Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Manfaat dan Apa yang Bisa Kita Lakukan dengan Menggunakan Website, SNS, PWA dan Aplikasi Native (Versi 2020)
Berikut ini akan dibahas mengenai aplikasi web progresif atau PWA yang diusulkan oleh Google terletak di titik tengah antara Web/ SNS dan aplikasi daripada sebagai alternatif untuk aplikasi iOS/Android, dan berperan dalam menghubungkan sebelum pengembangan aplikasi asli atau memandu aplikasi yang dikembangkan. Simak informasi selengkapnya!
20981
post-template-default,single,single-post,postid-20981,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.2.0,vc_responsive
thumbnail-2

Manfaat dan Apa yang Bisa Kita Lakukan dengan Menggunakan Website, SNS, PWA dan Aplikasi Native (Versi 2020)

Sekarang bukan saatnya untuk memikirkan bisnis dengan alternatif “Web atau aplikasi”. Jumlah sistem yang dapat didekati telah meningkat, dan sistem yang sesuai akan berbeda tergantung pada format bisnis dan skala bisnis masing-masing perusahaan. Tentu saja, juga diperlukan untuk mengoperasikan akun di berbagai platform secara bersamaan.

Aplikasi Web Progresif atau PWA yang diusulkan oleh Google terletak di titik tengah antara Web/ SNS dan aplikasi daripada sebagai alternatif untuk aplikasi iOS/Android, dan berperan dalam menghubungkan sebelum pengembangan aplikasi asli atau memandu aplikasi yang dikembangkan. UX di ruang web dapat dioptimalkan pada semua perangkat, sehingga akan menjadi lebih populer di masa depan tergantung pada dukungan iOS.

Dan LINE telah memperbarui “LINE@” dan “LINE official account” yang efektif dalam langkah-langkah untuk mempromosikan mengunjungi kembali toko-toko kecil dan menengah. Kami menurunkan rintangan untuk membuatnya lebih mudah untuk diperkenalkan bahkan di toko segera setelah peluncuran, dan mengumumkan aplikasi LINE Mini, yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan, pemesanan di muka, dan melakukan pembayaran pada LINE pada tahun 2020. Tampaknya efek penggantian akan ditingkatkan.

Memperkenalkan PWA/LINE itu sendiri dan situasi saat ini dijelaskan secara rinci dalam artikel berikut, tetapi kali ini kami membandingkan kelebihan dan kemungkinan masing-masing.

Efek Menarik Pelanggan Baru/Berulang, dan Peran Web/Aplikasi Berbeda

Tak perlu dikatakan bahwa efek menarik pelanggan baru adalah aplikasi Web (termasuk PWA dan SNS).

  • PWA cenderung rentan terhadap SEO jika desainnya tidak dirancang.
  • LINE secara resmi menjelaskan bahwa ini efektif dalam mempromosikan kunjungan kembali dan tidak cocok untuk menarik pelanggan baru.
  • Perubahan algoritma Facebook telah menghilangkan efek menarik pelanggan seperti dulu, tetapi kompatibel dengan pelanggan O2O dari komunitas lokal
  • “Buzz” Twitter terkait dengan keterampilan dan keberuntungan, tetapi merupakan keuntungan besar untuk mendapatkan pengikut tanpa biaya

Ciri Khas

 

iphone-dan-android

Pertama, aplikasi iOS/Android tidak memiliki metode untuk menarik pelanggan secara individual, dan Anda akan mendapatkan pengakuan dari panduan di toko aktual dan penempatan iklan. Dalam kebanyakan kasus, kami akan secara bersamaan mengembangkan dan mengoperasikan LP yang memperkenalkan fungsi, versi web yang menyentuh fungsi dasar, dan media yang dimiliki untuk memperoleh aliran masuk saham.

Untuk pelanggan tetap, itu sangat tergantung pada ketersediaan pemberitahuan push.

  • Akun resmi LINE memiliki rintangan terendah dalam hal tingkat persetujuan
  • Karena aplikasi iOS/Android dapat langsung dipandu ke halaman perusahaan dengan mengetuk notifikasi, nilai CV lebih tinggi daripada LINE = efek menarik pelanggan dan pembelian tinggi
  • PWA memiliki banyak masalah seperti iOS yang tidak mendukung pemberitahuan push dan cara menghapus izin “Tambahkan ke layar awal”
  • Facebook telah mengurangi jangkauan secara signifikan, terutama untuk posting yang terhubung
  • Karena Twitter telah mengikuti algoritma dari jenis flash ke tipe Facebook, tingkat jangkauan posting pengumuman telah menurun.
  • Instagram memiliki banyak perbedaan dalam pengoperasian dan target pemirsa
Artikel Terkait  [Apa itu Aplikasi Hybrid? ] Pengantar dari Pengetahuan Dasar Hingga Cara Menggunakan

Salah Satu Kelebihan PWA Adalah Mudah Didistribusikan dan Dibagikan, Seperti Halnya Situs Web (SNS)

 

pwa

Alasan mengapa Web (PWA) menyebar lebih mudah daripada aplikasi adalah bahwa Anda dapat melompat langsung ke halaman yang sesuai dengan membagikan URL. Anda dapat membagikan tautan di aplikasi juga, tetapi jika Anda belum menginstalnya, Anda akan terlebih dahulu beralih ke toko.

PWA sendiri tidak dapat ditempatkan di Google Play / App Store, tetapi kreasi APK didukung secara positif oleh PWA Builder dan lainnya. Setelah dikemas, itu diterbitkan sebagai situs web, tetapi juga dapat ditemukan sebagai aplikasi.

Akun LINE resmi adalah SNS tertutup, dan bahkan halaman web statis saat ini sederhana untuk seluler. Namun, “aplikasi LINE Mini”, yang dijadwalkan akan disediakan mulai tahun 2020, akan dapat membangun Web sederhana. Dengan fungsi CMS, tergantung pada kualitas. Halaman web lebih fungsional daripada SNS lainnya.

Keamanan adalah Web <App

 
Web <PWA <Aplikasi hybrid <Aplikasi asli

Karena PWA memerlukan SSL, itu lebih aman daripada situs web yang tidak didukung.

Namun, selama ini berbasis web, ada bahaya merusak kode sumber dan mengeksekusi skrip berbahaya pada browser pengguna. URL lebih sulit dibaca daripada di browser PC, yang juga mengarah pada risiko bahwa pengguna akan mengakses halaman yang tidak diinginkan.

Dalam hal aplikasi, keamanan sangat penting bagi Apple, dan setelah penilaian, App Store memiliki keunggulan dibandingkan Web. Ada banyak batasan pada fungsi yang unik untuk aplikasi seperti AR / VR dan NFC, dan meskipun ada beberapa kelemahan desain dan pengembangan dibandingkan dengan Android, dapat diambil bahwa keamanan ditekankan.

Namun, ada risiko bahwa aplikasi akan terkena kerentanan WebView, dan lubang keamanan akan dibuat oleh aplikasi asli, jadi berhati-hatilah saat mengembangkannya, seperti halnya dengan Web.

PWA Dapat Mempercepat Pemuatan, Tetapi Masih Tidak Asli

 
Web <PWA ≤ Aplikasi hybrid <Aplikasi asli

Bahkan di Web, halaman artikel dapat dipercepat dengan membuatnya AMP, dan aplikasi mungkin menjadi berat tergantung pada spesifikasi, Tetapi secara umum akan berada dalam urutan di atas.

Seringkali, “peningkatan waktu tinggal” dan “penurunan tingkat penarikan” adalah keuntungan dari membuat situs web menjadi aplikasi. Tetapi kecepatan operasi terkait erat dengan kualitas pengalaman pengguna.

Google mengusulkan Aktivitas Web Terpercaya sebagai sistem render alternatif untuk WebView, dan “PWAMP” yang menyadari peningkatan kecepatan dengan menggabungkan AMP dan PWA, dan berfokus pada peningkatan kecepatan berbasis Web. Namun, dapat dikatakan bahwa masih sulit untuk memuat secepat aplikasi asli secara total.

Artikel Terkait  Perbandingan Framework Lintas Platform Tahun 2019 | Yang terbaik dari Flutter, React Native, Xamarin, Unity

Android Aktif, dan iOS Berhati-Hati Tentang Fungsi Khusus Ponsel Cerdas (GPS, Biometrik, NFC, Arkit)

 

android apps

Jika Anda ingin menggunakan fungsi khusus ponsel cerdas di web, Anda perlu memeriksa apakah setiap browser mendukungnya. Karena PWA menggunakan ServiceWorker untuk merealisasikan UX seperti aplikasi, pemberitahuan push, sinkronisasi latar belakang, dan startup ketika offline bergantung pada dukungan ini.

Anda dapat melihat apa yang didukung browser Anda di What Web Can Do Today. Anda dapat melihat status saat ini dari iOS/Android dengan mengakses dari Chrome dan Safari.

iOS Apple (Safari), yang sangat mementingkan keamanan, sangat berhati-hati dengan berbagai fungsi, dan Google (Android) (Chrome), yang memiliki strategi open source, secara aktif memperkenalkan teknologi baru.

Pemberitahuan Push Web, PWA, dan Aplikasi

 
Saat ini, bahkan jika Anda menjelajahi situs web di PC Anda, Anda mendapatkan semakin banyak peluang untuk mendapatkan pesan izin. Ini menggunakan fungsi pemberitahuan push dari browser, dan pemberitahuan apa pun dapat dikirimkan ketika browser dibuka.

Di sisi lain, pemberitahuan aplikasi iOS/Android adalah pemberitahuan yang dapat dikirimkan bahkan ketika aplikasi tidak berjalan, seperti informasi penjualan dan pembaruan rutin. Karena target pengiriman itu sendiri dapat dibagi sesuai dengan kondisi terperinci, aplikasi adalah yang paling cocok untuk sepenuhnya memanfaatkan pemberitahuan push.

Selain Push Web konvensional, PWA juga dapat menggunakan pemberitahuan push yang unik untuk aplikasi dengan fungsi ServiceWorker. Namun, itu tidak didukung pada tahap iOS 12, dan saat ini terbatas hanya untuk Android.

VR/AR Watches Tren iOS

WebVR/WebAR harus digunakan untuk mewujudkan AR di situs web dan PWA, tetapi dari iOS 12.2 sensor gerak tidak dapat digunakan secara default. Ada kemungkinan bahwa itu akan dapat digunakan lagi di masa depan, tetapi tampaknya pertimbangan yang cermat harus diberikan kepada VR/AR dengan browser = PWA.

Dukungan Browser Penginderaan Lainnya (Biometrik/Beacon)

 
Otentikasi biometrik menjadi tersedia di peramban oleh FIDO Alliance, dan mulai didukung oleh Android, seperti dapat masuk ke peramban Yahoo untuk Chrome dari otentikasi sidik jari.

Beacon berbeda antara iBeacon dan Eddystone. iBeacon, yang mendahuluinya, membutuhkan pengembangan aplikasi, tetapi Eddystone, yang merupakan latecomer, dapat memberi tahu Anda jika Anda memiliki browser Chrome, jadi keuntungannya adalah Anda juga dapat menggunakannya untuk aplikasi web.

Baik iBeacon dan Eddystone dapat digunakan dengan aplikasi iOS/Android, tetapi perlu memperhatikan pemeriksaan operasi untuk setiap terminal. Selain itu, perlu untuk merancang UI/ UX karena tidak dapat digunakan kecuali pengguna mengaktifkan Bluetooth.

NFC Adalah Tahap Di Mana Sisi Aplikasi (iOS) Terbuka Penuh

NFC, yang menggunakan komunikasi data non-kontak, adalah pemain utama, tetapi Android juga unggul. API yang disebut “WebUSB” untuk mengakses perangkat keras dari browser web dikembangkan oleh para insinyur Google dan pertama kali diterapkan di Chrome.

Dimulai dengan iOS 13, NFC terbuka untuk pihak ketiga dan ada masalah keamanan juga, jadi jika Anda ingin mengambil keuntungan penuh dari UX tanpa kontak, lebih baik memilih aplikasi iOS/ Android.

Artikel Terkait  Buat Aplikasi Online Dengan Mudah Secara Gratis

Keuntungan Dari Aplikasi Ini Adalah Anda Dapat Menggunakan Data Pelanggan Lebih Dalam

 

  • Akuisisi dan analisis data yang lebih kaya dimungkinkan karena aplikasi memiliki keterlibatan pengguna yang lebih tinggi
  • LINE berencana untuk meningkatkan fungsionalitas CRM dengan “aplikasi LINE Mini”
  • Kelemahan dari PWA adalah bahwa status login diatur ulang ketika perangkat di-restart pada iOS 12
  • Dalam kebanyakan kasus, pelanggan yang sama akan menghasilkan dua jenis log di web dan aplikasi, jadi berhati-hatilah saat menguraikan
  • Perlu diingat bahwa ada kasus di mana data tidak muncul

Karena aplikasi iOS/Android pada dasarnya disimpan dalam keadaan login, merupakan keuntungan bahwa akumulasi riwayat perilaku saat mengidentifikasi pengguna. Jumlah data yang dapat dianalisis sangat besar karena pengguna mengambil banyak jenis tindakan seperti membuka pemberitahuan push, mendaftar favorit, dan bertukar obrolan.

Ingatlah bahwa aplikasi iOS/Android adalah platform yang menumbuhkan bisnis Anda dengan memanfaatkan banyak data untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Penting juga untuk dicatat bahwa versi web dan log versi aplikasi dihasilkan seperti data pelanggan yang berbeda, sehingga perlu untuk melakukan analisis data akuisisi sambil tetap mengingat bahwa itu adalah lintas platform.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami