Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Pentingnya Tindakan Pembaruan Terhadap Aplikasi
Sebuah aplikasi apalagi yang digunakan sebagai alat penunjang bisnis membutuhkan pengelolaan agar performanya tetap terjaga, slah satunya adalah dengan melakukan pembaruan. Berikut alasannya.
20691
post-template-default,single,single-post,postid-20691,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.2.0,vc_responsive

Pentingnya Tindakan Pembaruan Terhadap Aplikasi

Teknologi yang berkembang dengan pesat mengharuskan manusia untuk bergerak dengan cepat juga. Sebagian besar orang harus bisa melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Hal ini dilakukan agar orang tersebut tidak tertinggal dengan yang lainnya. Untuk membantu pekerjaan manusia ini, para perusahaan pengembang mencoba untuk selalu memperbarui aplikasi.

Pengembangan dan pembaruan aplikasi ini tidak dilakukan dalam sekali waktu saja. Pembaruan pada aplikasi harus selalu dilakukan agar aplikasi tetap bermanfaat untuk memudahkan kebutuhan manusia. Seperti halnya dengan melakukan pembaruan fitur yang sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, perusahaan pengembang juga mulai menciptakan aplikasi berbasis web yang bisa diakses melalui browser.

Karena hal inilah, perusahaan pengembang harus selalu melakukan pembaruan pada aplikasi yang dibuat. Ingin tahu apakah alasan perusahaan pengembang melakukan pembaruan pada aplikasinya? Dan juga hal apa saja yang harus dipahami dengan baik dari pembaruan aplikasi? Simak penjelasan lengkap berikut ini ya.

Alasan Perusahaan Pengembang Memperbarui Aplikasi

 

Artikel Terkait  SEO Aplikasi. Sebarkan Aplikasi Lebih Banyak dengan Tindakan ASO yang Tepat

Perusahaan pengembang aplikasi selalu melakukan pembaruan aplikasi tentu karena suatu hal. Hal ini dilakukan tidak lain adalah untuk tetap menarik pengguna melalui aplikasi yang dibuat pengembang. Berikut ini adalah alasan mengapa perusahaan pengembang memperbarui aplikasi yang harus diketahui.

Ingin Menambah Fitur Canggih Dan Meningkatkan Performa

 
Alasan utama perusahaan pengembang harus memperbarui aplikasi adalah karena ingin menambahkan fitur terbaru. Jadi, fitur baru yang canggih akan semakin meningkatkan fungsi dan menyempurnakan aplikasi yang dibuat. Hal ini dilakukan perusahaan pengembang tidak lain adalah untuk memudahkan pengguna aplikasi.

Penambahan fitur canggih ini juga dilakukan untuk membuat aplikasi berbeda dengan aplikasi lainnya. Jadi, pengguna tidak akan tertarik dengan hadirnya aplikasi yang lain. Penambahan fitur canggih ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan selera pengguna.

Selain untuk menambah fitur yang canggih, perusahaan melakukan pembaruan aplikasi juga untuk meningkatkan performa. Jadi, semakin lama sebuah aplikasi akan terasa kurang keefektifannya. Maka dari itulah, perusahaan harus selalu memperhatikan masalah performa ini agar segera ditingkatkan.

Meningkatkan Keamanan Sistem Operasi Aplikasi

 
Pembaruan aplikasi yang dilakukan perusahaan pengembang juga dilakukan untuk meningkatkan keamanan dari sistem operasi. Jika aplikasi tidak diperbarui oleh pengembang, aplikasi akan semakin tidak efektif untuk pemenuhan kebutuhan. Permasalahannya dalam hal ini adalah pengembang mengantongi semua informasi pengguna. Jadi, informasi tersebut harus selalu aman.

Coba bayangkan bagaimana jika perusahaan pengembang tidak mempunyai keamanan dalam sistem aplikasinya? Pastinya data dan informasi pengguna akan diambil oleh hacker dan disalahgunakan. Tentu pengguna akan rugi jika hal seperti ini terjadi.

Cara menjaga keamanan sistem aplikasi adalah dengan melakukan pembaruan aplikasi. Keamanan sistem operasi aplikasi ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Jika salah ambil langkah, perusahaan pengembang bisa mengalami kerugian.

Mencegah Terjadinya masalah

 
Pembaruan aplikasi juga dilakukan perusahaan pengembang untuk mencegah terjadinya masalah. Biasanya, penggunaan aplikasi di Android dapat menyebabkan masalah. Masalah ini membuat pengguna harus melakukan restart untuk safe mode. Tentunya hal ini akan sangat merepotkan pengguna.

Bahkan, bisa saja pengguna menjadi tidak tertarik lagi dengan aplikasi dan mulai beralih ke aplikasi lain. Tidak ingin kan kehilangan pengguna aplikasi yang dibuat? Maka dari itulah, perusahaan pengembang harus selalu melakukan pembaruan aplikasi secara berkala. Biasanya masalah dalam aplikasi terjadi karena coding yang buruk.

Ingin Memperbaiki Bug

 
Setiap aplikasi tentunya memiliki bug yang dapat menyebabkan error saat aplikasi digunakan. Misalnya seperti layar smartphone yang tiba-tiba tertutup, smartphone restart sendiri, dan error lainnya. Hal seperti ini bisa diperbaiki dengan melakukan pembaruan aplikasi.

Jadi, perusahaan pengembang harus memperbarui aplikasi secara berkala untuk memudahkan pengguna. Melalui pembaruan aplikasi, masalah tentang bug ini akan bisa diatasi. Pengguna pun akan semakin merasa nyaman saat menggunakan aplikasi.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Agar Sukses Dalam Pembaruan Aplikasi

 

Pembuatan aplikasi tidak selesai setelah perilisan saja. Setelah rilis pun aplikasi harus tetap dikembangkan dan diperbarui. Berikut ini hal penting yang harus dilakukan agar pengembangan dan pembaruan aplikasi bisa berhasil dan sukses.

Mengidentifikasi Masalah Dan Mencari Solusi

 
Sebelum mengembangkan dan memperbarui aplikasi, perusahaan harus mengidentifikasi masalah yang terjadi dalam aplikasi. Selanjutnya, masalah ini harus dipecahkan untuk menemukan solusi yang tepat. Solusi ini nantinya dijadikan sebagai bahan untuk memperbarui aplikasi.

Misalnya saja seperti aplikasi PicMix. Aplikasi ini dibuat dan dikembangkan agar menghasilkan foto di Instagram yang bagus dan berkualitas. Foto berkualitas yang bisa dihasilkan dari aplikasi ini adalah dengan melakukan editing photo. Jadi, sudah jelas bahwa masalah foto yang berkualitas bisa diedit melalui aplikasi ini sebagai solusinya.

Begitu juga dengan pembuatan dan pengembangan sebuah game. Pengembang harus mengidentifikasi dengan baik, misalnya dengan memperbaiki konsep game yang bermasalah. Solusinya adalah game dihubungkan dengan sebuah gameplay atau lainnya. Intinya, dalam tahapan identifikasi ini inti permasalahan harus dipecahkan dengan baik. Hal ini dilakukan agar aplikasi yang telah diperbarui bisa berhasil.

Mendesain Aplikasi Agar Menarik

 
Hal penting lain yang harus diperhatikan agar pembaruan aplikasi bisa sukses adalah dengan membuat desain yang menarik. Beberapa perusahaan pengembang mempunyai suatu keharusan agar desain dari aplikasi bisa sama dengan UI/UX dalam website. Dalam tahapan ini, sebaiknya perusahaan melakukan percobaan ke beberapa pengguna.

Percobaan ini dilakukan agar mengetahui bagaimana alur kerja sebuah aplikasi. Untuk memudahkan perusahaan pengembang dalam mendesain aplikasi, ada banyak referensi website yang dapat membantu untuk mendesain dengan menarik.

Artikel Terkait  Alasan Aplikasi Anda Tetap Ditolak Walaupun Telah Beberapa kali Submit

Membuat Prototype

 
Selain membuat desain yang menarik, perusahaan pengembang juga bisa membuat prototype agar pembaruan aplikasi bisa berhasil. Beberapa pengembang membuat prototype dengan nama Alpha Beta Testing. Untuk melakukan percobaan, Google mempunyai tempat yang bisa digunakan pengembang untuk membagikan aplikasinya ke beberapa orang saja.

Bahkan, ada juga wadah untuk melakukan sharing aplikasi dengan prototype ini. Wadah sharing ini dinamakan dengan Google Developer Console. Sharing ini dilakukan agar developer bisa mendapat masukan untuk perbaikan aplikasi yang dibuat.

Menyesuaikan Dengan Kebutuhan Pengguna

 
Hal lain yang harus diperhatikan dengan baik dalam pembaruan aplikasi adalah dengan menyesuaikan aplikasi dengan kebutuhan pengguna. Menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna ini sebenarnya sudah harus dilakukan mulai proses perencanaan awal dalam membuat aplikasi.

Namun, meskipun aplikasi sudah dirilis, membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan tetap harus dilakukan. Perhatikan dengan baik masukan dari pengguna terkait aplikasi yang dibuat. Setelah mengetahui semua masukan dan apa yang dibutuhkan pengguna, perusahaan pengembang bisa memperbarui aplikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Memperbarui Aplikasi Secara Berkala

 
Pembaruan aplikasi ini tidak dilakukan dalam sekali waktu saja. Aplikasi harus selalu diperbarui secara berkala. Hal penting ini jarang diketahui oleh perusahaan pengembang. Biasanya, perusahaan pengembang membiarkan sebuah aplikasi yang dirilis tanpa adanya pembaruan sekali pun.

Padahal kenyataannya, aplikasi yang dirilis ini tidaklah sempurna. Aplikasi ini harus terus diperbarui agar mempunyai fitur canggih dan sesuai dengan yang dibutuhkan penggunanya. Bahkan, aplikasi yang sudah besar pun selalu melakukan pembaruan aplikasi agar aplikasi bisa sempurna.

Sebuah aplikasi dikatakan baik bukan hanya karena desain. Hal ini juga dilihat dari kemampuan dan fungsi aplikasi untuk pemenuhan kebutuhan. Yang paling penting, apakah aplikasi itu dapat memberikan sebuah solusi untuk permasalahan tertentu. Hal seperti ini harus diperhatikan pengembang dengan baik.

Informasi Penting Tentang Pembaruan Aplikasi

 

Pengembangan aplikasi yang terus dilakukan oleh perusahaan tentunya memberikan banyak keuntungan untuk penggunanya. Untuk melakukan pengembangan dan pembaruan aplikasi, perusahaan harus mengetahui beberapa informasi yang penting. Berikut ini informasinya.

Pentingnya Riset

 
Di awal perencanaan untuk membuat aplikasi sampai tahap pembaruan, melakukan riset terhadap pasar menjadi hal pertama yang harus dilakukan. Riset ini harus dilakukan agar perusahaan pengembang dapat menyesuaikan aplikasi yang dibuat dengan kebutuhan pengguna. Melalui riset ini, selera dari pengguna akan selalu diperhatikan oleh pengembang.

Melakukan riset tidak hanya dilakukan dengan melihat keadaan pasar saja. Perusahaan pengembang juga bisa melakukan riset melalui ulasan dari pengguna sebelumnya. Perusahaan pengembang harus mengetahui kesalahan apa yang terjadi pada aplikasi buatannya. Setelah itu, pengembang bisa mencari solusi dari masalah tersebut.

Agar pembaruan aplikasi ini bisa berjalan dengan baik dengan hasil memuaskan, riset ini harus dilakukan dengan detail dan mendalam. Bahkan, tahap perencanaan pembuatan aplikasi pun juga masih berhubungan dengan riset ini.

Pentingnya Desain Menarik Dan Mudah Digunakan

 
Permasalahan desain tampaknya menjadi perhatian utama dalam pembaruan aplikasi. Jadi, dalam setiap pembaruan yang dilakukan, perusahaan harus memperhatikan agar desain aplikasi ini berjalan dengan baik. Selain itu, pastikan bahwa desain yang dibuat juga menarik dan mudah digunakan oleh semua pengguna.

Sekarang ini, pengguna smartphone memang sangat banyak. Namun, banyaknya jumlah ini tidak menunjukkan bahwa semuanya bisa menggunakan aplikasi dengan mahir. Maka dari itulah, desain harus dibuat sesederhana mungkin agar bisa digunakan semua orang. Selain desain, pastikan juga agar aplikasi yang dibuat pengembang bisa digunakan dengan baik di berbagai perangkat.

Pentingnya Sistem Keamanan Aplikasi

 
Dalam setiap pembaruan aplikasi yang dilakukan, sistem keamanan aplikasi harus selalu diperhatikan dengan baik. Nantinya, aplikasi yang dibuat oleh perusahaan pengembang akan menyimpan informasi dari pengguna. Jadi, perusahaan pengembang harus bertanggung jawab penuh agar informasi tersebut tetap aman.

Artikel Terkait  Pedoman Terbaik untuk Optimisasi Toko Aplikasi 2020

Data dan informasi pengguna aplikasi ini harus terjaga untuk memastikan bahwa aplikasi yang dibuat aman atau tidak. Maka dari itulah, hal ini harus menjadi perhatian penting untuk para perusahaan pengembang.

Sebuah aplikasi yang terjaga keamanannya tentunya membuat perusahaan pengembang mempunyai reputasi yang baik. Hal ini bisa digunakan untuk menarik pengguna baru. Selain menarik pengguna baru, keuntungan perusahaan pengembang juga akan bertambah. Perlu diingat, reputasi bisa saja hancur dalam waktu yang singkat karena lalai dalam menjaga sistem keamanan aplikasi.

Jika reputasi hancur, maka perusahaan pengembang akan mengalami kerugian. Perusahaan bisa kehilangan kepercayaan dari para pengguna aplikasi. Bahkan, perusahaan pengembang bisa saja terkena tuntutan hukum karena tidak menjaga informasi pengguna dengan baik. Untuk menghindari hal seperti ini, pembaruan sistem keamanan harus selalu dilakukan.

Itulah informasi lengkap terkait proses pengembangan dan pembaruan sebuah aplikasi. Jadi, sebuah perusahaan pengembang memperbarui aplikasi tentunya karena suatu hal yang dibutuhkan pengguna. Pembaruan aplikasi juga harus dilakukan secara berkala agar dapat tetap sesuai dengan selera dan kebutuhan pengguna. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan!

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: