Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Pengembangan Aplikasi Web | Bentuk Pekerjaan, Tantangan, Orang yang Cocok, Panduan Bagi Pemula
Proses pengembangan aplikasi web memang memiliki beberapa hal yang rumit, namun bukan berarti pemula tidak bisa melakukannya dengan baik. Simak ulasan berikut ini mengenai bentuk pekerjaan, tantangan serta panduan bagi pemula yang ingin mengembangkan aplikasi web.
20873
post-template-default,single,single-post,postid-20873,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive

Pengembangan Aplikasi Web | Bentuk Pekerjaan, Tantangan, Orang yang Cocok, Panduan Bagi Pemula

Salah satu jenis aplikasi web yang paling banyak digunakan adalah aplikasi Web. Karena aplikasi ini sangat terkenal, maka munculah jenis pekerjaan khusus terkait dengan pengembangan aplikasi web ini. Sebuah pekerjaan mengembangkan aplikasi yang dapat digunakan dari browser Web. Pekerjaan yang membutuhkan beberapa keahlian tertentu seperti yang dibahas disini.

Hal yang Menjadi Pekerjaan Utama Pengembangan Aplikasi Web

  

Pengembangan aplikasi web seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya merupakan pekerjaan yang mengembangkan suatu aplikasi web yang bisa digunakan dari peramban atau browser website. Beberapa peramban yang bisa digunakan diantaranya seperti internet Explorer, Mozilla Firefox, chrome, dan lain sebagainya. Jadi aplikasi ini bisa digunakan dalam dua kondisi yakni sudah di download dan melalui sebuah website.

Ada banyak sekali jenis aplikasi yang biasanya merupakan jenis aplikasi web. Beberapa diantaranya adalah sosial media, email, dan juga market place yang bisa digunakan pada dua tempat. Semua jenis aplikasi tersebut adalah aplikasi paling umum yang digunakan oleh pengguna sebagai aplikasi web. Jadi tugas utamanya adalah mengembangkan aplikasi yang bisa digunakan juga di web.

Insinyur yang mengembangkan aplikasi Web dapat mengembangkan sebuah aplikasi web yang tidak hanya digunakan oleh pengguna biasa, tapi juga aplikasi bisnis. Hal ini dikarenakan insinyur bertanggung jawab atas proses awal. persyaratan didefinisikan dan dirancang berdasarkan rencana, kemudian pemrograman dan pengujian dalam pengembangan dilakukan.

Ini membutuhkan pikiran yang sangat logis, desain yang jelas, serta pemikiran matang dan keterampilan dalam hal pemrogaman. Selain itu, dalam banyak kasus, pekerjaan yang dilakukan dalam suatu proyek, juga membutuhkan keterampilan manajemen. Beberapa seperti keterampilan komunikasi dan jadwal pengembangan yang tepat.

Artikel Terkait  15 Cara Sukses untuk Menjadi Ahli dalam Setiap Niche Aplikasi

Pekerjaan Pengembangan Aplikasi Web yang Bermanfaat

  

PWA

Saat seorang insinyur mulai melakukan pengembangan pada aplikasi ini banyak sekali yang merasakan manfaat besar terhadap dirinya. Dimana insinyur tersebut dapat mengembangkan sebuah aplikasi yang dianggap mampu mempengaruhi orang banyak. Serta banyak juga yang merasa bahwa pekerjaan ini adalah sebuah pekerjaan dengan kebutuhan sosial yang tinggi, dan lain sebagainya.

Hal seperti itu juga terkait dengan jenis aplikasi apa yang dikembangkan. Beberapa aplikasi web yang akan dikembangkan memang dianggap memiliki dampak yang signifikan terhadap masyarakat. Banyak masyarakat yang berpikiran bahwa aplikasi web ini seperti salah satu hal yang mengubah kehidupan manusia, dan juga hal yang sebelumnya tidak ada di dunia.

Industri Web berubah begitu cepat sehingga hal-hal baru berkembang dilahirkan satu demi satu, sehingga memaksa insinyur untuk selalu bersentuhan dengan teknologi setiap harinya. Hal yang membuat kemampuan dari insinyur ini berkembang dengan sendirinya dan tanpa direncanakan. Beberapa juga menunjukkan bahwa keinginan lapangan kerja terhadap insinyur aplikasi web ini terus meningkat.

Resiko Pekerjaan Pengembangan Aplikasi Web

  

web2

Dalam sebuah pekerjaan apapun itu, pasti memiliki resikonya masing-masing. Tidak terkecuali dengan pengembangan web. Meskipun terlihat mudah dan sangat disegani ternyata menjadi seorang insinyur pengembangan aplikasi memiliki banyak resiko pekerjaan yang hampir semuanya pasti dialami oleh setiap insinyur. Beberapa resiko yang harus ditanggung diantaranya.

1. Banyak Waktu yang Digunakan

Banyak sekali insinyur aplikasi web yang mengeluhkan jam kerjanya yang terus bertambah ketika sedang melakukan pengembangan terhadap aplikasi ini. Pekerjaan pengembangan aplikasi web seringkali melibatkan kerja lembur. Pekerjaan ini bisa sangat sibuk, terutama ketika tenggang waktu semakin dekat atau ketika melakukan pemrograman yang rumit dengan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

2. Memiliki Tekanan Pekerjaan yang Kuat

Meskipun yang mengerjakan sudah pasti memahami aplikasi web dengan baik, tapi tidak jarang timbul perasaan takut bahwa aplikasi hasil pengembangan tidak bisa berjalan sesuai dengan keinginan. Banyak sekali insinyur yang sulit untuk mengendalikan diri sampai akhir proyek, dan, tergantung pada peran insinyur sebelum merilis aplikasi web.

3. Harus Terus Mampu Memahami Bahasa Pemrograman yang Selalu Diperbarui

Karena sifat dari aplikasi web yang sangat dinamis terhadap perubahan suatu hal baru, maka hal tersebut mau tidak mau menuntut insinyur untuk selalu update dengan perkembangan. Bahasa pemrogaman yang diterapkan biasanya harus mendukung bahasa populer, bahasa terbaru, dan teknologi yang terkait dengan lingkungan pengembangan. Jadi itu memaksa insinyur untuk terus berkembang.

Artikel Terkait  Berapa Lama yang Kita Butuhkan untuk Membuat Aplikasi? Beda Aplikasi Tipe Cloud dan Tipe klasik

Pengalaman dan Pengetahuan yang Harus di Miliki Oleh Seseorang yang Melakukan Pekerjaan Pengembangan Web

  
Bekerja sebagai pengembang salah satu aplikasi yang paling banyak digemari oleh masyarakat dunia membuat insinyur dituntut harus memiliki beberapa hal. Beberapa hal tersebut dianggap penting untuk menunjang insinyur ketika sedang melakukan pekerjaannya sebagai pengembang aplikasi. Adapun beberapa pengalaman dan hal tersebut diantaranya.

1. Pengalaman Pemahaman Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman sangatlah penting dalam hal mengembangkan suatu aplikasi utamanya adalah aplikasi web. Dengan bahasa pemrograman yang baik, maka aplikasi web pun dapat dikembangkan dengan baik. Apalagi aplikasi web selalu menuntut pembaharuan dalam hal bahasa pemrograman nya. Jadi pasti pengalaman tentang pemahaman bahasa pemrograman sangatlah diperlukan.

2. Pengetahuan diluar Kemampuan Web, yaitu Komunikasi

Siapa bilang bahwa pengetahuan pengembangan aplikasi hanya sebatas teknologi saja. Seseorang juga memerlukan pengetahuan diluar hal tersebut yakni kemampuan komunikasi. Kemampuan komunikasi ini berfungsi saat melakukan satu proyek pengembangan. Karena para insinyur harus saling berkomunikasi satu sama lain terkait hal yang harus diurus dan diselesaikan.

3. Pengetahuan Tentang Uji Lingkungan Pengembangan Aplikasi

Namanya saja aplikasi, maka pasti membutuhkan sebuah uji pengembangan hanya untuk melihat sudah sejauh mana perkembangan aplikasi tersebut. Tapi tidak semua uji lingkungan pengembangan bersifat sama antara satu dengan yang lainnya. Sehingga semua insinyur sangat dituntut untuk mengetahui uji lingkungan pengembangan seperti apa yang cocok dengan aplikasi web yang sedang dikembangkannya.

4. Pemahaman Tentang Apa yang Akan Dihadapi

Sebuah proses pengembangan terhadap aplikasi bukanlah sebuah pekerjaan yang stabil dan terkadang bisa mengalami kendala yang tidak terduga. Meskipun masih seorang pemula, tapi tetap harus memahami bahwa proses pengembangan aplikasi bukanlah hal yang mudah. Karenanya membentuk pemahaman tentang hal apa yang akan dihadapi merupakan sesuatu yang penting.

Artikel Terkait  Apa itu Aplikasi Web? Penjelasan Fitur dan Cara Pengembangannya

Kualifikasi yang Harus Dimiliki

  
Selain memiliki pemahaman serta kemampuan dan pengalaman hal lain yang juga diperlukan adalah kualifikasi dari insinyur atau pengembang yang bersangkutan. Untuk kualifikasi ini sendiri memang tidak sebanyak seperti pemahaman, pengalaman dan keterampilan. Hanya dua hal saja yang dibutuhkan dan masuk salam kategori kualifikasi. Kedua hal tersebut diantaranya ialah.

1. Uji Sistem Arsitek

Pertama adalah kemampuan untuk melakukan uji pada sistem perakitan aplikasi atau istilahnya uji sistem arsitek. Tes ini berisikan tentang menunjukkan keterampilan dalam proses awal pengembangan aplikasi. Beberapa diantaranya seperti awal perencanaan proyek, dan proses desain dari aplikasi tersebut. Lalu berlanjut ke desain pengembangan sistem serta beberapa hal yang lainnya.

2. Ujian Manajer Proyek

Ini terkait dengan kemampuan individual seseorang dan sedikit keluar dari zona teknologi. Disini seorang pengembang akan diuji apakah memiliki kemampuan untuk memanage atau istilah lainnya mengatur. Disini akan dilihat apakah seorang pengembang mampu menunjukkan keterampilan yang dapat dikelola sebagai manajer proyek secara keseluruhan. Karena ini juga berlangsung dengan keberlangsungan proyek nantinya.

Artikel Terkait  Harga Aplikasi Android dan iOS | Jasa Pembuatan Aplikasi

Orang yang Cocok Untuk Melakukan Pengembangan Aplikasi Web

  
Tidak bisa dipungkiri bahwa jam kerja dan juga kriteria kerja dari pekerjaan ini nantinya akan membuat seseorang menghabiskan banyak waktunya di depan komputer. Tidak hanya itu saja perubahan yang tiba-tiba juga menjadi suatu hal yang tidak bisa dipungkiri dari pekerjaan ini. Karenanya tidak jarang hal tersebut bisa memicu gejala stres pada seseorang dan putus asa.

Lalu ketika sudah seperti itu kerja sama tim lah yang akan membantu mengembalikan semua sesuai dengan jalur. Karenanya orang dengan sifat yang kooperatif serta mau untuk bekerja sama merupakan orang yang paling tepat untuk pekerjaan ini. Selain itu orang yang pandai dalam berkomunikasi serta mampu mengatur waktunya sendiri dan beberapa hal lainnya juga diperlukan.

Prospek Kerja Dari Pengembangan Aplikasi Web

  
Untuk mengubah pekerjaan menjadi pengembangan aplikasi web, adalah hal biasa untuk mendapatkan pengalaman dalam programmer dan pekerjaan lain. Karena nantinya bekal yang didapatkan dari pekerjaan ini akan dikembangkan dan bisa diterapkan untuk pekerjaan lain. Ini juga akan membantu untuk mendapatkan pengalaman dalam proses awal sesuai dengan persyaratan yang sebelumnya disebutkan.

Saat memutuskan untuk berkarir di dunia pengembangan aplikasi web, maka seseorang memiliki prospek kerja yang cerah. Dimana seseorang itu bisa mengembangkan kemampuan untuk setelahnya naik menjadi pemimpin tim yang memimpin jalannya suatu proyek pengembangan. Lalu nantinya bertahap menjadi manajer. Masih banyak karir lain yang bisa dipilih seperti produsen web, konsultan IT, dll.

Tren Terbaru Dari Pengembangan Aplikasi Web

  
Hal pertama yang menjadi tren terbaru adalah pengguna lebih banyak mengakses web melalui browser yang ada di hpnya. Ini tentu memerlukan sebuah penyelarasan baru dimana dulunya pengguna lebih banyak mengakses sebuah web melalui komputernya. Karenanya banyak yang memprediksi bahwa permintaan akan aplikasi web ke depannya sangat tinggi.

Lalu banyak juga bahasa pemrograman baru yang muncul dan populer belakangan ini. Beberapa bahasa pemrograman tersebut diantaranya Ruby, Ruby on Rails, PHP, dan Python. Hal tersebut menyebabkan banyak dibutuhkannya talenta seseorang yang bisa membaca dan memahami bahasa pemrograman tersebut. Karena ke depannya pasti aplikasi web akan kembali mengalami perubahan baru yang menyebabkan semuanya harus dalam kondisi siap.

Artikel Terkait  Bagaimanakah Start Awal Belajar Bahasa Pemrograman Flutter dan Haruskah Belajar Flutter di Tahun 2020 Ini?

Bagaimana Mengarahkan Pengembangan Aplikasi Web Berdasarkan Pengalaman

  
Apabila seseorang ingin melakukan pengembangan aplikasi web berdasarkan pengalaman, maka penting untuk memulainya di awal. Pertama melakukan komunikasi silang antara programmer yang belum berpengalaman dengan yang sudah profesional. Mintalah yang sudah profesional ini untuk memberikan bimbingan serta menjelaskan pengalamannya kepada yang pemula. Sehingga perlahan pemula bisa mengembangkan sendiri.

Selanjutnya bisa juga dengan membiarkan seseorang mempelajarinya secara otodidak. Dengan memahami beberapa literatur terkait serta melihatmu dari yang berpengalaman secara langsung. Nantinya semua ilmu yang didapatkan bisa langsung dipraktekkan sebagai proses belajar. Hal yang sebenarnya mudah dan hanya memerlukan sebuah niat dan tekad untuk memulai semua proses tersebut.

Ternyata memang proses pengembangan aplikasi memiliki beberapa hal yang rumit. Tapi bukan berarti pemula tidak bisa melakukannya. Meskipun sedikit lebih lambat dari yang sudah profesional tetap saja ada kesempatan untuk bisa membuat prosesnya berjalan dengan sangat lancar. Terpenting dari pengembangan aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengatur baik itu komponen aplikasi dan juga waktu serta suasana kerja.

 

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami