Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | 5 Cara pemasaran seluler (mobile marketing) untuk smartphone era pertama?
Pemasaran seluler merupakan salah satu dari berbagai bentuk dari pemasaran digital yang bisa dilakukan di tengah semakin pesatnya perkembangan smartphone. Simak 5 cara pemasaran seluler berikut ini.
20496
post-template-default,single,single-post,postid-20496,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive
android-app022

5 Cara pemasaran seluler (mobile marketing) untuk smartphone era pertama?

Sejauh ini cara pemasaran produk / jasa tidak lepas dari kegiatan memasang iklan di internet, melakukan promosi melalui situs web, menggunakan teknik SEO dan lain sebagainya.

Apakah cara tersebut salah? Tentu saja tidak. Hanya saja di era digital seperti sekarang ini, pengguna perangkat smartphone semakin meningkat seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat kita.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menciptakan sebuah inovasi baru dalam hal pemasaran produk, terutama dalam hal mobile marketing. Bukan hanya dibutuhkan strategi khusus dalam melakukan pemasaran, karena ada banyak hal yang perlu dipahami sebelum mulai menerapkan sebuah pemasaran digital melalui teknologi seluler.

Tingkat persaingan bisnis di era digital seperti ini, tentu saja terasa sulit dijangkau, terlebih lagi bagi para perusahaan pemula atau yang baru saja merintis. Namun, jika Anda mampu mengenal lebih jauh tentang hal-hal yang berhubungan dengan pemasaran online / seluler, maka Anda akan mampu dalam menciptakan inovasi pemasaran dengan hasil yang sesuai harapan.

Apa itu pemasaran seluler?

 
Pemasaran Celullar

Artikel Terkait  Pentingnya Tindakan Pembaruan Terhadap Aplikasi

Berdasarkan definisi yang dituliskna di dalam “Praktik Dasar Periklanan Internet (Daftar Istilah Dasar Periklanan Internet) Edisi tahun 2016”, pemasaran seluler merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman produk / jasa yang ditawarkan kepada konsumen melalui perangkat seluler.

Istilah seluler yang dimaksudkan di sini, adalah penggunaan smartphone / telepon pintar, tablet, PC, laptop, notebook dan lain-lainnya. Intinya adalah, istilah ‘seluler’ digunakan sebagai penyebutan nama-nama atau jenis-jenis perangkat yang dapat digunakan sebagai media untuk berkomunikasi.

Perbedaan Antara Pemasaran Web dan Pemasaran Digital

 

Perbedaan

Dalam dunia pemasaran online atau pemasaran seluler, ada dua hal yang harus dibedakan dengan baik, yakni antara pemasaran web dan pemasaran digital. Lantas, apa perbedaan pemasaran web dengan pemasaran digital?

Pemasaran web merupakan teknik pemasaran online yang dilakukan dengan menggunakan teks, gambar, audio dan video untuk mengumumkan produk dan layanan pada situs web perusahaan. Yang mana, situs web tersebut dapat difungsikan sebagai perantara untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari konsumen atau pengunjung web.

Bukan hanya itu saja, pemasaran web juga dilakukan untuk mengirimkan informasi secara kolektif, mulai dari untuk menjelaskan detail jasa / produk yang ditawarkan, menjelaskan mengenai cara mekanisme pembelian hingga dapat digunakan untuk menghubungkan pembeli ke aplikasi belanja yang dapat digunakan untuk memudahkan proses transaksi pembelian.

Sementara untuk pemasaran digital, memiliki jangkauan yang lebih luas. Namun, pelaksanaanya tetap tidak bisa terlepas dari penggunaan internet. Dimana, penerapan pemasaran digital dilakukan dengan media internet untuk melakukan penjualan, mulai dari pemanfaatan media sosial, pemanfaatan iklan online , pemanfaatan aplikasi mobile dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, baik pemasaran web maupun pemasaran digital. Keduanya, merupakan cara terbaik yang bisa Anda pilih. Sebab, semakin banyak cara yang diterapkan untuk memasarkan produk / jasa, maka konsumen pun menjadi lebih mengenal tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan Anda.

5 Cara Pemasaran Seluler

 

cara pemasaran

Selain penggunaan iklan, apa saja cara pemasaran seluler yang bisa diterapkan? Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah, lima metode khas yang biasa dilakukan dalam melakukan pemasaran seluler.

Aplikasi

 
Apabila membahas tentang pemasaran seluler, maka aplikasi adalah media yang memiliki peran utama. Pasalnya, dalam penggunaan smartphone memang tidak terlepas dengan pemakaian aplikasi. Hal ini disebabkan karena kehadiran aplikasi sudah menjadi pola kebutuhan bagi para pengguna smartphone.

Keberadaan aplikasi tersebut bukan hanya dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pemasaran bagi perusahaan Anda. Sebab, aplikasi tersebut juga bisa memberikan penghasilan tersendiri, yakni melalui iklan-iklan yang ada di dalamnya, yang tidak sengaja / sengaja dibuka oleh para pengguna aplikasi.

Email / SMS

 
Baik melalui email atau SMS, keduanya merupakan salah satu media pemasaran seluler terbaik. Dengan mengirimkan layanan pesan singkat / pesan elektronik yang diberitahukan lewat email atau nomor telepon, maka akan memungkinkan perusahaan Anda untuk melakukan pemasaran dengan peluang dan jangkauan yang lebih akurat. Sebab, sangat jelas adanya, jika pesan tersebut akan sampai kepada penerima dan kemungkinan besar pesan tersebut akan terbaca. Jika mereka merasa tertarik, maka besar kemungkinan mereka akan mencari tahu tentang perusahaan Anda. Untuk itu, sangat penting dalam mencantumkan link website dalam informasi pesan yang dikirimkan.

Artikel Terkait  Pedoman Terbaik untuk Optimisasi Toko Aplikasi 2020

Fungsi Bluetooth ・ iBeacon

 
Salah satu upaya yang dapat dilakukan selangkah lebih maju dalam hal pemasaran seluler, yakni dengan menggunakan menggunakan layanan informasi lokasi dan fungsi Bluetooth dan iBeacon. Apa itu? Bluetooth dan iBeacon merupakan cara yang bisa digunakan untuk mengetahui dimana lokasi bisnis Anda dan kapan waktu buka – tutup perusahaan Anda. Yang mana, media Bluetooth dan iBeacon ini dapat memudahkan pelanggan dan calon pembeli untuk mendapatkan informasi yang relevan terkait perusahaan / toko Anda.

Kode QR

 
Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan fungsi kamera dari smartphone untuk melakukan pemindai kode QR. Pasalnya, cara pemasaran menggunakan kode QR juga dapat digunakan, yakni untuk meningkatkan kemauan pembeli dalam melakukan transaksi pembelian, untuk meningkatkan kepercayaan pembeli dan untuk menarik perhatian pembeli agar tertarik dengan produk / jasa yang Anda tawarkan.

Hal ini disebabkan karena, penggunaan kode QR dapat meningkatkan dan memudahkan pelanggan serta calon pembeli dalam membaca informasi keterangan dari produk / jasa yang Anda tawarkan dengan lebih terperinci.

Media Sosial

 
Perangkat seluler memiliki akses yang lebih cepat untuk terhubung dalam berbagai media sosial dalam satu waktu. Pasalnya, hanya dengan berbekal satu perangkat, Anda bisa membuka banyak sosial media sekaligus dalam waktu yang bersamaan, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebaainya. Nah, hal ini tentunya bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran bagi perusahaan / toko Anda.

Kelima cara pemasaran tersebut akan memberikan hasil yang lebih efektif jika dioptimalkan bersama-sama. Maksudnya, jangan hanya memilih dan menerapkan salah satu diantaranya saja, karena jika menginginkan metode pemasaran dengan hasil yang sesuai harapan, maka Anda harus menerapkan semuanya.

Artikel Terkait  Developer Aplikasi Game Berkualitas di Indonesia

Kendati demikian, keberadaan aplikasi tetaplah menjadi primadona. Oleh karena itu, setidaknya saat ini, Anda sudah harus memiliki sebuah aplikasi dengan kemampuan dan performa terbaik. Pasalnya, aplikasi merupakan media yang paling tepat untuk memperkenalkan produk / jasa Anda ke khalayak publik.

Terlebih lagi, dengan hadirnya sebuah aplikasi, perusahaan / toko Anda akan dianggap lebih profesional dan lebih berkualitas, sehingga tak akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan penuh dari para pelanggan. Untuk itu, penting untuk selalu meningkatkan kualitas aplikasi bisnis Anda. Tujuannya adalah, agar para pengguna dan pelanggan Anda merasa betah serta nyaman dalam menggunakannya. Jika aplikasi tersebut mampu memenuhi segala kebutuhan para konsumen, maka mereka pun tak segan dalam memberikan rating dan ulasan terbaik untuk perusahaan / toko Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: