Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Skill Coding Sangat Dibutuhkan di Zaman ini, Berikut Tips Cara Mengembangkannya
Skill coding menjadi salah satu hal yang diperlukan perusahaan. Kebutuhan ini alhasil mendorong banyak orang mempelajari sistem coding agar kelak mereka bisa diterima bekerja sebagai programmer profesional di beragam perusahaan ternama. Yuk simak informasi selengkapnya!
21406
post-template-default,single,single-post,postid-21406,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive
thumbnail-coding

Skill Coding Sangat Dibutuhkan di Zaman ini, Berikut Tips Cara Mengembangkannya

Profesi programmer sedang naik daun di era industri digital. Berbeda jika dibandingkan dengan zaman tradisional dulu, pekerjaan programmer tidak terlalu dipandang oleh masyarakat. Kini, karir sebagai programmer memiliki prospek yang cerah dan bergaji tinggi.

Skill coding menjadi salah satu hal yang diperlukan perusahaan. Kebutuhan ini alhasil mendorong banyak orang mempelajari sistem coding agar kelak mereka bisa diterima bekerja sebagai programmer profesional di beragam perusahaan ternama.

Sekolah-sekolah pun mulai memasukkan coding ke dalam daftar mata pelajaran mereka; begitu pula kursus-kursus coding online dan offline yang ikut menjamur di masyarakat.

Apakah Anda juga ingin mempelajari sistem coding dan menjadi programmer profesional? Sebelum itu, ada sejumlah hal yang harus Anda pahami terkait belajar coding bagi pemula. Mari simak bersama tentang apa itu coding serta tips saat mempelajarinya untuk pemula dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Coding? Mengenal Skill Utama Programmer

 

coding-1

Sebelum mulai ke tahap belajar coding, mula-mula Anda harus memahami apa itu coding. Coding adalah skill utama yang wajib dikuasai oleh setiap programmer atau developer. Pada prakteknya, pekerjaan ini berupa aktivitas memasukkan dan menyusun serangkaian kode agar dapat dibaca dan dipahami oleh sistem komputer. Rangkaian kode ini dikenal juga dengan bahasa pemrograman.

Ada pula yang mengartikan coding adalah pekerjaan membuat software menggunakan bahasa pemrograman komputer. Bahasa pemrograman sendiri merupakan serangkaian kode dengan beragam fungsi yang ditujukan agar user (manusia) bisa berkomunikasi dengan hardware (komputer). Melalui susunan rangkaian kode inilah, user bisa memberikan beragam tugas untuk diselesaikan komputer.

Dengan kata lain, coding adalah sebuah kegiatan “berkomunikasi” dengan komputer. Lebih lauh lagi, coding dapat digunakan untuk mengembangkan beragam tipe software, mulai dari aplikasi hingga website.

Apakah kini Anda memahami mengapa profesi programmer sangat dibutuhkan? Di era industri digital saat ini, mayoritas pekerjaan diselesaikan menggunakan komputer dan internet. Banyak tenaga programmer otomatis akan dibutuhkan agar proses digitalisasi ini dapat berjalan lancar.

Kebutuhan ini umumnya terjadi di perusahaan modern, sehingga banyak peluang kerja terbaik terbuka untuk para programmer di beragam tipe perusahaan. Bahkan saat ini pun, seorang programmer bisa digaji melebihi UMR!

Menjadi programmer sudah jelas membutuhkan kemampuan dasar coding. Pertanyaan selanjutnya: sulitkah belajar coding? Bagi orang awam, melihat rangkaian kode program komputer bisa jadi merupakan hal yang rumit dan memusingkan. Padahal, mempelajari coding adalah hal yang mudah. Bahkan tak sedikit programmer profesional belajar secara mandiri alias otodidak. Jika Anda sendiri sudah menguasai “pakem-pakem” dalam bidang keilmuan ini, dijamin, belajar coding adalah hal yang sangat mudah!

Belajar coding juga dapat dilakukan dimanapun kapanpun, seperti sekolah, kursus khusus, hingga internet. Kalau Anda memiliki uang lebih, tak ada salahnya untuk mengambil kursus coding dengan tutor berpengalaman untuk meningkatkan skill serta pengetahuan Anda.

Jangan risau jika Anda ingin belajar coding secara gratis. Cobalah untuk mencari beragam materi belajar coding gratis di internet, pahami, lalu praktekkan. Beberapa rekomendasi website terbaik untuk tempat belajar coding adalah Codecademy, Coursera dan Udemy. Semakin sering Anda berlatih dan belajar maka akan semakin baik hasil yang didapatkan.

Ingin tahu bagaimana cara terbaik belajar coding bagi pemula? Lanjutkan membaca ke bagian selanjutnya untuk mendapat jawabannya!

Artikel Terkait  Mengapa Framework Laravel Lebih Unggul Dibandingkan Framework yang Lainnya? Berikut Alasannya!

5 Tips Sukses Belajar Coding untuk Pemula

 

coding-2

Belajar coding tak lagi menakutkan dan sulit. Kini siapapun dapat belajar coding, baik secara mandiri atau dengan kursus dan bantuan mentor. Berikut ini kami sajikan 5 tips bermanfaat guna menunjang proses belajar coding untuk tahap pemula.

1. Memahami dengan Betul Tujuan Belajar

 
Tips pertama belajar coding adalah memahami dengan betul tujuan yang Anda ingin dicapai. Meski internet menyediakan banyak materi tentang coding dan memudahkan proses belajar, nyatanya ada banyak pelajar yang cepat merasa bosan di tengah-tengah.

Mereka merasa belajar coding tidak ada gunanya, kehilangan minat dan semangat, serta mempertanyakan kembali mengapa mereka repot-repot mempelajari ilmu tersebut.

Bayangkan betapa sia-sianya waktu, tenaga dan mungkin biaya yang telah Anda habiskan untuk belajar coding namun di tengah-tengah jalan Anda sudah memutuskan berhenti. Bahkan Anda pun belum merasakan manfaat dari menjadi programmer profesional berpenghasilan tinggi, bukan? Untuk menghindari kegagalan ini, maka ada baiknya bagi Anda untuk memahami betul tujuan dari belajar coding.

Ada beragam alasan mengapa seseorang belajar coding, seperti ingin sukses berkarir di usia muda dengan menjadi programmer profesional atau membangun start-up, ingin menambah ilmu dan skill baru, atau semata-mata karena ingin dianggap “keren” oleh orang-orang di sekitar Anda. Jadi, kenalilah terlebih dahulu apa tujuan utama Anda mempelajari coding.

2. Memahami Konsep Dasar

 
Langkah terbaik pertama dalam belajar coding adalah dengan memahami konsep dasarnya. Banyak pemula membuat kekeliruan dengan langsung lompat mempelajari bahasa pemrograman. Padahal langkah yang benar belajar coding adalah memahami 5 konsep dasar dalam coding, yakni:

a) Tools

 
Tools adalah program yang digunakan untuk menjalankan beragam proses programming seperti, menciptakan, memelihara, dan menjalankan debug terhadap software lain.

b) Variabel

 
Saat belajar coding, Anda akan akrab dengan variabel. Variabel merupakan hal yang digunakan untuk membuat program. Ada beberapa bentuk variabel seperti angka, nilai, memory address dan character string.

c) Struktur Data

 
Struktur data adalah format khusus yang dipakai untuk menyimpan serta menganalisis data dalam program.

d) Syntax

 
Syntax merupakan script kode yang dipahami oleh komputer. Syntax berisi arti atau maksud tugas yang diinginkan user kepada komputer.

e) Control Structure

 
Konsep terakhir adalah control structure, yakni serentetan blok pemrograman yang dipakai dalam proses analisis variabel serta menentukan arah instruksi selanjutnya.

Artikel Terkait  Facebook, WhatsApp dan Instagram Resmi Luncurkan Fitur Mode Gelap (Dark Mode), Berikut Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode

3. Mempelajari Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman

 
Setelah menguasai konsep-konsep dasar coding, Anda bisa mulai mempelajari dasar-dasar dari bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman komputer ada beragam jenisnya, seperti Phython, C++, Ruby, PHP, HTML/CSS, Java, dan lain-lain.

Mayoritas perusahaan cenderung mencari programmer profesional yang menguasai beragam bahasa pemrograman, karena software yang mereka miliki bisa menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. Alhasil, tak ada salahnya untuk Anda mempelajari dasar-dasar setiap bahasa pemrograman.

4. Mendalami Setiap Bahasa Pemrograman

 
Bagaimana caranya agar bisa menguasai beragam bahasa pemrograman? Jawabannya tentu dengan mendalami setiap bahasa satu demi satu. Setiap bahasa coding memiliki fungsi dan tujuan pemakaiannya masing-masing.

Bahasa untuk membuat website tentunya akan berbeda jenisnya dengan bahasa untuk membuat aplikasi yang kompleks. Namun, mayoritas bahasa coding memiliki konsep yang serupa sehingga akan lebih mudah untuk dipelajari.

Pilih satu bahasa untuk coding yang ingin Anda coba pelajari. Kemudian, fokuslah untuk menyelesaikan materi dalam bahasa tersebut. Anda juga bisa mempelajari kombinasi bahasa coding yang umum dipakai, seperti CSS dan HTML untuk membuat website. Dengan cara ini, Anda akan dapat lebih mudah menguasai setiap bahasa pemrograman.

5. Belajar dari Coding Lain

 
Untuk memperdalam pemahaman teori yang telah didapat dari buku atau tutorial belajar di internet, Anda bisa menganalisa potongan coding yang pernah dibuat orang lain. Jangan salah, sebuah potongan coding bisa mengajari Anda banyak hal.

Cobalah untuk mengamati hal-hal seperti kesalahan dalam kode, kemungkinan cara mengubah susunan kode untuk mengubah fungsi, hingga mencari tahu tingkat efektivitas kerja dari metode yang dipakai dalam coding.

Demikianlah pembahasan kali ini seputar tips belajar coding untuk pemula. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk menunjang proses belajar coding Anda!

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: