APPKEY | Cara Membuat Aplikasi Bisnis Dengan Mudah
Cara membuat aplikasi bisnis sederhana dengan mudah. Informasi ini akan membantu Anda untuk belajar membuat aplikasi sederhana.
18655
post-template-default,single,single-post,postid-18655,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Cara Membuat Aplikasi Bisnis Dengan Mudah

Apakah Anda adalah salah satu wirausahawan yang berhasil membangun sebuah bisnis yang sukses? Ataukah bisnis yang Anda miliki masih dalam tahap pengembangan? Apapun itu, bahkan bisnis yang kecil sekalipun memiliki potensi yang tinggi untuk berada di puncak. Sebaliknya, bagaimana suksesnya usaha Anda saat ini, tetaplah harus dilakukan manajemen yang tepat dan akurat agar mampu mempertahankan posisi ketika sudah berada di titik puncak.

Apakah sebelumnya, Anda pernah mempromosikan bisnis lewat aplikasi mobile? Jika belum, maka Anda wajib mencobanya, karena melalui perantara aplikasi bisnis berbasis mobile, para pelanggan akan dimudahkan dalam bertransaksi, masyarakat pun jadi mengenal brand bisnis Anda, usaha Anda menjadi terkenal hingga dapat meningkatkan penghasilan.

Bagaimana caranya untuk memiliki aplikasi bisnis sendiri? Ada dua cara untuk mendapatkannya, yakni dengan memesannya di jasa profesional pembuat aplikasi bisnis dan Anda bisa membuatnya sendiri.

Bagaimanapun bisa membuat aplikasi sendiri sepertinya terdengar mudah dan tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar jasa developer. Jika Anda ingin mencoba untuk membuat aplikasi Anda sediri dengan mudah, berikut ini adalah beberapa tool yang bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi mobile secara offline.

Cara Membuat Aplikasi Bisnis Sendiri

Biasanya mereka yang berkeinginan untuk membuat aplikasi bisnisnya sendiri merupakan orang-orang yang ingin belajar mencoba kemampuannya dalam membuat aplikasi, sekaligus tipe orang yang memang berniat untuk menghemat biaya pengeluaran perusahaan. Lantas, bagaimana solusi terbaik bagi Anda jika hendak membuat aplikasi bisnis sendiri, namun belum paham tentang coding?

Bagi pemula seperti Anda, langkah yang paling tepat bisa dilakukan dengan cara membuat aplikasi bisnis dengan menggunakan tool pembuat aplikasi bisnis tanpa coding. Selain bisa membuat aplikasi bisnis sesuai dengan keinginan, Anda pun bisa mengembangkan dan memodifikasi aplikasi sesuka hati, sehingga Anda pun bisa menonjolkan kelebihan aplikasi yang telah dibuat.

Artikel Terkait  Cara Membuat Aplikasi Website Sederhana

Walaupun ingin membuat aplikasi bisnis dengan berbekal tool pembuat aplikasi tanpa coding, namun tetap saja Anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Sebab, beberapa persiapan berikut ini juga merupakan cara membuat aplikasi bisnis sendiri dengan hasil yang optimal.

Tentukan Tujuan Anda

Ketika berpikir hendak membuat aplikasi bisnis sendiri, lantas apa saja yang menjadi tujuan awal Anda? Jika yang menjadi tujuan Anda adalah untuk memiliki masa depan perusahaan yang lebih baik, yakni dengan menarik minat banyak pelanggan agar meningkatkan prospek penghasilan, maka Anda harus membuat aplikasi bisnis yang begitu fleksibel bagi penggunanya.

Buat Konsep Mendetail

Supaya bisa membuat aplikasi yang sesuai tujuan dan keinginan Anda, maka Anda harus buat konsepnya terlebih dahulu. Usahakan agar membuat konsep secara detail, karena itulah yang akan dijadikan sebagai acuan ketika Anda membuat aplikasi bisnis sendiri. Hal-hal yang bisa di konsep, meliputi: tampilan desain, kelengkapan fitur, layanan pengguna dan lain sebagainya.

Pilih Tool Terbaik

Ada banyak pilihan tool pembuat aplikasi bisnis tanpa coding yang bisa Anda pilih untuk digunakan. Pastikan Anda memilih tool yang terbaik, sekaligus yang mudah untuk digunakan.

Cara Membuat Aplikasi Bisnis Dengan Mudah

Keberadaan dari tool pembuat aplikasi bisnis secara online yang dapat digunakan tanpa coding sebenarnya merupakan solusi yang paling tepat bagi para pemula. Apalagi ada banyak pilihan tool yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi mobile bisnis sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang mana, beberapa kumpulan cara membuat aplikasi bisnis mudah tanpa coding, dapat Anda lihat di sini:

Melalui Parallel Space

Dengan menggunakan Parallel Space, Anda bisa membuat aplikasi bisnis OS Android melalui smartphone. Caranya bisa dilakukan dengan memodifikasi aplikasi-aplikasi yang sebelumnya sudah terinstall di dalam Parallel Space. Dalam tool ini, Anda hanya akan diminta untuk membuat cloning aplikasi dan hanya tinggal mengganti tampilan desain tersebut sesuai dengan keinginan. Adapun tutorialnya, meliputi:

  • Pastikan bahwa Anda telah mendownload dan menginstall aplikasi Parallel Space di dalam smartphone Android.
  • Kemudian, Anda diharuskan untuk mendownload berbagai pilihan tema Parallel Space yang disediakan pada Google Play Store, yakni untuk mencarinya tinggal tuliskan saja “parallel space theme”.
  • Bukalah aplikasi Parallel Space, lalu Anda akan diminta untuk membuat cloning melalui aplikasi yang digunakan.
  • Lanjutkan dengan membuka tema Parallel Space yang dipilih, lalu tekan Aktifkan untuk mulai memasang tema tersebut di dalam aplikasi yang hendak dibuat.
  • Jangan lupa untuk memastikan bahwa ikon aplikasi yang telah Anda cloning berubah.
  • Berikutnya, coba jalankan aplikasi tersebut, pastikan Anda telah memiliki aplikasi bisnis dengan tampilan tema yang sesuai dengan keinginan.

Sangat mudah sekali kan? Apalagi di penggunaan Parallel Space memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  • Ukuran aplikasi yang dihasilkan terbilang ringan, karena hanya berukuran 2 MB saja.
  • Tampilan aplikasi yang dibuat nantinya akan user friendly dan lebih mudah dimengerti oleh para pengguna.
  • Parallel Space telah memiliki didukung oleh hampir seluruh aplikasi yang ada di Google Play Store untuk dikloning.
  • Penggunaan Parallel Space tidak membutuhkan akses root, sehingga menjadi lebih mudah.

Melalui iBuildApp

Ketika Anda sudah membulatkan tekad untuk membuat aplikasi bisnis sendiri, maka situs iBuildApp dapat dijadikan pilihan. Selain dapat diakses secara online dan tanpa perlu coding, situs ini menyediakan puluhan template yang menarik. Dengan kata lain, Anda hanya tinggal mengisi komponen dari template yang dipilih. Selengkapnya, bisa disimak di bawah ini:

  • Anda harus membuka situs iBuildApp, yakni di ibuildapp.com. Kemudian klik Create an App. Untuk mengaksesnya, Anda lebih disarankan menggunakan browser PC untuk mendapatkan pengalaman membuat aplikasi via iBuildApp yang lebih baik.
  • Selanjutnya, Anda akan dibawa pada laman yang berisi beragam pilihan template desain aplikasi Android secara gratis, sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Pilih salah satu, kemudian klik create.
  • Untuk melakukan proses selanjutnya, Anda harus mendaftar, salah satunya bisa dilakukan dengan memilih opsi Sign Up with Facebook.
  • Jika sudah berhasil melakukan registrasi, Anda akan diminta untuk mendesain aplikasi, yakni dengan mengedit halaman aplikasi, layout, desain dan lainnya. Kemudian, Anda tinggal klik Publish to App Store untuk melanjutkan.
  • Secara otomatis, aplikasi yang telah Anda buat akan di-publish dan ditayangkan pada toko aplikasi milik iBuildApp. Dari sini, Anda juga mendapatkan tautan yang bisa dibagikan di berbagai sosial media.
  • Untuk mulai mendownload atau mengunduh, Anda hanya tinggal klik tautan tersebut. Lalu akan disediakan opsi untuk mendownloadnya.
  • Lanjutkan dengan download dan instal aplikasi yang telah Anda buat.

Melalui AppsGeyser

Cara membuat aplikasi bisnis dengan mudah selanjutnya bisa Anda lakukan melalui AppsGeyser. Sama dengan iBuild App, AppsGeyser juga merupakan situs pembuat aplikasi secara online tanpa coding. Untuk membuat aplikasi melalui AppsGeyser, maka Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka dan masuk ke AppsGeyser, yakni melalui situs appgeyser.com. Agar lebih mudah menggunakannya, disarankan untuk mengaksesnya melalui browser PC.
  • Ketika masuk pada halaman pertama, maka pilihlah tombol Create New for Free.
  • Berikutnya, Anda akan diberikan beberapa opsi dan pilihan template yang akan gunakan.
  • Setelah aplikasi selesai dibuat, masukan tautannya dan tekan “Go” agar pihak AppsGeyser dapat mempublikasikan aplikasi tersebut.
  • Lanjutkan dengan scroll ke bagian bawah, agar Anda bisa memilih warna tema aplikasi yang dibuat. Lalu klik Next.
  • Masukkan nama aplikasi sekaligus deskripsi yang akan Anda buat, kemudian pilih Next.
  • Masukkan ikon atau logo aplikasi Anda (bisa diambil dari AppsGeyser atau Anda bisa membuatnya sendiri).
  • Kemudian, Anda tinggal pilih klik Create, namun Anda akan diminta untuk login.
  • Publikasikan aplikasi bisnis Anda melalui Google Play Store agar dapat digunakan oleh para pengguna.

Cara Membuat Aplikasi Bisnis Dengan Tool Lain

Selain menggunakan ketiga tool pembuat aplikasi bisnis secara online di atas, Anda juga bisa menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini. Yang mana, penggunaannya juga terbilang mudah, karena Anda hanya akan diminta untuk melakukan pendaftaran dan Anda dapat membuat aplikasi berdasarkan template yang telah disediakan. Berikut ini adalah pilihan toolnya:

MIT App Inventor

MIT App Inventor merupakan sebuah situs yang dirilis dan kembangkan oleh alumni MIT. Dengan situs ini, Anda bisa menciptakan aplikasi bisnis sesuai dengan keinginan. Di dalam MIT App Inventor telah disediakan berbagai pilihan template layout yang memudahkan pekerjaan Anda dalam membuat aplikasi.

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi iOS Pertama Anda

Selain itu, Anda tinggal memilih opsi Create an App untuk memulai membuat proyek aplikasi. Kemudian, Anda hanya perlu untuk melakukan click and drag elemen serta menambahkan komponen lain yang sekiranya dibutuhkan.

Appery.io

Berikutnya adalah Appery.io, yakni salah satu situs yang menawarkan pengembangan aplikasi mobile enterprise dengan backend service dan sekaligus mempunyai banyak plugin API. Situ ini juga cukup dikenal oleh para aplikasi developer di dunia. Selain tersedia dalam versi gratis, Appery.io juga menyediakan beberapa paket berbayar. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?

AppMachine

Untuk membuat aplikasi bisnis, Anda juga bisa mengandalkan situs AppMachine. Berbeda dengan situs pembuat aplikasi secara online lain, yang hanya bisa membuat aplikasi berbasis Android. AppMachine bisa digunakan untuk membuat aplikasi berbasis Android dan iOS dengan tampilan profesional serta menarik.

Selain itu, AppMachine juga menyediakan interface atau antarmuka dengan mengusung konsep drag and drop yang telah dikombinasikan dengan beragam building block. Dengan demikian, Anda bisa menikmati setiap fitur yang telah disediakan oleh AppMachine dengan sekali melakukan registrasi.

Sebenarnya, selain nama-nama tool pembuat aplikasi bisnis secara online yang telah disebutkan di sini, masih ada banyak lagi tool lain yang bisa Anda gunakan. Nah, dari beberapa tool tersebut, manakah yang akan menjadi pilihan Anda?

Sebelum memutuskan pilihan, sebaiknya ketahui juga ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi yang dibuat dari tool pembuat aplikasi secara online tanpa coding tersebut. Berikut Ulasannya!

Cara Membuat Aplikasi Bisnis Sendiri dan Konsekuensinya

Dalam membuat aplikasi bisnis tanpa coding melalui tool atau situs online memang sangatlah mudah untuk dilakukan. Sebab, Anda hanya diminta untuk melakukan pendaftaran dan melengkapi form-form yang telah disediakan. Walaupun demikian, membuat aplikasi bisnis dengan berbekal aplikasi, tool maupun situs pihak ketiga, membuat Anda harus menanggung apa yang menjadi konsekuensinya. Pasalnya, nantinya akan ada beberapa kekurangan yang dapat merugikan Anda selaku pihak pembuat aplikasi.

Kelebihan

  • Tampilan user interface mudah dan gampang dimengerti oleh para pemula.
  • Anda bisa memilih sendiri template dan kategori aplikasi yang akan dibuat.
  • Tanpa perlu coding (bahasa pemrograman) karena hanya perlu untuk melakukan click and drop saja.
  • Gratis, karena tanpa perlu membayar

Kekurangan

  • Tampilannya akan terkesan membosankan, karena pilihannya memang cukup terbatas.
  • Aplikasi yang Anda buat akan memiliki banyak bug, sehingga tidak bisa memiliki pengembangan yang baik.
  • Aplikasi yang Anda buat akan lebih rawan tersusupi oleh virus maupun malware oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Aplikasi yang Anda buat akan sepi peminat karena dianggap kurang menarik dan kurang fungsional.

Intinya, membuat aplikasi dengan aplikasi maupun situs online tanpa coding merupakan hal yang mudah, sekaligus menjadi rekomendasi terbaik untuk pemula. Hanya saja, penggunaannya akan lebih cocok dijadikan sebagai ajang pembelajaran dan untuk mengembangkan kemampuan saja, karena aplikasi yang bisa dihasilkan hanyalah berupa aplikasi sederhana dan masih memiliki banyak kekurangan.

Nah, jika Anda memutuskan membuat aplikasi dengan tujuan serius, terlebih lagi untuk urusan bisnis, maka lebih baik jika Anda menggunakan jasa profesional yang pasti mampu memenuhi kebutuhan Anda dalam hal pengembangan aplikasi.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang KamiKontak Kami
Pengenalan PerusahaanPengenalan Layanan
Tags: