Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | 10 Situs Luar Negeri Yang Bisa Dijadikan Referensi Desain UI/UX
Berikut ulasan lengkap mengenai situs luar negeri yang dapat dijadikan refrensi desain UI/UX. Desain UI/UX selalu mengalami perkembangan. Oleh karena itu, web designer dan pengembang aplikasi harus mampu membuat desain yang menarik.
20885
post-template-default,single,single-post,postid-20885,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
thumbnail-1

10 Situs Luar Negeri Yang Bisa Dijadikan Referensi Desain UI/UX

Dalam mengembangkan sebuah produk, baik itu website atau pun aplikasi, perusahaan sering kehabisan ide untuk referensi. Jadi, perusahaan akan mengalami stuck dan berpikir akan dibuat seperti apakah website dan aplikasi yang dikembangkan. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melihat produk yang sudah jadi.

Akan tetapi, adanya solusi tersebut tidak dapat menyelesaikan keseluruhan masalah. Justru, akan ada masalah baru yang muncul saat memilih produk jadi untuk dijadikan sebagai referensi. Tidak mungkin kan jika harus menghabiskan banyak waktu untuk mencari desain UI/UX yang keren di Play Store dan App Store?

Desain UI/UX yang keren diperlukan web designer dan pengembang aplikasi untuk menarik pengunjung. Sehingga, para pengunjung dalam website atau aplikasi akan merasa nyaman dan betah saat menggunakan produk tersebut. Untuk mencari referensi tentang desain UI/UX yang keren, ada beberapa situs luar negeri yang dapat dijadikan inspirasi.

Artikel Terkait  Pengetahuan Dasar Push Notifikasi. 3 Manfaat Push Notifikasi Untuk Memaksimalkan Efektivitas Aplikasi

Situs Web Luar Negeri Untuk Referensi Desain UX Onboarding

 

Onboarding merupakan sebuah rancangan yang dapat memudahkan pengguna menggunakan produk website atau aplikasi untuk pertama kali. Meskipun produk tersebut sempurna, namun jika kesan pertama kali pengguna tidak bagus maka akan sia-sia. Berikut ini adalah ulasan lengkap terkait situs web untuk referensi desain UX Onboarding.

1. User Onboarding

 
Situs luar negeri yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk desain UI/UX adalah User Onboarding. Dalam situs ini, akan dikenalkan onboarding aplikasi dari luar negeri dan juga layanan website yang terkenal. Situs User Onboarding juga menampilkan layar dan poin yang berguna untuk desain UI/UX.

Kerennya lagi, situs User Onboarding juga menampilkan contoh desain keren dalam format slide. Setiap penjelasan dalam situs ini menggunakan bahasa Inggris yang sederhana. Jadi, orang yang tidak begitu menguasai bahasa Inggris dapat dengan mudah untuk memahaminya.

Beberapa aplikasi terkenal di dunia juga menggunakan situs User Onboarding untuk inspirasi. Misalnya seperti Instagram, Pocket, dan Snapchat. Hal yang menarik lainnya dari situs User Onboarding untuk desain UI/UX adalah berlimpahnya pengetahuan tentang desain menarik. Pengetahuan ini bisa didapatkan dari pendapat para pakar asing dalam situs ini. Sangat keren kan?

Link situs : https://www.useronboard.com/

2. First Time Experiences

 
First Time Experiences merupakan situs web luar negeri yang memberikan gambaran pengalaman untuk pengguna saat pertama kali menggunakan aplikasi. Situs First Time Experiences juga menyediakan contoh desain website dan aplikasi yang beragam. Kerennya lagi, web designer dan pengembang dapat menemukan contoh desain yang hampir sama untuk dijadikan inspirasi.

Perbedaan situs First Time Experience dengan situs User Onboarding terletak pada layar aplikasinya. Hal menarik yang ada dalam situs ini adalah Bit yang baik, sedangkan kelemahan dalam situs ini adalah perlu untuk ditingkatkan lagi. Dalam situs First Time Experiences ini, pengguna situs disarankan agar mencari inspirasi desain menarik dari halaman arsip.

Artikel Terkait  Buat Aplikasi Android Dengan Mudah | Untuk Pemula

Situs Web Luar Negeri Untuk Referensi Desain UI/UX Sesuai Kebutuhan

 

ui-design-2

Mencari inspirasi desain UI/UX yang sesuai dengan aplikasi yang dikembangkan merupakan hal yang cukup sulit. Tidak perlu bingung untuk menemukan inspirasi desain agar memudahkan web designer dan pengembang. Berikut ini adalah situs yang menyediakan referensi desain sesuai kebutuhan.

1. UX Archive

 
Situs UX Archive merupakan situs yang menyuguhkan ide dan inspirasi untuk desain User Interface. Melalui situs ini, web designer dan pengembang aplikasi juga dapat memeriksa cara kerja dari beragam aplikasi yang terkenal. Sekarang ini, tersedia lebih dari 350 alur kerja yang sudah dirancang situs tersebut.

Dalam UX Archive, para web designer dan pengembang dapat mengirimkan alur kerja dan desain. Selain itu, bisa juga berbagi dan saling memberi komentar dalam suatu komunitas yang dibentuk dalam situs tersebut. Jadi, web designer dan pengembang yang menggunakan situs tersebut dapat membuat desain yang dibuat semakin sempurna.

Bukan hanya itu saja, UX Archive memberikan web designer dan pengembang aplikasi pemahaman mendalam terkait User Interface. Kalau situs lain berfokus untuk menunjukkan karya desain, UX Archive muncul berbeda dengan mengutamakan pengalaman pengguna di tingkat yang luas.

Dari hal tersebut, web designer dan pengembang aplikasi dapat menyimpulkan bagaimana desain aplikasi yang pengguna harapkan. Jadi, yang didapatkan dari situs ini adalah inspirasi dari pengalaman pengguna saat mencoba desain beragam website dan aplikasi.

Link situs : http://uxarchive.com/

2. pttrns

 
Sedikit berbeda dengan situs lainnya, pttrns merupakan situs website yang berisi kumpulan desain UI/UX khusus untuk perangkat mobile. Kumpulan desain dalam situs ini didapatkan dari berbagai aplikasi di iOS dan Android yang terbaik. Situs pttrns juga memberikan beragam template dan pengetahuan dalam mengembangkan UI/UX sebuah produk.

Bisa dikatakan bahwa situs pttrns ini memiliki tampilan sederhana dan mudah untuk digunakan. Sederhana bukan berarti situs ini tidak dapat membantu sama sekali. Karena kesederhanaan inilah, web designer dan pengembang aplikasi dapat dengan mudah mencari sumber inspirasi desain melalui situs ini.

Bukan hanya itu saja, ada juga konten yang dapat diambil dari situs pttrns ini. Konten yang dimaksud adalah konten mulai dari tahun 2012 yang jarang ditemukan. Pencarian konten ini juga dapat difilter berdasarkan tahun, kategori, dan tags.

Link situs : https://pttrns.com/

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi Android Online Secara Gratis Dengan Mudah

Situs Web Luar Negeri Untuk Referensi Desain UI

 

ui-design-3

Membuat desain User Interface merupakan hal yang sulit. Tidak heran jika terkadang web designer dan pengembang aplikasi kehabisan ide untuk mendesain UI. Berikut ini adalah situs yang bisa menjadi referensi untuk desain UI yang harus disimak.

1. Dribbble

 
Situs luar negeri selanjutnya yang bisa dijadikan referensi desain UI/UX adalah Dribbble. Dribbble termasuk situs website terbesar untuk belajar desain UI/UX. Dalam situs website ini, web designer dan pengembang dapat meminta feedback kepada orang lain tentang desain yang telah dibuat.

Dalam situs Dribbble, banyak ditemukan web designer terkenal yang mengunggah karyanya. Misalnya seperti Ghani Pradita yang merupakan seorang designer dan illustrator di Paperpillar. Ada juga Dwinawan seorang founder dan UI/UX designer Paperpillar.

Bukan hanya itu saja, melalui situs Dribbble, web designer dan pengembang dapat memberikan komentar dan saling berbagi inspirasi tentang desain UI/UX yang dibuat. Jadi, web designer dan pengembang dapat mengetahui dan menyempurnakan hal apa yang kurang dalam produknya. Kerennya lagi, desain UI/UX yang telah diunggah dalam situs Dribbble mempunyai kualitas dan standar yang tinggi.

Situs Dribbble ini telah membantu banyak perusahaan teknologi yang terkenal. Misalnya seperti Apple, Google, Dropbox, Facebook, Airbnb, dan lainnya. Perusahaan teknologi tersebut mendapat inspirasi dan pengetahuan tentang desain UI/UX dari Dribbble. Sangat mengagumkan ya?

Link situs : https://dribbble.com/

2. Pinterest

 
Sebenarnya, Pinterest lebih dikenal sebagai media sosial yang dapat memberikan banyak inspirasi. Pinterest diluncurkan oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra, dan Evan Sharp pada Januari 2010. Berdasarkan merketing land pada 2018, Pinterest mempunyai 250 juta pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia.

Salah satu inspirasi yang bisa ditemukan dalam Pinterest adalah inspirasi desain UI/UX untuk website dan aplikasi. Pinterest dapat digunakan dengan sangat mudah, hanya dengan mengetik kata kunci yang diinginkan saja, beragam inspirasi desain UI/UX bisa didapatkan.

Kerennya lagi, desain website dan aplikasi dari Pinterest ini dapat disimpan. Hal ini dikarenakan Pinterest mempunyai fitur save yang sangat berguna. Jadi melalui Pinterest, inspirasi desain dari pengembang lain dapat disimpan dengan rapi di kategori dan board yang telah dibuat sendiri.

Link situs : https://id.pinterest.com/

3. Uplabs

 
Awalnya, situs Uplabs merupakan situs dari luar negeri yang dikembangkan oleh Matt Aussaguel dan Guillemette Dejean. Fokus dari situs Uplabs hanya sebagai wadah yang berisi kumpulan konten Material Design. Setelah mengalami perkembangan waktu, situs ini mengalami sedikit perubahan.

Situs Uplabs berubah menjadi wadah untuk kumpulan komunitas web designer dan pengembang untuk saling berbagi inspirasi design UI/UX. Kerennya lagi, Uplabs juga mempunyai pasar pribadi untuk memasarkan UI Kits, Icons, dan Themes yang dibuat oleh komunitas.

Link situs : https://www.uplabs.com/

4. Behance

 
Salah satu tempat terbaik untuk mencari referensi desain User Interface adalah situs Behance. Behance merupakan situs yang dikembangkan oleh Adobe. Dalam situs Behance, berbagai desain UI yang keren di seluruh dunia dapat dilihat dan dijadikan inspirasi.

Dalam Behance, desain yang ditampilkan lebih detail jika dibandingkan dengan situs Dribbble. Bahkan, beberapa web designer kadang juga menyelipkan cerita saat membuat desain tersebut. Dengan adanya cerita tersebut, para pengunjung website dapat belajar desain secara mendalam.

Selain menunjukkan desain User Interface terbaik, dalam Behance juga bisa ditemukan inspirasi hal lainnya. Misalnya seperti tipografi, fotografi, arsitektur, animasi, dan lainnya. Situs yang sangat komplit kan?

Link situs : https://www.behance.net/

5. Awwwards

 
Situs luar negeri lain yang bisa memberikan inspirasi tentang desain UI/UX adalah Awwwards. Awwwards merupakan situs yang berfokus untuk menunjukkan desain website yang telah dibuat oleh web designer. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai design yang kreatif.

Tidak heran jika Awwwards menjadi sumber inspirasi untuk desain website. Desain website ini dikelompokkan berdasarkan usability, aspek design, content, dan juga creativity. Para pengunjung situs Awwwards dapat berkomentar terhadap desain website yang ditampilkan dalam situs ini.

Melalui situs Awwwads, web designer dan pengembang juga dapat mengirimkan desain karya sendiri. Setiap tahunnya, desain yang paling bagus dan menarik bisa mendapatkan hadiah. Tertarik untuk mencobanya?

Link situs : https://www.awwwards.com/

6. Material Design

 
Situs luar negeri yang bisa menjadi referensi untuk mendesain UI/UX lainnya adalah Material Design. Material Design merupakan bahasa visual atau design yang diluncurkan oleh Google pada tahun 2014. Situs ini memiliki penggunaan tata letak fitur dengan sistem grid dengan transisi yang responsif.

Material Design juga menerapkan prinsip desain klasik dengan inovasi canggih dari sains dan teknologi. Situs ini dikembangkan agar dapat menyatukan pengalaman pengguna website dan aplikasi dari semua platform. Kerennya lagi, bahasa visual dari situs web ini mempunyai inovasi.

Situs Material Design merupakan situs untuk referensi design yang sangat populer. Hal ini dikarenakan Material Design mempunyai elemen desain User Interface yang unik. Setiap aspek dalam situs ini pun bisa menjadi pengetahuan. Para web designer dan pengembang aplikasi sebaiknya menggunakan situs ini dengan bijak sebagai referensi desain UI/UX.

Link situs : https://material.io/design/

Demikian informasi lengkap terkait situs luar negeri untuk referensi desain UI/UX. Desain UI/UX akan selalu mengalami perkembangan. Karena hal itulah, web designer dan pengembang aplikasi harus mampu membuat desain yang menarik.

Dalam website dan aplikasi, desain UI/UX merupakan hal utama yang dapat memikat para pengguna. Karena hal itulah, mempunyai desain UI/UX yang bagus dan terbaik bukan hanya membuat produk lebih menarik. Namun juga dapat memberikan kepuasan untuk para pengguna. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan!

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami

 

 

Tags: