Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Cara melihat jumlah unduhan dan jumlah kompetisi aplikasi
Jumlah unduhan dan kompetisi dari aplikasi yang kita buat merupakan jumlah yang menunjukkan seberapa berhasil aplikasi kita mencapai target pengguna. Untuk mengetahui jumlahnya, coba gunakan cara ini.
20529
post-template-default,single,single-post,postid-20529,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.2.0,vc_responsive
app

Cara melihat jumlah unduhan dan jumlah kompetisi aplikasi

Di saat beberapa pengembang melakukan pembaruan terhadap aplikasinya, sebagian yang lain bertanya-tanya, “Apakah aplikasi-aplikasi baru akan mati dan menghilang?”.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa mengembangkan suatu aplikasi adalah penting bagi sebuah perusahaan. Tak sedikit dari mereka yang benar-benar fokus untuk satu hal ini. Namun, bagaimana pun juga, jika Anda mengecek jumlah kompetisi antar aplikasi dan menganalisis kondisi pasarnya, Anda akan mengetahui seberapa besar jumlah unduhan aplikasi yang dapat diharapkan. Dari sana Anda dapat menentukan pengembangan seperti apa yang akan menjadi berbeda dari aplikasi lainnya. Ini lah yang akan kami bahas sekarang.

Dalam artikel ini, kami akan memberitahu Anda program aplikasi apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu penelitian, serta langkah-langkahnya untuk pengembagan aplikasi Anda.

Cara Mengetahui Jumlah Aplikasi yang Telah Diunduh

 
jumlah aplikasi

Artikel Terkait  Pengelola Aplikasi Wajib Baca! Survei Data Pada Aplikasi

Untuk mendapatkan sebuah aplikasi, seseorang harus melewati sebuah “toko”. Ini bukan lah toko seperti pada umumnya, namun di sini seseorang bisa menemukan aplikasi yang dibutuhkan untuk iPhone atau Android-nya. Jika ingin mengecek jumlah unduhan aplikasi Android, maka Google Play Store adalah tempatnya. Tinggal masuk ke bagian “Instalasi” (Installation), lalu ada “Informasi Tambahan” (Additional Information) di sana.

Sedangkan untuk mengetahui jumlah unduhan aplikasi iOS tidak sama seperti Android. Hal ini dikarenakan, informasi tersebut tidak bisa ditemukan di dalam App Store, melainkan harus menggunakan bantuan program ketiga. Berikut beberapa program yang dapat digunakan.

iTunes Connect

 
Melalui iTunes Connect seseorang dapat mengetahui jumlah aplikasi yang telah diunduh. Ini adalah program Java yang resmi diluncurkan oleh Apple. Informasi jumlah unduhan aplikasi dapat dilihat lewat laporan “Penjualan dan Tren” (Sales and Trend). Tak hanya itu, laporan yang dimunculkan juga berkaitan dengan laporan penjualan sehingga sangat bermanfaat sebagai sumber laporan harian.

Namun beberapa orang mengatakan bahwa perlu menghitung jumlah penjualan sendiri secara terpisah. Meskipun aplikasi ini menunjukkan jumlah pengunduh aplikasi, tampilan dari laporan cukup sulit untuk dibaca. Selain itu, periode datanya pun pendek, serta fungsi filter yang tidak begitu baik.

App Annie

 
App Annie merupakan tempat di mana seseorang bisa mendapatkan data pemasaran suatu aplikasi. Perusahaan ini merangkum seluruh data aplikasi yang dirilis di beberapa negara di dunia. Bisa dikatakan bahwa App Annie adalah aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para pencipta aplikasi. Hampir 90% dari 100 aplikasi teratas menggunakan App Annie sebagai sumber data untuk evaluasinya.

Aplikasi ini mendukung seluruh aplikasi yang ada di Google Play Store, App Store, Mac App Store, Amazon App Store, Window Phone Store, dan masih banyak lagi. App Annie juga terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi e-book, seperti iBooks dan Kindle. Data yang didapat cukup komprehensif karena bisa disaring berdasarkan beberapa kategori, misalnya negara. Ini sangat bermanfaat untuk strategi pemasaran di luar negeri. Bisa juga disaring berdasarkan tren pada store tertentu dari berbagai negara.

AppSales-Mobile

 
Program ini sangat bermanfaat untuk mengetahui total unduhan aplikasi dan penghasilan yang didapat setiap hari dan bulannya. Aplikasi ini merupakan aplikasi iOS yang berfungsi untuk mengompilasi dan meng-install source code dari GitHub. Jika menghubungkannya dengan Boxcar, pengguna akan diingatkan setiap ada laporan baru tersedia. Pengguna juga bisa menambahkan beberapa fungsi serta melakukan hal lainnya.

App Analytics

 
Ini merupakan aplikasi yang benar-benar membantu Anda untuk mengetahui siapa sebenarnya diri Anda. Lewat App Analytics, Anda bisa mendapatkan banyak informasi, seperti seberapa banyak orang yang menonton, dari mana orang-orang mengakses, seberapa banyak aplikasi diunduh, hingga pola penggunaan setelah aplikasi tersebut diunduh.

Data yang ditampilkan membutuhkan persetujuan dari sisi admin, keuangan, serta penjualan. Sehingga hanya beberapa pengguna yang mengizinkan hal ini. Maka jangan heran kalau hasil yang ditampilkan seringnya lebih rendah dibandingkan aplikasi analisis lainnya. Selain itu, hanya pengguna iOS 8 dan di atasnya yang masuk dalam perhitungan data aplikasi ini.

Artikel Terkait  Apakah Pemasaran Melalui Aplikasi Benar-benar Bermanfaat? Apa Keuntungan dan Kerugiannya?

appFigures

 
appFigures secara otomatis telah terhubung dengan iTunes Connect. Aplikasi yang berbasis layanan web ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan laporan terbaru setiap hari. Mereka bisa mengunduhnya dan ringkasan laporan diterima melalui e-mail. Laporan terkait unduhan aplikasi tersedia di sana. Tak hanya itu, ada juga laporan tentang penjualan dalam periode-periode tertentu. Laporan ditampilkan dalam bentuk grafik serta beberapa ulasan dari pengunduh melalui App Store.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan aplikasi ini adalah jangan mendaftarkan diri dengan otoritas admin. Anda harus terhubung ke iTunes Connect, maka daftar lah dengan akun tersebut. Jika Anda tetap mendaftarkan dengan otoritas admin, maka ada resiko aplikasi yang dirilis akan terhapus.

Cara Memanfaatkan Jumlah Unduhan Aplikasi

 
Memanfaatkan Jumlah Unduhan

Mengevaluasi jumlah unduhan aplikasi sangat baik untuk mengetahui kondisi kompetitor. Misalnya seberapa banyak pengunduh aplikasi mereka, serta bisa juga dijadikan sebagai dasar target jumlah pengunduh ke depannya. Maka dari itu, kami akan menunjukkan bagaimana memanfaatkan hasil survey serta aplikasi yang mendukung pengembangan Anda selanjutnya.

Survey Kompetitor

 
Lewat keterangan “Unduh” (Download) atau “Pengguna Aktif” (Active Users), Anda bisa tahu seberapa besar aplikasi Anda di luar sana. Jika Anda dibantu dengan aplikasi bernama “App Ape”, Anda bisa mendapatkan angka-angka tersebut dari aplikasi kompetitor. Aplikasi ini kompatibel dengan iOS dan Android. Lebih dari it, “App Ape” sangat berguna untuk menganalisis pengguna serta tren market.

Ada empat hal yang menjadi indikator evaluasi, yaitu nama aplikasi, deskripsi, pergerakan peringkat, serta keberadaan iklan. Banyak pengembang aplikasi menggunakan nama sebuah aplikasi untuk mendapatkan data tertentu dari suatu kondisi. Jika melihat suatu aplikasi berada di peringkat teratas, ada beberapa kemungkinan di sana. Bisa jadi ada sesuatu yang spesial bagi pengguna atau iklan-iklan yang dimunculkan menarik.

Hal lainnya yang dapat mempengaruhi adalah usaha-usaha pemasaran, seperti pemberitahuan notifikasi, pengiriman e-mail kepada pengguna, pembaruan desain, dan masih banyak lagi. Di samping itu, untuk memahami lebih lanjut masukan dari pengguna, bisa mengecek media sosial, seperti Twitter, dan komentar-komentar pada App Store atau Google Play Store.

Makna Angka dari Jumlah Pengunduh

 
Ada dua hal yang perlu diperhatikan saat Anda sudah mengetahui total unduhan aplikasi. Pertama, jumlah pengunduh tidak menggambarkan jumlah pengguna saat itu. Ada kemungkinan aplikasi yang telah diunduh kemudian dihapus oleh penggunanya sehingga sangat mungkin jumlah pengunduh dan jumlah aktual pengguna akan berbeda. Kedua, Anda tidak dapat memastikan apakah pengunduh benar-benar mengunduh aplikasi karena butuh atau hanya karena iklan yang menarik.

Namun, bagaimana pun juga, sebuah aplikasi yang memiliki jumlah pengunduh sangat banyak akan menarik perhatian. Sebuah perusahaan telah berinvestasi dan menghabiskan banyak uang dalam bisnis aplikasi tak lain salah satunya untuk memenangkan kompetisi. Jadi, lakukan strategi yang tepat untuk menghasilkan keuntungan.

Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi

 
perencanaan dan pengembangan aplikasi

Dalam prosesnya, terdapat dua hal penting saat membuat sebuah aplikasi. Yakni perencanaan serta pengembangan aplikasi itu sendiri. Keduanya harus dipikirkan secara beriringan dan tidak bisa ditinggalkan salah satunya.

Perencanaan Aplikasi

 
Setelah melakukan analisis pasar, selanjutnya adalah perencanaan. Jika Anda sudah memiliki rencana aplikasi yang akan dibuat, langkah berikutnya adalah memperjelas target, keunikan dari kompetitor, mengatur pengukuran ASO, serta model monetisasi.

Pengembangan Aplikasi

 
Jika rencana sudah matang, kini saatnya mengembangkan rencana tersebut. Apabila skill yang Anda miliki belum mencukupi untuk bisa mengembangkan aplikasi sendiri, selalu ad acara untuk mengatasinya, misalnya dengan menggunakan jasa dari pengembang yang profesional. Namun, sebelum mengembangkan aplikasi, Anda perlu mempersiapkan tiga hal berikut, yaitu komputer, smartphone atau tablet, dan alat bantu lainnya untuk pengembang aplikasi.

Artikel Terkait  Membuat Program Android Dengan Mudah Untuk Pemula

Sebenarnya itu semua tergantung pada aplikasi apa yang ingin dikembangkan, apakah aplikasi untuk iPhone atau Android. Untuk iPhone, alat atau program yang dibutuhkan adalah “XCode” dan juga perangkat Mac OS. Sedangkan untuk Android, alatnya adalah “Android Studio”, ini bisa digunakan untuk Mac dan Windows juga. Saat menggunakan “Android Studio”, Anda pun akan membutuhkan “Java Development Kit” untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan Java. Jangan lupa untuk mendaftarkan lisensi pengembang, misalnya Apple ID untuk iPhone dan akun Google developer untuk Android.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Menghadapi Kendala

 
Menghadapi Kendala

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup terkait pengembangan aplikasi, kami merekomendasikan Anda “Yappli”. Ini akan sangat membantu karena Yappli merupakan platform untuk pengembangan dan pengoperasian aplikasi secara cepat. Proses pengembangan dengan Yappli bisa mempersingkat waktu sehingga cocok digunakan bagi pengembang meski belum begitu berpengalaman. Apabila perusahaan Anda tidak memiliki seorang ahli pengembang aplikasi, maka Yappli bisa menjadi solusi yang terbaik.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: