Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Metrik Paling Penting Yang Menjadi Masalah Untuk Aplikasi SMB Anda
Saat membuat bisnis modern tentu saja memiliki aplikasi sudah menjadi suatu kebutuhan penting, namun hal ini tidak cukup sampai pada pembuatan aplikasi saja. Pemantauan matrix juga penting untuk dilakukan, berikut ulasan lengkapnya!
21107
post-template-default,single,single-post,postid-21107,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.2.0,vc_responsive
thumbnail-matrik-aplikasi

Metrik Paling Penting Yang Menjadi Masalah Untuk Aplikasi SMB Anda

Apakah Anda menyadari ada lebih dari 197 miliar unduhan aplikasi setiap tahun? Untuk bisnis modern yang dapat membuat konsumen tertarik, memiliki aplikasi sangatlah penting.

Apakah Anda menjalankan salon rambut, restoran atau layanan perawatan anjing?  Penting untuk memastikan bahwa konsumen Anda selalu terhubung dengan bisnis Anda melalui sebuah teknologi. Sebagian besar bisnis berbasis layanan membangun aplikasi yang memungkinkan konsumen untuk membooking tempat dan waktu, melihat daftar harga atau bahkan berkomunikasi dengan customer service.

Setelah Anda membuat dan meluncurkan aplikasi baru, memantau matrix tertentu sangat penting. Berikut adalah beberapa matrix paling penting untuk SMB (Service Message Block) aplikasi Anda.

Artikel Terkait  Ide Pembuatan Aplikasi : 5 Langkah Simple yang Harus Anda ketahui

Bagaimana Unduhan Baru Diperoleh?

 
Salah satu hal terpenting yang perlu Anda pantau adalah matrix perolehan pelanggan yang dihasilkan oleh aplikasi Anda. Idealnya, Anda ingin mengetahui berapa banyak unduhan yang diperoleh aplikasi Anda dan bagaimana konsumen mengetahui tentang Anda. Dengan informasi ini, Anda akan dapat menempatkan harga pemasaran Anda di tempat yang tepat.

Gagal mendapatkan jenis informasi ini akan menyulitkan Anda untuk terus menghasilkan unduhan baru untuk aplikasi Anda. Jika metode pemasaran tertentu tidak menghasilkan hasil yang Anda pikir seharusnya, memotong sejumlah anggaran yang telah Anda buat tentunya menjadi hal yang sangat penting.

Tingkat Aktivasi Aplikasi Anda

 

matrik-aplikasi-1

Sebagian besar pengembang aplikasi setuju bahwa tingkat aktivasi yang baik sekitar 85 persen atau lebih. Jika tingkat aktivasi Anda turun di bawah angka ini, Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui alasannya. Ada beberapa konsumen yang mengunduh aplikasi dan tidak pernah menggunakannya.

Biasanya masalah yang paling umum dijumpai yang menyebabkan konsumen tidak menggunakan aplikasi setelah mengunduhnya adalah kesalahan pembuatan akun saat mendaftar yang terlalu panjang dan rumit. Mengoptimalkan aplikasi Anda untuk sukses akan membutuhkan banyak trial and error. Dengan memonitor secara cermat matrix aktivasi Anda, Anda dapat mendeteksi masalah dengan cepat dan memperbaikinya.

Tingkat Retensi Pengguna

 
Setelah Anda meyakinkan konsumen untuk mengunduh aplikasi Anda, membuat mereka untuk tetap menggunakan aplikasi Anda adalah hal utama yang harus Anda perhatikan. Semakin tinggi tingkat retensi pengguna Anda, semakin mudah Anda akan menemukannya untuk menghasilkan pendapatan dari aplikasi Anda. Rata-rata pengguna Smartphone memiliki antara 60 dan 90 aplikasi di perangkat mereka. Secara umum, pengguna smartphone yang sama ini hanya akan menggunakan sekitar 10 persen dari aplikasi ini setiap hari.

Untuk mempertahankan pengguna, Anda harus selalu memperbarui aplikasi dan membuat aplikasi Anda bebas dari eror dan kesalahan. Cara terbaik untuk mengetahui kesalahan aplikasi adalah dengan menginstal program logging atau catatan.

Jika Anda menginstall log4net di aplikasi Anda, mencari tahu tentang kesalahan akan jauh lebih mudah. Setelah catatan kesalahan dibuat, Anda dapat melakukan beberapa pekerjaan diagnosa untuk mengetahui cara memperbaiki masalah yang ada.

Artikel Terkait  Menggunakan Dasar-Dasar Pemasaran Aplikasi dan Langkah-Langkah untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Pantau secara Cermat yang Menguninstall Aplikasi Anda

 
Saat mencoba melacak jumlah pencopotan unduhan aplikasi yang Anda dapatkan, pastikan untuk membandingkannya dengan jumlah unduhan dan aktivasi harian. Dengan melakukan ini, Anda bisa mendapatkan nomor tingkat churn (jumlah orang yang menjadi pengguna atau yang mencopot pemasangan aplikasi) yang akurat, yang akan sangat membantu Anda ketika Anda mencoba untuk mengoptimalkan aplikasi Anda. Ada sejumlah masalah yang dapat menyebabkan tingkat penghapusan instalasi aplikasi lebih tinggi dari biasanya.

 

Sebagian besar pengguna akan meninggalkan aplikasi jika memuat terlalu lambat atau jika mereka merasa itu tidak aman. Terus-menerus menguji aplikasi Anda adalah cara terbaik untuk menemukan masalah fungsionalitas dan keamanan. Meskipun jenis pengujian ini mengharuskan Anda menginvestasikan waktu dan uang, itu sepadan dengan hasil yang akan Anda dapatkan nantinya.

Jumlah Sesi yang Hancur pada Pengalaman Pengguna

 
Jika aplikasi yang Anda berikan kepada pengguna macet setiap hari, kemungkinan Anda akan kesulitan mencapai tingkat retensi yang tinggi. Menyadari berapa banyak kerusakan yang terjadi dalam aplikasi Anda dapat membantu Anda memperbaiki masalah yang menyebabkan masalah ini terburu-buru. Tidak hanya kerusakan ini yang menyebabkan pengguna menjadi frustrasi, Hal ini dapat membuat bisnis Anda dalam keadaan yang buruk nantinya.

 

Mengukur matrix ini mudah saat mengunduh program seperti Crashlytics. Program ini akan memberi Anda informasi terperinci tentang kerusakan aplikasi seperti jenis perangkat yang digunakan pengguna dan status baterai mereka. Dengan informasi ini, Anda seharusnya tidak memiliki masalah untuk segera menyelesaikan masalah ini.

Melacak Gerakan yang Tidak Responsif

 

aplikasi

Saat pengguna berinteraksi dengan aplikasi Anda, mereka akan menggunakan sejumlah kegiatan yang berbeda. Dalam beberapa kasus, pengguna akan melakukan hal-hal seperti mengetuk sebuah gambar yang sepertinya memiliki tautan yang tertanam di dalamnya. Melihat kesalahan ini dapat membantu Anda mengoptimalkan aplikasi dengan mudah. Jika banyak pengguna membuat gerakan yang sama tanpa hasil, Anda harus memperbaikinya untuk menghindari kesalahan.

Hal terakhir yang Anda inginkan adalah pengguna menjadi frustrasi karena serangkaian gerakan tidak responsif. Membiarkan ini terjadi dapat menyebabkan konsumen mendapatkan ide yang salah tentang fungsionalitas program Anda. Banyak pengembang aplikasi dan pemilik usaha kecil menggunakan aplikasi heat mapps untuk mencari tahu tentang masalah ini. Setelah Anda mendeteksi masalah dengan gerakan tidak responsif, tujuan utama Anda harus mengatasinya tepat waktu.

Aplikasi Tidak Responsif Bukanlah Hal yang Baik

 
Saat menerima catatan kesalahan yang berlabel ANR, Anda harus duduk dan memperhatikan. ANR berarti aplikasi Anda tidak merespons, yang merupakan masalah sangat serius yang perlu segera diperbaiki. Hal pertama yang perlu Anda ketahui ketika menerima informasi ini adalah apa yang menyebabkan masalah ini. Apakah aplikasi baru saja berhenti atau apakah ada gerakan yang dibuat oleh pengguna yang tidak mendapat tanggapan?

Setelah Anda memiliki informasi ini, Anda dapat memulai proses pemecahan masalah. Anda juga perlu mencari tahu seberapa sering masalah ini terjadi dan apakah mereka mempengaruhi tingkat retensi Anda atau tidak. Saat mencoba melacak matrix ini, Anda perlu menemukan program yang memiliki fitur perekaman pengguna. Fitur ini akan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk mengetahui bagaimana masalah ini terjadi.

Artikel Terkait  Belajar Bahasa Pemrograman Javascript Bagi Pemula Mudah dan Menyenangkan

Apakah Aplikasi Anda Dinonaktifkan oleh Pengguna?

 

pengguna aplikasi

Bagi sebagian besar pemilik smartphone, mendapatkan masa pakai baterai yang optimal dari perangkat mereka adalah suatu keharusan. Banyak ponsel memiliki fitur penghemat baterai yang memungkinkan pengguna mematikan aplikasi tertentu untuk menghemat baterai mereka. Sementara beberapa pengguna mungkin mematikan aplikasi Anda untuk menghemat baterai mereka, yang lain mungkin melakukannya karena frustrasi dengan aplikasi Anda. Memantau berapa banyak pengguna yang mematikan aplikasi Anda dapat membantu Anda memahami di mana perubahan mungkin perlu dilakukan.

Meskipun mengelola aplikasi Anda mungkin sedikit memakan waktu, Anda perlu melihatnya sebagai prioritas. Jika Anda meletakkan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk langsung berinteraksi dengan bisnis Anda, Anda ingin itu dalam bentuk murni. Satu-satunya cara untuk menjaga fungsionalitas aplikasi Anda adalah dengan menutup pemantauan berbagai matrix untuk mendeteksi masalah sebelum menjadi bencana.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Pengguna Baru untuk Berinteraksi dengan Aplikasi Anda?

 
Mengetahui berapa lama pengguna dapat berinteraksi dengan aplikasi Anda setelah unduhan awal juga sangat penting. Jika pengguna membutuhkan waktu lama untuk berinteraksi dengan aplikasi Anda setelah mengunduh, kemungkinan Anda tidak membuat apa yang Anda tawarkan cukup menarik. Jika Anda melihat tren pengguna yang tidak berinteraksi dengan aplikasi Anda, maka kemungkinan diperlukan perbaikan ulang.

Meningkatkan daya tarik aplikasi Anda mungkin merupakan ide bagus ketika mengalami masalah ini. Jika Anda memerlukan proses pendaftaran yang panjang untuk menggunakan aplikasi Anda, maka Anda mungkin ingin memperbaikinya. Sebagian besar pengguna ingin menggunakan aplikasi segera, tidak memberikan semua informasi pribadi mereka. Menghilangkan proses pendaftaran awal dapat membantu Anda membuat pengguna berinteraksi dengan aplikasi Anda dengan cepat. Anda selalu dapat memperoleh informasi yang Anda inginkan di kemudian hari setelah pengguna berinteraksi dengan aplikasi Anda untuk sementara waktu.

Apakah Pengguna Melakukan Pembelian pada Aplikasi Anda?

 
Jika aplikasi Anda diarahkan untuk membuat pengguna membeli produk atau layanan, maka memantau berapa banyak penjualan yang dilakukan sangatlah penting. Pelacakan program perangkat lunak seperti Amplitude memungkinkan Anda memantau aktivitas pengguna dengan cara yang komprehensif dan mudah. Setelah Anda menetapkan garis dasar untuk penjualan yang dilakukan melalui aplikasi Anda, Anda dapat melihat kapan penjualan ini mulai menurun.

Biasanya, penurunan penjualan yang tiba-tiba di aplikasi Anda dapat disebabkan oleh masalah fungsionalitas atau user interface yang membingungkan. Perluasan dan pembaruan aplikasi Anda secara terus-menerus adalah bagian penting untuk membuatnya tetap sukses. Mengabaikan masalah yang dihadapi pengguna Anda dapat menyebabkan Anda masuk daftar hitam. Ini berarti bahwa semua uang dan kerja keras yang Anda investasikan dalam program Anda akan sia-sia.

Dengan meluncurkan sebuah aplikasi dan mengabaikan pantauan pada pengguna akan menimbulkan masalah besar. Sebagai pemilik usaha kecil, Anda perlu memastikan aplikasi Anda berkinerja untuk konsumen. Jika suatu aplikasi lambat atau tidak stabil, itu dapat membuat perusahaan Anda berada dalam masa depan yang buruk.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami