Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | Cara Memulai Layanan Berlangganan di Dalam Aplikasi
Cara-cara untuk menerapkan layanan berlangganan di dalam aplikasi. Beserta beberapa contoh aplikasi yang menggunakan layanan ini.
20630
post-template-default,single,single-post,postid-20630,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Cara Memulai Layanan Berlangganan di Dalam Aplikasi

Smartphone saat ini sudah menjadi benda wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang, bahkan anak kecil dan lanjut usia sekalipun. Keberadaan smartphone oleh penggunanya dijadikan sebagai sarana untuk menunjang pekerjaan dan juga sebagai saran hiburan semata. Ada beberapa orang yang bahkan memiliki lebih dari satu smartphone untuk menunjang aktivitasnya, baik itu untuk bekerja ataupun sekedar sebagai hiburan semata.

Ada banyak hal yang bisa didapatkan dari ponsel pintar ini. Bukan hanya sebagai sarana untuk berkomunikasi saja, melainkan juga sebagai pengisi kebosanan dan juga kesepian. Saat ini banyak sekali aplikasi smartphone yang bisa didownload dan dimainkan sesuka hati untuk mengisi waktu luang para pengguna smartphone. Tentunya aplikasi ini memiliki kegunaan dan keseruannya masing-masing.

Beribu aplikasi yang bisa didownload pada appstore yang tersedia disetiap smartphone mulai dari yang gratis hingga berbayar. Tak bisa dipungkiri bahwasanya ada kepuasan tersendiri bagi pengguna suatu aplikasi jika menggunakan aplikasi tersebut dalam versi premium. Saat ini banyak sekali aplikasi berbayar yang mampu memanjakan penggunanya. Dengan aplikasi premium, fiturnya juga akan semakin lengkap.

Biasanya aplikasi premium ini membuat para pengguna atau orang yang membutuhkannya rela mengeluarkan budget lebih besar untuk bisa memiliki serta menggunakannya. Seperti tahun di 2020 ini, di mana layanan berlangganan bahkan sudah bisa mencapai jutaan jika dikalkulasikan pertahunnya. Namun, ini bukanlah hal yang besar jika aplikasi berbayar tadi bermanfaat bagi banyak kelancaran aktivitas.

Keunggulan Menggunakan Layanan Aplikasi Berlangganan

 

pengguna smartphone

Artikel Terkait  6 Metode Promosi Aplikasi Yang Efektif Berikut Contohnya

Meskipun membutuhkan biaya tambahan agar memilikinya, namun kelebihannya juga bisa membuat para penggunanya menjadi puas. Menggunakan layanan aplikasi berlangganan tidak hanya akan menambah fitur-fitur keren pada aplikasi, namun kemudahan mengaplikasikannya juga akan didapat. Berbeda dengan fitur non-berlangganan yang fiturnya lebih sedikit, aplikasi berlangganan ini akan mempermudah aktivitas atau bahkan memberikan profit yang berlimpah bagi penggunanya.

Kemudahan dan juga powerfull dari aplikasi berbayar dan yang tidak tentunya berbeda. Para pengembang biasanya membuat spesifikasi lebih mendalam pada aplikasi-aplikasi berbayar untuk memperlihatkan nilai komersialnya pada masyarakat. Kelebihan pertama yang bisa didapatkan adalah ketika menggunakan aplikasi, tidak akan adalagi iklan yang menganggu saat sedang asyik bermain ataupun menonton.

Berbeda dengan aplikasi open source yang cenderung bisa digunakan di platform mana saja, aplikasi dengan langganan berbayar ini memiliki hak cipta (copyright) yang membebaskan pembuat dalam mengembangkannya. Kelebihannya lagi, para pengguna layanan ini bisa mengajukan keluhan kepada pihak license software jika terjadi kerusakan atau hambatan-hambatan pada aplikasi yang digunakan.

Sedangkan untuk segi keamanan, aplikasi berbayar lebih terjamin karena ditangani langsung oleh proggamer-proggramer professional dari perusahaan pengembang. Seperti yang sudah diketahui bahwa menjaga atau membuat kode program itu sulit, sehingga tidak heran jika upah dari seorang proggamer perusahaan itu sangat besar.

Aplikasi Apa Yang Paling Membutuhkan Budget Besar Untuk Berlangganan?

 

price1000

Artikel Terkait  Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Dengan Mudah

Data menyebutkan bahwa setiap tahunnya jumlah orang yang berlangganan aplikasi semakin meningkat. Ini dibuktikan dengan banyaknya orang yang mengunduh aplikasi di app store. Seperti data tahun 2018, di mana jumlah unduhan aplikasi mencapai 194 miliar.  Untuk Indonesia sendiri berada di urutan keempat pengunduh terbanyak sepanjang tahun 2018 tadi. Hal ini membuktikan betapa pengguna di Indonesia sangatlah banyak.

Aplikasi ini tentunya dikembangkan dengan begitu baik oleh para developer aplikasi dan memberikan fitur terbaik dikelasnya. Ini menjadi salah satu ajang bagi para pembuat aplikasi dalam memasarkan aplikasinya dan bisa digunakan oleh masyarakat luas di seluruh dunia. Mengingat penggunaan ponsel setiap tahunnya akan semakin meningkat, tentunya aplikasi di dalamnya juga harus diperbaharui sesuai kebutuhan zaman.

Di Indonesia sendiri, aplikasi yang paling populer diunduh baik itu gratis maupun berbayar terdiri dari beberapa kategori seperti video massage, aplikasi streaming film, aplikasi penyimpanan berbasis online dan juga aplikasi kategori sosial media. Untuk lebih jelasnya di bawah ini beberapa aplikasi mobile online yang berbayar paling banyak digunakan dan punya banyak sekali langganan berbayar.

1. Bigo Live

 
Untuk aplikasi berbayar pertama yang paling banyak diunduh dan digunakan di Indonesia adalah bigo live. Aplikasi ini merupakan aplikasi steraming yang bisa menghubungkan antara satu orang dengan lainnya melalui jaringan internet.

2. Sing! By Smule

 
Tak hanya aplikasi streaming, sing by smule yang masuk dalam kategori sosial media sekaligus hiburan ini juga banyak diunduh oleh paea pengguna. Dengan menggunakan fitur berbayar, seseorang bisa open chat dan juga duel dengan pengguna yang lain sehingga bernyanyi menjadi semakinseru.

3. Line

 
Sebagai salah satu aplikasi yang berguna sebagai sarana komunikasi menjadikan Line banyak digunakan. Ada beberapa orang yang bahkan menggunakan layanan berlangganan untuk mendapatkan fitur tambahan seperti request stiker kesukaannya.

Artikel Terkait  Cara Bikin Aplikasi Online Shop | Aplikasi Toko Online

4. Netflix

 
Bagi yang suka streaming film mungkin tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Selain menyediakan layanan nonton gratis, netflix juga tersedia dalam versi premium, tanpa gangguan iklan. Aktivitas nonton tanpa iklan dan mengakses lebih banyak film akan semakin seru.

5. Tinder

 
Dating app atau aplikasi khusus untuk mencari pasangan ini juga menjadi aplikasi dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Aplikasi chat online ini tersedia dalam versi premium dengan berbagai fitur menarik.

6. Google Drive

 
Bagi yang ingin data-datanya aman dari peluang terhapus maka google drive ini adalah solusi. Aplikasi dalam versi premium ini memberikan beberapa kelebihan seperti bertambahnya space untuk file-file yang akan disimpan.

7. Joox Music

 
Masih seputar aplikasi berupa hiburan, yaitu aplikasi joox. Salah satu aplikasi penyedia lagu ini menyediakan layanan berlangganan dengan memberikan fitur akses lagu yang tidak terbatas kepada penggunanya. Lagu baru dirilis pun akan langsung bisa didengar pada app joox ini.

Kiat-Kiat Yang Harus Diketahui Sebelum Berlangganan Aplikasi

 
Bagi yang ingin berlangganan aplikasi, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja kiat-kiat yang perlu diketahui sebelum memutuskan berlangganan aplikasi favorit. Hal ini dilakukan untuk mengedukasi para pengguna tentang bagaimana sebaiknya berlangganan mobile aplikasi tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya secara lengkap:

Appstore Tersedia Seiring Meningkatnya Layanan Berlanggganan Aplikasi

 
Hal pertama yang perlu diketahui pertama adalah appstore selalu tersedia seiring meningkatnya layanan berlangganan aplikasi. Artinya, appstore selalu bekerja untuk meningkatkan penggunaan layanan berlangganan. Secara timbal balik juga layanan berlangganan meningkatkan pembelian dalam aplikasi, toko juga secara otomatis  meningkatkan pendapatan komisi dari semakin banyaknya pengguna berbayar.

Layanan berlangganan aplikasi juga tidak serta merta bisa langsung di diunduh tanpa uji coba. Pada tahun 2018, di mana aplikasi dapat diatur untuk uji coba secara gratis. Bagi yang ingin menggunakan fitu berlangganan ini, bisa menggunakan uji coba gratis di google play store. Pengguna juga dapat memeriksa status penggunaan layanan berlangganan.

Artikel Terkait  Cara melihat jumlah unduhan dan jumlah kompetisi aplikasi

Ketika sudah memutuskan untuk berlangganan, jangan lupa untuk memeriksa semua syarat dan ketentuannya. Penting juga untuk membaca terlebih dahulu fitur-fitur tambahan apasaja yang akan didatkan jika mulai berlangganan pada satu mobile aplikasi tertentu.

Terdapat Aplikasi Yang Memungkinkan Anda Untuk Selalu Memilih Versi Gratis Atau Versi Berbayar

 
Ada beberapa mobile aplikasi yang tetap menwarkan dua opsi, yakni gratis atau yang berbayar. Para pengguna bisa untuk terlebih dahulu melakukan uji coba secara gratis dalam periode tertentu. Biasanya para pengguna ringan ini menggunakan versi gratis dan untuk pengguna inti biasanya memakai aplikasi dalam versi premium. Kedua pengguna ini tentunya mendapat fasilitas dan kepuasan yang berbeda-beda.

Tips sebelum memutuskan berlangganan adalah memilih atau mencoba versi gratis sebelum akhirnya beralih ke versi berbayar. Namun, biasanya para developer dalam mempromosikan aplikasinya memakai strategi uji coba dalam perode tertentu. Jika aplikasi yang di uji coba itu sudah sesuai, tidak ada salahnya untuk berlangganan dan dapatkan fitur lengkapnya untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi.

Tentunya aplikasi berbayar ini memiliki manfaat bagi penggunanya. Tidak hanya sebagai media komunikasi tapi lebih kompleks daripada itu. Setiap aplikasi pastinya ingin terus meningkatkan pengguna berbayarnya. Hal itulah yang kerap kali membuat para developer terus mengembangkan aplikasinya agar dapat bersaing dalam persaingan aplikasi di Indonesia bahkan sebisa mungkin dikancah internasional.

Hal Yang Dibutuhkan Dalam Mengembangkan Dan Mengoperasikan Aplikasi Layanan Berlangganan

 
Tidak seperti aplikasi biasa pada ummnya, proses pengembangan aplikasi berbayar ini membutuhkan waktu dan upaya yang lebih besar. Meskipun fungsinya sama, perbedaan versi gratis dan premium akan berbeda.  Seperti aplikasi Joox misalnya, di mana jika para pengguna menggunakan versi premium maka bebas mengakses lagu apapun.

Selain itu hal yang juga dibutuhkan dalam pengembangan aplikasi berbayar oleh para pengembang aplikasi ini adalah dibutuhkan lebih banyak sistem pendukung. Bahkan sudah ada beberapa apliksi yang sudah diintegrasikan berbasis browser untuk menghentikan pembelian dalam aplikasi.

Proses pengintegrasian ini dimaksudkan untuk mengurangi biaya yang akan dibayarkan ke toko aplikasi dengan menghindari pembelian dalam aplikasi. Pada masa yang akan datang diperkirakan ada gerakan dalam layanan berlangganan yang terkait dengan app store serta para developer atau perusahaan pengembang yang mengembangkan aplikasi tertentu.

Cara Berlangganan Aplikasi Berbayar

 

android

Sudah tau kan aplikasi berbayar apa saja yang paling banyak diunduh? Tentunya setiap orang memiliki keinginan dan juga kebutuhan yang berbeda dalam menggunakan aplikasi dalam kesehariannya. Mungkin pembaca juga sudah tau apa kelebihan yang bisa didapatkan jika berlangganan mobile aplikasi tertentu di smartphonenya. Rata-rata orang berlangganan mengaku puas bisa menggunakan aplikasi kesukaannya sesuka hati.

Artikel Terkait  Cara Membuat Mobile Apps dengan mudah

Bagi yang sudah tau ingin berlangganan aplikasi seperti apa, berikut ini adalah cara berlanggan aplikasi yang sangat mudah. Pertama, buka aplikasi yang ingin dijadikan langganan lalu buka bagian yang menampilkan konten berbasis langgnan. Kedua, pilih langganan dan metode pembayaran, lalu klik “langganan”, maka secara otomatis aplikasi tersebut sudah berubah ke versi premium.

Biasanya aplikasi premium ini akan memberikan opsi kepada pelanggannya dalam melakukan pembayaran. Caranya bisa dengan melakukan pembayaran bulanan atau bisa juga pembayaran secara tahunan. Semua tergantung pada kesepakatan awal yang sewaktu-waktu bisa diubah tergantung kesepakatan baru dari pihak pengguna dengan pihak pengembang.

Itulah tadi beberapa ulasan tentang kelebihan berlangganan mobile aplikasi dan juga kiat-kiat serta cara untuk berlangganan aplikasi berbayar yang bisa dipasang pada smartphone ataupun android. Sekian artikel kali ini, semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan sumber bacaan yang bermanfaat untuk semua pembaca sekalian.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: