APPKEY | Aplikasi Developer Terbaik | Pembuat Aplikasi Android
Aplikasi Developer pembuat aplikasi Android dan iOS terbaik yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda. Memiliki tim profesional dan berpengalaman di bidang pemrograman.
18406
post-template-default,single,single-post,postid-18406,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Aplikasi Developer Terbaik | Pembuat Aplikasi Android

Aplikasi developer membantu membuat aplikasi Android dan iOS terbaik yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda. Karena alasan tersebut, tidak sedikit yang akhirnya mencari tempat yang membantu untuk membuat aplikasi baik yang berbasis android ataupun yang berbasis iOS.

Sayangnya, tidak semua tempat yang menyediakan jasa untuk membuat aplikasi berbasis android maupun iOS professional. Ada yang beberapa diantaranya hanya menawarkan harga yang murah namun tidak sebanding dengan kualitas yang diberikan. Namun ada juga yang menawarkan jasa dengan harga yang tinggi namun memberikan pelayanan yang kurang baik.

Karena hal tersebutlah, Anda harus teliti dalam mencari tempat yang menyediakan jasa pembuatan aplikasi smartphone. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan diantaranya adalah latar belakang dari tempat tersebut dan tim yang dimiliki.

Maksudnya adalah apakah tempat penyedia jasa tersebut mempunyai tim yang profesional dan berpengalaman terlebih di bidang pemrograman atau tidak. Selain itu, cek apakah perusahaan tersebut memiliki masalah misalnya penipuan atau tidak, agar Anda nantinya tidak tertipu.

Bisakah Menggunakan Aplikasi Developer Sendiri?

Terkadang karena merasa tidak puas dengan hasil pekerjaan dari penyedia jasa aplikasi developer, tidak jarang orang memilih untuk mempelajarinya sendiri dan berusaha mengembangkan aplikasi yang diinginkan. Terlebih saat ini sudah banyak tempat yang menyediakan informasi mengenai bagaimana cara membuat aplikasi yang dapat dipelajari secara otodidak.

Dalam pembuatan aplikasi tersebut, dibutuhkan aplikasi yang dapat membantu Anda dalam menuliskan kode ataupun menyusun kerangka aplikasi. Pada dasarnya, aplikasi mengkombinasikan antara informasi tulisan dengan gambar dan interface atau tampilan. Sehingga jika hanya ada 1 dari faktor tersebut tidak terpenuhi atau mendominasi, aplikasi yang dihasilkan menjadi tidak maksimal.

Menggunakan Aplikasi Developer Sendiri

Sayangnya, untuk menjadi seorang developer baik untuk aplikasi maupun software desktop yang terpasang di komputer, Anda harus mempelajari beberapa hal seperti berikut ini secara tekun dan terus menerus.

Menguasai bahasa pemrograman terutama java dan XML

Ada banyak jenis bahasa pemrograman yang dapat dipergunakan untuk membuat sebuah aplikasi baik untuk android ataupun untuk iOS. Akan tetapi diantara sekian banyak bahasa pemrograman tersebut, setidaknya Anda harus mahir dalam menggunakan java dan XML.

Java sendiri merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan dari bahasa C dan C++. Walaupun begitu, java memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi karena bahasa pemrograman ini menggunakan class dan berorientasi pada objek.

Class yang dipergunakan tidak hanya akan berpengaruh pada pengelompokan objek namun juga metode yang dipergunakan apakah public, private dan protected. Jika Anda salah dalam menggunakan method, aplikasi Anda akan mengalami error. Misalnya tidak dapat mengambil informasi dari jenis class yang seharusnya.

Sedangkan untuk XML biasanya dipergunakan untuk web service, konfigurasi atau bahkan layout. Jika dibandingkan dengan java, XML lebih mudah untuk dipahami dan dipelajari. Bahkan XML terkadang dikombinasikan dengan bahasa pemrograman lain untuk mendapatkan aplikasi dengan fungsi yang diinginkan.

Tool yang dipergunakan

Walaupun ada banyak jenis tool yang dapat dipergunakan untuk membuat aplikasi, namun ada 2 tool yang paling banyak dan paling popular untuk dipergunakan. Tool tersebut adalah Android Studio dan Eclipse.

Eclipse lebih awal dipergunakan dan lebih terkenal sebelum akhirnya Android Studio lebih dipilih dan dikenal. Android Studio sendiri adalah IDE resmi untuk mengembangkan Android. Walaupun begitu, tool ini juga dapat dipergunakan untuk membuat aplikasi berbasis iOS.

Artikel Terkait  Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Dengan Mudah

Keunggulan dari Android Studio adalah memiliki banyak fitur yang dapat dipergunakan dan dimanfaatkan oleh developer dibandingkan dengan Eclipse, seperti library. Ada beberapa fungsi library pada Android Studio yang dapat membantu Anda untuk mempercepat pengerjaan aplikasi. Penggunaan library pada aplikasi developer dapat mempertimbangkan:

Fungsinya

Tentukan terlebih dahulu fungsi apa yang Anda butuhkan agar aplikasi dapat berjalan dengan baik. Minimalkan penggunaan library agar aplikasi yang Anda buat tidak terlalu berat dan Anda juga dapat dengan mudah mencari library ketika hendak mengubah kode.

Read me and quick start

Karena library memiliki method dan penggunaan dengan cara yang berbeda satu sama lain, maka Anda harus mempelajari integrasi dari library tersebut sehingga akan mempercepat pemrograman aplikasi.

Source code

Dalam library yang ada di Android Studio ada yang disediakan dalam bentuk open source. Dengan adanya code tersebut, Anda dapat mengubah sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa harus menulis kode dari awal untuk membuat aplikasi.

Visualisasi pembelajaran

Jika Anda belum mengetahui cara untuk menggunakan Android Studio, disediakan petunjuk seperti video tutorial yang dapat Anda pelajari. Dengan adanya tutorial tersebut, akan membantu Anda meningkatkan kemampuan dan mengatasi masalah saat Anda sedang melakukan pemrograman.

Dokumentasi

Selain video tutorial, dalam aplikasi developer Android Studio juga terdapat library mengenai sumber referensi dan dokumentasi terkait dengan class dalam suatu program. Tutorial dan referensi tersebut dapat Anda akses dengan mudah untuk media belajar dan menuliskan kode.

Walaupun memiliki banyak kelebihan termasuk banyaknya keuntungan yang diperoleh dari library yang ada di library Android Studio, tool ini Namun kekurangannya adalah space yang dipergunakan lebih besar dari Eclipse sehingga akan membuat komputer Anda harus bekerja ekstra keras bahkan not responding terutama jika spek komputer kecil.

Baik menggunakan Eclipse ataupun Android Studio, hasilnya dapat maksimal jika Anda dapat menggunakan tool tersebut dengan baik dan kode yang ditulis juga benar.

Mencari Komunitas dan Referensi

Agar Anda dapat menjadi programmer yang handal untuk membuat aplikasi maupun software, maka Anda harus memperluas jaringan Anda. Misalnya dengan ikut forum ataupun komunitas. Di media tersebut, Anda dapat bertanya mengenai hal yang kurang Anda mengerti sehingga dapat berbagi pandangan antara 1 orang dengan orang yang lain.

Mempelajari UI/UX

Dalam proses pembuatan aplikasi, tidak hanya dibutuhkan kemampuan untuk memprogram namun juga kemampuan untuk membuat penampilan agar aplikasi menjadi lebih menarik. Walaupun nantinya Anda mungkin tidak dapat menguasai keduanya secara maksimal, tapi setidaknya paham mengenai UI dan UX.

Artikel Terkait  Web Aplikasi : Pengertian dan Keunggulannya

Karena UI dan UX sangat berperan pada tingkat ketertarikan dan kenyamanan user sebagai pengguna aplikasi. Sehingga, jika Anda membuat aplikasi dengan fungsi yang bagus namun tidak memiliki tampilan aplikasi yang menarik, maka kemungkinan besar, aplikasi tersebut akan jarang dipergunakan user.

Memahami arsitektur android

Sama seperti rumah, android juga memiliki kerangka atau arsitektur yang dijadikan sebagai acuan sebelum membuat aplikasi secara utuh. Karena hal tersebut, maka Anda harus paham dan mengerti cara pembuatan arsitektur program terutama untuk android yang bagus dan mudah dimengerti.

Memiliki pikiran bisnis

Kebanyakan programmer hanya berfokus pada teknis namun tidak dari sisi lain seperti dari segi bisnisnya. Programmer memiliki kesempatan yang tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar terutama jika bekerja sendiri. Contohnya adalah membuat aplikasi yang membuat Anda mendapatkan keuntungan seperti penyematan konten premium.

Konten premium ini paling banyak ditemui di aplikasi jenis game. Beberapa item yang bermanfaat, misalnya untuk menyerang musuh, harus dibeli dengan menggunakan uang, koin atau dengan pulsa yang Anda miliki. Selain konten premium, untuk mendapatkan keuntungan, Anda juga dapat menyediakan tempat untuk memasang iklan pada aplikasi.

Bekerja sebagai tim

Menjadi programmer dan harus mengerjakan semua hal, seperti mencari klien, merancang program, membuat UI, membuat program, testing, presentasi ke klien dan publikasi akan sangat melelahkan. Karena hal tersebut, cobalah untuk bekerja secara tim dan bagi tim Anda sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Agar tim Anda dapat bertahan lama, sebaiknya cari teman atau rekan kerja yang memiliki visi misi yang sama. Selain itu, cari yang sudah tahu pasti alur seperti apa yang harus dilakukan agar saat sedang proses pembuatan aplikasi, tidak mengalami kendala apapun.

Kualitas lebih utama daripada kuantitas

Tidak sedikit tempat yang menyediakan pembuatan aplikasi mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas. Hal ini bisa disebabkan karena beragam jenis faktor dan salah satunya adalah uang. Biasanya, aplikasi yang kualitasnya buruk memiliki harga yang murah. Karena itu, kualitas akan berbanding lurus dengan biaya yang harus dibayar.

Sebagai programmer, sebaiknya Anda mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas. Hal ini disebabkan jika kualitas program yang Anda buat tersebut baik, maka klien akan merekomendasikan jasa Anda ke orang lain, sehingga klien Anda dapat bertambah. Sedangkan jika buruk, maka nama Anda akan buruk dan susah untuk mendapatkan kepercayaan lagi.

Aplikasi Developer Harus Melakukan Pengecekan Sebelum App Dipublikasikan

Jika Anda menjadi programmer atau aplikasi developer terlebih jika Anda bekerja sendiri atau memiliki SDM yang kurang, maka Anda harus memastikan apakah aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik atau tidak. Terutama jika aplikasi tersebut harus mengakses fitur yang ada di dalam ponsel. Misalnya kamera, kontak dan posisi Anda atau GPS.

Jika aplikasi tersebut dapat berjalan dengan baik, maka Anda dapat segera mempublikasikannya baik di Appstore ataupun di Playstore agar dapat diunduh oleh pengguna internet. Namun, jika mengalami error, maka mau tidak mau Anda harus melakukan revisi agar masalah tersebut dapat teratasi.

Cara Menghubungi Aplikasi Developer Saat Mengalami Kendala

Jika Anda merupakan user atau pengguna aplikasi yang tersedia di toko aplikasi, Anda berhak untuk memberikan nilai termasuk mengajukan komplain terkait dengan aplikasi yang Anda pergunakan. Komplain tersebut diberikan ketika aplikasi yang dipergunakan oleh user ternyata mengalami kendala. Misalnya aplikasi tidak dapat mengirim pesan yang disertai dengan gambar.

Jika Anda menggunakan smartphone dengan basic android, Anda dapat menemukan identitas dari pembuat aplikasi tersebut di bagian kontak developer. Di bagian tersebut, nantinya akan tercantumkan informasi kontak seperti email dari developer yang dapat Anda hubungi.

Ketika ingin menyampaikan tanggapan, terutama jika tanggapan Anda berbentuk komplain, Anda tetap harus menyampaikannya dengan baik terutama jika developer tersebut dari luar negeri. Setidaknya, pergunakan kata-kata yang tidak hanya dimengerti oleh Anda, selaku yang memberikan tanggapan, namun juga dimengerti oleh pihak developer.

Ada 3 hal yang harus Anda beritahukan kepada developer, yaitu:

Aplikasi yang dipergunakan

Walaupun developer tahu mengenai aplikasi apa yang Anda gunakan, namun tidak menutup kemungkinan jika developer tidak tahu secara spesifik jenis aplikasi yang Anda unduh dan tanggapi. Bisa saja developer tersebut memiliki lebih dari 1 aplikasi dengan alamat kontak yang sama.

Karena hal tersebut agar meminimalisir waktu dan kata, Anda dapat menyebutkan jenis aplikasi yang dipergunakan. Atau, Anda bisa saja menuliskan di bagian subjek. Misalnya “something wrong in CoC”.

Masalah yang dialami

Setelah menyebutkan aplikasi apa yang Anda pergunakan, Anda juga harus menyebutkan atau menjabarkan mengenai masalah yang Anda hadapi. Sebaiknya tulis secara runtut mengenai permasalahan tersebut. Misalnya mulai dari pertama kali Anda menemukan hal tersebut.

Tanggapan yang Anda berikan tidak hanya bersifat negatif namun juga dapat bersifat positif. Misalnya Anda puas dengan fitur dan interface dari aplikasi yang Anda pergunakan.

Tanggapan yang diinginkan

Setelah menyampaikan tanggapan, Anda dapat menuliskan apa harapan Anda dari developer terkait dengan tanggapan tersebut. Anda dapat mengemukakan jika “akan lebih baik misalnya fitur xx diperbarui dan ditambah dengan item”. Bisa juga meminta tanggapan untuk segera merespons dan mengatasi permasalahan yang Anda alami.

Setelah menyampaikan tanggapan tersebut, akan lebih baik jika Anda juga memberikan bintang sebagai penilaian. Bintang inilah yang akan mempengaruhi kualitas dari aplikasi yang dibuat oleh developer. Bintang yang Anda berikan tersebut bisa saja berubah sesuai dengan yang Anda inginkan.

Misalnya, Anda kurang puas dengan aplikasi xx sehingga memberikan bintang 2. Kemudian developer dari aplikasi tersebut melakukan modifikasi dan perbaikan sehingga di versi terbaru dari aplikasi xx menjadi lebih bagus. Saat menggunakannya, Anda lebih puas dengan versi terbaru sehingga memberikan bintang 4 untuk tanggapan yang baru.

Bagaimana Tanggapan Aplikasi Developer Ketika Ada Komplain?

Ketika Anda memutuskan untuk mengunggah aplikasi yang Anda buat di playstore ataupun appstore, maka Anda harus bersiap terhadap kemungkinan laporan error dari pengguna, walaupun Anda sudah mengetes jika tidak ada masalah.

Agar user dapat lebih mudah untuk menghubungi Anda, maka Anda harus menyertakan informasi seperti email pada deskripsi atau keterangan di aplikasi store.

Artikel Terkait  Cara Bikin Aplikasi Online Shop | Aplikasi Toko Online

Sebagai aplikasi developer, Anda tidak boleh menanggapinya dengan emosi karena hal tersebut akan memperkeruh suasana dan membuat masalah menjadi lebih besar dari sebelumnya. Tanggapan mengenai komplain atau apapun terkait dengan aplikasi yang Anda unggah tersebut, sebaiknya dilakukan dalam waktu 3 hari masa kerja.

Tanggapan yang baik akan sangat membantu Anda, tidak hanya untuk menciptakan nilai plus dalam hal pelayanan namun juga mengenai kredibilitas Anda. Semakin baik tanggapan yang Anda terima, maka aplikasi akan semakin lama semakin banyak peminatnya dan diunduh oleh pengguna internet.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang KamiKontak Kami
Pengenalan PerusahaanPengenalan Layanan
Tags: