Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Cara Terbaik Mencari Kata Kunci untuk Toko Online Anda
Kata kunci memegang peranan penting agar toko online Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh masyarakat. Mari simak artikel berikut ini untuk memahami lebih jauh terkait seluk-beluk kata kunci untuk mendongkrak traffic website bisnis Anda.
21250
post-template-default,single,single-post,postid-21250,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.2.0,vc_responsive
thumbnail-keywords

Cara Terbaik Mencari Kata Kunci untuk Toko Online Anda

Pernahkah Anda merasa jika bisnis online Anda tidak berkembang? Atau merasa jika website Anda sulit untuk ditemukan di mesin pencari populer seperti Google dan Bing? Yuk ditelaah lagi, bisa jadi Anda belum memasukkan atau salah mencantumkan kata kunci pada konten web Anda.Masih banyak pebisnis online awam yang tidak memahami pentingnya penggunaan kata kunci dalam setiap postingan mereka.

Memposting konten secara berkala memang akan meningkatkan kualitas website, akan tetapi, mengabaikan kata kunci yang tepat juga dapat berujung pada kesia-siaan. Sesuai dengan namanya, sebuah kata kunci menjadi “kunci masuk” dari para konsumen untuk bisa mendatangi toko Anda. Jadi tanpa menggunakan kata kunci yang tepat, mustahil bagi konsumen untuk dapat menemukan website Anda dari ribuan website kompetitor lainnya.

Apa itu kata kunci? Bagaimana cara kerjanya untuk meningkatkan bisnis? Lebih penting lagi, bagaimana cara terbaik untuk membuat kata kunci yang tepat bagi laman perusahaan Anda? Mari simak artikel berikut ini untuk memahami lebih jauh terkait seluk-beluk kata kunci untuk mendongkrak traffic website bisnis Anda.

Apa Itu Keyword?

 

keywords-1

Sebelum melompat ke cara-cara merumuskan kata kunci, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu kata kunci. Dalam Bahasa Inggris, istilah ini dinamai sebagai keyword. Umumnya, kita menggunakan keyword saat hendak mencari sesuatu di mesin pencari seperti Google.

Semisal kita hendak mencari daftar nama hewan langka di Indonesia. Agar mendapatkan hasil pencarian yang sesuai, tentunya Anda akan mengetik “daftar nama hewan langka di Indonesia,” bukan? Saat keyword tersebut dimasukkan, Anda otomatis akan disuguhi beragam judul artikel dan laman website yang dapat Anda kunjungi.

Itulah sistem kerja dari sebuah keyword. Keyword adalah sebuah rangkaian kata yang digunakan untuk mendapatkan hasil pencarian di search engine internet. Oleh sebab itulah, kata kunci memegang peranan penting agar website Anda dapat ditemukan oleh calon konsumen.

Dalam dunia digital marketing pun, keyword sering disebar dalam isi konten agar laman konten dapat lebih mudah muncul saat dicari. Semakin banyak orang yang berhasil menemukan dan mengunjungi website Anda, maka traffic web perusahaan akan semakin meningkat.

Artikel Terkait  Perbedaan Mendasar Antara Aplikasi dan Situs web

6 Teknik Menemukan Kata Kunci Terbaik untuk Bisnis Anda

 
Kata kunci memegang peranan penting agar toko online Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh masyarakat. Ilustrasi sederhananya adalah seperti ini: bayangkan Anda memiliki sebuah website toko buku online yang menawarkan harga murah. Calon konsumen yang hendak berbelanja buku online secara murah tentunya akan memasukkan keyword seperti “toko buku online murah” di laman Google. Jika postingan di website Anda menggunakan keyword yang sama, maka otomatis halaman website Anda akan muncul di kolom hasil pencarian konsumen.

Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menggunakan keyword terbaik sekaligus paling pas untuk setiap postingan di laman website usaha Anda. Keyword yang pas akan otomatis mengantarkan calon konsumen ke gerbang toko Anda. Ada begitu banyak kombinasi serta ragam keyword yang dapat dibuat oleh seseorang. Lantas apa saja cara-cara untuk mendapatkan keyword terbaik bagi toko Anda?

Cara perumusan keyword termudah untuk seorang pemula adalah dengan metode brainstorming. Dengan metode ini, Anda dapat menggali sebanyak-banyaknya inspirasi keyword yang sesuai dengan perusahaan Anda. Anda bisa menuliskan apa saja ide yang muncul dalam pikiran untuk dijadikan keyword.

Semisal Anda memiliki kedai kopi dan ingin mempromosikan usaha di media sosial, maka Anda merumuskan sejumlah keyword yang berkaitan dengan kopi seperti : kedai kopi baru, kopi latte, espresso, es kopi kekinian, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, apakah teknik brainstorming ini saja sudah cukup? Bagaimana jika otak Anda benar-benar “buntu” dan kekurangan inspirasi kata kunci? Pertanyaan kedua merefleksikan kejadian yang sering menghampiri serta mengganggu banyak orang kala merumuskan keyword. Bukan tidak mungkin jika Anda juga mengalami kebuntuan mendadak saat hendak menuliskan keyword terbaik untuk usaha.

Selain itu, para pemula juga cenderung kesulitan dalam merumuskan keyword yang spesifik. Membuat keyword yang terlalu umum maupun terlalu spesifik juga tidak akan membawa efek baik bagi traffic website perusahaan.

Keyword yang terlalu umum biasanya bersifat lemah sehingga website Anda akan “tenggelam” dalam lautan website lain milik para pesaing. Begitupun keyword yang terlalu spesifik akan mengakibatkan website Anda susah ditemukan pengguna karena terlalu sulit untuk dicocokkan dengan keyword pencarian.

Namun jangan khawatir! Berikut ini kami mempunyai 6 teknik terbaik untuk menemukan keyword untuk toko online Anda. Dengan menerapkan teknik-teknik ini, dijamin toko online Anda akan naik peringkat di SEO.

Artikel Terkait  Panduan Belajar Bahasa Pemrograman Kotlin Untuk Pengembangan Aplikasi Android

1) Menggunakan Tren

 
Teknik pembuatan keyword yang pertama adalah menggunakan tren saat ini. Cara ini dijamin ampuh untuk meningkatkan toko online dalam hasil pencarian SEO. Mengapa? Sebab, keyword yang mengikuti tren biasanya akan masuk ke kategori pencarian populer.Traffic konten Anda akan cepat naik jika menggunakan keyword dari tren yang sedang viral dan banyak dicari. Alhasil dengan memanfaatkan cara ini, toko Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk ditemukan masyarakat.

Namun teknik ini memiliki tantangannya tersendiri, sebab tren di masyarakat selalu berubah-ubah setiap saat. Jadi, bagaimana caranya untuk mengetahui tren terbaru di masyarakat? Jawabannya adalah dengan melakukan riset serta pengamatan langsung.

Cari tahu hal-hal apa yang sedang viral saat ini di masyarakat. Jika Anda masih menemukan kesulitan, gunakanlah alat bantu seperti Google Trends yang memiliki update terkait tren terbaru. Lalu segeralah mencari tren yang cocok untuk mendongkrak konten Anda dan masukkan selaku keyword.

2) Mengamati Pesaing

 

seo-keywords

Teknik selanjutnya adalah mengamati pesaing. Banyak orang melakukan kekeliruan dengan memusuhi pesaing bisnis mereka. Padahal, Anda bisa memanfaatkan para kompetitor ini untuk mendapatkan inspirasi keyword yang pas untuk mendongkrak platform online Anda di mesin pencari. Caranya?

Ada cukup banyak cara mudah untuk mengamati para kompetitor ini. Anda bisa memulai dengan mengamati dan membandingkan website atau laman media sosial milik perusahaan Anda dan milik pesaing. Lewat teknik ini, Anda bisa melihat perbedaan, keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing website.

Cara berikutnya adalah dengan memperhatikan gerak-gerik dari para pesaing. Cari tahu bagaimana cara mereka memasarkan dan mempromosikan produk, jenis produk yang dibuat, hingga keyword-keyword apa saja yang berhasil mendongkrak usaha mereka.Pelajari dan pahami hingga sejauh mana keyword yang digunakan kompetitor mampu membawa laman perusahaannya dalam hasil pencarian internet. Langkah ini bisa menjadi pedoman Anda untuk menentukan keyword yang pas untuk konten sendiri.

Namun bagaimana kalau Anda tidak tahu cara menggali informasi dari website pesaing? Tenang saja, saat ini Anda bisa mengorek informasi tersebut dengan alat bantu seperti keyword research tool. Di samping itu, Anda juga bisa menghubungi jasa-jasa SEO berpengalaman untuk membantu. Mudah dan praktis!

3) Menerapkan Sistem Long-Tail Keyword

 
Sistem long-tail keyword adalah trik keyword yang juga sukses di pasaran. Sesungguhnya, terdapat 2 jenis keyword yang umum dipakai oleh perusahaan dalam konten mereka yakni short-tail keyword dan long-tail keyword.Short-tail keyword dikenal sebagai keyword pendek. Umumnya, keyword ini bersifat general, tidak spesifik, dan hanya memiliki panjang 1 sampai 2 kata saja. Contohnya: toko online.

Sementara long-tail keyword adalah keyword panjang. Keyword tipe ini merupakan penjabaran lebih spesifik dari short-tail keyword. Ia bersifat lebih spesifik, terdiri dari 3 hingga 5 kata, dan cocok dipakai jika pengguna menginginkan hasil pencarian yang lebih tepat sasaran. Contohnya: toko online Bali, toko online makanan, toko online COD Bali, dan masih banyak lagi.

Penggunaan long-tail keyword dapat menjadi solusi untuk menaikkan traffic konten Anda di dunia maya. Sebab, long-tail keyword dinilai sebagai tipe keyword yang berkualitas. Selain itu, jika Anda menggunakan long-tail keyword maka Anda tidak perlu mencantumkan keyword terlalu banyak. Alhasil Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan keyword atau mencantumkannya hingga melebihi kapasitas konten.

Artikel Terkait  Cara Mewujudkan Pengalaman Onboarding Terbaik pada Aplikasi

4) Memakai Aplikasi Keyword Tool

 
Ingin membuat keyword yang lebih praktis? Gunakan aplikasi Keyword Tool saja, yuk!

Aplikasi Keyword Tool banyak digunakan oleh pebisnis yang ingin merumuskan keyword secara praktis sekaligus banyak. Dalam satu kali prosesnya, aplikasi ini bisa menghasilkan sampai 750 saran keyword yang dapat dicantumkan dalam konten. Alat ini bekerja dengan sistem Google Autocomplete sehingga mampu bekerja dalam 83 bahasa dan 129 domain dalam Google. Alhasil, keyword yang disajikan akan memberi peluang besar untuk laman Anda ditemukan lebih banyak orang.

Aplikasi yang sangat user friendly ini sangat cocok untuk Anda yang baru pemula dalam merumuskan keyword untuk postingan. Lebih jauh lagi, aplikasi Keyword Tool juga bisa memberikan saran frasa maupun kata berdasarkan jenis keyword yang Anda inginkan. Sangat simpel, praktis dan bermanfaat bukan? Tertarik untuk mencoba aplikasi ini?

5) Membuat Kelompok Keyword

 
Cara berikutnya yang juga akan mempermudah proses perumusan keyword untuk konten Anda adalah dengan membuat kelompok keyword. Saat mengggali inspirasi keyword, bisa jadi Anda justru merasa kebingungan karena setiap keyword bertebaran begitu saja dalam benak. Jadi untuk mempermudah kerja, cobalah mengelompokkan setiap keyword mulai dari yang paling umum hingga ke yang paling spesifik.

Sebagian orang menilai kegiatan pengelompokkan ini sangat melelahkan dan memakan waktu karena harus dilakukan satu demi satu. Belum lagi Anda bisa terjebak kebingungan menentukan tingkat kespesifikan dari suatu keyword. Anda bisa memanfaatkan peralatan bantu dari SEO untuk lebih memudahkan kerja. Saat ini sejumlah peralatan SEO telah dilengkapi dengan fitur pengelompokkan keyword.

6) Mendata Saran Keyword dari Kolom Pencarian Google

 

keywords-2

Pernahkah Anda melakukan pencarian di Google dan mendapatkan sejumlah saran keyword pencarian lainnya yang terkait? Kumpulan keyword tersebut juga dapat digunakan untuk menaikkan traffic laman website perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengembangkan kumpulan keyword spesifik dengan metode ini.

Semisal Anda telah memiliki daftar keyword general yang hendak digunakan. Langkah selanjutnya tentu merumuskan keyword yang lebih spesifik sebelum memakainya pada laman konten. Kalau Anda tidak memiliki inspirasi, cobalah untuk mengecek saran keyword pencarian di kolom Google.

Caranya sangat mudah. Cukup masukkan keyword general yang Anda rumuskan di kolom pencarian Google. Klik “Cari”, lalu tunggu selama beberapa saat. Nantinya, Anda akan mendapatkan halaman berisi hasil pencarian serta saran keyword lain yang masih berkaitan dengan keyword general Anda tadi. Bagian saran keyword ini umumnya terletak di bagian akhir halaman pencarian. Setelah mendapatkannya, Anda tinggal memasukkan beragam saran keyword baru tersebut ke laman website dan selesai sudah!

Sebagai contoh, Anda memasukkan keyword general ke Google : toko online. Selanjutnya, hasil saran keyword lain dan spesifik yang dapat Anda temukan di akhir halaman antara lain :

  • toko online terlengkap,
  • toko online terbaik di Indonesia,
  • toko online terbaik di Indonesia 2020,
  • belanja online murah,
  • situs jual beli online
  • toko online asli Indonesia, dan masih banyak lagi.

Menambahkan keyword “rekomendasi” Google ini dapat turut serta meningkatkan traffic laman website perusahaan Anda. Tertarik untuk mulai mencoba?

Demikianlah artikel kali ini terkait cara-cara mencari keyword untuk toko online Anda. Ingatlah bahwa keyword memegang peranan penting agar toko online Anda dapat sukses dalam persaingan di masyarakat.

Menggunakan keyword yang random dan tidak tepat sasaran hanya akan membuang-buang waktu dan tidak akan memberikan hasil yang optimal. Calon pengunjung juga tidak akan dapat menemukan toko Anda apabila Anda menggunakan keyword pencarian yang keliru.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk membantu Anda mencari keyword terbaik bagi toko online Anda, ya! Jangan lupa juga untuk mengecek beragam artikel informatif lainnya dari kami. Terima kasih sudah membaca, have a nice day!

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: