Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Cara Membuat Website | Hal-hal Penting yang Harus Anda Ketahui
21211
post-template-default,single,single-post,postid-21211,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.2.0,vc_responsive
thumbnail-artikel-membuat-web

Cara Membuat Website | Hal-hal Penting yang Harus Anda Ketahui

Kecepatan pergerakan dalam dunia teknologi bukanlah hal baru lagi. Bahkan saking cepatnya arus perkembangan dunia digital dan teknologi, tak jarang manusia sampai merasa kelabakan sendiri. Seolah-olah tidak ada waktu untuk bersantai-santai jika kita ingin tetap unggul di ranah persaingan IT. Kecepatan pergerakan dunia teknologi memang kadangkala terasa mengejutkan, apa yang baru saja kita temukan atau ciptakan di tahun lalu, saat ini, hal tersebut sudah memerlukan pembaharuan atau update.

Pembuatan website adalah salah satunya. Sebagai salah satu produk teknologi yang terus digunakan dari tahun ke tahun, proses membuat web pun turut terkena dampaknya. Beragam jenis pembaharuan selalu muncul dalam proses membuat web. Untuk Anda yang baru berkecimpung di dunia website, Anda harus siap-siap beradaptasi dengan pergerakan dinamis ini.

Namun hal-hal apa sajakah yang harus Anda pahami dengan baik sebelum bisa terjun membuat web?

Jangan khawatir! Anda beruntung sebab artikel kali ini akan mengupas tuntas hal-hal penting yang harus dipahami saat hendak membuat web. Dijamin Anda tidak akan kebingungan lagi dan bisa membuat web unggulan untuk perusahaan ataupun kebutuhan pribadi Anda. Penasaran? Yuk lanjut scrolling!

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi Android Berbasis Web Dengan Mudah

Wahai Pemula, Pertimbangkan Ini Sebelum Membuat Sebuah Web!

 

membuat-web-1

Anda hendak membuat web untuk pertama kalinya? Sebelum tergesa-gesa terjun ke praktek, ada baiknya Anda memahami beberapa hal penting sebelum akhirnya terjun membuat web sendiri. Ada 5 hal yang harus Anda pertimbangkan baik-baik sebelum benar-benar mulai mengerjakan proyek website.

Logo Website

 
Pertama adalah logo website. Aspek ini memang terkesan sepele, namun sesungguhnya, logo website merupakan hal penting dan tak boleh diabaikan keberadaannya. Sebab, logo website merupakan hal pertama yang memperkenalkan identitas web ke pengguna. Selain itu, pengguna akan lebih mengingat sebuah website dari logonya. Terlebih jika logo website tersebut memiliki keunikan dan kekhasan sendiri yang membedakannya dari website-website lain.

Nama Domain

 
Selanjutnya adalah nama domain. Seperti halnya logo, nama domain juga menjadi bagian dari identitas website itu sendiri. Dengan melihat nama domain yang website Anda miliki, pengunjung bisa mengenali identitas laman yang tengah mereka buka dan kunjungi.

Jadi, usahakan agar website Anda memiliki nama yang mudah diingat, unik dan menarik. Nama yang mudah diingat akan membantu pengunjung saat mereka mencari website Anda di mesin pencari Google, Bing, dan lainnya.

Warna

 
Jangan lupakan warna saat melakukan proses pembuatan web, ya! Pemilihan warna yang tepat untuk web tidak bisa semata-mata didasarkan pada warna kesukaan kita selaku pembuat web.

Anda harus mempertimbangkan fungsi dari warna yang dipilih untuk menggambarkan brand ke masyarakat. Apakah warna pilihan sudah mampu mendongkrak dan membangun image brand yang tepat di benak masyarakat? Jika iya, maka Anda dapat menggunakan warna tersebut untuk website perusahaan.

Layout atau Tata Letak

 
Unsur lain yang harus Anda pertimbangkan sebelum membuat sebuah web adalah layout atau tata letak komponen-komponen web. Membuat layout yang menarik merupakan suatu keharusan untuk menarik minat serta rasa betah dari pengunjung web.

Namun tetap usahakan untuk membuat desain tata letak web yang sesuai dengan fungsi web Anda. Jangan membuat desain yang terlalu “ramai” sehingga memusingkan pengunjung atau sebaliknya; terlalu “sepi” sehingga membuat pengunjung bosan. Jika Anda menemui kesulitan dalam proses menyusun tata letak web dan konten, Anda bisa berkonsultasi dengan para desainer web profesional.

Tipografi

 

membuat-web-3

Elemen terakhir yang harus Anda pertimbangkan saat menciptakan web adalah tipografi. Tipografi adalah sebutan untuk penggunaan font, huruf atau teks. Memilih font yang sesuai dengan identitas atau image brand di website perusahaan memerlukan kehati-hatian serta pertimbangan yang matang.

Jangan sampai Anda justru menggunakan font yang keliru dan tidak membuat pengguna nyaman saat melihat tampilan web Anda. Semisal website perusahaan Anda adalah website untuk bisnis profesional, alhasil Anda harus menggunakan font yang memberikan kesan profesional juga.

Artikel Terkait  Daftar 8 Aplikasi Mobile yang Lebih Baik dari Versi Dekstopnya

Cara Membuat Web: Cepat, Mudah dan Cocok untuk Pemula

 

membuat-web-2

Siapa bilang membuat sebuah web adalah hal yang sulit untuk pemula? Anggapan tersebut sudah kuno. Saat ini, siapapun bisa mencoba membuat sebuah web dengan cepat dan mudah. Anda pun juga bisa, lho! Berikut ini kami sajikan lengkap cara-cara membuat sebuah web yang mudah dipahami dan cocok untuk pemula. Disimak, yuk!

1. Menentukan Tujuan dan Platform Web

 
Langkah awal dari pembuatan web adalah dengan menentukan tujuan dan platform web yang akan digunakan nantinya. Menentukan tujuan pembuatan web merupakan hal yang penting. Ibarat kegiatan perjalanan ke suatu tempat, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu tempat akhir yang hendak dituju, bukan?

Sama halnya dengan pembuatan web. Apa tujuan Anda membuat website ini? Mengapa Anda memerlukan sebuah web? Mengetahui tujuan pembuatan web juga akan membantu Anda untuk tetap terarah selama masa kerja menggunakan web.

Selanjutnya, tentukanlah platform web yang hendak dipakai. Platform ini dikenal juga sebagai Content Management System. Menentukan Content Management System akan sangat membantu Anda yang ingin membuat website tanpa repot-repot mempelajari bahasa pemrograman. Jadi, siapa bilang untuk bisa membuat web, Anda harus memahami beragam bahasa pemrograman terlebih dahulu? Manfaatkanlah Content Management System untuk mempermudah pengerjaan web Anda!

Contoh platform Content Management System yang sering dimanfaatkan oleh web developer pemula adalah WordPress. Anda bisa ikut mencoba Content Management System WordPress yang terkenal paling ideal dan mudah untuk dipakai oleh para pemula.

Artikel Terkait  Cara Mengembangkan Aplikasi Native pada Tahun 2020

2. Memilih Nama Domain dan Register Hosting

 
Selanjutnya, Anda harus menentukan nama domain dan melakukan register hosting. Tips terkait penentuan nama domain telah dibahas di bagian sebelumnya, namun sebagai catatan kembali: ingatlah untuk memilih menggunakan nama domain yang singkat, unik, dan mudah diingat oleh konsumen.

Anda juga bisa memilih bentuk akhiran nama domain, seperti .com, .info, .co.id, .web.id, .net, dan masih banyak lagi. Agar bisa menggunakan nama domain pilihan, ada kalanya Anda harus membayar atau membeli nama tersebut dan menjadikannya milik Anda. Jadi sebaiknya sediakan sejumlah uang untuk membayar kebutuhan ini.

Sedikit modal juga akan Anda butuhkan saat melakukan register hosting untuk web. Hosting merupakan sarana yang wajib dimiliki oleh web Anda sebab di sanalah data-data dan file web akan tersimpan agar bisa diakses secara online.

Ada 3 jenis hosting yang dapat Anda pilih salah satunya, yakni VPS, shared hosting, dan cloud hosting. Jika Anda adalah pemula, sebaiknya pilih shared hosting karena mudah, murah dan mendapat penanganan dari pihak host jika suatu saat terjadi masalah. Saat menentukan hosting terbaik untuk web, Anda harus mempertimbangkan 3 hal antara lain: ketersediaan selama 24 jam, sekuritas atau keamanan tinggi, dan memiliki tingkat kecepatan loading yang bagus.

3. Melakukan Penginstalan WordPress

 
Proses terakhir setelah register hosting adalah melakukan penginstalan WordPress (selaku Content Management System pilihan dalam tutorial ini). Proses instalasi dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu melalui fitur otomatis atau manual.

Untuk cara otomatis, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur Auto Install WordPress saja. Namun jika Anda memilih jalan manual, maka tahapan instalasinya adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan login ke cPanel melalui tautan atau link yang dikirimkan ke alamat e-mail.
  2. Membuka Softaculous Installer dan men-klik ikon WordPress. Kemudian, klik tombol bertuliskan “instal sekarang”.
  3. Memilih domain Anda di bagian “Choose Domain”.
  4. Mengisi deskripsi nama dan identitas website lainnya di bagian Site Name dan Site Description.
  5. Terakhir, menentukan username dan password Anda untuk proses login ke dashboard WordPress. Selesai! Website Anda kini sudah siap untuk dikustomisasi dan digunakan.

Memang pada dasarnya, proses pembuatan website masih serupa dari tahun ke tahun. Cara-cara yang telah dijelaskan di atas adalah langkah mudah sekaligus hasil inovasi dalam pembuatan web. Dulu, seseorang baru bisa membuat website jika mereka memahami bahasa pemrograman. Namun kini, inovasi terjadi sehingga kita bisa membuat website hanya dengan menggunakan platform CMS WordPress. Hebat, bukan?

Inovasi-inovasi seperti inilah yang sekiranya akan kita selalu temui di bidang teknologi dari tahun ke tahun. Di tahun 2020 sendiri, proses pembuatan website ataupun software lainnya telah mengalami banyak perubahan sehingga menjadi semakin canggih saja. Contohnya adalah penemuan teknologi virtual reality (VR), revolusi kecerdasan buatan yang semakin mirip dengan kecerdasan manusia, hingga mengembangkan Web of Things (WoT).

Tentunya proses pengembangan-pengembangan ini tidak akan berhenti di titik ini. Teknologi akan selalu berkembang sekaligus belajar dari pencapaian di masa lalu. Perkembangan teknologi di tahun 2020 tentunya didasarkan pada hasil pencapaian di tahun sebelumnya, seperti tren web aplikasi dan cloud platform, ragam bahasa pemrograman yang kian bertambah kualitasnya, hingga penemuan dari para programmer akan software yang lebih ringan,  praktis, namun berkapasitas kerja lebih tinggi.

Bagaimana? Siapkah Anda untuk ikut turut serta menyumbang perubahan di dunia teknologi modern?

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: