Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Apa Perbedaan Antara Aplikasi Web dan Aplikasi Native?
Dalam membuat sebuah aplikasi, kita memiliki 2 pilihan yaitu aplikasi native dan aplikasi web. Kenali beberapa kekurangan dan kelebihan keduanya sebelum memutuskan untuk membuat salah satunya.
20490
post-template-default,single,single-post,postid-20490,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive
android-app028

Apa Perbedaan Antara Aplikasi Web dan Aplikasi Native?

Saat menggunakan smartphone, Anda tentunya tidak akan jauh dari kata aplikasi, baik itu aplikasi-aplikasi tambahan yang harus Anda download secara langsung melalui Google Play atau App Store. Atau jenis aplikasi-aplikasi yang memang sudah terpasang secara langsung di ponsel pintar Anda, saat Anda membeli ponsel Anda untuk pertama kalinya.

Namun, sebenarnya, aplikasi di smartphone Anda dibedakan menjadi dua, yaitu aplikasi web dan aplikasi asli atau native. Tentunya kedua aplikasi ini memiliki perbedaan dasar antara satu sama lain dan pasti Anda akan tertarik sekali untuk memahami perbedaan-perbedaan tersebut. Sebab, mengenali aplikasi-aplikasi di ponsel Anda secara mendalam tentunya akan memperkaya wawasan sekaligus pengetahuan Anda.

Pengertian aplikasi native dan aplikasi web

 
native apps

Artikel Terkait  7 Metode Dasar dalam Promosi Aplikasi | Contoh Promosi Aplikasi yang Sukses

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya pahami dulu pengertian dari masing-masing aplikasi ini. Bagaimanapun sebelum paham, kita tidak bisa menilai kualitas suatu produk itu baik atau buruk.

Aplikasi native

 
Saat Anda memutuskan untuk men-download aplikasi untuk ponsel Anda melalui App Store dan Google Play, maka sudah pasti Anda mengunduh aplikasi asli atau aplikasi native. Aplikasi asli atau native selalu didistribusikan melalui application store-nya seperti Apple App Store khusus iPhone dan iPad, juga Google Play khusus smartphone versi Android. Anda sebagai pengguna smartphone untuk masing-masing perangkat ini, baik iPhone ataupun iPad, dan ponsel berbasis Android, dapat langsung mengakses application store untuk memilih jenis aplikasi yang Anda inginkan lalu melakukan proses download dan install.

Aplikasi native atau aplikasi asli adalah aplikasi yang diciptakan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang secara spesifik dikhususkan untuk platform tertentu. Bahasa pemrograman populer yang digunakan secara khusus untuk aplikasi jenis ini adalah Swift atau Objective-C, yang biasanya digunakan untuk platform jenis iOS (Apple). Sementara untuk platform jenis Android pada umumnya menggunakan bahasa pemrograman Java.

Saat Anda meng-install aplikasi native maka aplikasi ini akan langsung di-install di terminal, sebagai contoh aplikasi untuk game. Saat sebuah game di-install ke smartphone Anda, maka Anda dapat memainkannya secara offline dan juga dapat dioperasikan dengan cepat.

Apa itu Aplikasi Web

 
Aplikasi web adalah aplikasi yang dapat Anda akses dengan menggunakan web browser atau penjelajah web dengan menggunakan jaringan internet atau intranet. Selain itu, aplikasi web juga dikenal sebagai program yang tersimpan pada sebuah server dan kemudian diakses melalui sebuah antar muka atau interface yang bisa dilihat melalui browser.

Meskipun ini adalah aplikasi yang berbasis web, namun ketika mengaksesnya menggunakan browser ponsel, penampilan maupun fungsionalitasnya tidak jauh berbeda dengan aplikasi asli. Apalagi saat ini situs web sudah diharuskan untuk memiliki tampilan yang tetap professional meskipun diakses melalui terminal berukuran kecil seperti smartphone.

Perbedaannya dengan aplikasi native adalah aplikasi web diakses melalui sebuah browser, sementara aplikasi asli atau native harus diawali dengan menginstallnya dari store.

Kelebihan dan kekurangan aplikasi native

 
kelebihan dan kekurangan

Setiap produk IT, besar maupun kecil pasti selalu memiliki dua sisi, yaitu kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui sebelum memutuskan untuk membuat atau menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari maupun di lingkungan perusahaan. Pertama adalah aplikasi native. Apa saja yang dimilikinya?

Kelebihan

 
Jika dilihat dari kelebihannya aplikasi jenis ini dapat menggunakan fungsi-fungsi di dalam perangkat itu sendiri, sekaligus memberikan pemberitahuan mengenai push sekaligus fungsi untuk menggunakan informasi lokasi.

Kemudian aplikasi asli atau native memiliki performa aplikasi yang cepat karena ada bagian dari aplikasi tersebut dapat digunakan secara offline, user friendly, dan dapat memberikan user experience yang baik, termasuk bisa dibuat dengan visual yang tidak dicover dalam aplikasi web.

Artikel Terkait  PWA dan aplikasi native, apa bedanya? Beberapa PWA yang berhasil.

Kekurangan

 
Tetapi, di balik semua kelebihan tersebut, sudah pasti terdapat kekurangannya juga. Jika Anda tertarik dengan dunia Technology Information (TI), khususnya dalam pengembangan aplikasi, maka untuk mengembangkan aplikasi asli atau native, maka Anda juga harus mepertimbangkan kekurangannya seperti: