Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Seberapa Banyak Aplikasi dari Industri yang Sama diunduh Pengguna? Mari Kita Lakukan Survey Kompetisi dari App Store dan Google Play!
Sebagai pemilik bisnis aplikasi Anda dapat mempertimbangkan alternatif-alternatif pilihan untuk mengobservasi informasi mengenai aplikasi-aplikasi pesaing Anda. Dengan mengupdate informasi mengenai seberapa banyak aplikasi yang sama diunduh oleh pengguna aplikasi. Berikut informasi selengkapnya untuk Anda.
20922
post-template-default,single,single-post,postid-20922,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.2.0,vc_responsive
thumbnail-1

Seberapa Banyak Aplikasi dari Industri yang Sama diunduh Pengguna? Mari Kita Lakukan Survey Kompetisi dari App Store dan Google Play!

Apabila Anda memiliki smartphone, tentunya tidak asing dengan aplikasi-aplikasi yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Aplikasi yang tersedia di Google Play Store adalah aplikasi untuk smartphone versi Android, sementara aplikasi yang tersedia di App Store adalah aplikasi untuk smartphone dengan brand Iphone. Masing-masing aplikasi yang tersedia dalam App Store tersebut tentunya sering di-download untuk kebutuhan masing-masing pengguna smartphone.

Dalam memulai bisnis pembuatan aplikasi Anda, sama seperti halnya bisnis di bidang web dan media, meneliti aplikasi yang sedang bersaing dalam kancah dunia aplikasi adalah hal yang penting. Bagi perusahaan, pemasaran aplikasi membutuhkan strategi yang mumpuni dan App Store dalam smartphone tentunya sangat menguntungkan untuk perusahaan.

Hal ini disebabkan, setiap orang di dunia pastinya memiliki smartphone dan pastinya akan men-download aplikasi seperti di Google Play Store dan App Store. Dikarenakan adanya application store ini, setiap orang di dunia terpusat mengunduh aplikasi di application store tersebut dan tentunya hal ini sangatlah menguntungkan bagi perusahaan pembuat aplikasi.

Hal ini berbeda sekali dengan di web, Anda tidak akan tahu banyak tentang data yang sedang bersaing, kecuali jika Anda menggunakan layanan seperti SimilarWeb. Lain halnya dengan aplikasi, aplikasi memiliki informasi yang diterbitkan di application store. Berkaitan dengan informasi dalam application store tersebut, Anda sebagai pebisnis di bidang aplikasi, dapat mengatur informasi mana yang harus dipahami dan tidak dipahami di application store. Anda pun dapat melakukan metode survei kompetitif sederhana dalam tahap perencanaan berkaitan dengan persaingan di bidang bisnis aplikasi.

Pembahasan artikel ini akan dibagi menjadi empat bahasan. Pembahasan pertama yaitu unduhan Google Play Anda sebagai hal pertama yang akan Anda lihat di halaman pesaing Anda. Yang kedua, Anda patut menebak peringkat industri dari peringkat industri tersebut secara keseluruhan dan mencari perusahaan yang dapat merilis data dari industri tersebut. Ketiga, Anda patut memahami apa yang diinginkan oleh pengguna aplikasi melalui ulasan atau review publik dan Twitter. Keempat, Anda patut menentukan apa yang harus ditonton di App Store dan Google Play sebelum merencanakan dan mengembangkan suatu aplikasi. Adapun masing-masing pembahasannya adalah sebagai berikut!

Artikel Terkait  Fungsi Kode Captcha | Kenapa Harus dan Apakah Manfaatnya?

1. Unduhan Google Play

 

unduhan-google-play

Tahukah Anda, bahwa Google Play, application store khusus smartphone Android, memberikan informasi mengenai perkiraan jumlah unduhan sebuah aplikasi? Perkiraan jumlah unduhan sebuah aplikasi dapat Anda lihat pada halaman detail aplikasi atau biasa disebut install layar atau installation screen. Apabila aplikasi ini dirilis pada iPhone/iPad sekaligus Android, maka aplikasi ini akan menyumbang, kira-kira 30% – 70% dari total unduhan. Hal ini terus berlangsung hingga saat ini dan tergantung pada rasio.

Kemudian, ada dua hal yang harus Anda perhatikan. Hal yang pertama adalah, angka 30% – 70% tidak menunjukkan jumlah pengguna aplikasi saat ini. Melainkan menunjukkan berapa kali aplikasi ini telah diunduh sejak dirilis. Tentu saja aplikasi yang lebih dulu di-download, akan memiliki lebih banyak pengguna yang meng-uninstall aplikasi tersebut.

Hal yang ke dua yang harus Anda pahami adalah, Anda tidak tahu bagaimana suatu aplikasi diunduh. Apabila jumlah unduhan yang ditampilkan besar, bagi perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan aplikasi, tentunya jumlah ini akan membuat Anda khawatir dan memberikan anggapan bahwa pesaing ini membuat aplikasi yang menguntungkan dan banyak orang yang menggunakannya.

Bahkan kemungkinan besar terdapat kekuatan promosi dari mulut ke mulut (word of mouth) yang membuat aplikasi ini populer. Selain itu, tentunya dikarenakan informasi tersebut ada banyak orang yang mengunduhnya dikarenakan keinginan mereka sendiri. Untuk pengunduhan aplikasi dikarenakan keinginan sendiri, tidak ada kepastian berapa jumlah orang yang mengunduhnya. Jika jumlah pengunduh dengan keinginan yang besar, maka kemungkinan besar tidak ada pengguna sebanyak jumlah unduhan sekarang.

Artikel Terkait  Cara Memasarkan Produk Online dengan Membuat Branding Online yang Bagus dan Tepat

2. Peringkat Industri dan Perusahaan Perilisan Data

 

images9

Ada dua jenis peringkat dalam application store, peringkat pertama yaitu berdasarkan jumlah unduhan suatu aplikasi dalam suatu periode. Pada umumnya terdapat dua kategori, yaitu berbayar atau gratis.

Peringkat ke dua yaitu berdasarkan jumlah yang dibayarkan untuk sebuah aplikasi, dan hal ini ditampilkan sebagai peringkat penjualan. Terdapat situs-situs yang berguna ketika Anda akan melakukan penelitian dengan menggunakan komputer pribadi di suatu perusahaan. Yaitu situs APPLION dan Apptopia. Namun disini akan dijelaskan salah satunya saja yaitu situs Apptopia.

Situs Apptopia

 
Untuk melihat peringkat untuk Android dan iOS Anda dapat melihatnya di setiap application store, dapat berdasarkan kategori, peringkat negara tertentu, dan sebagainya. Apptopia adalah perusahaan internasional yang melakukan banyak survei sekaligus mendistribusikan berita. Apabila Anda memutuskan untuk menjadi anggota berbayar, keuntungannya adalah Anda dapat melihat data yang lebih detail.

Pemeringkatan tidak memberi Anda informasi mengenai jumlah unduhan atau jumlah penjualan yang tepat, tetapi sudah pasti akan memberikan peringkat kepada Anda jika dibandingkan dengan pesaing-pesaing Anda. Tetapi, tentu saja, perusahaan yang menghabiskan anggaran PR-nya untuk membuat suatu aplikasi pada umumnya memiliki jumlah unduhan pengguna dan jumlah penjualan cenderung lebih tinggi. Apalagi jika perusahaan yang bersangkutan menghasilkan aplikasi yang menguntungkan atau pun aplikasi game, maka tentunya hal tersebut dapat dipahami.

Kemudian, apabila Anda perhatikan laporan keuangan perusahaan-perusahaan top, apabila perusahaan tersebut adalah perusahaan yang terdaftar, perusahaan tersebut akan merilis angka spesifik, bersamaan dengan laporan keuangan. Dengan begitu Anda dapat melihat informasi mengenai berapa banyak perusahaan yang memberikan angka. Berdasarkan angka-angka tersebut, Anda dapat memprediksi jumlah pengguna aplikasi dan volume penjualan secara relatif.

Anda pun dapat menggunakan aplikasi untuk yang bersifat analitik untuk mengetahui informasi lebih banyak mengenai aplikasi yang bersaing dalam kancah dunia pembuatan aplikasi, seperti App Annie. Berkaitan dengan hal ini, kemungkinan besar aplikasi akan dirilis di rumah terlebih dahulu sebelum dilakukan pemeriksaan dan pengembangan lebih lanjut. Akan tetapi, sangat direkomendasikan orang-orang yang bertanggung jawab atas website dan aplikasi, memeriksanya sesekali.

Artikel Terkait  Cara Mewujudkan Pengalaman Onboarding Terbaik pada Aplikasi

3. Memahami Pengguna dari Ulasan Publik dan Twitter

 

review-public

Hal bermanfaat lainnya di application store adalah ulasan atau review dari pengguna yang telah meng-install aplikasi. Untuk ulasan atau review yang bersifat resmi, Anda dapat melihatnya di iOS sekaligus Android, tetapi jika Anda ingin melihat komentar tidak resmi Anda dapat melihatnya di fitur pencarian Twitter.

Hal menarik terkait hal ini adalah, terdapat suatu temuan bahwa ulasan atau review seringkali langsung di-posting dengan segera setelah pengguna memiliki pengalaman positif atau negatif. Pendapat yang positif akan memberi tahu Anda apa yang harus dipelajari, dan sebaliknya pendapat yang negatif memberi tahu Anda apa yang tidak boleh dilakukan.

Terkadang, terdapat beberapa ulasan atau review yang ditulis dengan penuh emosional dalam pikiran, dan tentu saja itu hanya sebagai referensi. Mungkin karena lebih didasari oleh perasaan emosional, Anda akan menangkap sedikit informasi saja mengenai apa yang diminta oleh pengguna lain yang menggunakan aplikasi serupa. Oleh karena itu, ada baiknya Anda meng-install dan mengeksplorasi sendiri aplikasi yang sedang bersaing di dunia bisnis aplikasi.

Apabila Anda ingin mencari ulasan atau review secara nyata di Twitter, Anda dapat melakukannya melalui cari “aplikasi”, untuk melihat ulasan atau review nyata (jumlah sebutan + konten). Setelah mendapatkannya, Anda dapat memeriksa skor ulasan atau review yang bersifat publik untuk application store-nya sekaligus komentar tertulis untuk validitas-nya. Jangan lupa untuk memeriksa validitas terhadap jumlah unduhan dan peringkat penjualan. Karena inilah informasi yang ingin dilacak oleh manajer bisnis dan staf operasi.

Kemudian, berkaitan dengan ulasan atau review resmi di App Store dan Google Play, peningkatan dua bintang menjadi empat bintang akan meningkatkan kecepatan pengunduhan aplikasi sekitar lima kali. Terdapat juga cerita “Tsuku”, saat aplikasi-aplikasi saling bersaing satu sama lain untuk mempertahankan reputasi tinggi, maka kunci penjualan adalah mencari yang terkuat.

Artikel Terkait  Ayo Realisasikan Ide-ide Anda! Langkah Awal Dalam Pengembangan Aplikasi (iOS & Android)

4. Yang Harus Ditonton di App Store dan Google Play Sebelum Merencanakan dan Mengembangkan Aplikasi

 
Sebelum merencanakan dan mengembangkan aplikasi maka ada baiknya Anda menonton di App Store dan Google Play Store. Android dapat memberikan jumlah perkiraan unduhan secara kumulatif dari aplikasi yang sedang bersaing, tetapi tidak dapat memberitahukan jumlah pengguna yang masih menggunakannya atau pun dari segi penjualan.

Apabila Anda ingin menganalisis persaingan dengan terperinci, Anda dapat mempertimbangkan layanan berbayar, seperti Apptopia. Sementara untuk jumlah pengguna aktif dan penjualan dapat diperkirakan dari peringkat dengan berdasarkan informasi yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang terdaftar. Informasi lainnya dapat digali melalui rating bintang di App Store, yang dapat menunjukkan keberhasilan bisnis dari suatu aplikasi. Selain itu, Anda dapat juga mencari ulasan atau review melalui Twitter.

Bagaimanapun juga, jika Anda ingin melihat jumlah unduhan dan ulasan atau review, akan lebih mudah jika Anda melihatnya melalui Web. Apabila Anda ingin segera memulai bisnis di bidang aplikasi, tentu saja aplikasi Anda berada di posisi untuk diobservasi oleh pesaing. Jadi akan sangat disarankan Anda sebagai pemilik bisnis untuk tidak ceroboh.

Demikian informasi mengenai seberapa banyak aplikasi yang sama diunduh oleh pengguna aplikasi, berdasarkan survei kompetisi dari App Store dan Google Play Store. Berdasarkan informasi tersebut, Anda sebagai pemilik bisnis aplikasi dapat mempertimbangkan alternatif-alternatif pilihan untuk mengobservasi informasi mengenai aplikasi-aplikasi pesaing Anda. Dengan begitu, Anda dapat mempelajari apa yang dibutuhkan oleh pasar sekaligus hal-hal apa saja yang tidak boleh Anda lakukan, sehingga Anda dapat bersaing dalam bisnis aplikasi.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami