Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | 5 Tren Pengembangan Aplikasi Seluler Teratas pada tahun 2020
Saat ini, aplikasi seluler berkembang dengan kecepatan yang luar biasa. Hal-hal yang dulunya fiksi ilmiah, menjadi kenyataan saat ini. Pengembangan aplikasi seluler adalah bagian penting dari bisnis apa pun yang ingin tetap kompetitif. Mari jelajahi tren pengembangan aplikasi seluler teratas dan persiapkan diri kita untuk apa yang akan terjadi di tahun 2020!
21620
post-template-default,single,single-post,postid-21620,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-child-theme-ver-1.0.0,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge-child,wpb-js-composer js-comp-ver-6.4.1,vc_responsive
aplikasi-seluler-thumbnail

5 Tren Pengembangan Aplikasi Seluler Teratas pada tahun 2020

Saat ini, aplikasi seluler berkembang dengan kecepatan yang luar biasa. Hal-hal yang dulunya fiksi ilmiah, menjadi kenyataan saat ini. Melalui aplikasi seluler, dimungkinkan untuk berkomunikasi secara real-time, melakukan pembelian dengan beberapa klik dan bahkan mengonfirmasi transaksi dengan wajah Anda sebagai kata sandi. Pengembangan aplikasi seluler adalah bagian penting dari bisnis apa pun yang ingin tetap kompetitif. Oleh karena itu, mengamati dan mengikuti tren terkini menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Mari jelajahi tren pengembangan aplikasi seluler teratas dan persiapkan diri kita untuk apa yang akan terjadi di tahun 2020!

Artikel Terkait  Cara Memasarkan Aplikasi Anda dengan Media Sosial

Tren Pengembangan Aplikasi Seluler Teratas

 
 

Tren #1: Aplikasi Pembayaran Seluler

 
 

Perkembangan manajemen keuangan dan alat pembayaran telah berubah secara dramatis. Dimulai dengan pertukaran barang atau jasa dan koin logam, dilanjutkan melalui uang kertas dan kartu kredit, hingga kini menjadi digital dengan semakin banyak pembayaran terjadi di ponsel Anda.

Pembayaran digital hari ini telah berkembang menjadi apa yang disebut aplikasi dompet seluler. Ini adalah dompet virtual yang menyimpan informasi kartu pembayaran, uang digital (misalnya Bitcoin), dan kartu loyalitas di perangkat seluler yang membuat transaksi dan pembayaran di dalam toko menjadi nyaman dan lebih cepat. Contoh yang bagus adalah Samsung Pay, Google Pay, dan Apple Pay. Karena aksesibilitasnya, dompet digital menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam 5 tahun terakhir. Bahkan penggunanya diharapkan meningkat dua kali lipat pada tahun 2020.

Selain itu, teknologi di balik dompet seluler diharapkan untuk mengadopsi program loyalitas yang memungkinkan pengguna untuk menerima penawaran khusus, diskon, dan poin bonus melalui dompet seluler mereka setiap kali mereka melakukan pembelian. Demikian pula penggunaan otentikasi biometrik akan muncul pada tahun 2020. Otentikasi biometrik merupakan metode yang mencakup karakteristik biologis dan struktural seseorang. Ini termasuk sidik jari, wajah, pengenalan iris, dan analisis detak jantung. Pendekatan ini memberikan efisiensi dan keamanan tinggi yang secara instan membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Tren # 2: Aplikasi Instan

 
Tren pengembangan aplikasi seluler selanjutnya adalah aplikasi instan. Terkait dengan namanya, pemuatan konten program bersifat instan dan independen. Artinya, pengguna tidak perlu mengunduh program secara lengkap. Sebagai gantinya, mereka dapat melihat sebagian konten di layar mereka, dan sisanya hanya memuat saat diperlukan. Selain itu, aplikasi instan memiliki ukuran file yang lebih kecil daripada yang biasa dan karenanya jauh lebih cepat. Karena kecepatan dan biaya rendah, keduanya memengaruhi aplikasi biasa dan aplikasi game.

Dibandingkan dengan aplikasi biasa, tren pengembangan aplikasi seluler dengan aplikasi instan lebih bermanfaat dalam kategori berikut:

  • Tidak perlu mengunduh aplikasi
  • Waktu loading lebih cepat
  • Memori perangkat tidak digunakan
  • Menjaga fungsi situs web
  • Dapat dibagikan melalui tautan

Desain dan fungsionalitas aplikasi utama dikombinasikan dengan kecepatan aplikasi web menjalankan aplikasi instan, aplikasi seluler masa depan. Selain itu, aplikasi instan tidak hanya menjadi tren pengembangan aplikasi seluler di kalangan pengguna. Mereka sangat diadopsi oleh pengembang Android dan iOS karena mereka dapat menargetkan fitur dan segmen tertentu saat pengguna membutuhkannya. Oleh karena itu, penggunaan aplikasi instan meningkatkan rasio konversi, durasi sesi, dan keterlibatan pengguna.

Aplikasi instan memiliki nilai yang sama dengan Aplikasi Web Progresif (PWA). Keduanya merupakan inovasi yang menggunakan fitur-fitur canggih untuk memberikan pengalaman serupa ke aplikasi asli. Beberapa fiturnya adalah kemampuan penggunaan offline, waktu loading cepat dan dapat dibagikan melalui link. Namun, perlu disebutkan bahwa aplikasi instan tidak sama dengan PWA. Misalnya, PWA tidak memiliki integrasi dengan beberapa fungsi ponsel cerdas seperti Bluetooth, senter, dan akses ke kontak sementara aplikasi instan memilikinya. Selain itu, PWA memerlukan pengembangan sesuai dengan kriteria Google untuk aplikasi web. Tidak seperti aplikasi instan, yang dapat dibuat pada aplikasi yang sudah ada sebelumnya, hanya perlu peningkatan.

Tren # 3: Aplikasi On-Demand

 
Aplikasi on-demand adalah perantara antara pelanggan dan bisnis industri yang berbeda. Pengembangan aplikasi seluler teratas ini memungkinkan pengguna untuk membeli produk dan layanan dengan beberapa ketukan dengan cara yang mudah dan nyaman. Contoh aplikasi on-demand yang bagus adalah Uber dan Airbnb. Langkah-langkah berikut menjelaskan cara kerja aplikasi on-demand seperti Uber:

  • Pengguna meminta produk atau layanan
  • Aplikasi ini mengusulkan penyedia layanan
  • Penyedia memeriksa permintaan dan menerimanya
  • Otorisasi pembayaran
  • Penyedia memberikan layanan atau produk kepada pengguna
  • Pelanggan mengkonfirmasikan pengiriman
  • Pembayaran dipotong

Tren pengembangan aplikasi seluler ini membantu pengguna untuk memecahkan masalah sehari-hari. Sejak sekarang, ada platform on-demand di bidang pendidikan, transportasi, pengiriman makanan, kecantikan, persewaan mobil, dan banyak lagi bidang lainnya. Sebagian besar bisnis saat ini mengadopsi aplikasi on-demand untuk membangun keterlibatan pelanggan dan reputasi merek. Ada beberapa alasan popularitas:

  1. Ketersediaan
    Karena smartphone dan tablet ada di mana-mana di sekitar kita, pengguna bisa mendapatkan produk atau layanan dengan mudah hanya dengan beberapa klik.
  2. Opsi pembayaran yang berbeda
    Sebagian besar aplikasi instan menerima berbagai jenis kartu pembayaran serta dompet elektronik seperti PayPal.
  3. Upaya minimum
    Pengguna dapat menyimpan informasi pribadi seperti detail kartu kredit dan alamat pengiriman. Oleh karena itu, tidak perlu memasukkan kembali detail ini untuk setiap pesanan baru.
  4. Variasi
    Banyak aplikasi berbeda di setiap kategori, artinya pengguna dapat menemukan opsi yang paling sesuai untuk mereka.

Tren # 4: Pakaian

 
Teknologi yang dapat dikenakan adalah perangkat elektronik yang diciptakan untuk dikenakan di tubuh atau disertakan dalam pakaian. Perangkat ini dapat dikontrol melalui aplikasi seluler yang berbeda atau bahkan dari jarak jauh melalui koneksi internet menggunakan teknologi IoT. Misalnya, perhiasan pintar, jam tangan pintar, atau perangkat layar seperti Apple Glass adalah perangkat yang dapat dikenakan yang populer memasuki tahun 2020.

Setiap perangkat yang dapat dikenakan membutuhkan platform yang ditetapkan untuk beroperasi. Misalnya, jam tangan pintar Android memerlukan WearOS sementara Apple Watch disinkronkan dengan WatchOS. Ada berbagai aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Setelah aplikasi diunduh, teknologi yang dapat dikenakan memungkinkan kami mengeluarkan perangkat dari saku sementara pada saat yang sama kami memiliki kemampuan untuk melihat pesan teks, membayar dengan dompet seluler, atau melacak indikator kebugaran dan kesehatan.

Tren # 5: Teknologi Beacon

 
Beacon adalah pemancar nirkabel yang menggunakan teknologi Bluetooth hemat energi untuk mengirim sinyal ke perangkat pintar lainnya. Oleh karena itu, saat perangkat memasuki zona suar, aplikasi terkait langsung menangkap sinyal dan memberikan pemberitahuan serta panduan bagi pengguna. Ini sangat digunakan oleh bisnis dan industri yang berbeda seperti pengecer, hotel, dan museum karena meningkatkan interaksi antara pelanggan dan merek.

Saat ini, pelanggan hanya mengandalkan smartphone mereka, termasuk riset produk dan merek. Dengan demikian, mereka muncul sebagai inti dari strategi pemasaran dan komunikasi bisnis. Melalui teknologi beacon, bisnis dapat memberikan informasi tentang produk, terkait aktivitas pembelian, penawaran khusus, dan penawaran eksklusif langsung kepada pelanggan mereka. Dengan cara itu, kunjungan toko atau situs web, pembelian, keterlibatan pelanggan, dan pengalaman meningkat secara intensif.

Selain itu, semua mendapat manfaat dari teknologi beacon karena membuat rutinitas sehari-hari orang lebih mudah dan lebih produktif serta membantu kota beroperasi secara efisien. Misalnya, suar menyediakan navigasi lalu lintas sebagai informasi bagi pengemudi tentang kecelakaan, kemacetan, dan menawarkan rute alternatif jika
perlu.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami