Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Keamanan Cyber itu Sangat Penting Untuk Bisnis Kecil Anda Berikut Tipsnya!
Perusahaan besar memang terlihat lebih menjanjikan untuk dibobol. Namun para hacker rata-rata menyadari bahwa perusahaan-perusahaan besar pastilah sulit untuk “disusupi” sebab memiliki protokol keamanan yang berlapis. Apa yang harus dilakukan agar bisnis kecil Anda tetap aman terjaga? Simak berikut informasi selengkapnya.
21260
post-template-default,single,single-post,postid-21260,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.2.0,vc_responsive
cyber-security-thumbnail

Keamanan Cyber itu Sangat Penting Untuk Bisnis Kecil Anda Berikut Tipsnya!

Fenomena yang umum terjadi di masyarakat maupun kalangan pebisnis adalah pemikiran bahwa hanya perusahaan besar yang menjadi target pembobolan oleh hacker. Masyarakat berpikir bahwa perusahaan besar adalah sasaran empuk sebab memiliki banyak data atau uang yang bisa “dicuri”. Hanya saja, yang lebih sering terjadi di lapangan justru kebalikannya.

Perusahaan besar memang terlihat lebih menjanjikan untuk dibobol. Namun para hacker rata-rata menyadari bahwa perusahaan-perusahaan besar pastilah sulit untuk “disusupi” sebab memiliki protokol keamanan yang berlapis. Otomatis, akan lebih sulit bagi mereka untuk menembus sistem yang dimiliki oleh perusahaan besar. Lalu apa yang terjadi selanjutnya? Para hacker lebih banyak menyasar bisnis kecil.

Gawat! Apa yang harus dilakukan agar bisnis kecil Anda tetap aman terjaga? Jangan khawatir. Mari lanjut membaca artikel ini untuk mencari tahu beragam tips seputar keamanan cyber untuk bisnis kecil. Dijamin perusahaan Anda akan aman terlindungi setelah mengikuti tips-tips berikut dari kami.

Mengapa Bisnis Kecil Rentan Dibobol?

 

cyber-security-1

Bisnis kecil menjadi sasaran yang sempurna untuk dibobol dan dicuri datanya oleh hacker, sebab kebanyakan bisnis kecil tidak memasang sistem keamanan. Kebanyakan pebisnis kecil lebih memilih mengoptimalkan perusahaannya pada penjualan serta pembesaran nama di masyarakat. Alhasil, mereka menomorduakan masalah keamanan. Malah tak sedikit pula bisnis kecil yang mengesampingkan secara total perihal proteksi dari hacker dan ancaman ini.

Bisnis kecil sudah jelas tidak sekaya perusahaan besar. Lalu mengapa para hacker tetap bersusah payah membobolnya? Ternyata, masih ada banyak hal yang bisa didapatkan oleh para hacker dari sistem digital milik bisnis-bisnis kecil seperti:

  • Data-data personal perusahaan dan konsumen,
  • Password atau pin rekening bank,
  • Informasi pribadi dan penting lainnya terkait perusahaan.

Data-data tersebut nantinya dapat digunakan oleh para hacker untuk mendapatkan keuntungan, seperti diperjualbelikan dalam forum online atau dipakai untuk mengajukan pinjaman kredit online. Pada dewasa ini, tak sedikit masyarakat yang kena tipu lantaran aksi pencurian data ini. Sering terjadi kasus dimana masyarakat harus membayar tagihan kredit online atas transaksi yang tidak pernah mereka lakukan. Bagaimana bisa?

Tentu saja, hal ini dikarenakan ada aksi pencurian data tadi. Sang pencuri menggunakan data konsumen seperti identitas hingga foto KTP mereka untuk mengajukan pinjaman online. Lalu pihak kredit akan menagih hutang pembayaran kepada korban yang datanya dicuri. Mengerikan!

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis kecil dan belum mempertimbangkan perihal keamanan sistem digital perusahaan, lebih baik Anda segera mempersiapkan protokol perlindungan. Cobalah untuk setidaknya melindungi data-data perusahaan dari ancaman ransomware, virus, Trojans, dan spyware yang berpotensi merusak sistem digital perusahaan dari dalam.

Pemberian perlindungan pada sistem perusahaan juga langkah hal baik untuk menjaga loyalitas dan kepercayaan konsumen. Pelanggan otomatis akan kabur dan menghindari perusahaan yang rawan kebobolan. Mereka jelas tidak ingin memberikan data apapun karena khawatir akan dicuri oleh pihak tak bertanggung jawab.

Lalu, sebagai pebisnis kecil dengan modal terbatas untuk memasang protokol keamanan berlapis, apa yang harus Anda lakukan?

Tenang, berikut ini kami sudah menyiapkan sejumlah langkah yang bisa Anda tempuh untuk melindungi bisnis kecil Anda dari ancaman software berbahaya ataupun para hacker.

Artikel Terkait  Software Pembuat Aplikasi Android Secara Offline

Pedoman Keamanan Cyber untuk Melindungi Bisnis Kecil Anda

 

cyber-security-2

Ancaman peretasan atau pencurian data selalu ada menghantui semua bisnis. Karenanya, akan lebih baik untuk tetap mengutamakan keamanan cyber tanpa memerdulikan seberapa besar atau kecil bisnis yang Anda miliki. Namun untuk pebisnis yang tidak memahami dunia digital, urusan protokol keamanan cyber bisa jadi memusingkan sekaligus menyulitkan untuk dipahami.

Akan tetapi kami punya solusinya. Berangkat dari permasalahan tersebut, kami telah merangkum sebuah pedoman sederhana terkait keamanan cyber guna melindungi platform bisnis Anda. Apa sajakah tips dan triknya? Berikut jawabannya.

Memproteksi Perangkat serta Komputer

 
Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi bisnis dari serangan cyber adalah dengan memproteksi semua perangkat dan komputer yang digunakan untuk aktivitas perusahaan. Hal ini dikarenakan perangkat komputer yang disambungkan ke internet menjadi “pintu gerbang” dari semua aktivitas di dalam perusahaan. Jika “pintu gerbang” ini tidak dilindungi, maka ia pun bisa diserang oleh oknum tak bertanggung jawab di dunia maya.

Ada dua cara yang bisa Anda tempuh untuk memproteksi perangkat komputer perusahaan:

1. Menginstal Anti Virus

 
Perlindungan paling sederhana terhadap komputer Anda adalah dengan menginstal anti virus. Virus di sini merupakan software-software asing “jahat” yang digunakan untuk menyerang sistem komputer Anda. Biasanya, virus-virus menyerang komputer dengan mengubah atau menghapus data-data yang Anda simpan di dalam komputer sehingga tidak dapat digunakan kembali.

2 jenis virus yang berbahaya dan patut diwaspadai adalah malware dan ransomware. Virus malware bekerja dengan cara meyakinkan pengguna komputer untuk mengunduh sesuatu dan menginstalnya. Setelah itu, virus akan mendapatkan akses untuk melacak semua informasi dalam komputer, mencurinya, hingga mengirimkan sampah spam di e-mail.

Sedangkan virus ransomware bekerja dengan cara mengunci komputer serta data-data di dalamnya. Virus ini tidak akan membuka kunci sebelum Anda membayarkan sejumlah uang kepada orang yang membuatnya. Namun pada prakteknya, membayar uang tebusan masih belum menjadi jaminan bagi si peretas untuk membukakan kunci virusnya. Alhasil, Anda sudah otomatis kehilangan data.

Cara terbaik untuk mencegah terjadinya serangan virus pada komputer Anda adalah dengan menginstal anti virus. Anti virus ini berperan sebagai penjaga yang otomatis memblokir virus-virus yang hendak masuk menyusupi komputer Anda. Selain itu agar anti virus dapat bekerja secara maksimal, Anda harus rutin mengupdate anti virus pada komputer.

2. Memperbarui Software Komputer

 
Selain menginstal anti virus, langkah kedua yang efektif untuk melindungi software komputer adalah dengan memperbarui software komputer perusahaan. Cara ini merupakan tips termudah untuk memastikan bahwa software komputer Anda tidak akan mudah disusupi virus atau diretas.

Hal ini dikarenakan jenis software terbaru memiliki sistem dan fitur yang berbeda dibanding sistem lama. Otomatis para hacker tidak akan mampu menyusupi komputer Anda sebab mereka memerlukan waktu untuk mempelajari sistem software terbaru yang digunakan. Semakin sering Anda mengupdate software komputer pun akan semakin baik sebab proteksi software versi terbaru umumnya semakin canggih.

Artikel Terkait  Berapa Lama yang Kita Butuhkan untuk Membuat Aplikasi? Beda Aplikasi Tipe Cloud dan Tipe klasik

Mengedukasi Pekerja Perihal Keamanan Cyber

 
Langkah sederhana kedua untuk meningkatkan keamanan cyber di perusahaan Anda adalah dengan mengedukasi para pegawai Anda. Sebuah bisnis tentunya tidak akan sukses dijalankan seorang diri.

Bisa jadi dalam perusahaan Anda terdapat sejumlah pegawai yang turut menggunakan komputer dan jaringan internet untuk bekerja. Jadi, Anda harus memastikan semua pegawai memahami pentingnya keamanan cyber.

Edukasilah pegawai Anda dengan informasi-informasi penting seperti:

  • Tidak sembarangan mengklik link atau tautan yang asing;
  • Tidak asal mengunduh file atau aplikasi yang tidak dikenal oleh perangkat, sebab dapat berpotensi sebagai malware;
  • Tidak menjalankan pekerjaan menggunakan koneksi internet yang tidak dikenal;
  • Selalu mengupdate anti virus, software komputer, serta selalu menghapus e-mail spam.

Proses edukasi dan penanaman budaya keamanan cyber di kantor dapat meningkatkan kewaspadaan para pekerja terhadap bahaya tak kasat mata yang tengah mengintai mereka. Selain itu, melibatkan karyawan akan meningkatkan kualitas keamanan cyber perusahaan sebab ada lebih banyak orang yang turut menjaga keamanan sistem kerja perusahaan.

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Menyimpan Data secara Offline

 
Tips ketiga untuk melindungi data dari serangan hacker yang ditempuh oleh sebagian perusahaan kecil adalah beralih ke metode konvensional. Anda bisa menyimpan sebagian data, atau data yang benar-benar penting secara offline semisal pada brankas ataupun lemari perusahaan. Meskipun dirasa kuno dan agak merepotkan karena harus mengubah data dalam bentuk file hardcopy, nyatanya tak sedikit orang menempuh cara ini karena dirasa lebih aman.

Melindungi Password

 
Sistem password adalah proteksi paling dini sekaligus paling umum dipakai masyarakat untuk melindungi akun mereka. Hanya saja, sistem password masih rentan akan serangan hacker. Terlebih saat ini para hacker memiliki alat sendiri untuk membaca password dalam sekejap. Selain itu ada pula modus penipuan baru dimana para hacker mengaku sebagai perusahaan resmi (seperti Apple, Google, Instagram), dan meminta calon korban untuk memberikan password akun mereka.

Cara terbaik untuk menguatkan proteksi akun Anda adalah dengan senantiasa melindungi password yang digunakan. Beberapa cara untuk melindungi password yakni:

  • Menggunakan password yang kuat dan kombinasi yang rumit;
  • Menggunakan sistem verifikasi dua langkah;
  • Senantiasa mengganti password;
  • Membuat password yang berbeda untuk akun yang berbeda. Hindari menggunakan satu password untuk semua akun;
  • Tidak menyebarluaskan password kepada orang lain, termasuk karyawan lain di kantor yang tidak berwenang mengurus akun tersebut.

Mengenkripsi Data Penting yang Tersimpan di Cloud

 
Saat ini banyak perusahaan kecil yang ikut menyimpan data penting mereka di sistem Cloud atau penyimpanan dunia maya, seperti Dropbox. Penyimpanan di Cloud dipilih sebab dirasa lebih praktis dan hemat ruang untuk data. Namun Anda tetap harus berhati-hati saat memilih platform Cloud guna menyimpan data. Cari tahu apakah platform Cloud yang Anda pakai terjamin keamanan dan kualitasnya.

Selain itu, Anda bisa memastikan berkas perusahaan tersimpan dengan aman di Cloud dengan cara melakukan enkripsi data. Enkripsi berkas dilakukan secara manual menggunakan program-program khusus enkripsi. Dengan begini, keamanan data Anda akan lebih terjamin. Namun jangan sampai Anda ikut mengunggah kunci enkripsi ke Cloud, ya!

Demikianlah pembahasan kali ini terkait tips mengamankan sistem digital bisnis Anda dari serangan hacker. Ingatlah bahwa keamanan merupakan hal terpenting yang harus dijaga agar perusahaan Anda dapat terus berkembang dengan baik dan sukses. Sampai bertemu di artikel informatif lainnya dari kami! Have a nice weekend!

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: