Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | SEO Aplikasi. Sebarkan Aplikasi Lebih Banyak dengan Tindakan ASO yang Tepat
Salah satu cara untuk meningkatkan pengguna aplikasi adalah dengan menerapkan ASO dengan benar. ASO adalah metode SEO untuk aplikasi. Simak cara optimasinya berikut ini.
20572
post-template-default,single,single-post,postid-20572,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

SEO Aplikasi. Sebarkan Aplikasi Lebih Banyak dengan Tindakan ASO yang Tepat

Dewasa ini penggunaan ponsel pintar sudah semakin merebak luas. Bukan tanpa alasan hal tersebut terjadi, kemudahan yang kepuasan ditawarkan oleh ponsel pintar. Teknologi yang ada di dalamnya sangat menunjang kebutuhan, baik kebutuhan akan informasi dan juga hiburan. Tentunya ponsel ini dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi yang sengaja dibuat untuk memberikan kepuasan bagi penggunanya.
Para pengembang aplikasi ini tentunya membuat aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh orang-orang. Namun, seringkali para pengembang ini lupa bahwa selain membuat aplikasi yang bermanfaat, mempromosikannya juga sangatlah penting. Ini dilakukan agar aplikasi yang dibuat bisa dengan mudah ditemukan di Play Store maupun App Store. Itulah mengapa SEO atau search engine optimization aplikasi sangat penting.
Sebagai pengembang atau pembuat aplikasi tentunya ingin aplikasinya bisa di download oleh banyak orang bukan? Maka salah satu caranya yaitu dengan menggunakan ASO (App Store Optimization). Banyak sekali diantara pembuat aplikasi tak mengindahkan hal satu ini, sehingga aplikasinya tidak berada pada urutan teratas dan sedikit yang mendownloadnya. Salah satu cara menyebarkan aplikasi, ya dengan ASO yang tepat.

Pengertian ASO

 

android-app006

Artikel Terkait  7 Metode Dasar dalam Promosi Aplikasi | Contoh Promosi Aplikasi yang Sukses

ASO atau yang memiliki kepanjangan App Store Optimization merupakan salah satu langkah untuk membuat aplikasi bersaing dalam mobile aplikasi yang ada di Indonesia. Proses optimisasi aplikasi ini berguna untuk meningkatkan rating dan juga peringkat dipencarian App Store. Sudah diketahui bersama bahwa aplikasi yang paling banyak dijangkau adalah aplikasi dengan rating yang tinggi.
Tidak hanya itu, peningkatan ranking melalui ASO ini akan semakin banyak menghasilkan jumlah traffic pada halaman aplikasi yang dimiliki pembuat ataupun pengembang. Semakin banyak traffic yang ada di halaman aplikasi app store akan menggiring seseorang memiliki keinginan untuk mendownload aplikasi tersebut.

Pentingnya ASO dalam Memasarkan Aplikasi

 

aplikasi

Pada awalnya sebuah aplikasi menjadi banyak peminat dikarenakan pengaruh mulut ke mulut, di mana seseorang merekomendasikan bahwa aplikasi ini bagus. Namun, setelah dilakukan riset, tinggi rendahnya status download itu dipengaruhi oleh mencari tahun lalu mendownloadnya. Tentunya riset ini juga membuktikan bahwa kinerja ASO memberikan dampak yang besar.
Untuk dapat ikut dalam persaingan aplikasi mobile yang ada di Indonesia, tentunya tidak cukup hanya dengan kreatif dan mampu menciptakan sesuatu yang baru. Diperlukan skill dalam memasarkan aplikasi yang dibuat. Lihatlah sekarang, bahkan ratusan aplikasi di app store berlomba untuk menaikkan ratingnya di pencarian app store.

Kunci Dalam Meningkatkan Optimisasi Aplikasi

 

app

Sudah tahu bukan seberapa penting optimisasi sebeuah aplikasi itu? Nah di bawah ini konsep dasar atau bagian penting yang harus diperhatikan dalam melakukan App Store Optimization. Berikut penjelasan lengkapnya.

Artikel Terkait  Pentingnya Tindakan Pembaruan Terhadap Aplikasi

Ikon

 
Riset membuktikan bahwa ikon sebuah aplikasi sangat menunjang kepopuleran sebuah aplikasi. Itulah mengapa sebuah ikon harus bisa mengespresikan isi dari aplikasi yang ada. Orang-orang harus bisa melihat apa yang menjadi bagian dari aplikasi tersebut dengan melihat ikon terlebih dahulu. Buatlah ikon yang menunjukkan ciri khas dari aplikasi yang dibuat.
Sebagai contohnya aplikasi WhatsApp, aplikasi ini memberikan ikon “telepon” yang mengindikasikan bahwa aplikasi ini dipakai untuk berkomunikasi. Ikon pada aplikasi menjadi tanda pertama atau petunjuk pertama tentang kegunaan dari suatu aplikasi tadi. Jangan membuat buat ikon yang tidak menggambarkan isi atau manfaat dari aplikasi yang dibuat.

Nama Aplikasi

   
Nama aplikasi juga menjadi konsep dasar bagi ASO untuk bisa bekerja optimal. Idealnya nama dari sebuah aplikasi sudah bisa memberikan informasi kepada orang-orang tentang bagaimana manfaat dan kegunaan aplikasi tadi. Buatlah nama aplikasi yang ringkas, namun jelas maknanya. Ketentuan nama aplikasi ini sendiri sudah diatur jumlahnya.
Saat ini karakter nama aplikasi sudah diubah dari yang dulunya berjumlah 50 menjadi 30 karakter saja. Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk aplikasi store seperti Play Store, di mana Play Store masih menggunakan nama aplikasi sebanyak 50 karakter. Inti dari semua adalah, buatlah nama aplikasi yang mewakili isi dari keseluruhan aplikasi yang dibuat.

Deskripsi

 
Sama seperti nama aplikasi, sebuah deskripsi juga sangat diperlukan dalam memberikan informasi kepada para pengguna tentang aplikasi yang dibuat. Biasanya deskripsi ini untuk memberikan informasi lanjutan kepada pengguna sehingga tercipta keinginan untuk mendownloadnya. Untuk jumlah karakter dari deskripsi aplikasi ini sendiri berjumlah 4000 karakter.
Dalam membuat deskripsi sendiri cobalah untuk memberikan kata kunci di dalamnya. Hal ini dimaksudkan agar aplikasi lebih mudah didapatkan. Lakukan riset terlebih dahulu. Hindari penggunaan kata kunci yang tidak relevan dengan nama aplikasi, ini akan membuat aplikasi sulit ditemukan di halaman pencarian App Store.

Tangkapan Layar

 
Dalam sebuah aplikasi store, ada 10 gambar yang bisa diupload sebagai pelengkap. Ini menjadi salah satu bagian penting dalam optimasi aplikasi . Proses dari gambar yang diposkan tadi kemungkinan akan terjadi di Google Play Store. Gambar yang diproses tadi diupayakan agar terhindar dari dekorasi yang berlebihan.

Untuk menunjang app store optimization (ASO) diperlukan juga beberapa fitur-fitur tambahan. Para pengembang aplikasi dapat menambahakan sampai delapan tangkapan layar per perangkatnya. Tangkapan layar ini meliputi tablet (7 sampai 10 inci), ponsel cerdas, Android wear, dan juga Android TV.

Pratinjau Aplikasi, Kata Kunci

 
Dalam App Store ada sebuah fitur yang memungkin adanya pratinjau aplikasi. Fitur ini disebut dengan App Preview. Tentunya App Preview ini berguna untuk memberikan informasi kepada pengguna. App Preview sendiri berupa video berdurasi 30 detik yang dapat ditonton oleh calon pengguna aplikasi. Dengan adanya App Preview ini visualisasi dari aplikasi lebih terlihat.
Untuk meningkatkan tingkat pencarian aplikasi di App Store, hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah penggunaan kata kunci yang relevan atau paling berpeluang dicari oleh para audience. Lakukanlah beberapa riset kata kunci agar aplikasi bisa mudah ditemukan di halaman pencarian app store. Cara ini bisa menjadi bahan untuk memantau perbandingan dengan kompetitor lain setiap minggunya.

Artikel Terkait  Apa yang Dibutuhkan Pemasaran Seluler untuk Smartphone Era Pertama?

Tips Jitu Meningkatkan ASO

 
Setelah mengetahui apa-apa saja yang menjadi bagian atau konsep dasar dari optimisasi ASO ini, sebagai tambahan mari mengulas sedikit tentang tips bagaimana untuk meningkatkan ASO. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk meningkatkan ASO, dan semuanya berhubungan dengan kelima konsep dasar tadi.
Pertama, tempatkanlah kata kunci yang paling relevan dibagian judul, tanpa memperdulikan bagaimana tingkat kesulitan dari kata kunci itu sendiri. Kedua, selalu cek bagaimana pergerakan kompetitor dan kata kunci setiap minggunya. Kemudian yang terakhir, berikan wadah kepada konsumen untuk bisa berkomunikasi dan menyampaikan pendapatnya terhadap aplikasi yang dikembangkan.
Untuk dapat mencapai kesuksesan dalam meningkatkan rangking aplikasi, tentunya dibutuhkan usaha yang cukup keras. Usahakan untuk membagi waktu antara membagi waktu dan selalu fokus pada aplikasi yang dimiliki. Cara-cara tersebut bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan rating dan menambah traffic dalam jumlah besar. Demikianlah beberapa informasi serta tips yang bisa dilakukan dalam App Store Optimization tadi.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: