Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Langkah-langkah Perbaikan yang Harus dilakukan Untuk Meningkatkan Ulasan dan Peringkat Aplikasi di Appstore
Ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika ingin mengupload aplikasi ke AppStore. Berikut ini adalah syarat atau hal yang perlu diperhatikan agar aplikasi Anda bisa diterima di AppStore. Simak penjelasan lebih lengkapnya pada artikel ini.
20771
post-template-default,single,single-post,postid-20771,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive
App-store-thumbnail

Langkah-langkah Perbaikan yang Harus dilakukan Untuk Meningkatkan Ulasan dan Peringkat Aplikasi di Appstore

Membuat aplikasi adalah suatu kebanggaan tertentu bagi para developer baru, apalagi ketika aplikasi tersebut bisa diterbitkan di appstore. Bukan rahasia lagi jika memang syarat agar aplikasi dipajang di appstore agak sedikit lebih rumit dibandingkan playstore. Hal ini dikarenakan persyaratan dari AppStore sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan playstore.

Selain itu ada kebijakan baru terkait dengan ulasan pengguna yang mulai diterapkan pada ios 11. Hal ini tentu membuat persaingan antar aplikasi semakin lumayan. Tapi meskipun begitu bukan berarti hal tersebut tidak bisa diatur. Apabila sedari awal menerapkan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menaikkan ulasan pengguna, maka tidak perlu khawatir akan keberlangsungan aplikasi di AppStore.

Syarat Agar Aplikasi Diterima Di AppStore

Seperti yang dibahas sebelumny,  agar aplikasi bisa diterbitkan di AppStore mengalami evaluasi yang cukup ketat. Ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan dari AppStore sebelum menyetujui penerbitan aplikasi dari pihak pengembang. Beberapa hal tersebut sebenarnya tidak terlalu rumit. Berikut ini adalah syarat atau hal yang perlu diperhatikan agar aplikasi bisa diterima.

Harus Sudah Terregistrasi

Pertama pastikan jika pengembang sudah terdaftar di IOS sebagai penyedia distribusi aplikasi untuk IOS. Lalu pastikan untuk sudah mendapatkan sertifikasi dari IOS yang merupakan syarat utama sebelum memasarkan aplikasi. Dalam hal ini ketika sudah terdaftar pengembang perlu untuk melakukan registrasi yang bersifat berbayar. Biayanya sendiri yakni $99 per tahunnya.

Artikel Terkait  Status dan Tantangan dari Aplikasi Perbankan Saat ini | Wujudkan Nilai Kreasi Bersama dengan Pelanggan Melalui Saluran Seluler

Pastikan Untuk Membuat Catatan ITunes Connect Untuk Aplikasi

Cara untuk syarat yang kedua ini sangat mudah yakni pengembang harus membuat organisasi appstore connect. Lalu jadilah agen dalam tim, hal ini nanti akan diterangkan pada saat sebelum proses pemasaran. Akan terjadi sedikit perbedaan apabila aplikasi yang diterbitkan merupakan aplikasi berbayar. Dimana pengembang akan diberikan formulir yang perlu diisi, apabila gratis maka langkah tersebut bisa dilewatkan saja.

Kejelasan Aplikasi

Aplikasi yang dibuat haruslah bersifat jelas dalam hal ini jenisnya yang utama. Hal ini dikarenakan jenis aplikasi memang sangat luas, belum lagi pembagian sub-sub aplikasi. Sehingga jenisnya lebih banyak dibandingkan yang orang tahu sekarang ini. Kejelasan ini diperlukan pihak AppStore agar pada saat review bisa dipisahkan dengan jelas aplikasinya.

Aplikasi Tidak Boleh Bersifat Sengketa

Keempat aplikasi tidak boleh bersifat sengketa. Beberapa hal yang bisa menyebabkan sengketa diantaranya adalah pelanggaran hak cipta. Seperti kemiripan pada nama, logo, ataupun layout serta user interface. Lalu kata-kata promosi ataupun tagline juga pastikan harus bersifat beda. Karena saat proses preview AppStore benar-benar melakukan sortir dengan ketat. Sehingga jangan sampai aplikasi yang dibuat masih terganjal dengan hak cipta dan lainnya.

Target Aplikasi Jelas

Hal selanjutnya yang harus dipikirkan adalah target dari aplikasi tersebut harus bersifat jelas. Sebab saat proses preview pihak AppStore akan memisahkan beberapa aplikasi yang kiranya tidak bisa diterima pada negara tertentu. Ada lagi keterbatasan konten juga membuat tidak semua aplikasi bisa untuk diterbitkan di setiap negara. Karenanya cantumkan dengan benar target yang dituju.

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi Android Toko Online Yang Menarik

Preview Aplikasi Harus Bersifat Lengkap

Terakhir adalah preview dari aplikasi ini harus bersifat lengkap. Percaya atau tidak, di AppStore bahkan diatur juga berapa screenshot yang diperlukan sebagai pelengkap preview. Sebagai bocoran agar bisa lulus evaluasi dibutuhkan minimal 10screenshot. Akan lebih baik lagi jika screenshoot itu dilengkapi dengan video preview. Semakin jelas preview, maka semakin cepat aplikasi diapprove.

Mengapa Ulasan Sangat Penting

Pertama karena ternyata pengguna akan terlebih dahulu membaca ulasan dari pengguna lainnya sebelum melakukan download. Hal ini berdasarkan survei oleh Apptentive A.S., sekitar 80% pengguna membaca setidaknya satu ulasan sebelum mengunduh aplikasi. Sehingga apabila rating semakin tinggi, maka pengguna akan semakin tertarik untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Hal ini juga dibuktikan jika 100% orang akan langsung mendownload aplikasi yang sudah memiliki bintang 5. Ini dikarenakan pengguna merasa percaya dengan ulasan tersebut, dan merasa penasaran terkait sebagus apa aplikasi tersebut. Selain di Amerika, orang di Indonesia juga ternyata melakukan hal yang sama. Dimana pengguna akan lebih mudah mendownload aplikasi dengan rating tinggi.

Ini bisa terlihat dari perbandingan pertumbuhan beberapa aplikasi yang ada di Indonesia. Beberapa aplikasi dengan rating tinggi akan sangat mudah menarik perhatian pengguna. Akibatnya pertumbuhan aplikasi tersebut menjadi lebih cepat dan meninggalkan beberapa aplikasi di belakangnya. Hal tersebut tentu membuktikan bahwa ulasan merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan aplikasi.

Artikel Terkait  Panduan Lengkap Tentang Digital Marketing | Jasa Digital Marketing Profesional

Dari iOS 11.3, Fungsi Ulasan Sortir Diinstal

Selain alasan yang dibahas di atas diberitakan juga bahwa pada tahun 2011 saat ios mengalami update ke seri 11,3 ulasan pengguna menjadi hal yang sangat penting. Karena di versi ini ulasan pengguna akan ditampilkan dan ditambahkan dalam fungsi pernyortiran. Dimana dalam proses pernyortiran atau filter tersebut pengguna bisa memilih berdasarkan ulasan pengguna lainnya.

Dimana dalam filter tersebut pengguna bisa mengubah urutan ulasan yang ditampilkan dalam empat kategori: bermanfaat, tinggi, rendah, dan terbaru. Tentu saja ulasan tinggi serta bintang lima akan termasuk ke dalam aplikasi yang bermanfaat. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Sehingga pasti pengguna akan lebih memilih yang bermanfaat dengan ulasan yang tinggi.

Hal tersebut akan menyebabkan aplikasi selalu menjadi hasil utama dalam pencarian. Dengan begitu visibilitas dari aplikasi tersebut tentu akan meningkatkan. Visibilitas yang ditingkatkan akan meningkatkan jumlah orang yang meninjau ulasan sebelum mengunduh aplikasi. Selain itu, ulasan toko aplikasi cenderung berpengaruh terhadap keberlangsungan aplikasi untuk dapat bertahan di AppStore.

Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Meningkatkan Ulasan Pengguna

Tadi sudah dibahas dengan lengkap terkait kegunaan ulasan bagi suatu aplikasi yang ada di AppStore. Karenanya diperlukan suatu siasat agar ulasan aplikasi dapat meningkat dengan cepat. Tentunya dalam hal ini yang harus ditingkatkan adalah ulasan positifnya. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti yang ada di bawah ini.

Artikel Terkait  Fungsi Kode Captcha | Kenapa Harus dan Apakah Manfaatnya?

Tingkatkan Aplikasi  Dengan Sebaik-Baiknya

Membuat suatu produk aplikasi yang baik adalah syarat mutlak utama agar aplikasi bisa mendapatkan ulasan positif sebanyak-banyaknya. Dengan membuat aplikasi yang baik tentu akan sangat meminimalisir timbulnya ulasan negatif. Sehingga pengguna akan menikmati saat sedang menggunakan aplikasi dengan begitu tentu ulasan positif dari pengguna dapat meningkat dengan pesat.

Taruh Semua Fitur yang Kiranya Dapat Memudahkan Pengguna

Dalam aplikasi yang baik itu setidaknya ada 7 fitur utama yang harus ditaruh di dalamnya. Pastinya semua fitur tersebut memiliki sifat mempermudah pengguna dalam menggunakan aplikasi. Beberapa fitur tersebut diantaranya offline mode, gamification, media sosial login, feedback, serta beberapa fitur lainnya. Dengan menerapkan semua fitur tersebut pengguna akan tertarik untuk mengunduh serta memberikan respon positif terhadap aplikasi.

Pertahankan Kinerja Baik Aplikasi dan Jangan Sampai Ada Penurunan

Pernah membaca pada suatu ulasan dari pengguna, dimana banyak pengguna yang mengeluhkan adanya perubahan kinerja aplikasi sesaat setelah dilakukan upgrade. Padahal seharusnya upgrade ini haruslah bersifat memperbaiki dan meningkatkan kualitas aplikasinya bukan sebaliknya. Karenanya perhatikan dengan baik bahwa kinerja aplikasi harus tetap sama bagusnya bahkan lebih baik lagi dari sebelumnya.

Identifikasi Pengguna yang Paling Terlibat

Ketika melihat pengguna setia aplikasi yang memang sudah lama menjadi pengguna setia, manfaatkan kehadirannya dengan baik. Dalam hal ini mintalah ulasan darinya yang bersifat pribadi. Dengan menanyakan melalui survei atau quesioner cepat yang bisa dimunculkan dalam aplikasi. Sehingga pengguna akan memberikan ulasan lebih jujur, dan pengembang tahu hal apa lagi yang perlu ditingkatkan.

Memancing User Agar Mau Memberikan Pendapat

Ingat bahwa di pembahasan sebelumnya sebuah aplikasi harus memiliki fitur gamification. Pada saat seperti ini fitur tersebut bisa dimanfaatkan oleh pengembang untuk memancing penggunanya agar mau memberikan review. Buatlah sederhana dalam bentuk seperti permainan. Lalu nantinya berikan reward kecil-kecilan sebagai imbalan akan ketersediaan pengguna dalam memberikan ulasan.

Menampilkan Manfaat Dari Peringkat yang Diberikan Oleh User

Setelah membiarkan user memberikan ulasannya serta peringkat terhadap aplikasi, maka selanjutnya pengembang bisa menampilkan manfaat. Dalam hal ini adalah manfaat dari hal sebelumnya yang sudah dilakukan oleh pengguna. Dengan begitu pengguna tidak akan merasa telah membuang waktunya dengan sia-sia karena harus memberikan suatu ulasan.

Artikel Terkait  Membuat Program Android Dengan Mudah Untuk Pemula

Langsung Atasi Apabila Ada Komentar Negatif Terhadap Aplikasi

Tangani dengan baik semua ulasan yang masuk, baik itu yang bersifat negatif ataupun positif. Terutama saat adanya ulasan negatif yang masuk. Peraturan pertama adalah menanggapi tanggapan negatif tersebut dengan baik, dan membalas komentar yang diberikan dengan nada yang sopan. Lalu setelahnya berjanji akan memperbaiki kesalahan tersebut dan mulai lakukan dengan segera agar pengguna kembali merasa puas.

Manfaatkan Media Sosial Dengan Sebaik-Baiknya

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan media sosial dengan sebaik-baiknya. Dalam memanfaatkan media sosial ini ada beberapa hal yang bisa dimanfaatkan. Pertama adalah fitur penasarannya melalui media sosial, lalu manfaatkan media sosial sebagai alat untuk melakukan login. Terakhir sosial media bisa digunakan juga sebagai wadah pengguna untuk memberikan feedback.

Pahami Dengan Benar Apa yang Diinginkan Oleh Pengguna

Terakhir adalah cara kunci dan tidak banyak yang mengetahuinya, yakni pahami dengan benar keinginan pengguna. Memang terdengar dan terlihat sepele, tapi manfaat yang diberikan sangat besar. Karena ketika aplikasi dibuat, dan targetnya diorientasikan sesuai dengan keinginan pengguna, maka hasilnya pasti sangat bagus. Selain itu mudah diterima di masyarakat.

3 Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Menghadapi Ulasan Pengguna

app-store-3

Terhitung mulai Maret tahun 2017, pengembang aplikasi di iOS sudah bisa memberikan balasan terkait tanggapan yang diberikan oleh pengguna. Dalam memberikan tanggapan tersebut ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan. Pertama pengembang diwajibkan untuk membaca terlebih dahulu panduan terkait bagaimana caranya memberikan balasan terhadap suatu alasan.

Kedua adalah menanggapi dengan sistem dan kebijakan yang sama dengan dukungan pengguna. Ketiga dan yang terakhir ini masih terkait dengan poin sebelumnya yaitu ketika membalas ulasan yang diberikan harus dalam ranah yang sopan. Pengembang juga dilarang keras membalas dengan kata-kata yang bersifat kasar dan menyinggung. Apabila ketahuan pengembang akan langsung dibanned.

Itulah tadi pembahasan singkat terkait pentingnya suatu ulasan terhadap aplikasi di AppStore serta tidak lupa juga diberikan cara bagaimana untuk memperbaiki ulasan tersebut. Dengan begitu calon developer tidak perlu lagi merasa khawatir, selain itu tips-tips yang diberikan di atas juga bisa diterapkan oleh pengembang lama. Karena memang semuanya terbukti jitu dan bermanfaat. Selamat mencoba.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: