknologi mengalami perkembangan yang begitu cepat sehingga mau tidak mau Anda harus menyesuaikan diri dengan perkembangan yang Anda. Dalam hal pengembangan aplikasi, untuk bisa bekerja dengan cepat, penggunaan library bisa sangat mempermudah kita dalam bekerja. Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan penggunaan library adalah sebagai berikut:

–         Fungsinya.

–         Kecepatan dalam membaca dan caranya.

–         Source code. Library yang open source biasanya akan lebih digunakan karena membebaskan pengembang aplikasi untuk melakukan modifikasi.

Cara Menjadi Pengembang Aplikasi: Memahami Arsitektur Android

Sama seperti membuat rumah, sebelum Anda membuat aplikasi maka Anda harus tahu bagaimana kerangka yang akan menjadi dasar dari aplikasi yang akan dibuat. Anda harus tahu seluk beluk, komponen dan tata cara dalam pembuatan aplikasi. Misalnya design yang termasuk UI/UX, penggunaan navigator ataupun yang lainnya.

Kerangka yang baik dalam membuat apapun termasuk juga aplikasi akan menjadi factor penentu dari hasil akhirnya. Misalnya dari segi desain, seorang pengembang juga perlu menguasai teknik desain yang umum dalam pembuatan aplikasi untuk menghasilkan aplikasi dengan tampilan yang ramah pengguna.

Cara Menjadi Pengembang Aplikasi: Mencari Referensi

Untuk menjadi pengembang aplikasi baik aplikasi android maupun iOS, Anda harus memiliki banyak referensi selain teknologi yang Anda kuasai. Misalnya, cara untuk mengatasi masalah ketika aplikasi yang dibuat mengalami masalah. Dalam hal ini, cara orang lain mengatasi masalah bisa Anda jadikan referensi untuk Anda mengatasi masalah yang serupa.

Carilah referensi sebanyak mungkin dan usahakan dari sumber yang berkualitas. Kesesuaian aplikasi yang telah dibuat dengan kebutuhan penggunanya akan lebih mudah untuk dicapai jika menggunakan referensi yang tepat.

Cara yang lainnya adalah dengan mengikuti kursus atau webinar. Dengan cara ini Anda bisa semakin mempelajari dan menekuni dunia programming. Kemampuan yang Anda dapatkan bisa menjadi modal tambahan untuk mengjadi pengembang aplikasi yang handal.

Cara Menjadi Pengembang Aplikasi: Mencoba dan Mencoba

Seperti kata pepatah lama, “Alah bisa karena biasa”. Ilmu yang Anda miliki akan terbuang percuma dan sia-sia jika Anda tidak menggunakannya, baik untuk kepentingan sendiri ataupun kepentingan orang lain. Karena itu, agar ilmu yang Anda peroleh dari mempelajari bahasa pemrograman tersebut tidak hilang maka Anda harus terus mencoba dan mengaplikasikannya.

Seseorang yang telah memiliki ilmu lalu tidak menggunakannya ibarat pisau tajam yang tidak terawat dan tidak pernah dipakai. Tentunya pisau tersebut akan mengkarat dan tidak tajam lagi.

Hal yang sama juga berlaku dengan ilmu manusia, jika seseorang tidak pernah memakai ilmunya. Ilmu yang telah dikuasai bisa hilang atau terlupakan. Seseorang yang ingin ilmunya semakin mantap harus sering mempraktekkannya.

Pada saat sudah memiliki ilmu pemrograman maka usahakan untuk tidak pernah berhenti mencoba. Seseorang yang terus-menerus mencoba maka lama kelamaan akan mendapatkan pengalaman dalam bidang yang ditekuninya.

Anda bisa bekerja sama dengan pihak lain misalnya teman Anda yang sudah banyak klien atau sudah berpengalaman. Ada yang bilang, jika ingin pintar maka bergaullah dengan orang-orang yang pintar maka kamu akan bisa tertular oleh pemikiran mereka.

Dengan cara terlibat langsung maka Anda akan bisa mengetahui apa yang kurang dalam diri Anda sehingga Anda bisa memperbaiki diri. Selain itu, Anda juga tahu hal baru, misalnya cara menghadapi klien yang tepat itu seperti apa. Cara ini akan sangat bermanfaat untuk Anda terutama jika di kedepannya Anda berencana untuk membuka suatu penyedia jasa pembuatan aplikasi.

Seseorang yang terlibat langsung akan menjadikan dirinya lebih cepat berkembang. Hal ini dikarenakan dengan terlibat secara langsung maka ia akan mempelajari secara kompleks tentang suatu hal. Bertemu dengan klien dan memahami apa yang mereka inginkan juga memberi nilai lebih tersendiri.

Artikel Terkait  Buat Aplikasi Android Murah dan Terpercaya

Cara Menjadi Pengembang Aplikasi: Tidak Mudah Menyerah

Ada kalanya saat belajar termasuk dalam programing kita merasa putus asa karena seberapapun mencoba, hasilnya tetap sama. Apalagi jika error yang dihadapi tidak menemukan penyelesaian.

Oleh karena itu, jikapun Anda mengalami kesulitan, maka sebaiknya jangan mudah menyerah. Carilah orang lain yang lebih berpengalaman dari Anda dan bagilah masalah yang Anda hadapi dengannya.

Carilah akal masalah yang menyebabkan Anda mengalami kegagalan. Baru kemudian Anda akan bisa memikirkan langkah-langkah untuk melakukan perbaikan. Tentunya tahapan tersebutakan memakan waktu lama dan menguras tenaga, namun adalah hal yang layak untuk dilakukan demi mendapatkan hasil yang baik.

Bekerja Sama dengan Pengembang Aplikasi Terpercaya

Butuh waktu lama untuk bisa menjadi pengembang aplikasi yang handal namun tidak perlu khawatir mengenai akan seperti apa aplikasi anda nantinya. Namun jika Anda perlu menyelesaikan aplikasi dengan cepat, maka tidak ada salahnya menggunakan jasa perusahaan pengembang yang professional untuk membantu Anda.

Seseorang yang masih pemula dalam bidang mengembangkan aplikasi jika bekerja sama dengan orang atau pihak yang lebih berpengalaman bisa lebih cepat menyelesaikan masalah dan bahkan bisa mendapatkan ilmu tambahan dari orang tersebut.

Orang yang sudah handal pada bidangnya biasanya memiliki lebih banyak pengalaman. Para pemula bisa mempelajari pengalaman-pengalaman tersebut sehingga pada nantinya bisa membuat aplikasi yang memiliki kualitas bagus.

Kemampuan menguasai fitur tertentu bisa menjadi nilai lebih dari seorang programmer apalagi jika hal yang dia kuasai adalah hal yang langka.

Dampak lainnya dari adanya fitur langka dalam sebuah aplikasi adalah membuat aplikasi tersebut memiliki keistimewaan sendiri dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya. Otomatis banyak orang tertarik untuk menggunakannya.

Jika Anda memerlukan pengembang aplikasi yang handal, Anda bisa menghubungi Appkey yang tidak hanya ahli dalam pembuatan aplikasi bisnis, namun berbagai aplikasi lainnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam hal pengembangan aplikasi untuk bisnis Anda dapat meminta kami untuk mengembangkan fitur unik yang membuat aplikasi Anda menonjol dibandingkan aplikasi yang dimiliki oleh pesaing Anda.

Salah satu kelebihan yang kami miliki adalah kemampuan untuk mengintegrasikan aplikasi dengan website misalnya adalah aplikasi toko online. Tidak bisa dipungkiri jika saat ini sebagian besar orang memilih berbelanja dengan menggunakan smartphone ke toko online langganannya. Jadi, jika Anda ingin menjual produk dengan hasil lebih besar tanpa harus mencetak selebaran, Anda dapat menggunakan aplikasi itu.

Itulah cara agar Anda bisa menjadi pengembang aplikasi seluler yang handal. Jangan lupa untuk selalu mempelajari bahasa pemrograman dan jika Anda kesulitan misalnya untuk membuat aplikasi bisnis, Anda bisa meminta bantuan ke Appkey. Jadi, hubungi Appkey sekarang juga ya, dan dapatkan informasi seru dan menarik yang lainnya!

Belajar Secara Terus-Menerus

Cara yang bisa dilakukan seseorang agar bisa berhasil di bidang tertentu adalah dengan mempelajarinya secara terus-menerus. Dibutuhkan sebuah konsistensi untuk mempelajari suatu hal agar bisa memperoleh hasil yang maksimal dan baik.

Seseorang yang belajar bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi juga harus melakukannya secara konsisten. Karena konsistensi akan memberikan dampak yang besar terhadap hasil yang dicapai.

Durasi belajar apapun yang tidak terlalu panjang akan tetapi lebih rutin akan menjadikan hasil yang maksimal. Hal tersebut juga berlaku bagi orang yang bekerja sebagai pengembang aplikasi.

Kesimpulan Cara Belajar menjadi Pengembang Aplikasi

Bagi orang yang ingin menjadi pengembang aplikasi maka harus belajar dengan sungguh-sungguh, sabar, dan meminta bantuan kepada yang lebih ahli. Pengalaman secara langsung juga akan menjadikan kemampuan seseorang semakin cepat meningkat.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang KamiKontak Kami
Pengenalan PerusahaanPengenalan Layanan
Tags: