Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Facebook, WhatsApp dan Instagram Resmi Luncurkan Fitur Mode Gelap (Dark Mode), Berikut Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode
Diawali dari perilisan google dark mode yang lebih bersahabat dengan mata, kemudian, banyak media sosial ternama menyusul merilis tampilan versi gelap selayknya google dark mode. Tak hanya nyaman untuk dipandang, tampilan gelap ini tampak lebih elegan. Simak informasi selengkapnya.
21370
post-template-default,single,single-post,postid-21370,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive
dark-mode-thumbnail-1

Facebook, WhatsApp dan Instagram Resmi Luncurkan Fitur Mode Gelap (Dark Mode), Berikut Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode

Setiap hari, kita mendapat paparan radiasi dari ponsel selama berjam-jam yang mengakibatkan mata lelah dan sakit kepala. Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, sebab sudah ada solusinya: tampilan layar gelap (mode dark)!

Diawali dari perilisan google dark mode yang lebih bersahabat dengan mata, kemudian, banyak media sosial ternama menyusul merilis tampilan versi gelap selayknya google dark mode. Tak hanya nyaman untuk dipandang, tampilan gelap ini tampak lebih elegan.

Ingin tahu cara mengaktivasi tampilan gelap pada media sosial di gadget Anda? Mari simak jawabannya pada artikel kali ini.

3 Manfaat Mode Dark, Bikin Betah Main Smartphone

 >

dark-mode

Tampilan mode dark yang stylish sukses mendapat ulasan positif, sebab mampu membuat masyarakat semakin nyaman saat menggunakan smartphone. Ada 3 manfaat mode dark untuk user, yakni:

Membuat Mata Lebih Nyaman

 
Sinar radiasi dari smartphone faktanya menjadikan mata lebih cepat lelah, sebab layar cerah “memaksa” mata untuk lebih kuat bertahan menatap layar. Namun mode dark yang lebih minim cahaya akan membuat mata lebih rileks saat melihat layar.

Menghemat Baterai

 
Warna hitam dan pencahayaan yang minim layar terbukti menghemat tenaga baterai smartphone untuk menyalakan LED atau OLED.

Meningkatkan Keleluasaan Membaca

 
Warna gelap mampu meningkatkan keleluasaan dan juga fokus saat membaca via gadget. Pernyataan ini telah dibuktikan secara ilmiah melalui sebuah jurnal berjudul “The Impact of Web Page Text-Background Color Combinations on Readability, Retention, Aesthetics, and Behavioral Intention.

Wah, jadi ingin segera mencoba fitur tampilan gelap, ya! Yuk cari tahu cara aktivasi tampilan gelap pada Facebook, WhatsApp dan Instagram di bagian selanjutnya!

Cara Mengaktifkan Facebook Dark Mode

 >
Saat sedang asyik bermain Facebook, tiba-tiba mata merasa letih dan pening? Yuk atasi permasalahan tersebut dengan beralih ke Facebook dark mode. Facebook menghadirkan tampilan gelap untuk tampilan desktop/website dan aplikasi. Cara mengaktifkannya pun sangat mudah!

Artikel Terkait  Cara Membuat Aplikasi Bisnis Dengan Mudah

Untuk mengaktifkan Facebook dark mode versi desktop atau website:

  1. Login ke Facebook, cari menu “Setting”.
  2. Cari ikon anak panah yang mengarah ke bawah di bagian pojok kanan atas Facebook desktop. Klik ikon tersebut.
  3. Pilih “Beralih ke Facebook Baru”.
  4. Cari tombol “mode gelap”. Aktifkan.
  5. Selesai!

 Tampilan Facebook mode gelap juga bisa didapatkan untuk aplikasi Facebook Lite versi 185.0.0.6.118. Cara mengaktivasi mode dark di Facebook Lite adalah:

  1. Mengunduh Facebook Lite versi terbaru (versi 185.0.0.6.118) di Google Play Store atau App Store.
  2. Buka Facebook Lite. Klik ikon yang berupa 3 garis vertikal di pojok kanan atas aplikasi. Begitu terbuka akan ada serangkaian menu setting yang muncul.
  3. Klik menu “setelan”, lalu gulir sampai menemukan “mode dark”.
  4. Klik pilihan “mode dark” dan aktivasi. Selesai! Facebook Lite Anda kini sudah tampil dalam warna hitam yang stylish. Sebagai catatan, saat fitur tampilan gelap dihidupkan, warna biru khas Facebook yang sering menghiasi beranda otomatis tidak akan muncul lagi.

 Cara Mengaktifkan WhatsApp Versi Mode Dark

 >
Saat ini sudah ada banyak orang menggunakan WhatsApp dark mode. Tampilan versi gelap WhatsApp ini juga dinilai lebih nyaman karena tidak membuat mata pengguna kelelahan meski berlama-lama menatap layar. Tidak perlu waktu lama juga untuk mengaktifkan WhatsApp dark mode di smartphone iOS atau android Anda.

Untuk iOS, WhatsApp versi dark hanya disupport oleh tipe iOS 13 ke atas. Jadi sebelum mengaktifkan WhatsApp versi dark, pastikan iPhone Anda sudah memiliki iOS tipe ini. Cara mengaktifkan tampilan gelap pada WhatsApp iOS adalah:

  1. Buka setting iPhone
  2. Pilih bagian “Display & Brightness”.
  3. Anda akan otomatis menemukan opsi “Dark”. Pilih opsi tersebut, aktifkan.
  4. selesai! WhatsApp versi layar gelap siap dipakai.

Anda yang menggunakan smartphone android juga bisa berbahagia sebab sudah ada cara aktifkan dark mode WhatsApp android dengan mudah plus cepat. Cukup beberapa menit saja, pengguna android sudah bisa menikmati WhatsApp versi mode gelap. Ikutilah cara aktifkan dark mode WhatsApp android berikut:

  1. Pastikan WhatsApp di smartphone Anda adalah versi terbaru. Sebagai catatan, WhatsApp dark mode sejauh ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna android 9. Jika smartphone Anda belum memiliki tipe android tersebut, Anda harus mengupdatenya terlebih dahulu.
  2. Buka “Setelan WhatsApp”.
  3. Pilih menu “Obrolan” atau “Chat”.
  4. Cari fitur “Tema”. Pilih tema “Dark” dan aktifkan.
  5. Selesai.
Artikel Terkait  Pembuat Aplikasi Android Dengan Mudah Tanpa Ngoding

Untuk mengembalikan tampilan WhatsApp ke versi cerah (light), Anda cukup mengulangi saja langkah-langkah di atas. Nantinya di bagian “Tema”, Anda pilih opsi “tema light” dan aktifkan. Mudah, bukan? Yuk segera dicoba!

Cara Mengaktifkan Instagram Dark Mode

 >
Setelah belajar cara aktifkan dark mode WhatsApp android, kini tibalah kita pada tutorial terakhir tentang mengaktifkan Instagram dark mode. Sama seperti WhatsApp dan Facebook, Instagram telah merilis versi tampilan gelap yang bisa dinikmati oleh pengguna iOS dan Android. Lalu bagaimana caranya mengaktifkan Instagram dark mode secara mudah?

Untuk pengguna Android, Instagram dengan tampilan gelap dapat dinikmati dengan smartphone android tipe 9 dan Android Pie. Berikut ini 3 cara mudah mengubah Instagram versi biasa ke tampilan yang gelap:

1.Pastikan Smartphone Mempunyai Mode Malam dan Siang

 
Pastikan terlebih dulu smartphone Anda memiliki fitur mode malam (dark) dan siang (light). Anda bisa mengeceknya di bagian setting smartphone masing-masing. Jika sudah menemukannya, langsung ubah mode malam dari “off” menjadi “on”.

2.Update Aplikasi Instagram

 
Selanjutnya, Anda perlu mendapatkan Instagram versi beta di Google Play Store. Caranya, buka Google Play Store lalu cari “Instagram Beta”. Setelah itu, pilih menu “bergabung”. Anda bisa mengupdate aplikasi Instagram terlebih dahulu jika dibutuhkan.

3.Selesai

 
Selesai sudah! Kini saat Anda membuka Instagram, maka otomatis tampilan akan berubah ke mode gelap (dark). Mudah sekali, bukan?

Lalu bagaimana dengan pengguna iPhone / iOS? Tenang, selain di smartphone android, Anda juga bisa mengganti Instagram ke versi mode gelap di smartphone berbasis iOS atau iPhone. Seperti halnya android yang memiliki versi minimal, Instagram versi gelap hanya dapat diaktivasi pada iPhone yang dipasangi iOS 13 ke atas. Jika iPhone Anda belum memiliki versi iOS ini, harap mengupdatenya terlebih dahulu

Artikel Terkait  Cara Memasarkan Aplikasi Anda dengan Media Sosial

Berikut langkah-langkah mengaktivasi Instagram versi gelap di iPhone:

 

1.Mengubah Setting

 
Setelah memastikan iPhone Anda terpasang iOS 13, kini Anda bisa mulai mengaktivasi versi gelap Instagram. Untuk mengubah tampilan light ke dark, Anda cukup membuka bagian setting. Lalu pilih menu “tampilan” dan ubah “light” ke “dark”.

2.Mengupdate Aplikasi

 
Jika Instagram belum juga tampil dalam mode malam atau gelap, berarti Anda perlu mengupdate aplikasi terlebih dahulu. Buka App Store lalu lakukan update. Setelah selesai, coba buka kembali aplikasi.

3.Selesai

 
Selesai! Kini Anda sudah bisa menikmati tampilan Instagram versi malam di Iphone. Selamat mencoba!

 Itulah pembahasan kali ini terkait fitur Whatsapp, Instagram, Facebook dan Google dark mode plus cara mudah mengaktifkannya pada gadget Anda. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk mengaktifkan fitur-fitur tersebut ya! Selamat menikmati tampilan layar mode gelap pada media sosial Anda.

Tags:
,