Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Apa itu OOP? Mengetahui Konsep dan Pengertian Object Oriented Programming
Object Oriented Programming adalah paradigma pemrograman mendasar yang harus dimiliki semua developer ketika mereka memutuskan untuk terjun dalam bisnis pengembangan aplikasi. Berikut informasi selengkapnya.
21565
post-template-default,single,single-post,postid-21565,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-child-theme-ver-1.0.0,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge-child,wpb-js-composer js-comp-ver-6.4.1,vc_responsive
thumbnail-oop

Apa itu OOP? Mengetahui Konsep dan Pengertian Object Oriented Programming

Object Oriented Programming adalah paradigma pemrograman mendasar yang harus dimiliki semua developer ketika mereka memutuskan untuk terjun dalam bisnis pengembangan aplikasi.

Nah dalam pembahasan kali ini, kita akan memecah dasar-dasar apa yang ada pada object oriented programming adalah paradigma yang dapat Anda manfaatkan dalam mengembangkan proyek Anda sendiri.

Apa Itu Object Oriented Programming?

 
Object Oriented Programming adalah paradigma pemrograman yang bertumpu pada konsep kelas dan objek.

Object Oriented Programming digunakan untuk menyusun program perangkat lunak menjadi potongan-potongan blueprint kode yang sederhana dan dapat digunakan kembali (biasanya disebut kelas) yang digunakan untuk membuat contoh objek individual.

Karena Object Oriented Programming adalah paradigma pemrograman, ada banyak bahasa OOP termasuk: C ++, Java, dan Python.

Seorang programmer merancang program perangkat lunak dengan mengatur potongan informasi dan perilaku terkait bersama-sama ke dalam template yang disebut kelas.

Kemudian objek individu dibuat dari template kelas. Seluruh program perangkat lunak berjalan dengan membuat beberapa objek berinteraksi dengan objek untuk membuat program yang lebih besar.

Mengapa Harus Memahami Object Oriented Programming?

 

oop-1

Object Oriented Programming adalah membuat kode terorganisir, dapat digunakan kembali, dan mudah dipelihara. Ini tentunya mengikuti prinsip DRY (Don’t Repeat Yourself) yang digunakan oleh banyak programmer untuk membuat program yang efisien.

Terdapat enkapsulasi dan abstraksi dalam Object Oriented Programming yang dimaksudkan untuk mencegah adanya akses yang tidak diinginkan pada data serta yang dapat mengekspos kode kepemilikan.

Jadi bagaimana programmer membuat Object Oriented Programming adalah dengan membuat kelas, dan membuat objek dari kelas. Kelas membentuk blueprint tentang bagaimana data & perilaku disusun.

Objek dibuat untuk contoh kelas tertentu. Sebagai seorang programmer, Anda dapat membuat kelas kopi (blueprint) sebagai cara standar untuk mengatur semua informasi penting tentang kopi, dan kemudian membuat contoh kopi individu sebagai objek yang dibuat dari kelas kopi seperti kopi kesukaan Anda cappucino.

Artikel Terkait  Pembuat Aplikasi Android Sendiri Secara Offline

Blok Penyusun Object Oriented Programming

 
Berikut ini merupakan blok penyusun kode pada Object Oriented Programming adalah:

Kelas

 
Singkatnya, mereka pada dasarnya adalah tipe data yang ditentukan pengguna. Kelas pada Object Oriented Programming adalah tempat programmer membuat blueprint untuk struktur metode dan atribut.

Objek individu dibuat instance-nya, atau dibuat dari blueprint ini. Kelas berisi bidang untuk atribut, dan metode untuk perilaku.

Ingat kelas adalah template untuk memodelkan suatu individu seperti kopi, dan sebuah objek dibuat dari kelas yang mewakili hal pada dunia nyata individu contoh kopi moccacino.

Objek

 
Tentu saja OOP akan selalu menyertakan objek. Karena Objek dalam Object Oriented Programming adalah instance kelas yang dibuat dengan data tertentu.

Saat kelas baru dipanggil:

  • Objek baru dibuat bernama jenis individu tersebut
  • Konstruktor menjalankan argumen, dan memberikan nilai

Dalam JavaScript, objek adalah jenis variabel. Hal ini dapat menyebabkan kebingungan, karena objek juga dapat dideklarasikan tanpa template kelas di JavaScript, seperti yang ditunjukkan di awal.

Objek memiliki status dan perilaku. Status ditentukan oleh data: hal-hal seperti nama, tanggal lahir, dan informasi lain yang ingin Anda simpan. Perilaku adalah metode yang dapat dilakukan oleh objek.

Atribut

 
Atribut dalam Object Oriented Programming adalah informasi yang disimpan. Atribut ditentukan dalam kelas template. Saat objek dibuat instance, objek individual berisi data yang disimpan di bidang Atribut. Keadaan suatu objek ditentukan oleh data di bidang atribut objek.

Metode

  
Metode merepresentasikan perilaku. Metode melakukan tindakan; metode mungkin mengembalikan informasi tentang suatu objek, atau memperbarui data objek.

Kode metode didefinisikan dalam definisi kelas. Saat objek individual dibuat, objek ini bisa memanggil metode yang ditentukan di kelas. Metode sering kali mengubah, memperbarui, atau menghapus data.

Metode adalah bagaimana programmer mempromosikan kegunaan kembali, dan menjaga fungsionalitas yang dikemas di dalam suatu objek.

Dapat digunakan kembali ini sangat bermanfaat saat men-debug  jika ada kesalahan, hanya ada satu tempat untuk menemukannya dan memperbaikinya, bukan banyak.

Artikel Terkait  Manakah Yang Harus Dibuat Aplikasi, Website atau Keduanya?

Prinsip Pada Object Oriented Programming

 

oop-2

Empat konsep Object Oriented Programming utama yang akan dibahas pada kali ini adalah:

  • Pewarisan: kelas anak mewarisi data dan perilaku dari kelas induk
  • Enkapsulasi: berisi informasi dalam suatu objek, hanya menampilkan informasi yang dipilih
  • Abstraksi: hanya memperlihatkan metode publik tingkat tinggi untuk mengakses suatu objek
  • Polimorfisme: banyak metode dapat melakukan tugas yang sama

Pewarisan

 
Pewarisan memungkinkan kelas mewarisi fitur kelas lain. Dengan kata lain, kelas induk memperluas atribut dan perilaku ke kelas anak. Inheritance mendukung reusability jika atribut dan perilaku dasar ditentukan dalam kelas induk, kelas anak dapat dibuat untuk memperluas fungsionalitas kelas induk, dan menambahkan atribut dan perilaku tambahan.

Dalam JavaScript, pewarisan juga dikenal sebagai prototyping. Objek prototipe bertindak sebagai template untuk objek lain yang akan mewarisi properti dan perilaku. Mungkin ada beberapa templat objek prototipe, yang membuat rantai prototipe.

Enkapsulasi

 
Enkapsulasi berisi semua informasi penting di dalam suatu objek dan hanya mengekspos informasi yang dipilih ke dunia luar. Atribut dan perilaku ditentukan oleh kode di dalam template kelas. Kemudian, ketika sebuah objek dibuat instance-nya dari kelas data dan metode dienkapsulasi dalam objek itu.

Enkapsulasi menyembunyikan implementasi kode perangkat lunak internal di dalam kelas dan menyembunyikan data internal objek di dalam. Enkapsulasi membutuhkan definisi beberapa bidang sebagai pribadi dan beberapa sebagai publik.

  • Antarmuka pribadi / internal – metode dan properti, dapat diakses dari metode lain pada kelas yang sama.
  • Antarmuka Publik / Eksternal – metode dan properti, juga dapat diakses dari luar kelas.

Mari gunakan mobil sebagai metafora untuk enkapsulasi. Informasi yang dibagikan mobil dengan dunia luar melalui penutup mata untuk menunjukkan belokan merupakan antarmuka publik.

Sebaliknya, mesin tersembunyi di bawah kap ini adalah antarmuka internal pribadi. Saat Anda mengendarai mobil di jalan raya, pengemudi lain memerlukan informasi untuk membuat keputusan, seperti apakah Anda belok kiri atau kanan. Namun, mengungkap data pribadi internal seperti suhu mesin, hanya akan membingungkan pengemudi lain.

Abstraksi

 
Abstraksi berarti bahwa pengguna hanya berinteraksi dengan atribut dan metode yang dipilih dari suatu objek. Abstraksi menggunakan alat tingkat tinggi yang disederhanakan untuk mengakses objek yang kompleks.

  • Menggunakan hal-hal sederhana untuk merepresentasikan kompleksitas
  • Objek kelas mewakili kode dasar yang lebih kompleks
  • Menyembunyikan detail kompleks dari pengguna

Abstraksi menggunakan kelas sederhana untuk merepresentasikan kompleksitas. Abstraksi merupakan perpanjangan dari enkapsulasi.

Polimorfisme

 
Polimorfisme mendesain objek untuk berbagi perilaku. Menggunakan pewarisan objek dapat mengganti perilaku induk bersama dengan perilaku turunan tertentu.

Polimorfisme memungkinkan metode yang sama untuk mengeksekusi perilaku yang berbeda dalam dua cara: penggantian metode dan overloading metode.

Manfaat Object Oriented Programming

 

  • Object Oriented Programming memodelkan hal-hal kompleks sebagai struktur sederhana yang dapat direproduksi
  • Kode OOP dapat digunakan kembali
  • Object Oriented Programming mencegah duplikasi kode
  • OOP mempermudah perbaikan bug. Memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam kelas yang terstruktur dengan baik lebih mudah daripada menemukan kesalahan di banyak tempat dalam kode.
  • Object Oriented Programming melindungi informasi melalui enkapsulasi. Data Object hanya dapat diakses melalui properti dan metode publik
  • Object Oriented Programming mudah dikerjakan dalam tim pengembang – kelas dapat ditugaskan ke pengembang yang berbeda, memungkinkan banyak orang untuk membuat kode proyek pada waktu yang sama.

Object Oriented Programming Dengan Phyton

 
Python adalah bahasa pemrograman hebat yang mendukung OBJECT ORIENTED PROGRAMMING. Anda akan menggunakannya untuk mendefinisikan kelas dengan atribut dan metode, yang kemudian akan Anda panggil.

Python menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain seperti Java, C ++ atau R.

Python adalah bahasa yang dinamis, dengan tipe data tingkat tinggi. Ini berarti bahwa pengembangan terjadi lebih cepat daripada dengan Java atau C ++. Itu tidak membutuhkan programmer untuk mendeklarasikan tipe variabel dan argumen.

Ini juga membuat OOP Python lebih mudah dipahami dan dipelajari untuk pemula, kodenya lebih mudah dibaca dan intuitif.

Kesimpulan

 
Object Oriented Programming membutuhkan pemikiran tentang struktur program dan perencanaan di awal pengkodean. Melihat cara memecah persyaratan menjadi kelas sederhana yang dapat digunakan kembali yang dapat digunakan untuk mencetak biru instance objek.

Secara keseluruhan, menerapkan OOP memungkinkan struktur data yang lebih baik dan dapat digunakan kembali, menghemat waktu dalam jangka panjang.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami