APPKEY | Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Dengan Mudah
Cara membuat aplikasi android apakah bisa dilakukan dengan mudah? Jawabannya adalah tergantung dari kompleksitas aplikasi yang akan Anda buat, cobalah untuk membuat aplikasi sederhana terlebih dahulu.
18505
post-template-default,single,single-post,postid-18505,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Dengan Mudah

Untuk bisa membuat aplikasi Android sekalipun itu adalah aplikasi yang sederhana dan tergolong mudah, ada dua keterampilan / bahasa utama yang harus kita kuasai, yaitu: Java, XML dan pengetahuan tentang device Android itu sendiri.

Java adalah bahasa yang digunakan dalam Android, tetapi untuk membuat aplikasi Android keterampilan yang kita kuasai harus mencakup XML untuk desain aplikasi, konsep-konsep Android, dan menggunakan konsep-konsep secara terprogram dengan Java.

XML (XML benar-benar mudah digunakan, dan Anda harus mempelajari Bahasa ini saat Anda memprogram aplikasi Anda daripada mempelajarinya sebelumnya seperti yang Anda lakukan pada Bahasa Java).

Setelah Anda mempelajari Java dan XML, kita perlu mempelajari cara menghubungkan keduanya menggunakan Android dasar.

Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah

Berbicara tentang bagaimana cara membuat aplikasi Android sederhana dengan mudah sebenarnya adalah hal yang relatif. Karena ini berhubungan dengan minat kita terhadap suatu pembelajaran. Jadi bisa dibilang langkah pertama untuk bisa membuat aplikasi Android adalah kita harus “berminat”. Setelah itu baru masuk ke langkah-langkah teknis. Apa saja hal-hal teknis tersebut?

Cara membuat aplikasi android step 1: Siapkan IDE

Android Studio dan Eclipse adalah IDE, atau bisa desebut juga Lingkungan Pengembangan Terpadu. Anda dapat membuat kode Java menggunakan program lain (eclipse / android studio) untuk menjalankannya, bagi pemula bisa menggunakan IDE ini untuk salah satu tool dan cara membuat aplikasi untuk android sederhana dengan mudah.

Ada dua lingkungan pengembangan terintegrasi utama (IDE) untuk Android. IDE adalah program utama tempat Anda menulis kode dan menggabungkan aplikasi Anda. Ini dapat membantu Anda mengatur dan mengedit berbagai file di aplikasi Anda, mengelola paket-paket dan pustaka pendukung yang dibutuhkan aplikasi Anda , dan mengujinya di perangkat nyata atau emulator.

IDE default untuk Android adalah Eclipse. Eclipse memungkinkan Anda untuk memodifikasi file Java dan XML dan mengatur berbagai bagian aplikasi Anda, di antara banyak tugas lainnya. Versi yang Anda dapatkan dari Google juga mencakup manajer paket yang memungkinkan Anda memperbarui ke versi terbaru alat Android segera setelah Google merilisnya.

Artikel Terkait  Buat Aplikasi Android Sendiri Dengan Mudah dan Cepat

Alternatif utama lainnya adalah Android Studio, yang saat ini dibuat langsung oleh Google. Seperti banyak proyek Google, Android Studio adalah bagian dari beta yang berkepanjangan. Rencana jangka panjang mereka adalah membuat Android Studio menggantikan Eclipse sebagai IDE utama untuk pengembangan Android. Tapi bukan berarti semua orang yang ingin tahu cara membuat aplikasi android harus menggunakan IDE tersebut. Misalnya, jika Anda perlu menggunakan Native Development Kit untuk aplikasi seperti game (petunjuk: jika Anda membutuhkannya, Anda mungkin sudah tahu Anda membutuhkannya), Eclipse bisa digunakan. Namun, Android Studio adalah pilihan yang baik jika Anda baru mulai belajar cara membuat aplikasi android.

Tidak peduli IDE mana yang Anda pilih, menggunakannya sedikit bantuan alat lain seperti Photoshop Anda akan bisa melakukan banyak hal keren, tetapi Anda mungkin hanya akan mempelajari masing-masing alat saat Anda membutuhkannya. Namun, ini juga merupakan tempat yang baik untuk memulai beberapa dasar membuat aplikasi Android. Berikut adalah beberapa tutorial dan sumber daya yang bagus untuk membantu Anda memulai untuk belajar:

  • Udacity: mereka memiliki kelas online 8 minggu yang banyak memberikan pembelajaran gratis, yang diajarkan langsung oleh para insinyur Google. Kursus ini tidak hanya menyalin-rekatkan kode, tetapi ini akan membantu Anda mempelajari beberapa konsep inti dan fitur yang Anda perlukan.
  • Pelatihan Pengembang Android: Merupakan bagian dari dokumentasi Google mencakup tutorial pelatihan tentang cara menggunakan alat-alatnya. Dokumen-dokumen ini akan memandu Anda melalui fitur-fitur dasar IDE. Jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman dalam mengembangkan aplikasi, ini mungkin tidak mengubah Anda menjadi master dev, tetapi ini akan membantu Anda mempelajari alat-alatnya.
  • Vogella: Sebaiknya gunakan juga tutorial dari Vogella di hampir setiap bagian proses belajar Anda. Kumpulan tutorial mereka cukup lengkap mencakup hampir semua yang dapat Anda perlukan. Jika Anda memiliki pertanyaan dasar yang tidak tercakup pada tutorial lainnya, coba saja cek di Vogella.

Cara membuat aplikasi android step 2: ADB

Kita telah berbicara tentang ADB sebelumnya dari sudut pandang pengguna biasa, tetapi tujuan utama alat ini adalah untuk membantu pengembangan. Bisa dibilang, ini termasuk dalam Android SDK. Anda dapat menggunakan ini untuk memuat perangkat lunak atau membuat perubahan pada perangkat Anda ketika dicolokkan ke komputer Anda. Berikut adalah beberapa alat dasar yang dapat Anda gunakan pada ADB, tetapi jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut sebagai pengembang, lihat ini:

  • Dokumentasi ADB: Ini adalah sumber daya utama dari Google tentang apa ADB itu dan bagaimana cara kerjanya. Anda dapat menemukan sebagian besar kelebihan ADB di sini.
  • Vogella – Menggunakan Android Debug Bridge: Tutorial Vogella yang lain, tutorial ini membahas dasar-dasar bagaimana ADB bekerja dan beberapa hal umum yang dapat Anda lakukan dengannya. Jika Anda tidak ingin menggali melalui dokumentasi Google untuk satu perintah yang Anda butuhkan, ini mungkin tempat yang baik untuk memulai.

Cara membuat aplikasi android step 3: Baca pedoman pengembang

Kita juga sudah membahas beberapa sumber daya dari Pedoman Pengembang Android resmi sejauh ini, yang hanya membuktikan betapa bergunanya mereka. Google menyimpan koleksi dokumentasi dan sumber daya yang luas untuk cara membuat aplikasi android yang dapat Anda jadikan rujukan atau cari.

Jika Anda baru mengenal pengembangan Android, tidak ada salahnya untuk menelusuri beberapa tutorial dan panduan ini. Mereka ditata sedemikian rupa sehingga bisa saling berhubungan antara yang satu dengan yang lain. Berikut adalah beberapa bagian yang layak disikat jika ingin mempelajari cara membuat aplikasi Android.

  • Layanan Google: Kami telah berbicara tentang Layanan Google Play sebelumnya, tetapi disinilah Anda bisa melihat apa yang terjadi di bawah tenda. Google menawarkan berbagai fitur yang mungkin harus Anda bangun sendiri seperti fitur peta dan lokasi, cadangan cloud, layanan login, dan lainnya. Anda dapat memeriksa semuanya di sini.
  • Panduan API: Layanan Google dipisahkan dari API reguler, yang juga dapat Anda baca di sini. Mulai dari kode untuk membuat animasi dasar, untuk membaca sensor dan menghubungkan ke internet. Ada banyak info di sini untuk menambahkan fungsionalitas ke aplikasi Anda.
  • Contoh Kode: Kadang-kadang ini sangat membantu untuk melihat bagaimana orang lain melakukannya sebelum Anda. Bagian ini menunjukkan kepada Anda contoh kode untuk berbagai fungsi. Ini dapat membantu Anda melihat cara sesuatu berfungsi, atau cukup menggunakannya di aplikasi sehingga Anda tidak perlu membuatnya kembali.

Cara membuat aplikasi android step 4: Baca pedoman desain android

Mitra dari pedoman pengembang adalah Pedoman Desain. Google semakin fokus untuk mengajarkan pengembangnya cara membuat aplikasi yang tidak hanya berfungsi dengan baik tetapi juga terlihat bagus. Dengan demikian, berarti banyak pekerjaan Anda telah dilakukan telah dilakukan oleh Google seperti dari yang bersifat dasar-dasar seperti tombol, animasi sederhana, dan yang lainnya.

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi iOS Pertama Anda

Tempat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang ini adalah Pedoman Desain Android, yang merupakan sub bagian utama kedua dari dokumentasi resmi Google. Perlu diingat bahwa ini ada di sini untuk orang-orang yang mungkin tidak memiliki pemahaman yang baik tentang desain visual yang berkaitan dengan pembuatan antarmuka aplikasi. Dengan kata lain, jika Anda sudah tahu seperti apa tampilan aplikasi Anda, Anda mungkin tidak membutuhkan ini. Jika Anda sudah tahu seperti apa aplikasi Anda tetapi Anda tidak pandai membuat aplikasi terlihat bagus, lihat ini.

Berikut adalah daftar beberapa bagian yang bermanfaat untuk Anda mulai membuat desain:

  • Perangkat: Android menargetkan lebih dari sekadar ponsel. Bagian ini akan membantu Anda mempelajari bagaimana semua ponsel, tablet, TV, dan jam tangan saling berhubungan dan bagaimana Anda dapat mendesain antarmuka yang sesuai dengan semua perangkat itu.
  • Pola: Android dibangun di atas antarmuka terstruktur. Bagian ini mengajarkan blok bangunan tentang cara kerja aplikasi sehingga Anda dapat merancang kerangka kerja yang akan Anda bangun desainnya.
  • Dokumentasi Material desain: Ini secara teknis merupakan bagian yang terpisah untuk saat ini, tetapi Google Android versi terbaru akan memperkenalkan jenis bahasa desain baru yang disebut Material Design. Di sini Anda dapat membaca dengan teliti apa artinya itu dan bagaimana memikirkan desain aplikasi yang sesuai dengan pedoman ini. Ini juga membantu jika Anda tidak berpengalaman dengan pemikiran tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi, bahkan jika Anda tidak mengikuti rekomendasi spesifik.

Cara membuat aplikasi android step 5: GitHub / BitBucket

Saat Anda mengembangkan aplikasi, ada banyak file untuk dikelola dan Anda akan membutuhkan cara untuk melacak perubahan. Git adalah salah satu protokol yang paling umum digunakan untuk mengelola versi baru atau perubahan pada perangkat lunak yang ada. Seharusnya, ini sedikit lebih rumit daripada alat cadangan dasar. Cukup fleksibel untuk memungkinkan Anda mengelola beberapa cabang aplikasi yang berbeda serta menariknya dari versi lama jika terjadi kesalahan.

Dua layanan paling umum untuk mengelola proyek dengan Git adalah Github dan Bitbucket. Keduanya menggunakan protokol dasar yang sama dan dapat diintegrasikan langsung ke Eclipse atau Android Studio. BitBucket memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa repository pribadi tanpa membayar uang, sementara penawaran gratis GitHub mengharuskan mereka untuk didaftar publik kecuali Anda membayar sedikit tambahan. Berikut beberapa sumber yang dapat membantu Anda mulai menggunakan Git:

  • Panduan BitBucket: Atlassian, pembuat BitBucket , memiliki serangkaian panduan tentang cara memulai dengan BitBucket dan mengimpor proyek Anda di sini. Dalam menggunakan BitBucket dan GitHub, layanan ini dan panduan ini jauh lebih mudah digunakan bagi pemula.
  • Panduan GitHub: GitHub juga memiliki beberapa tutorial tentang cara mengatur layanannya yang dapat Anda temukan di situs mereka. Beberapa panduan merujuk ke versi perangkat lunak yang lebih lama dalam beberapa kasus, tetapi secara umum Anda dapat menjalankan dan menggunakannya dengan baik.
  • Vogella Git: Vogella memiliki tutorial hebat lainnya yang menjelaskan apa itu Git itu sendiri dan bagaimana Git dapat membantu Anda mengelola seluruh proyek Anda. Meskipun manajemen versi adalah fungsi utama Git, ada banyak hal lain di sini yang dapat dipandu Vogella.

Waktu Untuk Membuat Aplikasi Android

Di perusahaan kami PT APPKEY, waktu yang diperlukan untuk pengembangan satu aplikasi mobile adalah minimal 1 bulan untuk aplikasi dengan system yang tergolong sederhana hingga menengah.

Waktu akan berlalu begitu saja ketika kita benar-benar membuat aplikasi sendiri, karena menyelesaikan masalah kecil, seperti menyimpan data, butuh beberapa saat untuk sepenuhnya memahami materi apalagi itu adalah hal baru.

Jadi jika ada yang bilang bahwa ada cara membuat aplikasi android yang mudah, itu tidak sepenuhnya benar. Ya, meskipun di luaran sana mungkin masih ada platform yang bisa memberikan cara untuk membuat aplikasi android yang mudah.

Tempat Yang Bagus Untuk Mencari Cara Membuat Aplikasi Dengan Mudah

Menurut saya Google atau internet selalu bisa memberi jawaban atas pertanyaan bagaimana cara membuat aplikasi android atau pertanyaan lainnya tentang apapun itu seperti yang kami sebutkan di atas tadi, yang sering terjadi karena teknologi untuk pengembangan aplikasi mobile sangat cepat berubah dan berkembang. Hasil paling atas yang banyak dibahas biasanya Stack Overflow.

Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Mudah Untuk Bisnis Anda

Mari kita mulai dengan yang jelas. Pelanggan Anda ada di seluler. Apakah di saku mereka atau digenggam erat di tangan mereka, ponsel mereka selalu bersama mereka. Menurut Bloomberg Business, orang menghabiskan hampir 3 jam sehari untuk smartphone atau tablet mereka.

Dan biasanya mereka paling sering menggunakan Android. Bahkan, pelanggan Android berjumlah 51,5% dari populasi masyarakat di Amerika Serikat. Jadi sudah jelas bahwa untuk dapat terhubung dengan pengguna tersebut adalah dengan cara membuat aplikasi mobile nya tentu saja.

Namun berlawanan dengan hal yang sudah disebutkan di atas, untuk aplikasi yang tidak terlalu rumit Anda tidak perlu menyewa pengembang atau menghabiskan puluhan juta Rupiah untuk membuat aplikasi untuk bisnis Anda. Anda bahkan tidak perlu tahu satu baris kode pun. Anda dapat dengan mudah membuat aplikasi Android dengan menggunakan platform app builder.

Cara Membuat aplikasi Android dengan menggunakan app builder biasanya dimulai dengan mengklik tombol, “Buat Aplikasi Saya” Setelah itu, Anda akan dibawa melalui proses langkah-demi-langkah cepat untuk membangun aplikasi. Anda akan menamainya, pilih jenisnya: bisnis, restoran, lembaga pendidikan, blog, aplikasi acara …, lalu masukkan halaman Facebook atau situs web Anda.

Setelah Anda melakukan ini, platform akan membangun aplikasi dasar dengan fitur yang didasarkan pada konten yang Anda masukkan. Jika Anda tidak memiliki halaman Facebook atau situs web, jangan khawatir, Anda masih bisa membuat aplikasi dari awal.

Setelah dibuat, aplikasi Anda bisa disesuaikan dengan bisnis Anda dengan menambahkan fitur yang Anda inginkan.

Selain fitur, Anda dapat memilih tema, latar belakang, skema warna, navigasi, dan banyak lagi. Dan jika Anda ingin memberikan sentuhan pribadi ekstra, Anda dapat menyesuaikan ikon, logo, fitur, dan latar belakang Anda sendiri dengan mudah.

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi Android Berbasis Web Dengan Mudah

Salah satu manfaat besar menggunakan platform app builder adalah mereka selalu memberikan dukungan, tips, dan panduan untuk Anda

Aplikasi Android membantu Anda menjangkau lebih banyak pengguna, menjual lebih banyak produk, dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda. Dan dengan lebih dari 50% orang di dunia mengklaim sebagai pecinta Android, oleh karena itu Anda punya banyak alasan untuk terjun lebih dulu ke pasar Android. Tapi pertama-tama, Anda perlu aplikasi.

Mengembangkan untuk Android jauh lebih dari sekadar menempatkan coding Java dalam editor teks. Jika Anda memiliki sedikit pengalaman dengan menulis kode tetapi belum terjun terlebih dahulu ke pengembangan aplikasi yang sebenarnya, ada banyak hal yang mungkin belum Anda sadari. Berita baiknya adalah, Anda bukan orang pertama yang menempuh jalan ini. Tapi apabila Anda ingin segera memulai mengembangkan aplikasi yang berkualitas baik menggunakan jasa pengembang dalam membuat aplikasi untuk bisnis Anda.

Kami PT APPKEY menyediakan jasa pembuatan aplikasi Android maupun iPhone untuk membantu Anda meningkatkan performa bisnis Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang juga sehubungan dengan cara membuat aplikasi untuk android dengan mudah untuk bisnis Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang KamiKontak Kami
Pengenalan PerusahaanPengenalan Layanan
Tags: