Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Apa itu RPL? Beberapah Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Jurusan RPL
Banyak kesalahpahaman di masyarakat yang menyamakan jurusan RPL dengan TKJ. Padahal, kedua jurusan ini sangat berbeda. Yuk cari tahu seluk-beluk jurusan RPL mulai dari pengertian, persiapan masuk RPL. Simak informasi selengkapnya.
21314
post-template-default,single,single-post,postid-21314,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.2.0,vc_responsive
thumbnail-RPL

Apa itu RPL? Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Jurusan RPL

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dikenal memiliki banyak program studi bermanfaat untuk mengasah skill dan kemampuan Anda dari segi praktek kerja. Oleh sebab itu, banyak orang memilih masuk SMK karena mereka ingin bisa langsung bekerja setelah lulus. Untuk Anda yang ingin masuk SMK, Anda bisa mencoba salah satu program studi unggulan bernama RPL.

Banyak kesalahpahaman di masyarakat yang menyamakan jurusan RPL dengan TKJ. Padahal, kedua jurusan ini sangat berbeda. Yuk cari tahu seluk-beluk jurusan RPL mulai dari pengertian, persiapan masuk RPL, hingga keunggulan dan prospek kerja untuk lulusan dari program studi ini dalam ulasan berikut!

Artikel Terkait  Kenali Perbedaan Antara Aplikasi dan Browser

Siap Menjadi Programmer Lewat Jurusan RPL

 

RPL-2

Anda punya cita-cita menjadi seorang programmer kelak? Sebelum memasuki universitas jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer, tidak ada salahnya untuk Anda berkenalan dulu dengan program komputer di jurusan RPL.

Jurusan RPL adalah singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak. Sesuai dengan namanya, RPL adalah jurusan yang khusus mempelajari cara pengembangan perangkat lunak (software). Di program studi ini, Anda akan diajarkan mulai dari cara membuat software, manajemen kualitas dan organisasi pengembangan software, hingga pemeliharaan software pasca perilisan. Namun RPL adalah jurusan yang bisa Anda temukan di Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) saja.

Jurusan ini dinilai sebagai langkah awal yang baik sebelum Anda memutuskan mengambil konsentrasi ilmu komputer yang lebih mendalam di perguruan tinggi. Sebab RPL adalah jurusan yang akan mengenalkan Anda terkait pemrograman tingkat dasar untuk website, aplikasi, hingga cara-cara awal belajar bahasa pemrograman.

Memilih RPL sebagai jurusan untuk ditekuni saat SMK merupakan langkah yang tepat karena mampu memberikan Anda win-win solution. Setelah lulus dari jurusan RPL di SMK, Anda sudah siap untuk terjun bekerja menjadi seorang programmer karena sudah menguasai bidang pemrograman. Di sisi lain, Anda juga bisa melanjutkan ke jenjang kuliah dengan mudah sebab sudah mempelajari dasar-dasar pemrograman sebelumnya. Bagaimana, tertarik untuk masuk ke jurusan RPL?

4 Keunggulan Utama Jurusan RPL

 

programming

Setiap program studi memiliki keunggulannya tersendiri, begitu juga jurusan RPL. Bagi Anda yang ingin mengambil jurusan RPL saat masuk SMK nanti, Anda wajib mengetahui 4 keunggulan yang sudah menanti Anda kelak.

Adapun 4 keunggulan utama RPL adalah sebagai berikut:

Siap Kerja

 
Keunggulan nomor satu dari mengambil program studi RPL adalah menjadi lulusan yang siap kerja. Sebab selama masa sekolah, Anda tidak hanya diberikan bekal ilmu tetapi juga skill praktek yang menjadikan Anda mumpuni untuk bekerja sebagai programmer pasca lulus sekolah.

Anda juga bisa memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk diterima bekerja, sebab sudah memiliki skill praktek lapangan dibandingkan pelamar lainnya yang belum berpengalaman.

Memahami Seluk Beluk Komputer

 
Keunggulan kedua dari jurusan RPL yakni Anda sudah memahami seluk-beluk tentang komputer, PC dan software-softwarenya. Sebab di masa sekolah, Anda sudah belajar mulai dari cara memasang sebuah PC hingga memahami fungsi setiap komponen komputer. Alhasil jika Anda ingin bekerja ataupun melanjutkan studi, Anda sudah memiliki kemampuan di atas rata-rata rekan Anda yang lain.

Memiliki Tugas yang Fleksibel

 
Jurusan RPL dikenal memiliki tugas-tugas yang bersifat santai, mudah dan fleksibel. Hal ini dikarenakan tugas dari jurusan RPL mayoritas dikerjakan menggunakan laptop dan koneksi internet, sehingga Anda bisa mengerjakan tugas dan belajar dari mana saja dan kapan saja.

Mudah Melanjutkan Kuliah

 
Saat ini, lulusan SMK sudah bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Memilih jurusan RPL menjadi langkah terbaik untuk Anda yang bercita-cita meneruskan ke kuliah ilmu komputer atau teknik informatika karena materi pembelajarannya yang bersifat lanjutan.

Jadi Anda akan belajar dasar-dasar komputer dan pemrograman saat di bangku SMK. Selanjutnya, Anda tinggal mempelajari ilmu-ilmu lanjutan di bangku kuliah. Mayoritas mahasiswa yang dulunya lulusan SMK jurusan RPL tidak mengalami kendala saat berkuliah karena sudah lebih mengerti dan belajar mendalami teknologi sebelumnya.

Artikel Terkait  Jenis-Jenis Sistem Operasi Komputer yang paling Populer Digunakan dan Contohnya

Persiapkan Ini Sebelum Masuk Jurusan RPL

 

rpl-3

Setelah membaca ulasan di atas, apakah sekarang Anda sudah semakin mantap untuk masuk ke jurusan RPL? Tahan dulu, karena ada beberapa hal yang harus Anda ikut persiapkan sebelum masuk ke jurusan yang satu ini.

Persiapan ini ditujukan agar Anda tidak merasa kaget apalagi menyesal setelah masuk ke jurusan RPL lantaran ekspektasi tidak sejalan dengan realita. Selain itu Anda dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang karena sudah mengetahui apa-apa saja yang dibutuhkan untuk program studi ini.

Yuk langsung saja beberapa persiapan untuk masuk jurusan RPL adalah:

Memiliki Minat serta Kemampuan Berlogika yang Kuat

 
Intisari dari jurusan RPL adalah menggunakan daya nalar serta logika. Saat menekuni jurusan ini, Anda akan sangat akrab dengan 3 materi di dunia programming, yaitu algoritma, desain dan coding. Adapun gambaran untuk masing-masing materi pembelajaran antara lain:

Algoritma

Algoritma merupakan materi paling dasar dalam dunia program komputer. Di sini Anda akan mempelajari beberapa materi seperti algoritma dasar dan tingkat lanjut, gerbang logika, basis data, Data Flow Diagram, dan Microsoft Access. Jika sudah menguasai algoritma, Anda otomatis siap melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Desain

Materi selanjutnya adalah desain untuk beragam software komputer seperti web design. Nantinya, Anda juga akan mahir mengoperasikan sejumlah software khusus desain seperti Corel Draw, Video Editing, dan Photoshop.

Coding

Coding menjadi materi wajib selanjutnya. Jurusan RPL akan mengajari Anda beragam jenis bahasa pemrograman untuk coding software seperti Pascal, C dan C++, JavaScript, Python, HTML, CSS dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menguasai ketiga materi di atas, maka Anda akan dituntut untuk memiliki minat serta kemampuan berlogika yang kuat. Jika Anda tidak bisa menguasai materi algoritma, coding dan desain, maka kemungkinan besar Anda tidak akan kuat bertahan hingga lulus di jurusan yang satu ini.

Namun jangan berkecil hati. Jika Anda memang memiliki minat kuat untuk terjun di jurusan ini, Anda bisa mengasah daya kerja logika dengan berlatih dan belajar setiap hari.

Memiliki Rasa Penasaran Tinggi

 
Orang-orang yang sukses di jurusan RPL adalah mereka yang selalu memiliki rasa penasaran tinggi serta mental baja. Sebab pada kenyataannya di lapangan, jurusan RPL memiliki banyak sekali tantangan. Anda bisa saja hanya diberikan materi dasar tanpa praktek, materi dan praktek secara langsung, atau tugas-tugas yang bersifat pengembangan dari materi dasar.

Cara terbaik untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan selalu rajin mendalami materi secara mandiri agar tidak “tertinggal” di kelas. Anda juga bisa memperdalam materi di kelas dengan membuat project kecil-kecilan. Semakin sering terjun berpraktek dan mengaplikasikan teori akan menjadikan Anda lebih cepat memahami materi belajar.

Artikel Terkait  Beda Proses Pengembangan Aplikasi Android dan iOS: Bahasa Program, Environtment Hingga Proses Rilis

Mempunyai Hardware Berkualitas

 
Ada 3 aspek tak terpisahkan dari dunia programming, yaitu software, brainware dan hardware. Setelah mempersiapkan kemampuan diri (brainware) untuk menjalankan software, kini yang Anda butuhkan adalah perangkat keras (hardware).

Hardware ini akan Anda gunakan untuk mengoperasikan software. Ada banyak jenis hardware seperti komputer PC, laptop, tablet dan smartphone. Namun, jenis hardware yang paling ideal untuk mendukung proses belajar di jurusan RPL adalah laptop.

Laptop merupakan perangkat keras yang paling cocok untuk dipakai oleh pelajar, mahasiswa ataupun pekerja untuk menyelesaikan tugas. Ini dikarenakan ada banyak keunggulan laptop yang tak dimiliki oleh perangkat keras lainnya. Tidak seperti komputer PC yang besar, laptop bersifat fleksibel dan mudah dibawa. Bahkan kemampuan sebuah laptop bisa melebihi komputer PC biasa.

Bagaimana dengan smartphone atau tablet? Bisakah kita belajar program dengan smartphone? Saat ini memang sudah ada teknologi yang memungkinkan Anda untuk belajar programming melalui smartphone. Namun mayoritas orang akan merekomendasikan penggunaan laptop untuk belajar programming.

Laptop memiliki display layar lebih lebar, memori serta kekuatan kerja yang lebih besar dibandingkan smartphone. Sehingga, laptop jauh lebih mudah dan lancar untuk dipakai belajar bahasa pemrograman, cara coding, desain web dan algoritma.

Jangan khawatir dengan harga mahal, karena saat ini sudah ada banyak laptop berkualitas baik dengan harga terjangkau yang dapat Anda beli secara online ataupun offline. Ketika hendak membeli laptop, pastikan bahwa perangkat pilihan Anda mampu mendukung semua kebutuhan belajar programming, ya!

Untuk mempemudah mendapat referensi, tak ada salahnya sering-sering mencari referensi dan rekomendasi laptop untuk belajar programming di internet. Jangan lupa juga untuk merawat laptop dengan baik agar mampu digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Menarik sekali, bukan? Demikianlah pembahasan kali ini terkait jurusan RPL! Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi untuk Anda yang ingin memulai terjun ke dunia informatika. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya dari kami, ya. Have a nice day!

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami