Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Pengembangan Aplikasi adalah Bisnis Sampingan. Bisakah Pemula Mengembangkan Aplikasi?
Mendapatkan penghasilan tambahan di era digital seperti sekarang ini bukan lagi hal yang sulit. Karena banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan membuat aplikasi mobile. Berikut hal-hal yang perlu kalian perhatikan ketika ingin mengembangkan sebuah aplikasi.
20842
post-template-default,single,single-post,postid-20842,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Pengembangan Aplikasi adalah Bisnis Sampingan. Bisakah Pemula Mengembangkan Aplikasi?

Mendapatkan penghasilan tambahan di era digital seperti sekarang ini bukan lagi hal yang sulit. Banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan membuat aplikasi. Karena ternyata hanya dari aplikasi seseorang bisa mendapatkan penghasilan tambahan ataupun penghasilan utama. Hanya mungkin banyak yang bertanya-tanya dan meragu karena memang membuat aplikasi terlihat sulit, utamanya untuk seorang pemula.

Apakah Membuat Aplikasi Sulit?

 

images9

Pertanyaan ini sebenarnya jawabannya sendiri masih belum jelas apalagi untuk pemula. Karena jika dijawab mudah, kenyataannya membuat aplikasi tidak terlalu mudah. Apabila dijawab sulit, jaman sekarang sudah banyak peralatan yang bisa membantu pembuatan aplikasi menjadi lebih mudah. Sehingga jawabannya tergantung dari seseorang itu sendiri. Sebab sebenarnya aplikasi ini terkait dengan kreatifitas seseorang.

Untuk menjawab pertanyaan ini seseorang harus terlebih dahulu mengartikan apa itu aplikasi. Nantinya dengan mengetahui makna sebenarnya dari aplikasi, maka seseorang dengan mudah akan mengerti tujuan dari aplikasi tersebut. Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari aplikasi yang sudah dibuat akan memudahkan proses pembuatan aplikasi. Apalagi sekarang sudah banyak peralatan yang membantu.

Jadi bisa ditarik kesimpulan bahwa sebenarnya membuat aplikasi tidak sesulit kelihatannya. Karena memang seperti yang disampaikan tadi bahwa sudah banyak alat yang bisa membantu. Dengan begitu seseorang tidak perlu lagi membuang terlalu banyak waktu dan juga usaha untuk membuat aplikasi. Hal yang sangat penting agar pembuatan menjadi lebih mudah adalah ketekunan dan kreatifitas.

Artikel Terkait  Jasa Pembuat Aplikasi Android dan iPhone Terpercaya

Apa yang Dibutuhkan Untuk Pengembangan Aplikasi

 

Mobile-APPs

Tadi sudah disinggung sedikit bahwa dengan ketekunan dan juga kreatifitas maka pembuatan aplikasi menjadi lebih mudah. Selain kedua hal itu tentu masih banyak hal lainnya yang diperlukan untuk membuat aplikasi. Beberapa hal ini gunanya adalah membantu setiap proses dari pembuatan aplikasi. Dimulai dari desain sampai pengembangan, karenanya pastikan semuanya tersedia.

1. Memahami Bahasa Pemrogaman

 
Hal yang sangat diperlukan pertama kali tentunya adalah pemahaman tentang bahasa pemrograman yang dibutuhkan untuk membuat suatu aplikasi. Karena memang untuk membuat aplikasi khususnya mobile ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa digunakan. Beberapa bahasa pemrograman yang populer diantaranya java, objective c, dan java cript yang semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan.

2. Menentukan Dimana Aplikasi Akan Digunakan

 
Untuk menentukan dimana aplikasi akan digunakan juga merupakan suatu keharusan. Dimana aplikasi ini digunakan berarti sistem operasi tempat aplikasi tersebut akan diinstal atau dipasang. Seperti yang diketahui bahwa banyak sistem operasi yang beredar di masyarakat. Tapi yang paling banyak digunakan adalah Android dan iOS karenanya fokuskan dulu ke kedua sistem operasi tersebut agar aplikasi lebih cepat dikenal.

3. Studio yang Akan Digunakan Untuk Membuat Aplikasi

 
Setelah menentukan di sistem operasi mana aplikasi akan dipasarkan, maka saatnya menentukan “studio” untuk mulai membuat aplikasi tersebut. Terkhusus untuk Android dan juga iOS karena keduanya merupakan sistem operasi mobile yang paling terkenal jadi banyak studio yang bisa digunakan untuk membuat sebuah aplikasi. Jadi hanya tinggal memilih sesuai kemampuan dan kebutuhan.

4. Rancangan Kasar Aplikasi

 
Aplikasi itu berangkat dari sebuah desain sederhana yang awalnya berupa coretan di kertas. Terkadang banyak pemula yang langsung menuangkan idenya di studio dan berusaha menyusunnya dalam bentuk digital. Hal itu tidak salah, hanya saja akan lebih baik untuk membuat sketsa sederhana terlebih dahulu. Karena sketsa tersebut akan memudahkan proses kedepannya.

5. Tujuan dari Aplikasi Tersebut

 
Siapa sangka jika tujuan dari aplikasi ternyata adalah hal yang sangat diperlukan untuk membuat aplikasi? Hal ini dikarenakan dengan menentukan tujuan di awal akan memudahkan proses pembentukan aplikasi kedepannya. Dengan begitu seseorang tidak perlu memikirkan lagi ingin membuat aplikasinya seperti apa karena sudah ada target yang ditentukan sejak awal.

6. Komputer Atau Laptop Dengan Spesifikasi Tertentu

 
Dalam membuat aplikasi laptop ataupun komputer adalah sebuah keharusan. Meskipun aplikasi yang dibuat merupakan aplikasi untuk perangkat mobile. Tapi tentu dengan laptop ataupun komputer akan ada beberapa hal yang bisa dilakukan dengan leluasa. Ternyata laptop dan komputer yang disiapkan juga tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan kebutuhan dimana aplikasi tersebut akan diinstal.

7. Software Development Kit

 
Sebenarnya sdk, atau software development kit ini hampir sama seperti studio. Hanya saja dalam kit sudah tersedia banyak hal seperti bahasa pemrograman yang disesuaikan serta studio juga didalamnya. Jadi bisa di bilang bahwa ini adalah paket lengkap. Namun biasanya studio tetap diperlukan untuk membuat beberapa hal detail yang tidak ada di sdk ini.

8. User Story atau Teks Narrative

 
Ini mungkin terdengar sepele, tapi siapa sangka jika teks narrative seperti ini akan diperlukan. Tidak hanya untuk proses pembuatan sampai pengembangan saja. Namun juga ketika proses review pun teks ini akan digunakan. Nantinya teks narrative ini berfungsi untuk menjelaskan secara singkat tentang aplikasi. Hal yang biasanya digunakan sebagai preview untuk aplikasi nantinya.

9. Lingkungan Pengembangan

 
Terakhir adalah lingkungan pengembangan untuk aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Dalam lingkungan pengembangan ini sebenarnya mencakup banyak hal diantaranya biaya, dan lingkungan. Dimana seseorang harus sudah menyediakan biaya yang kiranya diperlukan. Dengan begitu semua proses kedepannya akan menjadi lebih mudah, dan pengembang pemula tidak akan kaget.

Artikel Terkait  Harga Aplikasi Android dan iOS | Jasa Pembuatan Aplikasi

Mengenal Jenis-Jenis Aplikasi  Untuk Mobile

 

Jenis-jenis aplikasi mobile yang banyak beredar di masyarakat adalah aplikasi native, hybrid serta web. Dimana ketiga aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Baik itu dari segi pengembangan, maupun dari segi penggunaan nantinya. Karenanya sebelum memutuskan ingin mengembangkan aplikasi jenis apa harus mengenal terlebih dahulu jenis-jenis aplikasi itu.

Native menempati posisi pertama sebagai aplikasi yang paling banyak dikembangkan untuk berbagai sistem operasi. Lalu selanjutnya disusul dengan aplikasi web yang banyak dipilih untuk dikembangkan pada sistem operasi tertentu. Terakhir khusus untuk pemula, maka aplikasi hybrid adalah pilihan terbaik. Karena dinilai paling mudah dan murah dari segi pengembangan.

Artikel Terkait  10 Poin Penting untuk Membuat Rencana Pengembangan Aplikasi yang Sukses

Penghasilan yang Didapatkan Dari Aplikasi

 
Karena dikatakan sedari awal jika aplikasi bisa menjadi tempat yang tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tentu banyak yang bertanya bagaimana caranya. Tepatnya ada empat cara tepat yang paling tepat dan juga paling efektif yang bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari aplikasi. Keempat cara tersebut diantaranya.

1. Membuat Aplikasi Dalam Bentuk Aplikasi Berbayar

 
Hal pertama yang paling efektif untuk dilakukan adalah dengan membuat aplikasi tersebut dalam bentuk berbayar. Dengan begitu setiap pengguna yang membeli aplikasi, maka hasil dari pembelian tersebut akan otomatis masuk ke dalam kantong si developer. Meskipun nantinya akan ada bagi hasil juga sebagai bentuk penyewaan tempat di toko aplikasi, tapi jumlahnya masih menguntungkan.

2. Pendapatan Dari Iklan

 
Jangan sangka jika iklan hanya ada di website atau blog saja karena pada kenyataannya iklan juga bisa ditempatkan pada aplikasi. Dari iklan inilah seseorang juga bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditaruh di aplikasinya. Nantinya seorang yang menaruh iklan ini akan membayarkan uang sewa kepada si pihak developer dengan jumlah yang cukup lumayan.

3. Pembelian yang Dilakukan Dari Dalam Aplikasi

 
Jenis yang satu ini biasanya terdapat pada aplikasi yang memiliki tipe free-premium. Dimana seseorang tetap bisa mendapatkan aplikasi tersebut secara gratis. Tapi ada beberapa hal dalam aplikasi tersebut yang hanya bisa digunakan jika seseorang tersebut menjadi premium. Atau ketika seseorang ingin membeli suatu hal baru contohnya di aplikasi game, maka akan melakukan pembayaran.

4. Penagihan Untuk Tarif Tetap

 
Terakhir juga masih terkait dengan akun yang sifatnya premium. Dimana biasanya akun premium ini harus membayarkan biaya keanggotaannya setiap sebulan sekali. Oleh karena itu setiap sebulan seorang pengembang aplikasi pasti akan mendapatkan penghasilannya melalui setiap member yang melanjutkan langganannya. Jadi pastikan untuk tetap mempertahankan kinerja baik aplikasi agar pengguna tetap mau berlangganan.

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi WEB Sederhana

Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Aplikasi Bisa Laris Di Pasaran dan Menjadi Ladang Penghasilan

 
Masuk ke pembahasan terakhir yang juga tidak kalah penting adalah bagaimana agar aplikasi tersebut bisa laris di pasaran. Karena percuma saja jika aplikasi tersebut bagus, namun pengguna tidak menyukainya. Bagaimanapun pembayaran aplikasi tersebut berasal dari pengguna. Jadi disini akan diberikan cara bagaimana aplikasi bisa laris di pasaran yang diantaranya.

1. Membuatnya Lebih Mudah Ditemukan

 
Pertama adalah dengan membuat aplikasi tersebut lebih mudah untuk ditemukan. Hal ini terkait dengan judul yang digunakan untuk aplikasi tersebut. Pastikan juga tag yang disisipkan pada aplikasi tersebut membuat aplikasinya lebih mudah untuk ditemukan. Karena apabila aplikasi selalu muncul dalam daftar pencarian utama, maka bukan tidak mungkin aplikasi akan laris di download.

2. Meningkatkan Ulasan Dari Pengguna

 
Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah meningkatkan rating ataupun ulasan dari pengguna. Ulasan ini juga berfungsi untuk memudahkan aplikasi agar bisa ditemukan dengan cepat. Selain itu dengan ulasan serta rating yang baik bisa meningkatkan rasa penasaran seseorang dan memancing seseorang untuk mulai mencoba aplikasinya. Jadi tentu akan menambah pengguna baru.

3. Melakukan Pemasaran Dengan Giat

 
Syarat agar suatu produk bisa laku dengan baik adalah penasarannya dilakukan dengan giat. Begitupun sebuah aplikasi, agar mudah untuk dikenali dan bisa laris maka hal yang harus dilakukan adalah memperkenalkannya ke khalayak ramai. Salah satu caranya melalui sosial media marketing. Sebuah cara pemasaran yang sangat efektif dan juga murah dan mudah untuk dilakukan.

4. Tidak Terlalu Ambil Pusing Naysayer

 
Biasanya aplikasi akan selalu mendapatkan respon negatif, tidak peduli seberapa bagus aplikasi tersebut. Ketika mendapatkan respon negatif jangan pernah kaget ataupun gugup menghadapinya. Tetap berikan tanggapan yang baik namun juga sopan. Tapi ketika tanggapan tersebut sudah mengarah ke hal yang tidak masuk akal, maka bisa dilupakan saja dan tidak terlalu ambil pusing.

5. Mencoba Berbagai Toko Aplikasi

 
Terakhir adalah dengan mencoba semua toko aplikasi. Ini adalah cara ambisius yang terbukti jitu untuk menaikkan jumlah pengguna dalam satu waktu. Karenanya bagi yang ingin mendapatkan banyak pengguna, tidak perlu ragu untuk mencoba menjual aplikasinya di semua toko aplikasi yang tersedia. Tapi tetap pertimbangkan dan sesuaikan juga dengan kondisi keuangan.

Ternyata memang aplikasi itu bisa dibuat oleh siapa saja, selama orang tersebut memiliki kemauan dan juga kreatifitas untuk membuat suatu hal. Karenanya bagi yang ingin menambah penghasilan melalui aplikasi mulai sekarang jangan ragu lagi. Sebab ternyata cara membuatnya sangat mudah, belum lagi keuntungan yang didapatkan juga lumayan. Sehingga sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami