Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Cara Membuat Aplikasi Website Sederhana
Cara membuat aplikasi website sederhana tanpa coding yang kami rangkum berikut ini bisa Anda coba praktekan. Simak cara pembuatan aplikasi web berikut.
18783
post-template-default,single,single-post,postid-18783,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
membuat-web

Cara Membuat Aplikasi Website Sederhana

Selain mencari cara untuk membuat aplikasi mobile, pengguna internet juga mencari informasi mengenai cara membuat aplikasi website. Hal tersebut disebabkan karena untuk membuat website, seseorang setidaknya harus mengetahui seluk beluk platform yang dipergunakan dan bahasa pemrograman.

Karena itu, akan sulit bagi pemula yang tertarik dengan aplikasi website untuk membuat website tersebut. Namun, dengan adanya banyak informasi di internet, Anda bisa mencari caranya dengan mudah dan kemudian mengaplikasikannya.

Butuh ketekunan dan niat yang kuat untuk belajar membuat aplikasi website. Hal tersebut bukan karena susah namun bisa dibilang agak rumit terutama untuk orang yang baru pertama kali belajar bahasa pemrograman.

Berikut ini cara untuk membuat aplikasi website yang sederhana bahkan diantaranya dapat Anda lakukan tanpa harus menggunakan coding yang bisa langsung Anda praktekkan agar Anda dapat membuat aplikasi yang Anda inginkan. Simak selengkapnya!

Cara Membuat Aplikasi Website


web-design

Semakin berkembangnya aplikasi website, semakin banyak pula yang menggunakan aplikasi tersebut. Ada beberapa keunggulan yang dapat Anda peroleh saat Anda memiliki aplikasi website. Beberapa diantaranya adalah:

Mudah untuk Dikembangkan


Jika dibandingkan dengan software, maka aplikasi website saat ini lebih terkenal. Hal ini tidak lain tidak bukan adalah karena aplikasi website mudah untuk dikembangkan. Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman yang Anda kuasai misalnya dengan menggunakan HTML.

Mudah untuk Diakses


Orang yang memiliki aplikasi website lebih mudah untuk mengakses informasi yang ada diperusahaan. Misalnya untuk mencari nama dari pegawai yang ada di kantor tersebut dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan perusahaan tempat bekerja.

Pengaturan Server yang murah


Sistem yang dipergunakan pada aplikasi website adalah sistem terpusat. Sistem tersebut memiliki inti untuk memperbarui program dengan menggunakan atau lewat 1 server saja. Sehingga jika pun Anda menambahkan data yang terlalu banyak sehingga menyebabkan server tidak kuat, maka Anda hanya perlu menambah kapasitasnya saja.

Menyajikan Informasi yang Mudah untuk Dibagikan


Dengan menggunakan sistem server yang terpusat tersebut juga memudahkan Anda untuk dapat membagi suatu informasi ke siapa saja yang menggunakan sistem tersebut. Sehingga untuk membagi suatu informasi, Anda bisa melakukan pembaharuan di bagian server.

FLeksibel


Jika biasanya aplikasi seperti Android atau iOS hanya dapat dipergunakan di platform tertentu, maka dengan menggunakan aplikasi website Anda tidak perlu khawatir tentang itu. Anda tetap bisa menggunakan atau mengakses aplikasi website di platform atau sistem operasi yang berbeda. Misalnya dari linux.

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi Android Toko Online Yang Menarik

Selain itu, tampilan dari website juga akan menyesuaikan lebar tidaknya suatu ukuran dari device. Misalnya tampilan untuk laptop dan netbook tidak memiliki perbedaan walaupun ukuran layarnya berbeda. Dengan begitu, akan lebih membuat nyaman orang yang membuka website tersebut.

Dasar dan Cara membuat Aplikasi Website


Sebelum membuat aplikasi web, maka setidaknya Anda harus tahu cara membuat aplikasi website dengan menggunakan coding (bahasa pemrograman). Minimal tahu alurnya terlebih dahulu agar nanti ketika Anda membuat aplikasi website tersebut, Anda tidak bingung apa yang harus dikerjakan dan mengakibatkan aplikasi website menjadi sulit untuk dipahami.

Anda bisa mencoba untuk membuat suatu aplikasi yang memiliki fitur CRUD atau create reset update delete. Dengan adanya fitur tersebut, maka Anda akan dapat melakukan resep, menciptakan, memperbarui dan menghapus data hanya dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Sebelum melakukannya, maka Anda harus mempersiapkan software atau perangkat lunak dan bahasa pemrograman. Diantaranya yaitu:

HTML


Hypertext Markup Language yang merupakan bahasa pemrograman yang berfungsi untuk membuat halaman website. Selain itu, HTML juga biasanya digunakan untuk menampilkan informasi di website dan menghasilkan tampilan yang dapat terintegrasi.

JavaScript


Bahasa pemrograman ini biasanya ada di bagian web browser yang memungkinkan Anda untuk bisa menampilkan halaman dari HTML agar terlihat lebih menarik dan dinamis.

CSS


Rules yang dipergunakan untuk memberikan sentuhan atau style untuk aplikasi yang akan dikembangkan.

Jquery


Fungsinya adalah mempermudah penggunaan JavaScript.

Twitter Bootstrap


Untuk membantu Anda agar mendapatkan tampilan website yang lebih responsif.

Web Browser


Sebagai media untuk membuka aplikasi website yang dibuat. Anda bisa memilih untuk menggunakan safari, Chrome atau mozilla.

Text Editor

Fungsinya adalah untuk menuliskan coding yang akan dibuat menjadi suatu aplikasi website yang sederhana. Ada beberapa pilihan text editor misalnya dengan menggunakan notepad++.

Setelah persiapan tersebut, maka Anda siap untuk membuat kerangkanya. Proses selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah:

Membangun Kerangka


Dalam tahapan ini, Anda bisa membuat folder untuk membedakan file yang satu dengan yang lainnya misalnya file secara keseluruhan dan file index yang berisi file HTML.
Setelah membuat ini dari aplikasi maka Anda kemudian dapat memasang aplikasinya seperti Jquery dan Bootstrap. File jquery dan twitter bootstrap ini harus berada di lokasi yang sama atau 1 folder yang sama karena keduanya akan berhubungan secara langsung.

Membuat Form dan Navigasi


Setelah itu, Anda harus membuat form yang dibutuhkan misalnya judul menu, tambah data, edit data, daftar data ataupun ganti menu. Jika sudah maka selanjutnya Anda harus memasang coding agar form yang sudah dibuat tersebut dapat dipergunakan.

Testing


Jika Anda sudah memasukkan dan menuliskan coding dengan benar, maka aplikasi sudah bisa dicoba. Agar tahu apakah aplikasi tersebut berjalan dengan baik atau tidak, maka Anda harus mencoba satu per satu fitur yang dibuat dalam aplikasi tersebut.

Cara Membuat Aplikasi Website Multi OS


Aplikasi-web

Umumnya, aplikasi bisa diakses dari semua tempat termasuk dari beragam jenis sistem operasi. Seperti Windows, Linux, MacOS. Karena hal tersebut dalam pembuatan aplikasi tersebut dibutuhkan electron. Electron tersebut merupakan framework yang memiliki fungsi untuk membuat agar aplikasi website tersebut bisa digunakan dengan platform manapun.

Artikel Terkait  Web Aplikasi : Pengertian dan Keunggulannya

Untuk menggunakan cara membuat aplikasi website sederhana ini maka Anda harus tahu apa itu Node.js dan Chromium. Kedua bahasa pemrograman yang memiliki ‘kekuatan’ native tersebut akan membantu website Anda untuk bisa langsung berinteraksi dengan sistem operasi yang digunakan untuk mengakses website tersebut.

Akan tetapi, Anda tidak bisa langsung menggunakan software ini karena sebelumnya harus menginstal npm dan Node.js. Jika tidak dan Anda tetap tidak menginstal kedua atau salah satu diantaranya, Anda tidak bisa mengcompile atau membuat aplikasi menjadi error.

Cara Membuat Aplikasi Website tanpa Coding


Jika cara diatas cukup rumit untuk Anda, Anda bisa mencoba cara membuat aplikasi website tanpa harus menggunakan coding. Caranya adalah dengan menggunakan ‘pihak ketiga’. Entah itu dengan menggunakan aplikasi, situs ataupun dengan menggunakan penyedia layanan jasa pembuatan aplikasi.

Salah satu cara untuk membuat website sederhana tanpa harus menggunakan coding yaitu dengan menggunakan Hermit – Lite Apps Browser. Aplikasi ini dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi website dengan menggunakan aplikasi. Anda hanya perlu untuk mengunduhnya terlebih dahulu di app store yang ada, kemudian masuk dan Anda bisa mencoba untuk membuat suatu website.

Cara membuat aplikasi website dengan menggunakan Hermis setelah melakukan instalasi yaitu:

  • Masuk dan buka di bagian feature tour. Nantinya Anda akan mendapati 6 halaman yang isinya informasi mengenai kelebihan dari hermit.
  • Klik tanda merah yang ada di bagian kanan bawah. Selanjutnya maka Anda harus memasukkan URL website di bagian dalam bar yang ada di layar. Alamat website tersebut terserah Anda, jadi Anda tidak perlu bingung kalau dengan aplikasi ini harus punya website dahulu.

Jika sudah maka Anda bisa mengganti nama aplikasi tersebut menggunakan alamat sesuai dengan kesayangan Anda. Cara ini hanya dapat dilakukan jika website yang sudah Anda pasang sebelumnya dengan nama domain tersebut, sudah terbuka.

Maka setelah Anda melakukan klik pada tombol merah, Anda akan mendapati pop up konfirmasi muncul. Untuk melanjutkannya maka Anda bisa melakukan klik pada create.

Mengatur Interface dan Fitur


Setelah masuk di homescreen, maka Anda akan dapat melakukan pengaturan ltem sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa konten yang bisa Anda pergunakan diantaranya adalah frameless, full screen, scroll to top, pull to refresh, block ads, open link in lite app, load image, do not tract, data saver mode dan desktop size.

Fitur yang lainnya adalah integration. Fitur ini memungkinkan Anda untuk dapat mengatur mengenai fungsi pencarian ataupun notifikasi atau pemberitahuan. Tidak hanya bagian fitur yang bisa diatur namun juga di bagian temanya. Anda memilih tema yang Anda sukai misalnya warna apa yang Anda suka untuk digunakan di bagian status bar. Setelah website jadi, maka Anda bisa mengetes dan menggunakannya. Bahkan jika perlu, Anda bisa menyebarluaskanya misalnya ke teman dekat.

Cara Membuat Aplikasi Website dengan Mudah


web1000

Jikapun Anda kesusahan untuk membuat aplikasi website baik dengan menggunakan kode atau pun tanpa menggunakan kode, ada cara membuat aplikasi website yang lebih mudah lagi. Caranya adalah dengan menggunakan bantuan dari pengembang.

Perusahaan pengembang biasanya menyediakan pelayanan jasa untuk pembuatan aplikasi, website, dan maintenance. Termasuk membantu Anda jika Anda kesusahan untuk membuat konten atau pengoptimalan SEO.

Beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan jasa pihak ketiga adalah sebagai berikut:

Developer memahami teknologi pengembangan yang sedang tren


Sehingga, aplikasi termasuk aplikasi website yang Anda minta untuk dibuatkan, akan menggunakan bahasa pemrograman yang terbaru atau sesuai dengan kebutuhan dari klien dan kompatibilitas dari aplikasi yang dibuat.

Bahasa pemrograman yang digunakan, beberapa diantaranya adalah:

Tags: