Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | BtoB juga Membutuhkan Pemasaran Seluler! Peran Aplikasi dalam Kisah Sukses
BtoB adalah bentuk bisnis online yang menjadi wadah untuk pertemuan perusahaan dengan perusahaan dalam proses transaksi barang maupun jasa. Mengapa bisnis ini memerlukan pemasaran seluler?
20638
post-template-default,single,single-post,postid-20638,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

BtoB juga Membutuhkan Pemasaran Seluler! Peran Aplikasi dalam Kisah Sukses

Saat ini, penggunaan aplikasi online semakin berkembang dan telah diterapkan di berbagai bidang guna membantu memudahkan kehidupan manusia sehari-hari.

Perkembangan teknologi informasi ini ternyata juga memberikan dampak yang signifikan di segi bisnis. Hal ini bisa kita lihat bahwa aplikasi online tersebut juga banyak digunakan untuk keperluan pemasaran produk dan layanan dari perusahaan. Aplikasi seluler online juga banyak dikembangkan yang semakin mempermudah keseharian masyarakat.

Salah satu bentuk bisnis yang sangat terbantu dengan adanya aplikasi online adalah bisnis perdagangan BtoB. Adanya aplikasi seluler bahkan bisa semakin memperluas jangkauan dari perusahaan yang menjalankan bisnis ini. Pada tulisan kali ini kami akan membahas tentang pentingnya aplikasi seluler dalam pemasaran jenis ini. Dan juga beberapa contoh perusahaan yang sukses berkat kepemilikan aplikasi selulernya.

Penjelasan Singkat tentang B2B

 

btob-1

 

Artikel Terkait  7 Metode Dasar dalam Promosi Aplikasi | Contoh Promosi Aplikasi yang Sukses

B2B atau yang disebut dengan business to business merupakan sebuah model transaksi dalam dunia bisnis yang melibatkan dua perusahaan sebagai produsen dan konsumen.  Perusahaan yang menjadi konsumen dalam model bisnis B2B ini bukanlah konsumen akhir dan bisa bertindak sebagai perantara, agen, atau pihak grosir yang menjual kembali barang dari produsen.

Sama halnya dengan B2C atau business to customer, hubungan bisnis B2B tetap membutuhkan beberapa aplikasi online untuk keperluan pemasaran. Umumnya, dalam hubungan bisnis B2B menggunakan email dan situs web untuk berkomunikasi. Namun, banyak pihak yang kemudian mengembangkan aplikasi seluler agar cocok digunakan dalam pemasaran untuk hubungan bisnis B2B di jaman yang semua kegiatan masyarakatnya menggunakan smartphone.

Alasan B2B Tetap Membutuhkan Aplikasi Online

 

aplikasi seluler

Berdasarkan hasil penelitian terbaru, terjadi peningkatan hingga 40% penjualan yang terjadi dalam hubungan bisnis B2B dilakukan menggunakan telepon seluler. Menurut prediksi, angka tersebut hanyalah menjadi awal saja karena hubungan bisnis B2B akan terus berkembang dari tahun ke tahun, dengan sebagian besar penjualan dilakukan menggunakan telepon seluler.

Dengan angka tersebut dapat terlihat bahwa dalam hubungan bisnis B2B membutuhkan beberapa aplikasi yang dapat mengakomodasi kebutuhan dalam hubungan bisnis. Ada beberapa alasan yang dikemukakan untuk menunjukkan bahwa bisnis B2B sangat membutuhkan aplikasi, salah satunya adalah kebutuhan untuk peningkatan efisiensi. Dengan adanya aplikasi, proses jual beli bisa berlangsung dengan cepat dan efisien.

Fitur yang Diperlukan untuk Aplikasi Seluler dalam Pemasaran B2B

 
Dalam bisnis B2B, pembeli atau customer tidak menggunakan barang yang dibelinya untuk dikonsumsi, melainkan dijual kembali. Hal ini kemudian membawa pengaruh terhadap penggunaan aplikasi dalam bisnis tersebut. Sehingga beberapa fitur berikut ini perlu ditanamkan dalam aplikasi bisnis B2B.

  • Berfungsi untuk mendukung pemilihan produk / layanan
  • Beli produk dan layanan
  • Konten yang menunjukkan tren industri dan teknologi
  • Fungsi pemberitahuan untuk informasi produk baru
  • Simulasi estimasi harga dan waktu pengiriman
  • Pembuatan Invoice online

Selain fitur-fitur tersebut, dalam aplikasi seluler untuk pemasaran B2B juga perlu ditambahkan layanan untuk melakukan komunikasi antara penjual dengan pembeli. Kurangnya komunikasi masih menjadi masalah bagi beberapa pengguna dalam bisnis B2B. Dengan melihat kondisi di Indonesia, bisnis B2B yang berjalan sudah memiliki fitur-fitur di atas dan dilengkapi fitur komunikasi.

Tantangan Aplikasi B2B di Indonesia

 

btob-2

Di Indonesia, orang lebih dahulu mengenal beberapa aplikasi bisnis B2C atau business to customer. Dan hanya sedikit yang mengetahui tentanf aplikasi untuk bisnis B2B, sehingga membuat aplikasi untuk bisnis B2B di Indonesia masih sangat terbuka dan berpeluang besar untuk dikembangkan. Namun, tentunya pengembangan aplikasi bisnis B2B di Indonesia memiliki tantangan tersendiri.

Mempelajari aplikasi bisnis B2B tentu bukan sebuah tantangan yang berat karena orang di Indonesia sudah lebih dahulu tahu tentang penggunaan aplikasi untuk pemasaran aplikasi B2C. Sayangnya, aplikasi bisnis B2B belum banyak dikenal. Sehingga tantangan utama dalam pengembangan aplikasi bisnis B2B di Indonesia adalah bagaimana mendapatkan awareness terhadap aplikasi bisnis B2B yang ada.

Manfaat Menggunakan Aplikasi untuk Bisnis B2B

 
Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, berbagai aplikasi dikembangkan memberikan banyak manfaat bagi manusia dalam aktivitasnya. Bisnis B2B juga tidak luput dari pemanfaatan aplikasi yang saat ini dikembangkan. Bebarapa manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan aplikasi untuk bisnis B2B antara lain

Artikel Terkait  7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Kemudahan Komunikasi dan Konektivitas

 
Komunikasi menjadi salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan manusia. Setiap manusia tentunya membutuhkan komunikasi antar manusia dalam setiap kehidupannya, dengan setiap keperluannya. Apalagi dengan semakin berkembangnya kehidupan manusia, dalam ranah bisnis terutama, membuat komunikasi antara manusia harus lebih intens. Bisnis di zaman ini benar-benar membutuhkan konektivitas yang sangat tinggi.

Begitu pula dalam bisnis B2B yang menghubungkan antara dua perusahaan. Bisnis antar perusahaan dalam B2B membutuhkan tingkat konektivitas yang sangat tinggi. Kebutuhan tinggi terhadap konektivitas antara perusahaan dapat dibantu dengan adanya sebuah aplikasi yang dikembangkan khusus untuk berkomunikasi. Dengan bantuan aplikasi tersebut, komunikasi dan konektivitas antar perusahaan dalam bisnis B2B menjadi sangat kuat.

Meningkatkan Interaksi dengan Customer

 
Peran aplikasi dalam bisnis B2B juga dapat dilihat dari meningkatnya jumlah interaksi antara perusahaan dengan customer­-nya. Banyak sekali aplikasi seluler yang dikembangkan sehingga menjadi aplikasi yang interaktif ternyata dapat meningkatkan bisnis suatu perusahaan. Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce atau travel sangat terbantu dengan aplikasi seluler.

Dengan mengambil contoh perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce dan travel dapat terlihat bagaimana adanya aplikasi dapat meningkatkan interaksi mereka dengan customer-nya. Peningkatan interaksi ini menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan tersebut. Dengan begitu, perusahaan juga akan semakin berkembang dengan keuntungan yang meningkat.

Meningkatkan Nilai Perusahaan

 
Selain keuntungan, tentunya ada hal lain yang dikejar oleh perusahaan dalam beberapa bentuk seperti nilai perusahaan di mata customer-nya. Nilai perusahaan ini sangat penting artinya karena berkaitan dengan banyak hal seperti kepercayaan yang berujung pada keuntungan juga. Untuk itu, perusahaan perlu melakukan berbagai hal agar mendapat penilaian baik terutama dari customer­-nya.

Membuat aplikasi sesuai dengan kebutuhan customer­-nya, bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan nilai perusahaan. Adanya aplikasi yang bisa memenuhi kebutuhan dan memudahkan customera juga bisa meningkatkan kesan up to date dan tidak ketinggalan zaman. Dengan demikian, diaharapkan bisa meningkatkan nilai dan citra perusahaan di mata para customer­-nya.

Beberapa Aplikasi yang Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis B2B

 

SALESFORCE

Beralih kepada aplikasi secara umum, tidak khusus untuk pemasaran belaka, ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis dalam model bisnis B2B. Aplikasi ini akan sangat membantu semua pihak yang terkait dalam bisnis B2B. Aplikasi tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

 HootSuite

 
Perkembangan dunia digital saat ini terus terjadi. Perkembangan yang sangat signifikan itu diyakini akan memperluas target pasar dari perusahaan, begitu pula dalam bisnis B2B. Untuk memenuhi perluasan target pasar perlu dilakukan pemasaran secara online yang mampu menjangkau seluruh dunia menggunakan media sosial.

Manfaat media sosial dalam pemasaran online sangat besar sehingga harus dikelola secara serius dan tepat. Dengan bantuan aplikasi Hootsuite, yang memiliki berbagai versi baik aplikasi maupun website, memungkinkan penggunanya untuk memonitor segala aktivitas yang ada di media sosial perusahaan. Aplikasi HootSuite ini dapat menyambungkan semua akun media sosial perusahaan.

Salesforce

 
Selain melakukan pemantauan terhadap aktivitas media sosial untuk keperluan pemasaran dan awareness, dalam bisnis B2B juga membutuhkan aplikasi yang dapat memantau interaksi antara perusahaan dengan customer-nya. Interaksi antara perusahaan dengan customer ini dapat meningkatkan hubungan bisnis dan tentu saja meningkatkan penjualan secara signifikan.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk kebutuhan tersebut adalah Salesforce. Aplikasi salesforce memiliki versi desktop dan versi mobile yang membuat penggunanya dapat memantau perkembangan di manapun. Salesforce juga dilengkapi dengan pengolahan data untuk melihat performa penjualan perusahaan dengan tampilan yang cantik dan mudah dipahami agar dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan selanjutnya.

Google Analytics

 
Aplikasi yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang Indonesia, terutama yang bergerak dalam bidang pengembangan website. Google Analytics merupakan solusi bagi para perusahaan B2B untuk melihat perkembangan websitenya. Karena seperti yang diketahui, website perusahaan sangat penting untuk keperluan pemasaran bahkan transaksi jual beli sekalipun.

Dengan menggunakan Google Analytics, penggunanya dapat melihat data secara ­real-time dengan memperhatikan perilaku viewers. Perkembangan teknologi harus betul-betul dimanfaatkan oleh perusahaan agar tidak tertinggal dengan pesaing. Bahkan, persaingan bisnis saat ini tidak hanya berlaku untuk kegiatan offline semata melainkan persaingan bisnis secara online. Oleh sebab itu, website menjadi sangat penting perannya untuk perusahaan.

WebEx

 
Orang di Indonesia mungkin lebih familiar dengan aplikasi video chat seperti Skype. Namun, untuk keperluan bisnis, ada baiknya menggunakan aplikasi yang lebih profesional dengan WebEx. Dalam aplikasi WebEx ini, penggunanya dapat melakukan perencanaan dan menghadiri rapat dengan anggota lain hingga seluruh dunia.

Selain itu, WebEx juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan meeting dengan beberapa orang sekaligus sembari melakukan pengiriman data yang diperlukan selama rapat berjalan. Aplikasi WebEx juga memungkinkan untuk membuat sebuah grup chat sekaligus antara perusahaan dengan perusahaan lain untuk mempermudah komunikasi. Setiap aktivitas anggotanya juga bisa tersinkronisasi dengan baik.

Flipboard

 
Sebagai pengguna dan pihak yang terlibat dalam bisnis B2B tentu tidak ingin ketinggalan setiap informasi yang dipublikasikan oleh rekan bisnis. Namun, kendala yang selama ini tidak adanya aplikasi yang dapat memantau publikasi yang baru dipublikasikan oleh rekan bisnis. Apalagi jika kondisi sedang sibuk sehingga tidak bisa melakukan pemantauan secara terus-menerus.

Kebutuhan tentang informasi terbaru dari rekan bisnis menjadi sangat penting dalam bisnis B2B. Kini dengan adanya aplikasi Flipboard, penggunanya bisa melakukan pemantauan terhadap publikasi yang dilakukan oleh rekan bisnisnya. Flipboard menghubungkan mulai dari blog hingga video dan konten rekan bisnis dalam format majalah. Dengan format tersebut, pengguna bisa mudah memantau setiap perkembangannya.

Artikel Terkait  Telah Hadir: Layanan yang Mudah dalam Mendesain Kaos secara Online!

Asana

 
Aplikasi Asana ini banyak digunakan oleh berbagai perusahaan, terutama oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang informasi teknologi, start-up, atau juga e-commerce. Perusaahan-perusahaan yang menggunakan Asana memungkinkan para karyawanannya untuk melakukan manajemen terhadap proyek yang mereka kerjakan dengan lebih baik dan rapi. Asana banyak digunakan juga karena alasan gratis.

Tak hanya karena gratis, Asana yang tersedia baik untuk desktop, Android, dan iOS membuatnya lebih fleksibel karena tidak bergantung pada satu sistem operasi saja. Hasilnya, tentu saja Asana sudah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna. Asana memungkinkan penggunanya untuk tetap dapat mengikuti setiap pembaruan terhadap proyek yang dikerjakannya bersama tim.

Trello

 
Trello menjadi salah satu aplikasi yang banyak disukai oleh tim marketing di banyak perusahaan. Alasannya adalah karena Trello sangat mudah untuk digunakan tanpa perlu melakukan unduhan dan bisa diakses baik melalui komputer maupun telepon seluler. Trello juga menjadi aplikasi yang sangat membantu tim marketing agar dapat memantau progress pekerjaan tim di manapun.

Itulah tadi ulasan tentang pemasaran seluler yang dibutuhkan dalam bisnis BtoB. Semoga bermanfaat.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: