Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Keuntungan dan Kerugian Memperkenalkan Perusahaan dengan Aplikasi | Beberapa Perusahaan yang Sukses Berkat Aplikasi
Sebelum melakukan pengembangan penggunaan aplikasi ada baiknya untuk memahami pengertian dasar mengenai aplikasi itu sendiri. Berikut ini adalah ulasan mengenai penggunaan, keuntungan dan kerugian dari pengenalan perusahaan melalui aplikasi.
20857
post-template-default,single,single-post,postid-20857,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive
thumbnail

Keuntungan dan Kerugian Memperkenalkan Perusahaan dengan Aplikasi | Beberapa Perusahaan yang Sukses Berkat Aplikasi

Di dunia sosial dan ekonomi saat ini ada banyak sekali perusahaan yang mulai mengembangkan aplikasi guna memecahkan permasalahan perusahaan. Selain itu banyak perusahaan yang mulai memperkenalkan perusahaannya dengan aplikasi dan banyak lainnya yang sukses. Perkembangan teknologi inilah yang kemudian mendasari banyak perusahaan untuk mulai menggunakan aplikasi sebagai salah satu media kerja.

Salah satu kegunaan aplikasi yang akan dibahas dalam ulasan artikel ini adalah mengenai keuntungan dan kerugian memperkenalkan perusahaan dengan aplikasi. Kemudian akan dibahas juga mengenai bagaimana penerapan pemahaman akan penggunaan aplikasi. Hingga ulasan mengenai beberapa aplikasi dan perusahaan yang berkembang karena aplikasi.

Sehingga bagi perusahaan yang akan mengembangkan aplikasi sebagai salah satu pembantu pemecah masalah dan tujuan lainnya wajib memahami beberapa poin. Meski dunia teknologi saat ini sudah berkembang pesat dan merebak tanpa batas hingga membuat perusahaan mulai gencar berkembang. Tentu saja pengembangan metode pengenalan perusahaan dengan aplikasi menjadi tidak bisa dimudahkan begitu saja karena banyak yang perlu dipertimbangkan.

Sebelum melakukan pengembangan penggunaan aplikasi ada baiknya untuk memahami pengertian dasar mengenai aplikasi itu sendiri. Pastikan untuk memahami fungsi, cara kerja dan tujuan diadakan pengembangan aplikasi dan penerapannya. Berikut adalah ulasan mengenai penggunaan, keuntungan dan kerugian dari pengenalan perusahaan melalui aplikasi.

Artikel Terkait  Berapa Lama yang Kita Butuhkan untuk Membuat Aplikasi? Beda Aplikasi Tipe Cloud dan Tipe klasik

Memahami Penggunaan Aplikasi

 

iOS

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum berjalan jauh memahami keuntungan atau pun kerugian aplikasi adalah memahami penggunaan dasarnya. Bagi perusahaan yang berusaha untuk menggunakan aplikasi sebagai media untuk memperkenalkan perusahaannya perlu memahami beberapa hal. Seperti penggunaan dasar dari aplikasi, kemudian bagaimana aplikasi tersebut bekerja dan kebutuhannya akan perusahaan.

Meski pengenalan perusahaan menggunakan media aplikasi merupakan salah satu cara terbaik dan mudah untuk berkembang, namun ada yang perlu diperhatikan. Hal ini dikarenakan pengembangan aplikasi dan pengenalan perusahaan dengan aplikasi tidaklah mudah. Selain itu ada dana dan alokasi biaya yang perlu dikeluarkan untuk memperkenalkan perusahaan dalam aplikasi.

Selain itu banyak data krodit dan tentunya pengetahuan mengenai perusahaan yang harus disusun oleh aplikasi dan tentunya itu penting. Oleh sebab itu perusahaan diharapkan tidak serta merta dan gegabah dalam pelaksanaan pengembangan. Hal ini dikarenakan sebuah aplikasi yang dikategorikan sebagai sebuah mesin tak bernyawa tetap memiliki beberapa kekurangan dalam pengaplikasiannya.

Bagi perusahaan yang sudah memahami penggunaan aplikasi dan kebutuhan akan aplikasi secara bijak untuk perusahaannnya kemudian bisa memetakan strategi. Lakukan pengenalan perusahaan dengan aplikasi sesuai pertimbangan terbaik agar tercapai hasil dan tujuan yang baik. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut lagi mengenai keuntungan dan kerugian dari pengenalan perusahaan dengan aplikasi.

Artikel Terkait  Perbedaan Mendasar Antara Aplikasi dan Situs web

Keuntungan dari Memperkenalkan Perusahaan dengan Aplikasi

 

coorporate1

Setelah membahas secara lugas mengenai pemahaman dasar dari penggunaan aplikasi sebelum akhirnya menggunakannya. Berikut adalah ulasan mengenai keuntungan dari memperkenalkan perusahaan dengan aplikasi yang bisa dijadikan rujukan.

1. Mendorong Perusahaan Naik dalam Beranda

 
Salah satu keuntungan dari adanya penggunaan aplikasi sebagai media memperkenalkan perusahaan adalah untuk mendorong naiknya rating dari perusahaan. Hal ini dikarenakan biasanya aplikasi akan menampilkan sebuah ikon pada layar beranda smartphone dan tablet. Nah pada ikon inilah biasanya kemudian informasi mengenai suatu perusahaan akan muncul dan nantinya akan menjadi kenaikan rating.

Pengguna yang menggunakan smartphone juga nantinya mampu melihat ikon dan akhirnya mengingat situs perusahaan yang ada. Selain itu penggunaan aplikasi akan memudahkan pengguna untuk mengakses suatu perusahaan yang diperkenalkan. Perspektif semacam inilah yang kemudian menjadikan perusahaan semakin dekat dengan pengguna.

Penggunaan aplikasi sebagai media memperkenalkan perusahaan juga dianggap lebih efektif dari cara lainnya yang biasanya digunakan. Seperti bagaimana perusahaan menggunakan iklan dalam bentuk kertas, web, signage digital atau luar ruangan yang kurang membantu. Karena penggunaan iklan dengan media diatas biasanya akan sulit dan tidak mendapat atensi lebih dari pengguna yang mengakibatkan pembuangan sia-sia alokasi dana.

2. Adanya Pemberitahuan Push yang Dapat Meningkatkan Nilai Perusahaan

 
Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa penggunaan aplikasi sebagai pengenalan perusahaan mampu menjadi media menaikkan push dan rank. Aplikasi bisa menampilkan profil suatu perusahaan yang nantinya bisa menjadi salah satu penarik atensi pengguna. Setelahnya pengguna yang tertarik bisa langsung swipe up atau menggunakan layanan secara otomatis.

Ada banyak item yang ditawarkan dan bisa dipromosikan dalam push tersebut yang nantinya kembali pada keuntungan perusahaan. Penggunaan aplikasi untuk memperkenalkan perusahaan memang sudah teruji mampu meningkatkan nilai perusahaan. Peningkatan tersebut bisa mencapai nilai 70% dan itu merupakan salah satu nilai yang cukup besar dalam ranah promosi.

3. Ada Beragam Fungsi yang dapat Digunakan

 
Ada beragam fungsi yang bisa didapatkan jika menggunakan aplikasi sebagai media untuk mengenalkan perusahaan. Dimana berbagai fungsi dalam aplikasi yang dibuat tersebut membawa pengaruh positif bagi perusahaan dan menaikkan rating perusahaan. Beragam fungsi yang mungkin bisa diterima oleh pengguna adalah kemudahan akses, poin belanja dan loyalitas lainnya yang bisa didapatkan.

4. Lebih Praktis dan Mengikuti Perkembangan Zaman

 
Pengenalan perusahaan dengan media aplikasi merupakan salah satu terobosan yang mudah, praktis dan jelas mengikuti perkembangan zaman yang ada. Sudah banyak sekali orang-orang yang menggunakan aplikasi dan tentunya smartphone, hal inilah yang menjadi poin pentingnya. Pengembangan dan pengenalan perusahaan dengan cara aplikasi akan sangat mendukung untuk perusahaan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Artikel Terkait  4 Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dalam Push Notifications

Kerugian Memperkenalkan Perusahaan dengan Aplikasi

 

Diatas adalah ulasan mengenai beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan aplikasi untuk media pengenalan perusahaan. Namun sejalan dengan keuntungan pasti ada sebuah kerugian, seperti ulasan berikut ini mengenai kerugian memperkenalkan perusahaan dengan aplikasi.

1. Informasi Terbaru tidak Otomatis Tersebar

 
Namanya saja sebuah ciptaan pasti juga memiliki kekurangan sama seperti dengan aplikasi yang bisa digunakan untuk pengenalan perusahaan ini. Kekurangannya yang pertama adalah informasi terbaru yang ada tidak dapat tersebar dengan otomatis. Oleh sebab itu perlu pengaturan, set up tertentu sehingga informasi yang ada kemudian bisa tersebar ke berbagai pengguna aplikasi.

Oleh sebab itu tetap saja perusahaan mesti memperhatikan informasi yang nantinya akan disebarkan karena tidak akan otomatis bekerja sendiri. Kekurangan ini seolah membuat perusahaan harus bekerja dua kali untuk mengelola hal tersebut. Namun jika perusahaan tidak masalah dan bisa mengcovernya dengan penggunaan aplikasi akan tetap membantu bukan?

2. Memiliki Harga Pengembangan Yang Mahal

 
Salah satu kekurangan dari penggunaan aplikasi sebagai media pengenalan perusahaan adalah harga pengembangannya yang mahal dibanding media lain. Tentu saja hal ini didasarkan oleh adanya biaya pembuatan dan pengembangan aplikasi yang super canggih ini. Menggunakan media dan pendukung komponen yang canggih membuat harga pengembangan sebuah aplikasi dibandrol dengan harga yang mahal.

Selain itu menyewa dan membayar programmer yang bekerja untuk mengembangkan aplikasi juga tidak main-main harganya. Meski pada akhirnya kemudahan, kecepatan dan praktisnya menggunakan aplikasi juga bisa didapatkan. Oleh karena itu sebelum menggunakan dan mengalokasikan aplikasi, perlu untuk memperhatikan dana perusahaan ya!

3. Perlu Perhatian Ekstra

 
Sama halnya dengan perawatan barang elektronik atau hardware, perawatan untuk software dan aplikasi ini juga memerlukan suatu penanganan ekstra. Seperti pengelolaan berkelanjutan, pemindaian dan tentunya perawatan terhadap virus dan lainnya. Diluar itu juga perusahaan perlu untuk melakukan upgrader berkelanjutan untuk membuat pengguna atau aplikasi tersebut mampu memiliki kinerja baik.

Artikel Terkait  Alur dan Proses Dasar Pengembangan Aplikasi | Perbedaan antara Waterfall dan Agile Development

Berikut Beberapa Perusahaan yang Sukses Berkat Aplikasi

 
Sesuai dengan kebutuhan, kegunaan, keuntungan dan kerugian mengenai aplikasi yang diterapkan untuk mengenalkan perusahaan. Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa aplikasi yang sukses membawa perusahaan dalam kesuksesan.

1. Domino App

 
Salah satu aplikasi pertama yang banyak menyita perhatian dan membuat perusahaan pemiliknya memiliki banyak keuntungan adalah Domino App. Sebuah aplikasi yang dijalankan oleh Domino Pizza yang sudah terkenal diseluruh penjuru dunia, khususnya juga Indonesia. Aplikasi ini adalah aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk memesan pizza dengan berbagai perintah yang bisa didapatkan.

Perintah tersebut meliputi bagaimana menu yang ditawarkan, fasilitas pesan, pengiriman kerumah dan takeaway. Selain itu ada banyak fitur lainnya yang cukup baik seperti kemampuan untuk menerbitkan kupon. Dan saat ini aplikasi dan perusahaan Domino mengembangkan terobosan penerapan GPS yang sangat membantu.

2. Alfagift

 
Ini adalah aplikasi digital yang memungkinkan konsumen Alfamart mendapatkan dan menghubungkan kartu anggota mereka secara virtual, bergabung dengan program loyalitas dan berbelanja kebutuhan sehari-hari melalui aplikasi, jadi tidak lagi harus datang ke tokonya. Aplikasi ini tersedia baik pada ponsel Android maupun iOS.
Fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini antara lain adalah:

1. Belanja online dan pembayaran online.
2. Anda bisa mengambil pesanan ke toko atau meminta untuk diantarkan ke rumah
3. Memeriksa dan mendapatkan promo spesial untuk produk-produk tertentu
4. Penawaran dan program khusus untuk anggota.
4. Perbarui informasi anggota dan tukar poin dengan hadiah.
5. Anda bisa ke toko offline Alfamart di sekitar lokasi Anda berada.

Itulah di atas adalah uraian lugas mengenai keuntungan, kekurangan, penggunaan bahkan beberapa perusahaan dan aplikasi yang membuatnya sukses. Uraian diatas semoga bisa dijadikan sebagai media referensi dan rujukan dalam pengadaan aplikasi perusahaan. Selain itu bisa menjadi salah satu acuan untuk mempertimbangkan kegiatan pengenalan perusahaan menggunakan aplikasi.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebutuhan dari perusahaan sendiri yang biasanya memiliki perbedaan masing-masing. Pastikan untuk memahami bagaimana kebutuhan perusahaan akan metode pengenalan perusahaan dengan aplikasi. Lakukan dengan penuh persiapan, pertimbangan dan kehati-hatian.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami