Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Bagaimana membuat survei kepuasan aplikasi seluler berhasil?
Survei kepuasaan aplikasi seluler merupakan salah satu jalan komunikasi yang baik antara pengguna aplikasi dan perusahaan. dari sini perusahaan bisa mendapatkan feedback atas layanannya dari pengguna. Lalu bagaimana membuat survei kepuasaan aplikasi seluler berhasil? Berikut adalah tahapannya.
20746
post-template-default,single,single-post,postid-20746,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive

Bagaimana Membuat Survei Kepuasan Aplikasi Seluler Berhasil?

Aplikasi seluler ada banyak sekali beredar dalam kehidupan teknologi masyarakat selama ini, dimana penggunaannya terkadang menghadirkan kepuasan atau tidak. Hal inilah yang kemudian mendorong perusahaan e-commerce untuk melayangkan survei kepuasan terhadap masyarakat pengguna. Memangnya bagaimana membuat survei kepuasan aplikasi seluler berhasil? Berikut adalah tahapannya.

Survei kepuasaan aplikasi seluler sendiri menjadi salah satu terobosan dan satu jalan komunikasi yang baik antara pengguna dan perusahaan. Perusahaan mampu mengetahui dan mendapatkan feedback atas layanan yang dihadirkan dan pengguna mampu memberikan kritik saran. Ini adalah ulasan mengenai bagaimana membuat survei kepuasaan aplikasi seluler berhasil? Berikut adalah tahapannya.

Memahami Apa Itu Survei Kepuasan Aplikasi Seluler

 

survei-app-4

Artikel Terkait  Cara Memasarkan Aplikasi Anda dengan Media Sosial

Sebelum beranjak membahas bagaimana membuat survei kepuasan yang baik harus sebelumnya memahami dahulu mengenai survei kepuasan itu sendiri. Survei kepuasan aplikasi seluler merupakan salah satu kegiatan dan wadah untuk pengguna menyalurkan aspirasi terhadap penggunaan suatu aplikasi. Hal demikian jelas sangat diperlukan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu aplikasi dibuat serta dibentuk.

Survei kepuasan aplikasi juga dibuat oleh perusahaan penyedia layanan atau e-commerce untuk mengetahui bagian mana dalam aplikasi yang harus diperbaiki. Kegiatan survei jelas sangat dibutuhkan dan membantu perusahaan untuk bekerja lebih baik lagi guna meningkatkan mutu dan kualitas aplikasinya. Maka dari untuk mendapatkan hasil demikian, perusahaan kemudian mengadakan sebuah survei kepuasan aplikasi seluler.

Membuat Tujuan Pembuatan Survei Kepuasaan

 

survei-app-1

Selain mengetahui dasar-dasar pengertian dari survei kepuasan aplikasi seluler, perusahaan atau penyedia survei harus membuat tujuan pembuatan survei. Kegunaan dari pembuatan survei harus jelas sehingga pertanyaan yang diajukan dalam survei bisa signifikan dengan tujuan yang ada. Misalnya saja, sebuah perusahaan e-commerce ingin mengetahui tingkat kecepatan aplikasi maka layangkan survei mengenai kecepatan itu.

Perusahaan yang melakukan survei sebenarnya banyak mendapatkan tujuan yang baik serta menguntungkan. Antara lain seperti bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepuasan aplikasi seluler yang dihadirkan, kekurangan yang harus diperbaiki dan kenyamanan aplikasi. Sehingga tujuan pembuatan survei kepuasan harus jelas disusun guna mendapatkan tahapan dan hasil survei yang lebih terarah.

Menyusun Pola Klasifikasi Survei

 
Ketika akan membuat sebuah survey, selain memahami apa sebernarnya survei dan tujuan survei kepuasaan adalah membuat pola klasifikasi survei. Pemetaan klasifikasi survei bisa membantu tim survei untuk kemudian meng-kotak-kotakan konsumen yang telah melakukan survei kepuasan. Hal ini mampu membantu perusahaan pembuatan survei untuk memberikan penyelesaian masalah dengan tepat dan sesuai.

Penyelidikan terhadap aplikasi yang ditawarkan kepada pengguna, bisa memberikan satu kemungkinan adanya penambahan  kualitas produk. Selain itu masukan, ulasan atau ketidak puasan dari pengguna bisa memancing perusahaan menambah modifikasi fungsional layanan. Menentukan pola klasifikasi survei bisa dikategorikan sebagai dasar pembuatan survei kepuasaan yang baik.

Perusahaan bisa membuat klasifikasi survei dengan memetakan gender, umur atau lamanya pengguna menggunakan aplikasi yang ada. Hal demikian bisa mempengaruhi hasil survei kepuasaan yang ada dan tentunya keberagaman ini amat dibutuhkan. Hasil-hasil demikian itulah yang bisa membantu perusahaan menemukan permasalahan kepuasaan dalam layanan aplikasi yang ada.

Tahapan Memulai Survei Kepuasan Aplikasi Seluler

 
Setelah memahami dasar dari survei kepuasan juga tujuan pembuatan survei, selanjutnya akan diulas mengenai tahapan membuat survei aplikasi sebagai berikut.

Melakukan Penyelidikan Kepuasan

 
Tahapan untuk membuat survei kepuasan aplikasi seluler berhasil yang pertama adalah dengan melakukan penyelidikan kepuasan. Hal ini jelas dapat dilakukan dengan menilik pada setiap komentar yang ditinggalkan pengguna setelah mengunduh aplikasi. Berbagai respon bisa didapatkan oleh aplikasi berdasar dari hasil penggunaan ketika menggunakan aplikasi yang dimaksud.

Survey penyelidikan semacam ini jelas memiliki tingkat akurasi yang baik dan bisa menjadi satu tahapan keberhasilan survei. Tim survei bisa lebih jelas dan tepat untuk mendapatkan komentar, masukan dan kritikan dari pengguna aplikasi seluler secara langsung. Melakukan penyelidikan semacam ini dengan memperhatikan setiap komentar yang diberikan bisa menjadi feedback bagi pengelola aplikasi.

Pengelola aplikasi selanjutnya bisa mengetahui seberapa jauh dan dalam kepuasan pengguna setelah menggunakan layanan aplikasi yang ada. Hal ini juga bisa menjadi olahan data perusahaan penyedia aplikasi untuk memperbaiki bagian yang dirasa kurang. Melakukan penyelidikan berdasar kepuasaan pengguna sangat membantu keberhasilan survei aplikasi seluler.

Membuat Segmen Survei

 
Pembuatan segmen survei jelas perlu dilakukan untuk menunjang survei kepuasaan aplikasi berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang terbaik. Pembuatan segmen dan pembagian segmen ini bisa menjadi bantuan data akurasi bagi perusahaan penyedia layanan aplikasi. Generalisasi pengguna biasanya menimpulkan ketimpang tindihan jawaban agak merumitkan perusahaan.

Artikel Terkait  Ayo Realisasikan Ide-ide Anda! Langkah Awal Dalam Pengembangan Aplikasi (iOS & Android)

Jalannya survei agar semakin lancar, baik dan sukses adalah dengan memberikan segmen survei sesuai dengan kelasnya. Hal ini di jamin akan membantu pihak perusahaan untuk mengembangkan layanan survei kepuasaan yang lebih terarah. Tentunya hal ini pasti akan berimbang dengan hasil survei yang dibutuhkan oleh pelanggan atau pengguna.

Membandingkan Antar Retensi Aplikasi

 
Langkah selanjutnya untuk membuat survei aplikasi seluler menjadi berhasil adalah dengan melakukan perbandingan antar retensi. Hal ini bisa menjadi satu sarana untuk mengetahui sejauh mana kepuasan dan perkembangan aplikasi bisa dirasakan oleh pengguna. Membandingkan antar retensi bisa dilakukan dengan membandingkan pengguna yang sering menggunakan aplikasi dengan yang jarang menggunakannya.

Selain itu bisa juga dengan membandingkan tingkat pengunduhan dan nilai yang didapatkan masing-masing aplikasi seluler yang ada. Rating dari para konsumen biasanya bisa menjadi satu acuan perusahaan pengelola aplikasi seluler untuk memahami kedudukannya. Membandingkan rating dan tingkat pengunduhan dari aplikasi ke aplikasi lainnya bisa menjadi satu pola pembangunan dan peningkatan kepuasan bagi pengguna.

Selain itu dengan melakukan perbandingan, data akan lebih akurat karena biasanya pengguna akan meninggalkan jejak komentar terhadap aplikasi yang diunduhnya. Menggunakan pola survei perbandingan ini jelas bisa lebih membantu survei aplikasi seluler menjadi lebih berhasil. Perusahaan e-commerce bisa lebih mengetahui pengguna layanannya memerlukan perbaikan dalam hal apa, sesuai dengan hasil survei.

Menggunakan Media Tools Survei Kepuasan

 
Langkah selanjutnya untuk membantu survei aplikasi seluler berhasil adalah dengan menggunakan media tools survei kepuasan. Ada banyak sekali media tools untuk membantu survei kepuasan yang bisa didapatkan baik secara gratis maupun dengan berbayar. Media itu menawarkan berbagai pertanyaan yang bisa dijawab oleh pengguna layanan aplikasi seluler guna mengumpulkan data.

Penggunaan media tools ini bisa dikatakan sudah modernisasi dengan teknologi yang ada dan dirasa lebih memudahkan perusahaan. Perusahaan hanya cukup memuat beberapa pertanyaan yang ingin diajukan kemudian mesin tools survei akan melakukan tugasnya. Tools ini akan melempar berbagai survei pada pengguna atau konsumen layanan aplikasi seluler yang dituju tanpa menyulitkan perusahaan.

Satu terobosan ini dirasa mampu menjadi satu cara untuk mempermudah survei kepuasan dan menghasilkan keberhasilan survei. Survei kepuasan dengan metode ini jelas lebih menguntungkan dan lebih memudahkan keberhasilan. Sehingga baik penyedia layanan e-commerce bisa mempertimbangkan tahapan ini sebagai penunjang keberhasilan survei.

Melakukan Survei Secara Konvensional Dengan Kuisioner

 

Agak berbeda dengan survei menggunakan layanan tools aplikasi yang terkesan modern, penyedia jasa e-commerce bisa juga mengadakan survei konvensional. Meski pemilihan sarana dengan kuisioner dan pelaksanaannya masih konvensional namun bukan berarti tingkat keberhasilannya rendah. Untuk bisa mendapatkan hasil survei dari aplikasi seluler dapat dilakukan dengan pengisian kuisoner yang ditujukan pada pengguna aplikasi tersebut.

Survei dengan metode konvensional ini juga sama-sama bisa memuat berbagai keluhan, komentar dan kepuasan dari pengguna aplikasi seluler. Perusahaan e-commerce bisa menjadi lebih mengetahui kepuasan pengguna jika melakukan survei ini secara langsung. Jadi meski terkesan konvensional namun kemungkinan keberhasilan survei aplikasi seluler yang ada juga sama besarnya dengan menggunakan metode ini.

Meski untuk langkah survei dengan metode ini memang perlu memperhatikan kondisi tertentu agar tingkat keberhasilannya semakin baik. Alokasi kegiatan survei menggunakan metode penyebaran kuisioner bisa dipilih sekali waktu untuk mendekatkan perusahaan dengan pengguna. Sehingga tidak hanya berpacu pada survei menggunakan layanan media elektronik dan melalui gadget saja.

Melayangkan Iklan Survei Pada Aplikasi

 
Selanjutnya untuk langkah keberhasilan survei aplikasi seluler yang paling umum dan sering dilakukan dengan melayangkan iklan survei pada aplikasi. Setelah mendownload atau mengunduh aplikasi dan menggunakannya dalam waktu tertentu biasanya survei akan muncul. Layanan pertanyaan survei ini memungkinkan perusahaan e-commerce menelaah dan mengetahui sejauh mana kepuasan pengguna menggunakan layanan tertentu.

Perusahaan pengelola biasanya akan meminta pengguna untuk meluangkan waktu pengisian survei dan masuk pada laman survei yang diinginkan. Pengguna bisa memberikan masukan, komentar, kritik dan rating pada aplikasi yang sudah diunduhnya. Survei semacam ini memang bisa membantu keberhasilan survei aplikasi seluler oleh pengguna.

Berdasar dari pengalaman, masukan bahkan kritikan dari pengguna layanan aplikasi seluler maka selanjutnya perusahaan e-commerce bisa memperbaiki upaya. Jika ada bagian-bagian yang dirasa kurang pasti perusahaan akan berupaya memperbaikinya. Layanan survei semacam ini jelas sangat membantu perusahaan untuk mengetahui kekurangannya guna meningkatkan kualitas dan menjadi lebih baik lagi.

Adanya Modifikasi Fungsional Layanan

 
Salah satu cara membuat survei kepuasaan aplikasi seluler berhasil dan mendapatkan ulasan terbaik adalah dengan adanya modifikasi fungsional yang ada. Modifikasi ini bertujuan untuk menambah kemampuan dan kenyaman bagi pengguna layanan aplikasi yang dimaksud. Adanya perbaikan berarti berdasar hasil survei yang sudah dikeluarkan akan menambah kepuasan dari survei yang ada.

Artikel Terkait  Kunci Pengembangan Aplikasi adalah Monetisasi! 4 Metode untuk Mendapatkan Laba

Tujuan dari adanya survei kepuasaan adalah untuk mengetahui kepuasaan, masukan,kritikan atau sejauh mana aplikasi seluler mampu memenuhi kebutuhan. Hal ini jelas berkaitan dengan fungsional layanan, maka dari itu pembaharuan dan modifikasi menjadi salah satu jalan untuk menghasilkan survei kepuasan yang baik. Tentunya modifikasi ini harus dilakukan dengan berimbang sesuai dengan masukan dan hasil survei yang ada.

Sehingga layanan dan fungsional yang ada akan selalu tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan dari pengguna aplikasi. Keberhasilan survei kepuasaan layanan aplikasi memang tidak bisa lepas dari adanya modifikasi fungsional layanan.  Survei dari layanan e-commerce maupun situs e-commerce mampu menjadi satu rujukan modifikasi fungsional aplikasi yang ada.

Itulah beberapa ulasan mengenai bagaimana membuat survei kepuasan aplikasi seluler berhasil? berikut adalah tahapannya. Melakukan survei kepuasan jelas mampu menjadi stimulus perusahaan untuk memperbaiki kinerja dan semakin menjadi perusahaan e-commerce terbaik. Survei selain menguntungkan bagi pengguna untuk menyalurkan aspirasi.

Selain menguntungkan bagi pengguna, jelas juga menguntungkan bagi perusahaan. Hal ini bertujuan agar semakin terciptanya layanan aplikasi yang mumpuni. Sekaligus mampu menghadirkan aplikasi yang selalu berkembang untuk pemenuhan kebutuhan publik.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: