APPKEY | Buat Aplikasi Android Dengan Mudah | Untuk Pemula
Buat Aplikasi Android sendiri dirumah dengan belajar secara otodidak bisa menjadi pilihan terbaik. Walaupun Anda adalah seorang pemula dalam dunia pemrograman, jika Anda belajar dengan sungguh-sungguh Anda pasti bisa.
18337
post-template-default,single,single-post,postid-18337,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Buat Aplikasi Android Dengan Mudah | Untuk Pemula

Jika Anda pernah berpikir untuk membuat aplikasi seluler tetapi memilih untuk mengesampingkan pemikiran itu karena alasan tertentu, singkirkan pemikiran itu karena sudah saatnya Anda memulai! Dengan lebih dari satu miliar aktivasi perangkat seluler smartphone setiap bulannya, platform seluler yang memberi Anda potensi maksimum jelas adalah OS Android. Buat aplikasi android dengan mudah dengan beberapa kiat-kiat berikut ini.

Jika Anda ingin tahu tentang pemrograman aplikasi Android, mengembangkan aplikasi Android atau ingin tahu lebih banyak tentang teknologi aplikasi ini. Dalam artikel ini akan akan menjawab semua pertanyaan yang Anda miliki tentang pemrograman aplikasi Android.

Buat Aplikasi Android Dengan Mudah Dengan Menguasai Bahasa Program

Jika Anda ingin membuat aplikasi Android dengan mudah, langkah pertama adalah memilih bahasa. Perbedaan antara berbagai bahasa pemrograman Android bisa sedikit rumit dan bernuansa. Memilih yang mana untuk memulai membutuhkan pemahaman tentang kekurangan dan kelebihan masing-masing Bahasa pemrograman tersebut.

Cara terbaik untuk membuat aplikasi Android dengan mudah setelah memilih Bahasa program adalah mengunduh Android Studio. Ini adalah perangkat lunak yang disebut IDE, atau Lingkungan Pengembangan Terpadu. Ini ditawarkan menjadi satu paket dengan Android SDK, yang tidak lain adalah seperangkat alat yang digunakan untuk memfasilitasi pengembangan Android.

Tutorial dan dokumentasi resmi dari Google dirujuk dalam metode ini dan Anda akan menemukan jumlah library dan kode gratis terbesar untuk membuat aplikasi android dengan mudah.

Kemudian berikut adalah bahasa pemrograman yang saat ini digunakan untuk membuat aplikasi Android:

Java

Untuk setiap pengembang aplikasi seluler di seluruh dunia, bahasa pemrograman pertama dan yang paling disukai untuk aplikasi Android adalah Java, salah satu alasannya adalah bahwa ini adalah bahasa resmi dalam membuat aplikasi Android, yang berarti itu adalah salah satu bahasa yang paling didukung oleh Google dan dipakai oleh sebagian besar aplikasi yang ada di Play Store.

Artikel Terkait  Cara Membuat Mobile Apps Dengan mudah

Java sendiri dikembangkan oleh Sun Microsystems pada tahun 1995, dan digunakan untuk berbagai aplikasi pemrograman. Kode Java dijalankan oleh mesin virtual, yang berjalan pada perangkat Android dan menginterpretasikan kode tersebut.

Sayangnya, Java juga sedikit rumit dan itu bukan bahasa yang bagus untuk dihadapi jika Anda seorang pemula. Ini adalah rintangan terbesar yang dihadapi oleh orang-orang yang berencana untuk bisa membuat aplikasi Android dengan mudah. Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dengan topik membingungkan seperti konstruktor, pengecualian null pointer, pengecualian diperiksa, dan banyak lagi. Itu tidak terlalu bisa dibaca dan Anda akan menggunakan banyak kode untuk hal-hal sederhana.

Jika Anda menambahkan Java SDK, hal-hal mungkin akan menjadi lebih rumit lagi – pembuat kode pertama kali dapat berjuang untuk mengetahui apa itu Java dan Android apa! Pengembangan menggunakan rute ini juga membutuhkan pemahaman dasar tentang konsep-konsep seperti Gradle, seperti Android Manifest dan XML bahasa markup. Ada banyak komunitas di Jawa karena alasan ini, dan juga salah satu yang paling fleksibel dan banyak digunakan.

Jadi, apakah ini bahasa pemrograman terbaik yang perlu Anda pelajari? Pasti – terutama bagi mereka yang menginginkan pengalaman pengembangan Android lengkap, menyelam ke Jawa adalah tempat terbaik untuk memulai, jika Anda bertanya kepada kami.

Bagi mereka yang khawatir tentang kode kompleks, dimungkinkan untuk bekerja sebagian besar dengan perancang dan mengikuti tutorial untuk hal yang lebih rumit. Tetapi, jika Anda seorang pemula dan Anda ingin membuat permainan, atau Anda hanya ingin mulai belajar demi belajar dan Anda ingin mendapatkan beberapa proyek yang bermanfaat, maka kami sarankan Anda mulai dengan sesuatu yang lebih mudah dan kembali ke ini setelah Anda mendapatkan lebih banyak landasan.

Kotlin

Baru-baru ini Kotlin muncul sebagai bahasa resmi “lain” untuk pengembangan Android. Beberapa spekulasi menunjukkan bahwa ini kemungkinan akan meningkatkan profil bahasa dan bahwa itu mungkin menjadi Swift berikutnya.

Sama seperti Java, Kotlin berjalan di Java Virtual Machine. Ini juga sepenuhnya dapat dioperasikan dengan Java dan tidak menyebabkan rintangan atau peningkatan ukuran file.

Perbedaan utama adalah bahwa Kotlin membutuhkan lebih sedikit kode “boilerplate”, yang berarti bahwa itu adalah sistem yang lebih ramping dan mudah dibaca. Itu juga menghilangkan kesalahan seperti pengecualian titik nol dan bahkan memaafkan Anda untuk mengakhiri setiap baris dengan titik koma. Ini adalah bahasa pemrograman yang bagus jika Anda baru belajar mengembangkan aplikasi Android untuk pertama kalinya. Dengan begitu, Anda tahu bahwa Kotlin jelas merupakan titik awal yang lebih mudah bagi pemula, dan fakta bahwa Anda masih dapat menggunakan Android Studio adalah nilai tambah yang besar. Masih tidak sesederhana untuk mengambil seperti, katakanlah, C # dengan Unity, meskipun, dan dukungan komunitas masih relatif baru. Bahkan, saat ini Anda perlu mengunduh Android Studio versi beta untuk mendapatkan dukungan out-the-box.

Tapi tetap saja, Kotlin pasti harus berada di radar Anda dan bisa menawarkan titik masuk yang lebih mudah untuk pengembangan Android yang “layak”, yang mungkin menjadi alasan mengapa Google memperkenalkannya.

Unity

Unity adalah Bahasa untuk membuat aplikasi android “game” yang artinya Bahasa ini menyediakan hal-hal seperti perhitungan fisika dan rendering grafik 3D dan IDE seperti Android Studio. Ini adalah alat open-source, yang membuatnya sangat mudah untuk membuat game sendiri, dan komunitasnya kuat, yang berarti Anda bisa mendapatkan banyak dukungan dari para pengembangnya. Dengan hanya beberapa baris kode, Anda bisa memiliki gim pada platform dasar yang biasa Anda buat dalam waktu kurang dari satu jam. Unity sangat popular dan menjadi alat yang digunakan oleh sebagian besar studio game di Google Play Store. Selain itu Bahasa unity juga bisa digunakan untuk multiplatform.

Di atas semua itu, mengembangkan dengan cara ini menyediakan cara yang sangat praktis untuk mempelajari pengkodean berorientasi objek, karena objek dalam kasus ini sebenarnya adalah objek yang paling sering.

Unity berguna untuk membuat game tetapi di bawah standar untuk membuat aplikasi Android standar, terutama jika Anda ingin menyesuaikan dengan bahasa material design Google. Jika Anda ingin menjadi pengembang Android profesional, maka rute non-standar ini akan membatasi peluang kerja Anda, kecuali jika tujuan Anda adalah menjadi pengembang game, dalam hal ini ini adalah latar belakang yang sangat relevan dan profesional.

Artikel Terkait  Bikin App Android Sendiri Dengan Mudah

C # juga dapat digunakan dengan Xamarin melalui Visual Studio. Ini mirip dengan pengembangan Android tradisional dengan keunggulan sebagai cross-platform, yang memiliki basis kode untuk Android dan iOS. Untuk pemula yang lengkap, rute ini adalah titik masuk yang agak tumpul untuk pengembangan Android – tetapi untuk perusahaan kecil yang ingin membuat aplikasi untuk iOS dan Android, masuk akal dan ada banyak dukungan dan informasi di luar sana untuk membantu Anda.

PhoneGap

Dan, opsi terakhir Bahasa pemrograman yang dapat Anda pilih untuk membuat aplikasi Android dengan mudah adalah PhoneGap.

PhoneGap diberdayakan oleh Apache Cordova dan pada dasarnya memungkinkan Anda membuat aplikasi menggunakan kode yang sama seperti yang biasa Anda gunakan untuk membuat situs web: HTML, CSS, dan JavaScript. Ini kemudian ditampilkan melalui “WebView” tetapi dikemas seperti aplikasi. PhoneGap kemudian bertindak seperti jembatan, yang memungkinkan pengembang untuk mengakses beberapa fitur dasar asli ponsel atau tablet, seperti accelerometer atau kamera.

Namun, ini bukan pengembangan aplikasi Android yang “benar”, karena satu-satunya Bahasa pemrograman nyata di sini adalah JavaScript. Bahasa JS ini akan melakukan tugas pemrograman dasar dalam pembuatan aplikasi menggunakan PhoneGap, tetapi jika Anda ingin dapat menjadi “pengembang aplikasi Android” yang sebenarnya, maka Anda harus berani memilih salah satu dari pilihan lain dalam daftar ini.

Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah Menggunakan Template

Android application

Menciptakan antarmuka pengguna yang menarik untuk aplikasi Android hampir selalu merupakan tugas yang memakan waktu, apalagi kita diharuskan untuk bisa mendukung puluhan versi Android, ukuran layar, dan kepadatan piksel. Saat ini, dengan semakin banyak pengguna yang mengharapkan aplikasi untuk mematuhi pedoman Material design, tugas tersebut bisa menjadi semakin sulit. Tapi jangan takut, kita masih bisa menggunakan template siap pakai di luaran sana dengan kualitas desain yang mumpuni.
CodeCanyon memiliki beberapa template aplikasi Android yang dapat Anda gunakan untuk memulai membuat aplikasi Android dengan mudah terutama jika Anda seorang programmer yang minus dalam hal merancang tampilan.

Di situs codecanyon ini Anda bisa mendapatkan berbagai template aplikasi dalam berbagai jenis dengan harga yang lumayan terjangkau mulai dari beberapa dollar hingga ratusan dollar. Akan tetapi harga ini layak, mengingat untuk membuat sebuah aplikasi Android yang terbilang sederhana sekalipun akan memerlukan waktu sekitar sebulanan. Dimana dengan menggunakan template Anda tidak perlu mengkhawatirkan kesulitan membuat desain, waktu maupun biaya.

Meski ini template, Anda tetap dapat menjadikannya aplikasi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda melalui proses kustomisasi.

Buat Aplikasi Android Dengan Mudah Menggunakan Jasa Perusahaan Developer

Selain kedua cara tersebut di atas, cara terakhir untuk membuat aplikasi Android dengan mudah adalah dengan menyewa perusahaan pengembang. Meski akan memerlukan biaya yang lumayan, ini adalah pilihan bijak jika Anda tidak memahami pemrograman namun ingin membuat aplikasi yang berkualitas untuk mendukung bisnis Anda.

Nah, berikut adalah 12 tips yang dapat membantu Anda dalam memilih Perusahaan pembuat Aplikasi Android yang tepat.

Lakukan penelitian menyeluruh di berbagai tempat

Tidak wajib bahwa calon developer Anda harus berasal dari lingkungan Anda.
Ini membantu dalam menghemat sejumlah besar uang dan juga memberi Anda kesempatan untuk memilih perusahaan pengembangan aplikasi android terbaik. Dengan bantuan teknologi internet, menghubungkan orang di seluruh dunia menjadi jauh lebih mudah dan tidak masalah dimana lokasi perusahaan tersebut, Anda selalu dapat menemukan mereka secara online.

Buat daftar pengembang untuk memandu Anda

Anda bisa mendapatkan dua jenis pengembang aplikasi android, yang akan mengembangkan aplikasi seluler berdasarkan kebutuhan Anda. Tipe kedua pengembang yang berbeda akan membuat pekerjaan mereka unik dan mewakili merek dan kualitas pekerjaan mereka.

Selain itu, pengembang aplikasi android yang terampil harus siap untuk memandu Anda melalui fitur, desain, teknologi, pemasaran, dan hal-hal lain yang membuat aplikasi android yang hebat. Mereka adalah orang yang mengetahui tren terbaru di android dan mereka dapat dengan mudah mengintegrasikan tren tersebut ke dalam aplikasi, bahkan jika Anda tidak menyadarinya sebelumnya.

Ketahui apa yang Anda inginkan di aplikasi seluler Android Anda

Hal pertama yang perlu Anda pahami saat ingin menyewa pengembang adalah Anda perlu mengetahui hal yang Anda inginkan di aplikasi Android Anda.

Anda perlu menguraikan dengan jelas hal yang Anda inginkan di aplikasi seluler Anda. Kemudian Anda dapat dengan mudah bekerja dengan atau menyewa pengembang aplikasi android yang dapat mengembangkan jenis aplikasi tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Cari perusahaan aplikasi android yang berpengalaman

Mengetahui pengalaman dari perusahaan tersebut akan membantu Anda untuk memilih jenis Perusahaan Pengembangan Aplikasi Android yang tepat. Dalam hal ini, Anda bisa memilih perusahaan bahkan freelancer.

Untuk perusahaan, pilihlah yang telah mengembangkan aplikasi android berkualitas di masa lalu dan tidak hanya mencari jumlah aplikasi yang telah dikembangkan perusahaan tersebut. Karena mengembangkan aplikasi Android bukanlah sesuatu yang sederhana dan terlepas dari pengetahuan subjek, hal ini memerlukan kreativitas, keterampilan khusus dan memahami audiens yang ditargetkan.

Tentukan deadline atau waktu penyelesaian

Sebagai entitas bisnis, Anda pasti memiliki strategi, sasaran pemasaran, dan tenggat waktu Anda sendiri. Pastikan Anda memilih pengembang yang dapat bekerja dalam tenggat waktu yang ketat.

Komunikasi dengan pengembang sangat penting

Apakah Anda mempekerjakan pengembang di dalam lokasi Anda atau di luar lokasi Anda, penting bagi Anda untuk memiliki sarana komunikasi yang cepat dan efisien.
Akan ada beberapa masalah yang akan Anda hadapi selama proses pengembangan aplikasi dan yang paling penting adalah memastikan bahwa pertanyaan Anda bisa dijawab oleh pengembang kapan saja. Perusahaan yang berkomunikasi dengan sangat baik juga merupakan perusahaan yang dapat diandalkan. Komunikasi berkelanjutan juga sangat penting karena proses pengembangan aplikasi android memerlukan pembaruan terus-menerus, pertanyaan pengembangan, dan saran.

Konsultasikan tentang cara membuat aplikasi menguntungkan

Secara umum, mengembangkan aplikasi Android tidak hanya untuk melihat orang-orang mengunduhnya tetapi juga sebuah platform penting yang menghasilkan pendapatan. Tidak peduli jenis aplikasi android yang dikembangkan, tujuan akhirnya adalah untuk menghasilkan pendapatan melalui itu.

Perusahaan pengembang aplikasi seluler yang berpengalaman dapat dengan mudah memberi saran tentang cara terbaik untuk menghasilkan aliran pendapatan dari aplikasi Android Anda.

Pilih kualitas daripada biaya

Mencari pengembang terbaik tidak selalu berarti Anda harus mencari yang paling mahal dan itu tidak juga berarti Anda harus memilih yang termurah.

Pastikan Anda mendapatkan nilai yang tepat untuk uang yang diinvestasikan. Dalam kebanyakan kasus, pengembang web dan perusahaan pengembangan yang lebih murah tidak memiliki kualitas, keterampilan, pengalaman, kreativitas, dan infrastruktur.

Saat membuat daftar pendek, pertama-tama tentukan perusahaan yang dapat memenuhi standar kualitas Anda dan biarkan biayanya menjadi kriteria berikutnya dalam memilih opsi terbaik yang sesuai dengan anggaran rencana awal Anda.

Efisiensi teknis pengembang

Mengembangkan aplikasi Android dan membangun situs web adalah dua hal yang berbeda. Pendekatan yang digunakan dalam mengembangkan aplikasi android berbeda dari pendekatan situs web.

Jadi, penting untuk mengevaluasi teknologi yang digunakan oleh pengembangan aplikasi Seluler dan apakah mereka memiliki keterampilan teknis untuk mengembangkan aplikasi android dan jenis platform yang ingin Anda gunakan.

Bangun hubungan jangka panjang

Seperti yang telah dinyatakan di atas, pengembangan tidak akan menjadi proses sekali pakai tetapi kerja berkelanjutan. Karenanya, Anda harus memilih pengembang yang mendorong hubungan jangka panjang dan juga menyediakan layanan dukungan android.

Memiliki tujuan dan ruang lingkup spesifik untuk aplikasi Android Anda

Karena teknologi terus berubah, tren pasar juga berubah secara bersamaan. Proyek pengembangan aplikasi android bukanlah proses satu kali tetapi Anda akan membutuhkan pembaruan dan perubahan terus menerus.

Ketika bisnis Anda berkembang, begitu pula penawaran dari aplikasi android. Ini harus dikomunikasikan dengan jelas kepada perusahaan pengembang. Bagaimanapun, mereka akan bertanggung jawab untuk membuat perubahan dan pembaruan.

Carilah perusahaan dengan sertifikasi pengkodean

Sertifikasi dan kredensial pengkodean adalah hal utama lainnya yang berbicara lebih banyak tentang kualifikasi dan keterampilan pengembang. Ini seperti afiliasi untuk menentukan apakah pengembang / perusahaan memiliki pengetahuan tentang standar pengkodean dan juga memastikan kualitas keseluruhan aplikasi Anda.

Artikel Terkait  Buat Aplikasi Online Dengan Mudah Secara Gratis

Perusahaan pengembang aplikasi android harus dapat menawarkan layanan dukungan android dan juga fokus pada persyaratan bisnis spesifik Anda dan tidak mengurangi kualitas aplikasi seluler.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang KamiKontak Kami
Pengenalan PerusahaanPengenalan Layanan
Tags: