Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | 7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline
Aplikasi membuat aplikasi android yang dapat Anda gunakan secara offline tanpa harus terkoneksi internet. Apa saja daftar aplikasi tersebut? Simak informasinya berikut ini.
20010
post-template-default,single,single-post,postid-20010,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
android-app004

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan internet. Aplikasi Android sudah sangat membantu banyak orang dalam berbagai bidang, jenisnya yang beranekaragam dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari hiburan hingga bisnis.

Sampai saat ini aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dunia adalah aplikasi Android. Meskipun Aplikasi Android memiliki banyak kekurangan, namun Aplikasi Android menjadi salah satu aplikasi yang memiliki banyak peminat dan paling banyak digunakan dibandingkan dengan aplikasi pada system operasi lainnya.

Beberapa orang berpikir bahwa untuk membuat Aplikasi Android itu sangat sulit dan hanya bisa dilakukan orang-orang yang sudah ahli, meskipun pada dasarnya memang benar, namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Orang yang awam dalam dunia pemrograman belum tentu tidak bisa membuat Aplikasi Android.

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android


Sebenarnya untuk pembuatan Aplikasi Android bisa secara online maupun offline. Namun di artikel ini akan dijelaskan tentang aplikasi membuat aplikasi android yang dapat digunakan secara offline. Berikut adalah beberapa aplikasi untuk dapat membuat aplikasi android secara offline.

Aplikasi Android Studio


android-studio

Android Studio menjadi salah satu aplikasi membuat aplikasi android yang digunakan untuk pengembangan aplikasi di Android, Android Studio ini sangat berguna untuk mengembangkan aplikasi Android. Android Studio memiliki banyak fitur yang digunakan untuk dapat membantu proses pengembangan menjadi lebih cepat.

Android Studio merupakan Integrated Development Environment atau IDE yang resmi dari Google yang dirancang khusus untuk dapat mengembangkan Android. Android Studio menjadi salah satu alat yang sering digunakan dan diandalkan ketika proses pengembangan.

Android Studio dapat membantu pengeditan kode, debugging, serta pengujian aplikasi dengan cepat. Berbagai fitur yang ada dapat membantu developer untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang berkualitas. Berikut ini beberapa kelebihan dari Android Studio.

Instant Run


Instant Run bisa dibilang sebagai salah satu fitur penting dan terpenting. Dengan menggunakan fitur ini, maka akan mempercepat proses pengembangan aplikasi. Instant Run memungkingkan Anda untuk mendorong perubahan kode tanpa harus membuat APK baru

Intelligence Code Editor


Fitur ini sangat berguna untuk penulisan kode yang lebih baik, cepat dan tepat. Fitur Intelligent Code Editor dapat membantu developer untuk menganalisis kode dan kemudian menyediakan saran kode dalam bentuk drop-down list yang dapat digunakan dengan sistem auto complete.

Emulator Yang Cepat Dan Kaya Fitur


Android Studio menyediakan emulator yang dapat bekerja dengan baik. Fitur dari Android Studio ini memungkinkan Anda untuk menguji secara cepat untuk berbagai perangkat Android diantaranya adalah perangkat seluler, tablet, serta smart TV. Anda juga bisa mensimulasikan berbagai fitur dari aplikasi seperti melacak lokasi GPS, sensor gerak dan lain sebagainya.

Layout Editor


Layout Editor dapat membantu proses pembuatan layout secara cepat dan efisien. Melalui fitur ini , Anda cukup dengan mendrag elemen UI ke dalam visual design editor tanpa diharuskan menulis layout XML secara manual. Fitur ini juga sangat berguna untuk memperlihatkan bagaimana desain yang Anda buat akan terlihat dari versi ukuran layar, serta perangkat Android yang berbeda.

Artikel Terkait  Pembuat Aplikasi Android Dengan Mudah Tanpa Ngoding

Aplikasi Eclipse


Eclipse adalah salah satu aplikasi membuat aplikasi android. Eclipse pada awalnya dikembangkan oleh IBM untuk menggantikan perangkat lunak IBM Visualage for Java 4.0. Eclipse diluncurkan oleh IBM pada tanggal 5 November 2001.

Eclipse merupakan Integrated Development Environment atau IDE. Fungsi utama dari Eclipse ini adalah untuk mengembangkan aplikasi Java, namun saat ini Eclipse sudah bisa Anda gunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam bahasa pemrograman melalui media plugin.

Selain itu software Eclipse ini dapat digunakan untuk mengembangkan Aplikasi Android. Untuk melakukan itu diperlukan tools tambahan pengembang lainnya, diantaranya adalah Eclipse Java JDT untuk Java dan Scala. Eclipse CDT untuk C / C++, Eclipse PDT untuk PHP dan yang akan dibahas Eclipse ADT untuk Android serta masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa sifat dari Eclipse.

Multi-Platform


Kelebihan paling utama dari Java adalah dapat dijalankan di hampir semua platform/sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali kemudian jalankan dimana saja . dengan kelebihan ini pemrograman cukup menulis program Java dan dikompilasi atau diubah dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin, lalu hasilnya dijalankan di beberapa platform tanpa perubahan.

Multi Language


Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman seperti c/C++, Cobol, Phyton, Peri, PHP dan lain sebagainya.

Multi-Role


Sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi. Eclipse bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web dan lain-lain.

Aplikasi Apache Cordova


apache-cordova

Aplikasi membuat aplikasi android offline berikutnya adalah Apache Cordova. Apache Cordova sebenarnya berawal dari PhoneGap yang proyeknya diserahkan kepada apache software. Nah, ada juga kelebihan utama dari Apache Cordova ini selain dari bahasa pemrogramannya yang bisa menggunakan multi bahasa pemrograman.

Apache Cordova mempunyai sistem multi-platform dimana Anda bisa membangun suatu aplikasi berbasis mobile, akan tetapi aplikasi tersebut bisa digunakan atau di pasang di beberapa operasi sistem pada umumnya seperti iOS pada Apple, Windows pada Windows Phone dan Android pada SmartPhone.

Pada Apache Cordova ini menawarkan beberapa fitur-fitur yang menarik bagi para pengembang diantaranya.

Multi-Platform


Dimana Anda bisa membuat suatu aplikasi berbasis mobile di beberapa jenis sistem operasi pada Smartphone, banyak aplikasi pengembang yang tidak memiliki fitur ini, namun Apache Cordova memiliki fitur multi platform. Ketika Anda membuat aplikasi untuk Android dengan Apache Cordova mungkin Anda mengira bahwa aplikasi tersebut hanya bisa berjalan di Android. Namun dengan fitur multi platform, maka aplikasi bisa berjalan di sistem operasi manapun. Fitur dari Apache Cordova memudahkan Anda untuk dapat membuat aplikasi tanpa harus memperhatikan, apakah aplikasi yang dibuat support dengan sistem operasi.

Bahasa Pemrograman HTML, CSS3, dan Javascript


Anda tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman lain secara terpisah, jika menggunakan Android Studio, maka di sana Anda menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, akan tetapi untuk library nya berbeda dengan JavaScript pada umumnya, jadi Anda perlu mempelajari bahasa pemrograman untuk dapat menggunakan aplikasi android dengan baik.

Artikel Terkait  Membuat Aplikasi Android Online Secara Gratis Dengan Mudah

Memudahkan Untuk Mengatur Tampilan


Dengan menggunakan Apache Cordova ini akan memudahkan Anda mengatur tampilan pada sebuah aplikasi yang dibuat. Karena dalam Apache Cordova ini terdapat bahasa pemrograman CSS3 dan HTML, akan dengan mudah mengatur gambar dan icon-icon.

Namun Apache Cordova juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain adalah.

    • Aplikasi yang kita buat bisa terjadi reverse engineering, yang dimana aplikasi yang sudah Anda buat dapat terjadi pengeditan skrip oleh pengguna aplikasi Anda.
    • Karena plugin dikembangkan oleh kontributor yang berbeda-beda, maka ada kemungkinan perkembangan plugin tersebut akan berhenti.
    • Dokumentasi pada aplikasi Apache Cordova ini cukup minim, sehingga membuat pengembang sulit melakukan dokumentasi.
    • Kemungkinan untuk jalannya hybrid app lebih lama jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi native lainnya.


    Aplikasi Adobe Flash


    Adobe Flash awalnya dikenal sebagai Macromedia Flash. Adobe Flash merupakan perangkat lunak komputer dan merupakan produk unggulan dari Adobe Systems. Adobe Flash ini digunakan untuk membuat gambar animasi maupun gambar vektor.

    Berkas yang dihasilkan oleh aplikasi ini adalah swf dan dapat diputar di penjelajah web, yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash merupakan salah satu program yang digunakan untuk dapat membuat animasi yang handal, jika dibandingkan dengan program lain karena ukuran file dari hasil animasinya lebih kecil.

    Sebenarnya fungsi utama dari aplikasi Adobe Flash ini adalah untuk menggambar vektor dan juga animasi. Namun setelah diakuisisi oleh Adobe System pada Desember 2005, aplikasi ini telah berganti nama yang sekaligus dapat berfungsi sebagai aplikasi membuat aplikasi android offline untuk media pembuatan dan pengembangan aplikasi OS Android.

    Aplikasi Xamarin


    aplikasi membuat aplikasi android berikutnya adalah Xamarin, yakni sebuah aplikasi yang memang difungsikan untuk dapat membuat aplikasi cross platform (android, ios, dan windows phone) dengan mengg
    unakan salah satu bahasa pemrograman yaitu C++.

    Aplkasi Xamarin dikemangkan menggunakan IDE Xamarin yang memiliki kualitas sebaik aplikasi native Android atau iOS. Yang mana aplikasi Xamarin sangat cocok untuk digunakan oleh orang yang sudah menguasai basic pemrograman C++ dengan baik.

    Terdapat dua jenis aplikasi Xamarin yang dibedakan dari jenis pengembangnnya, yaitu:

        • Xamarin yang terintegrasi dengan Visual Studio : Direkomendasikan untuk dapat digunakan untuk para developer yang sudah terbiasa dengan OS Windows dan Visual Studio.
        • Xamarin Studio : Direkomendasikan untuk para developer yang sudah terbiasa menggunakan OS Mac.

    Dalam penggunaan setiap jenis tampilan interface Xamarin atau antarmuka Xamarin disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semisal, jika Anda mengembangkan aplikasi iOS, maka tampilannya akan mirip dengan XCOde. Namun ketika Anda mengembangkan aplikasi Android, maka tampilan user interfacenya akan sama dengan yang ada di aplikasi Eclipse.

    Aplikasi Unity


    Sebelumnya aplikasi membuat aplikasi android yaitu Unity hanya bisa digunakan di MacOS saja, namun saat ini aplikasi Unity telah menjelma sebagai software yang multi platform, karena memang aplikasi ini sudah biasa digunakan pada jenis OS lain, seperti Linux dan Windows.

    Sebenarnya Unity merupakan sebuah Game Engine karena memang dikhususkan sebagai aplikasi dan sekaligus software yang digunakan dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi berbasis game baik secara 2D maupun 3D.

    Aplikasi yang dirilis perdana di tahun 2005 dalam sebuah acara Apple’s Worldwide Developers Conference dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah game dengan menggunakan jenis-jenis bahasa pemrograman, diantaranya adalah JavaScript, C++ dan lainnya. Dimana hasil aplikasi game yang sudah dibuat Unity dapat di compile untuk Windows, Mac, iOS, Playstation Android, dan lain sebagainya.

    Aplikasi NetBeans


    NetBeans merupakan IDE yang digunakan untuk dapat mengembangkan aplikasi dengan bahasa pemrograman Java, C++. PHP dan lain sebagainya.

    IDE pada aplikasi NetBeans bersifat Open Source. Dulu saat pertama kali belajar java, penulis menggunakan IDE untuk engemangkan aplikasi java yang berbasis dekstop.

    netBeans dirilis oleh sebuah perusahaan terkenal, perusahaan tersebut adalah perusahaan Oracle. Dimana untuk menggunakan IDE Anda harus menginstal JDK dan JRE. Sama seperti Eclipse dan Android Studio, Anda bisa mengembangkan Aplikasi Android menggunakan IDE NetBeans dengan bahasa pemrograman Java.

    Jika Anda ingin belajar dan menggunakan NetBeans, maka Anda bisa mendownload aplikasinya di situs resmi NetBeans.

    hal pengembangan aplikasi. Jadi, jika Anda membutuhkan sebuah aplikasi yang membutuhkan koneksi server, GPS atau database jangan ragu untuk mempercayakan kebutuhan aplikasi Anda pada kami.

    Mendukung Strategi Mobile

    Ingin memanfaatkan strategi mobile untuk dapat mendongkrak keberhasilan bisnis, namun belum tahu bagaimana caranya? Tenang, AppKey ahli di bidangnya. AppKey bukan hanya menyerahkan aplikasi jadi pada Anda, lalu tidak peduli dengan langkah lanjutannya. Lebih dari itu, Anda akan mendukung proses pengembangan, misalnya mengunggah aplikasi ke Play Store membuatkan ulasan Aplikasi . App Store Optimization dan beberapa usaha lain sampai aplikasi yang dipesan sudah siap untuk digunakan secara masal.

    Beberapa aplikasi diatas bisa menjadi rekomendasi Anda untuk memilih sebuah aplikasi membuat aplikasi android secara offline, meskipun aplikasi Android bisa dibuat secara online dan offline, namun membuat aplikasi Android secara offline lebih memudahkan pengguna, karena tidak menggunakan data internet. Sehingga Anda bisa sedikit berhemat.

    Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
    Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

    Tentang Kami
    Pengnalan Layanan
    Pengenalan Perusahaan
    Kontak Kami
Tags: