Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Cara mendaftarkan aplikasi iPhone / Android dan resiko penolakan
Agar aplikasi yang telah kita buat bisa dapat diterima dengan mudah di Google Play dan AppStore, pastikan aplikasi yang kita submit telah memenuhi syarat sehingga mengurangi resiko penolakan.
20555
post-template-default,single,single-post,postid-20555,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
android-app020

Cara Mendaftarkan Aplikasi iPhone / Android dan Resiko Penolakan

Bagi seorang programmer atau developer aplikasi mobile seperti android dan iOS, bisa membuat aplikasi sendiri adalah suatu kebanggan. begitu juga dengan orang umum khususnya para pengusaha. Memiliki aplikasi khusus untuk usahanya di era digital ini bisa menjadi nilai tambah bagi eksistensi perusahaannya. Karenanya tidak heran jika banyak yang berusaha untuk membuat aplikasi sendiri atas namanya.

Namun demikian, karena membuat aplikasi memerlukan keterampilan, waktu dan biaya yang tidak main-main jadi orang atau perusahaan yang memiliki aplikasi yang berkualitas juga tidak banyak.

Untuk dapat diketahui dan digunakan oleh banyak orang, setelah dibuat, sebuah aplikasi harus didaftarkan ke store yaitu Google Play Store untuk aplikasi android dan AppStore untuk aplikasi iOS. Dalam hal mendaftarkan aplikasi, meskipun sebagai programmer, ternyata masih banyak juga yang belum mengetahui bagaimana untuk melakukan pendaftaran. Nah, pada artikel kali ini kami ingin berbagi sedikit tips bagaimana mendaftarkan aplikasi dengan resiko penolakan yang rendah. Yuk, kita simak!

Cara Mendaftarkan Aplikasi Iphone / Android

 
android-app002

Artikel Terkait  Jasa Aplikasi Android Terpercaya dan Terbaik

Dalam mendaftarkan aplikasi ini baik iphone maupun android tidak memberikan persyaratan khusus. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah asalkan menerapkan langkah-langkah yang benar seperti di bawah ini. Sehingga bagi pengembang pemula yang baru pertama kali ingin mendaftarkan aplikasinya tidak usah ragu apalagi takut. Cukup ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Memastikan Aplikasi Sudah Layak Pakai

 
Pertama adalah hal yang standar dimana aplikasi sudah melakukan beberapa pengujian sebelumnya terlebih dahulu. Jangan sampai saat hendak didaftarkan aplikasi tidak layak pakai dan tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Selain itu perhatikan juga apakah aplikasi sudah support dengan mobile dan bisa digunakan dengan baik.

Dalam hal ini ada baiknya pengembang pemula untuk mempersiapkan konsepnya dengan matang. Lakukan beberapa uji coba terlebih dahulu sebelumnya dan tidak perlu terburu-buru hendak memasarkan aplikasi. Karena disini kelayakan adalah syarat mutlak dan sangat penting. Sehingga pastikan dengan baik terlebih dahulu baru nantinya didaftarkan ke android maupun iPhone.

Mendaftar Akun Developer

 
aplikasi

Setelah memastikan aplikasi sudah layak pakai, maka kini saatnya untuk memastikan apakah sudah terdaftar sebagai member baik di AppStore maupun playstore. Bedanya untuk mendaftar ini pengguna harus mempunyai developer id dan bukannya id biasa. Dalam hal ini tentu ada bayaran juga yang dikenakan. Tapi tenang saja kedua vendor ini tidak terlalu mematok harga yang tinggi.

Agar bisa mempunyai akun khusus pengembang atau developer ini pengguna harus membayar USD25 di android, dan USD99 di Iphone. Untuk harga tersebut dikenakan pertahun sekali jadi tidak terlalu mahal. Terkhusus iphone memang ada persyaratan tambahan yakni harus mempunyai sertifikat. Sertifikat ini merupakan sertifikat izin mendistribusikan aplikasi atau distribution certificate.

Memberikan Spesifikasi Dari Aplikasi

 
Pernah lihat review aplikasi yang ada berupa foto hasil dari tangkapan layar maupun video. Itu merupakan keharusan baik dari pihak android maupun iphone. Dimana setiap pengembang yang hendak mengirimkan dan mendaftarkan aplikasinya wajib untuk mengirimkan preview minimal berupa gambar. Kualitas dari gambar ini juga harus diperhatikan jangan sampai tidak bagus dan kabur.

Selain preview dari aplikasi tersebut sertakan juga bagaimana spesifikasinya. Jelaskan termasuk ke dalam jenis apa aplikasi yang dibuat. Selain itu terangkan juga sedikit bagaimana cara pemakaiannya. Lalu buat juga keterangan berapa besar aplikasi tersebut, dan berikan keterangan terkait hak ciptanya. Intinya semua yang berkaitan dengan spesifikasinya harus diterangkan dengan jelas.

Menentukan Jenis Aplikasi Apakah Berbayar Atau Gratis

 
Lalu tentukan juga apakah aplikasi tersebut termasuk ke dalam aplikasi yang berbayar ataupun gratis. Saran untuk aplikasi buatan pemula agar bisa lebih cepat terkenal buatlah yang gratis terlebih dahulu. Ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam marketing sebuah aplikasi yang baru dibuat. Terangkan juga harganya apabila ingin dijual.

Artikel Terkait  10 Situs Luar Negeri Yang Bisa Dijadikan Referensi Desain UI/UX

Dalam hal ini tentukan juga apakah aplikasinya ingin didistribusikan di negara tertentu, apa kesemua negara. Tentukan juga batas umur yang diberikan. Jangan sampai batas usia ini di abaikan karena bisa menyebabkan aplikasi dilaporkan jika salah memberikan batas usia. Untuk menentukan batas usia bisa melihat dari target aplikasi serta tujuan pembuatannya.

Menunggu AppStore ataupun Playstore Mereview Aplikasi

 
aplikasi

Setelahnya tunggu beberapa saat ketika semua hal tersebut sudah selesai dilakukan. Apabila sudah memilih daftar dan tayangkan maka tunggu beberapa saat. Tapi untuk android maupun iphone terdapat perbedaan dalam hal waktu reviewnya ini. Biasanya android tidak terlalu memakan waktu yang lama. Bahkan dalam satu hari, aplikasi tersebut sudah bisa ditayangkan.

Untuk apple atau iphone biasanya lebih lama waktu yang dibutuhkan. Dimana waktunya bisa mencapai lebih sehari ataupun seminggu. Hal ini dikarenakan iphone memang mempunyai standar keamanan yang lebih ketat dibandingkan android. Karenanya jangan resah dulu apabila waktu yang dibutuhkan untuk melakukan review aplikasi lebih lama, itu merupakan bagian dari prosedur.

AppStore dan Playstore Setuju Untuk Menyayangkan Aplikasi

 
Nantinya setelah android dan iphone setuju untuk menayangkan aplikasi tersebut, maka akan mulai dibicarakan tentang hak cipta. Untuk hak cipta ini sebenarnya memiliki fungsi untuk pembagian hasil yang nantinya akan didapatkan dari hasil pengunduhan. Selain itu hak cipta juga bisa digunakan baik oleh android maupun iphone sebagai jaminan keamanan.

Jaminan keamanan ini juga bisa digunakan oleh pengembangnya apabila kedepan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nantinya setelah aplikasi sudah setuju untuk ditayangkan, pengembang akan mendapatkan email berupa notifikasi. Di dalam email tersebut akan diterangkan bahwa aplikasi sudah bisa diakses dan sudah terdaftar berdasarkan link yang bisa digunakan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Aplikasi Bisa Lulus Pendaftaran

 
membuat aplikasi

Pertama adalah aplikasi harus memiliki spesifikasi yang sesuai serta sudah lulus dari kualifikasi yang diberikan. Karenanya untuk mendapatkan aplikasi dengan kualitas terbaik sedari awal jangan ragu untuk membuat konsep dasar yang baik. Selain itu lakukanlah percobaan lebih dari sekali jangan sampai baru sekali sudah merasa puas. Karena dengan begitu aplikasi akan menjadi lebih mantap dan bisa digunakan dengan baik.

Selain itu perhatikan dengan betul spesifikasinya saat hendak mendaftarkan aplikasi tersebut. Jangan sampai ada yang terlewat satupun. Jelaskan secara lengkap dan terperinci karena ini merupakan syarat juga baik dari pihak android maupun iphone. Pastikan juga bahwa aplikasi tidak terikat dengan masalah hukum apapun dan memang bisa didistribusikan dengan bebas.

Terakhir adalah perhatikan aplikasi tersebut didistribusikan untuk siapa dan dimana. Tetapkan dengan jelas batasan usia pemakainya. Jangan sampai ada aplikasi yang sebenarnya tidak cocok untuk anak-anak tapi diberi label semua umur. Selain itu perhatikan juga di negara mana aplikasi tersebut hendak didistribusikan. Karena memang ada beberapa negara yang menetapkan peraturan ketat terkait aplikasi yang beredar.

Artikel Terkait  Cara Bikin Aplikasi Online Shop | Aplikasi Toko Online

Menghindari Resiko Penolakan

 
Untuk menghindari resiko penolakan adalah jangan sampai aplikasi terindikasi melakukan plagiat terhadap aplikasi yang sudah ada sebelumnya. Karena memang isu plagiat ini sangat sensitif, terbukti sedikit akan langsung dihapus. Selanjutnya jangan sampai ada sangkutan hukum karena sedikit saja ada indikasi pelanggaran, aplikasi akan langsung ditolak.

Resiko penolakan baik dari android maupun iphone sebenarnya tidak terlalu besar. Tapi memang hanya saja untuk yang masih pemula agak lebih besar. Tapi tenang saja hal tersebut bisa diminimalisir apabila semua hal yang diatas sudah dilakukan dengan baik. Serta hal yang harus diperhatikan juga dilakukan dan menghindari kesalahan.

Sekian pembahasan terkait cara mendaftarkan aplikasi android / iphone yang ternyata sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu juga apabila hal-hal diatas diterapkan dengan benar, maka bisa meminimalisir adanya penolakan. Jadi jangan takut untuk mulai membuat dan mendaftarkan aplikasi buatan sendiri.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: