Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Perbedaan mendasar antara aplikasi dan situs web
"Aplikasi" dan "Situs Web" memiliki perbedaan mendasar yang perlu kita ketahui untuk bisa menentukan untuk membuat salah satunya. Ketahui juga kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
20583
post-template-default,single,single-post,postid-20583,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive

Perbedaan Mendasar Antara Aplikasi dan Situs web

Sekitar satu dekake yang lalu, penjelajahan dunia maya alias internet masih sebatas melalui website. Pun penggunanya masih tergolong sedikit karena kekurang tahuan masyarakat mengenai teknologi internet itu sendiri. Kini setelah satu dekade berlalu, teknologi internet sudah sangat berkembang mulai dari kecepatan akses hingga caranya mengakses. Kini teknologi yang kita gunakan untuk mengakses internet secara garis besar ada dua, yaitu website dan satu lagi adalah aplikasi.

Tapi, meski digunakan hampir setiap hari, sudahkah kita memahami perbedaan mendasar dari aplikasi dan situs web? Keduanya memiliki fitur, kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa dirasakan pengguna. Situs web dan aplikasi memiliki sasaran pengguna masing-masing yang dapat menggunakannya dengan benar. Untuk memahaminya di bawah ini akan dibahas secara lengkap terkait aplikasi dan situs web mulai dari pengertian, perbedaan keduanya, kelebihan bahkan kekurangannya.

Pengertian Dasar Aplikasi dan Situs Web

 

app android

Artikel Terkait  Cara melihat jumlah unduhan dan jumlah kompetisi aplikasi

Sebelum memahami perbedaan dari aplikasi dan situs web ada baiknya untuk mengetahui dasar pengertian dari aplikasi dan situs web. Aplikasi merupakan salah satu platform tertentu yang biasanya dibangun oleh perangkat IOS atau Android dengan harus mengalami pengunduhan dan penggunaan data seluler. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai apa perbedaan antara aplikasi dan situs web? kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Berbeda dengan aplikasi, situs web merupakan suatu halaman yang mampu diakses melalui browser internet. Situs web memungkinkan untuk selalu diakses pada perangkat penggunaan tanpa batas selama terhubung pada internet dan tidak mengharuskan adanya pengunduhan dan penginstalan. Berikut ulasan mengenai apa perbedaan antara aplikasi dan situs web? kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Perbedaan Aplikasi dan Situs Web

 

Website

Setelah mengetahui pengertian dasar keduanya, mari simak lebih lanjut mengenai perbedaan aplikasi dan situs web di bawah ini.

1. Jenis Instalansi yang Berbeda

 
Perbedaan yang paling mendasar dari aplikasi dan situs web adalah adanya jenis instalansi yang berbeda diantara keduanya. Ketika menggunakan aplikasi haruslah penggunaannya didahulukan dengan menginstal menggunakan perangkat seluler. Namun hal ini berbeda dengan situs web yang hanya perlu dilihat dari browser ketika akan digunakan.

Selain itu ketika akan mengunduh diperlukan suatu komunikasi kerja yang akhirnya menghasilkan konsumsi pemakaian data. Semakin besar kapasitas pada jenis aplikasi akan mempengaruhi besaran data yang dikonsumsi. Selain itu besaran aplikasi bisa mengakibatkan smartphone menjadi mengalami penurunan daya, berbeda dengan penggunaan web browser.

2. Memiliki Tingkat Kecepatan Komunikasi yang Berbeda

 
Selain perbedaan di atas, tingkat kecepatan antara keduanya memang berbeda, meski keduanya memiliki ketergantungan pada jangkauan internet yang ada. Selain itu pada aplikasi penggunaan komunikasi didasarkan dari berbagai menu di dalamnya. Sedangkan browser web hanya bergantung pada konten dan banyaknya jumlah penggakses web yang dimaksud.

Pada komunikasi aplikasi kecepatan komunikasi hanya berpengaruh dari adanya kemampuan data seluler dan internet, sehingga tidak terlalu bermasalah. Hal ini berbeda dengan komunikasi pada web browser yang berpengaruh oleh gelombang radio sehingga kecepatannya terkadang naik dan turun. Bisa dikatakan bahwa stabilitas kecepatan jalannya penggunaan lebih baik aplikasi daripada web browser.

3. Memiliki Fungsi Dasar yang Berbeda

 
Perbedaan lainnya dari aplikasi dan web browser terletak pada fungsi dasarnya yang sudah jelas berbeda. Jika pada web browser informasi akan lebih statis dan dinamis terhadap informasi. Namun pada aplikasi informasinya lebih ditandai dengan fungsionalitas dinamis.

Pada aplikasi sendiri sangat memungkinkan untuk penggunanya berkomunikasi dengan aktif setiap waktu. Sedangkan dalam web browser tidak bisa berkomunikasi dengan pengunjung web. Beberapa fitur banyak yang lebih menguntungkan aplikasi apalagi untuk membangun komunikasi,namun untuk penyediaan informasi jauh baik web browser.

4. Adanya Perbedaan Tampilan Antara Keduanya

 
Secara tampilan keduanya, aplikasi dan web browser juga memiliki perbedaan yang cukup berpengaruh. Pada aplikasi ikon aplikasinya akan terdeteksi pada layar ponsel dan bisa diakses sewaktu-waktu sejak diunduh. Sedangkan untuk situs web hanya bisa dilihat melalui internet saja tanpa bergantung pada tampilan ikon.

5. Jumlah Data Yang Digunakan

 
Selain tampilan dan banyak sisi lainnya, penggunaan data juga berbeda antara aplikasi dan situs web. Pada aplikasi harus melakukan pengunduhan terlebih dahulu sehingga penggunaan data bisa lebih besar. Dibandingkan dengan akses situs web yang hanya bisa melalui mesin pencarian dan biasanya lebih kecil dalam konsumsi datanya.

Kekurangan dan Kelebihan dari Aplikasi

 
Diatas adalah ulasan mengenai perbedaan dari aplikasi dan situs web dalam berbagai ranah, berikut ini akan dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi.

1. Aplikasi Memungkinkan Komunikasi Antar Pengguna

 
Kelebihan dari aplikasi yang pertama adalah adanya kemampuan untuk berkomunikasi antar pengguna jika menginstal aplikasi. Jenis aplikasi tertentu memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dan menjadi relasi serta kontak dengan pengguna lainnya. Komunikasi yang terjalin ini jelas sangat menguntungkan disbanding dengan situs web yang jenis komunikasinya terbatas.

Artikel Terkait  Bagaimana mengembangkan aplikasi iPhone? Pahami dasar-dasarnya berikut ini

Komunikasi ini bisa segera dilakukan setelah pengguna sebelumnya melakukan peng-instalan terhadap aplikasi jenis tertentu. Kemudian biasanya aplikasi akan menawarkan pengisian data diri guna membuat akun pada aplikasi. Setelah semua data terisi dan langkah pendaftaran terverifikasi maka apalikasi sudah bisa digunakan untuk berkomunikasi.

2. Memiliki Kelebihan Akses Cepat

 
Selanjutnya kelebihan lainnya dari penggunaan aplikasi adalah memiliki akses jaringan dan pengelolaan yang relatif cepat. Ponsel atau gawai yang sudah terkoneksi pada jaringan tertentu bisa digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu juga. Aplikasi yang sudah dibuat dengan desaign sebaik mungkin memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi dengan cepat.

3. Dapat Digunakan Pada Layar Beranda

 
Kelebihan lain dari aplikasi daripada situs web adalah mampu digunakan atau diakses melalui layar beranda. Tidak harus seperti tampilan pada situs web yang cenderung harus dilakukan pada mesin pencarian. Hal semacam ini jelas lebih menguntungkan dibanding dengan penggunaan situs web yang terkesan menyulitkan.

4. Kekurangannya Harus Diinstal Sebelum Digunakan

 
Diantara kelebihan aplikasi ada juga kekurangan dari aplikasi yang harus dirasakan oleh pengguna yaitu salah satunya masalah peng-instalan. Sebelum menggunakan aplikasi tertentu memang diharuskan untuk menginstal terlebih dahulu aplikasi dengan menggelontorkan kuota tertentu. Selain itu ada beberapa aplikasi yang mengharuskan dalam peng-instalan membayar sejumlah uang.

5. Terkadang Mengalami Keharusan Update Atau Gangguan

 
Kekurangan lainnya dari aplikasi adalah adanya update berkala untuk meningkat performa yang ada dan terkadang ada juga gangguan. Gangguan disini dimaksudkan biasanya ada masalah server yang down karena banyaknya pengguna. Selain itu semakin besar update maka semakin besar memori yang dikeluarkan dan biasanya membuat pergerakan aplikasi melambat.

Kekurangan dan Kelebihan dari Situs Web

 

situs-web-1

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan dari aplikasi, berikut adalah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan situs web.

1. Memiliki Kelebihan Penyebaran SNS

 
Kelebihan pertama dari situs web adalah memiliki kemudahan dalam penyebaran SNS. Situs web memiliki alamat URL yang mudah sekali untuk dibagikan pada pengguna lain ketika akan berbagi informasi. Hal ini jelas sangat menguntungkan bagi pengguna situs web ketika ingin menyampaikan berita atau informasi terkini.

2. Tidak Memiliki Batasan Informasi

 
Selain itu situs web memiliki kelebihan yang jauh berbeda daripada aplikasi yang terbatas informasinya. Pada situs web tidak ada sama sekali batasan informasi karena ada banyak sekali informasi pada browser yang ditawarkan. Cukup meletakan keywords pada mesin pencari maka ada banyak sekali ulasan dan materi yang ditawarkan mengenai informasi yang dicari.

3. Dapat Selalu Memberikan Penawaran Informasi Yang Update Pada Browser

 
Situs web juga memungkinkan untuk selalu memberikan informasi yang update melalui browser kepada penggunanya. Hal ini lebih menguntungkan dan berlebih daripada aplikasi. Berbagai jenis informasi bisa didapatkan tergantung kategori yang dicari dan diinginkan.

Artikel Terkait  Aplikasi Developer Terbaik | Pembuat Aplikasi Android

4. Tidak Adanya Fungsi Notifikasi Sehingga Menyulitkan Informasi Masuk

 
Namun selain kelebihan ada juga kekurangan dari penggunaan situs web yang beredar salah satunya menyangkut masalah notifikasi. Berbeda dengan aplikasi yang memungkinkan munculnya notifikasi ada pesan atau lainnya, dalam situs web tidak demikian. Kurangnya fitur untuk notifikasi aplikasi seringkali membuat pengguna tidak mengetahui adanya informasi terbaru dan ini merugikan.

5. Kecepatan Situs Terkadang Down

 
Sama halnya dengan aplikasi yang mampu down, situs web juga memiliki kesamaan kekurangan dalam hal pengaksesannya. Situs web yang terlalu banyak mengalami permintaan membuat server mengalami down dan tidak bisa diakses. Selain itu jaringan internet yang terkadang down bisa juga mempengaruhi sistem akses situs web.

Diatas tadi adalah beberapa ulasan mengenai artikel, apa perbedaan antara “aplikasi” dan “situs web”? Kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Hal diatas bisa dijadikan khasanah pengetahuan bagi pengguna aplikasi maupun situ web. Selain itu bisa untuk membandingkan antara penggunaan aplikasi dan situs web yang ada, sehingga bisa lebih bijak dalam penggunaan keduanya.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: