Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Mengetahui Algoritma Instagram di Tahun 2020 | Yuk Ketahui Lebih Jelas!
Algoritma Instagram merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari oleh setiap digital marketer. Data dan trend user selalu membuat proses algoritma Instagram berubah-ubah. Pada tahun 2020 ini algoritma Instagram dikabarkan mengalami perubahan. Apa sajakah perubahan tersebut? Berikut informasi selengkapnya.
21350
post-template-default,single,single-post,postid-21350,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive
thumbnail-algoritma-instagram

Mengetahui Algoritma Instagram di Tahun 2020 | Yuk Ketahui Lebih Jelas!

Siapa yang tidak mengenal nama Instagram? Instagram cocok dinobatkan sebagai aplikasi media sosial terpopuler di sepanjang dekade belakangan ini. Saking ramainya pengguna Instagram, aplikasi ini menjadi peluang bisnis serta karir yang baik untuk menjaring banyak target pasar.

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara agar postingan Instagram Anda bisa muncul di bagian teratas atau mudah dilihat oleh banyak orang? Jika iya, berarti Anda sedang mempertanyakan perihal algoritma pada Instagram. Bahkan jika Anda adalah pengguna lama Instagram, mungkin Anda sempat kaget saat mengetahui adanya perubahan urutan postingan feeds yang sudah tidak lagi berdasarkan kronologi.

Sesungguhnya, apa itu algoritma Instagram? Mengapa penting bagi pemilik bisnis online memahami cara kerja algoritma Instagram? Seperti apa pula sistem algoritma Instagram di tahun 2020?

Daripada bertanya-tanya, yuk cari tahu jawabannya di ulasan berikut ini! Semua jawaban dan penjelasan telah kami rangkum khusus untuk Anda. Selamat membaca!

Mengenal Algoritma Instagram 2020

 

algoritma-ig

Faktanya, Instagram bukan sekadar media sosial biasa. Hal ini terbukti saat publik dikejutkan dengan pernyataan dari Julian K. Gutman, sang Product Lead Instagram terkait perubahan total algoritma Instagram 2020 pada bulan Januari lalu. Ia menuturkan, bahwa algoritma Instagram terbaru akan lebih banyak berhubungan dengan komunikasi, frekuensi serta engagement postingan atau aktivitas dari user.

Berita ini sukses membuat para influencer, digital marketer dan pemilik brand kebingungan. Saat sistem algoritma Instagram berubah, Anda otomatis harus memutar otak guna membangun engagement postingan yang baik dan kuat. Tujuannya tentu saja, agar usaha yang Anda bangun di Instagram bisa tetap ramai terjangkau pengunjung.

Namun apa itu algoritma Instagram? Sederhananya, algoritma mempermudah Anda menemukan konten yang Anda minati. Jadi, konten-konten pada timeline tidak hanya datang dari akun-akun yang Anda follow, melainkan juga dari konten yang disukai.

Semisal Anda menyukai postingan video kucing lucu dan sering memberi likes, komentar atau share terhadap postingan tersebut. Instagram bisa mengetahui bahwa Anda menyukai konten tentang kucing, sehingga postingan terkait kucing bisa dimunculkan di bagian teratas feeds atau timeline Anda.

Selain itu, algoritma juga akan membantu menghubungkan Anda dengan user lain yang sering diajak berinteraksi. Instagram bisa “membaca” interaksi Anda dengan akun-akun lainnya, entah itu teman, keluarga, pacar, dan lainnya. Nantinya, Instagram akan lebih sering menampilkan postingan mereka di timeline Anda. Dengan kata lain, algoritma Instagram terbaru bisa memprediksi siapa saja follower terdekat Anda.

Artikel Terkait  Perbedaan Mendasar Antara Aplikasi dan Situs web

5 Faktor yang Mempengaruhi Algoritma Instagram 2020

 

algoritma-ig-3

Tidak banyak orang memahami sistem algoritma Instagram terbaru. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena pihak Instagram telah merilis penjelasan terkait sistem algoritma mereka di tahun 2020. Ada 5 faktor yang setidaknya mempengaruhi sistem kerja algoritma Instagram terbaru, yaitu:

Hubungan

 
Instagram menampilkan postingan teratas dari orang-orang yang sering Anda ajak interaksi, seperti memberikan likes, komentar, mengirim DM, tag photo, dan lain-lainnya. Inilah alasan mendasar mengapa Anda sering melihat postingan teman dekat muncul di posisi teratas beranda Instagram.

Waktu

 
Algoritma pada Instagram menampilkan konten-konten terbaru sekaligus paling menarik menurut preferensi setiap user. Alhasil, sistem akan mempertimbangkan sudah berapa lama sebuah konten diposting agar bisa menampilkannya sesuai urutan di timeline.

Minat

 
Pernahkah Anda menyadari bahwa timeline Instagram cenderung berisi banyak konten yang Anda sukai? Semisal Anda sering memberi likes atau komentar pada konten tentang buku, maka timeline Anda akan dihiasi lebih banyak perihal postingan buku. Hal ini terjadi karena algoritma Instagram 2020 bekerja berdasarkan minat user.

Following

 
Faktor following ternyata memberikan pengaruh khusus terhadap algoritma Instagram 2020, lho! Semakin banyak akun yang Anda ikuti, maka sistem Instagram akan memiliki lebih banyak pilihan konten guna disajikan ke timeline Anda. Dengan demikian, jumlah following akan mempengaruhi jumlah postingan yang bisa dilihat.

Frekuensi Penggunaan

 
Faktor terakhir yang mempengaruhi algoritma Instagram terbaru adalah frekuensi penggunaan akun. Semakin sering Anda menggunakan Instagram, maka konten-konten yang ditampilkan akan bersifat lebih kronologis dan terupdate. Namun jika sebaliknya, maka Anda hanya akan disuguhi postingan paling menarik terkait kesukaan Anda saja.

Itulah 5 faktor yang mempengaruhi algoritma di Instagram. Namun perlu dicatat, sistem algoritma ini selalu berubah. Algoritma dari Instagram bekerja dengan mengaplikasikan metode machine-learning, di mana algoritma user akan selalu menyesuaikan dengan setiap aktivitas dan data-data dari user di setiap menitnya.

Ingin tahu tips dan trik sukses mengungguli algoritma di Instagram? Yuk lanjutkan membaca ke bagian berikut!

Artikel Terkait  10 Aplikasi Jual Jasa Terbaik di Smartphone Android

Tips dan Trik Mengungguli Algoritma di Instagram

 

algoritma-ig-1

Sistem algoritma di Instagram akan senantiasa berubah dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, Anda selaku user harus dinamis dan aktif menyesuaikan diri agar bisa mengungguli sistem.

Di tahun 2020 sendiri, algoritma pada Instagram bekerja dengan cara menganalisa aktivitas user. Berbekal informasi ini, sekarang Anda bisa memaksimalkan akun dan postingan Instagram Anda agar tetap unggul di timeline.

Memahami algoritma menjadi hal penting bagi pemilik usaha online agar bisa memaksimalkan jangkauan pemirsa postingan mereka. Namun pada kenyataannya, tak sedikit brand yang memiliki engagement postingan (likes, komentar dan share) yang sedikit meski memiliki followers ratusan atau bahkan ribuan. Padahal, apa artinya followers banyak jika respon terhadap postingan selalu minim?

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini? Ada 4 tips dan trik mudah untuk sukses mengungguli algoritma di Instagram, yaitu:

1) Memposting di Jam Aktif

 
Tips pertama adalah memposting konten saat followers Anda sedang aktif. Cari tahu di jam-jam mana saja followers Anda sedang online di Instagram dengan bantuan aplikasi atau media sosial management tool. Memposting di jam aktif memberi peluang besar untuk postingan Anda mendapatkan respon dari followers.

2) Konsisten Memposting

 
Rajin memposting terbukti efektif meningkatkan engagement akun. Semakin sering Anda memposting, maka engagement yang dihasilkan menjadi lebih besar di setiap postingannya, begitupun sebaliknya. Followers dapat berhenti mengikuti akun Anda gara-gara melihat akun yang “sepi” dan tidak bermanfaat lagi untuk mereka ikuti.

3) Membangun Interaksi

 
Banyak orang berpikir, “Banyak followers sama dengan terkenal.” Alhasil, bisnis jual-beli followers sempat booming karena banyak orang ingin memiliki banyak followers secara instan. Padahal langkah ini sesungguhnya keliru.

Kembali berkaca pada contoh kasus di atas, ada banyak brand dengan ribuan followers namun sangat minim akan likes, komentar dan share di setiap postingan mereka. Kuncinya, Anda harus membangun engagement yang baik, bukan hanya sekadar memiliki banyak followers.

Bangun interaksi dengan followers Anda di setiap postingan yang dipublikasikan. Ada beragam bentuk interaksi yang bisa Anda coba, seperti memancing followers berkomentar dengan membuat caption berisi ajakan berpendapat, mengadakan sesi tanya-jawab, hingga sering membalas setiap DM, komentar dan mentions dari followers.

4) Memakai Hashtag yang Relevan

 
Cara terakhir adalah memakai hashtag yang relevan. Hashtag dikenal sebagai jalan pintas bagi user untuk menemukan konten-konten tertentu secara cepat. Oleh sebab itu, hashtag mampu membawa postingan Anda mencapai target audiens yang tepat dan relevan dengan bisnis. Yuk mulai coba gunakan hashtag di setiap postingan Anda untuk meningkatkan visibilitas dan engagement postingan!

Demikianlah pembahasan kali ini terkait algoritma di Instagram. Semoga artikel ini mampu menambah wawasan Anda guna menyusun strategi untuk meningkatkan engagement. Jangan lupa juga untuk membaca artikel menarik lainnya dari kami!

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags:
,