Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan aplikasi. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
APPKEY | JIRA Software : Apakah Fungsinya dan Dapatkah Aplikasi Ini Memudahkan Pekerjaan Anda?
JIRA adalah software yang dibuat khusus untuk manajemen atau organisasi kerja proyek yang melibatkan banyak orang. Dibandingkan Trello, banyak orang menilai JIRA lebih cocok digunakan untuk tim kerja berskala besar.
21466
post-template-default,single,single-post,postid-21466,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.3.0,vc_responsive
thumbnail-jira

JIRA Software : Apakah Fungsinya dan Dapatkah Aplikasi Ini Memudahkan Pekerjaan Anda?

Pernahkah Anda bekerja dalam sebuah proyek bersama tim? Bekerjasama dalam tim merupakan salah satu bentuk aktivitas yang sering dijumpai dalam dunia kerja. Kerjasama tim biasanya dilakukan untuk mempermudah penyelesaian suatu tugas yang kompleks.

Ada banyak manfaat bekerja dalam tim, seperti lebih banyak tenaga kerja yang tersedia, fokus proses kerja yang optimal, hingga beban kerja yang jauh lebih ringan.

Sayangnya, bekerjasama secara tim juga memberikan banyak kendala, salah satunya adalah kesulitan mengorganisir setiap divisi serta anggota yang terlibat. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab teknologi terbaru telah melahirkan solusi terkait permasalahan tersebut.

Sambutlah JIRA software, aplikasi manajemen kerja tim yang siap membantu Anda dalam merancang, mengelola, hingga membuat laporan akhir dari proyek yang tengah digarap.

Ingin tahu lebih banyak seputar JIRA software? Yuk lanjut membaca artikel ini untuk mendapat informasi mendetil terkait JIRA: definisi, manfaat, hingga fitur-fitur unggulan di dalamnya yang wajib untuk Anda coba!

Mengenal JIRA Software, Aplikasi Management Operation Unggulan

 
Nama JIRA mungkin sudah cukup populer di kalangan pekerja, khususnya yang sering berkecimpung dalam sistem kerja tim. JIRA adalah software yang dibuat khusus untuk manajemen atau organisasi kerja proyek yang melibatkan banyak orang. Dibandingkan Trello, banyak orang menilai JIRA lebih cocok digunakan untuk tim kerja berskala besar.

JIRA software dikembangkan oleh developer bernama Atlassian. Awalnya, aplikasi ini dibuat guna mendeteksi masalah serta bug dalam sebuah software. Namun lambat laun JIRA dikembangkan untuk keperluan lain dalam proses pengembangan software. Kini, JIRA digunakan sebagai software management operational.

Dalam aplikasi ini terdapat beragam opsi, tools, hingga fitur-fitur yang dapat dikustomisasi oleh penggunanya untuk mengelola sebuah proyek. JIRA memungkinkan Anda untuk melakukan beragam tugas terkait proyek, mulai dari merencanakan kerja, menjadwalkan tugas, berkomunikasi dengan tim, hingga melacak kendala dan sudah sejauh mana progress dari proyek.

Namun untuk bisa menggunakan JIRA dengan baik, Anda harus menggunakan versi premium dan membayar biaya langganan bulanan. Tertarik untuk mencoba JIRA software? Yuk cari tahu beragam fitur-fitur unggulan JIRA di bagian selanjutnya!

Artikel Terkait  8 Aplikasi Filter Instagram Gratis Terbaik untuk Feeds IG ala Selebgram

Sebelum Menggunakan, Pahami Dulu 6 Fitur Software JIRA

 

jira-1

Software JIRA terkenal akan beragam fitur sederhana sekaligus bermanfaat di dalamnya. Fitur-fitur tersebut dapat mempermudah Anda dalam mengorganisir sistem kerja organisasi atau proyek yang melibatkan banyak orang serta divisi.

Apa sajakah fitur-fitur unggulan yang dimiliki software JIRA? Berikut ini 6 fitur fungsional dalam software JIRA. Memahami fungsi keenam fitur berikut ini akan mempermudah Anda nantinya saat menggunakan JIRA.

Roadmaps

 
Ada kalanya para anggota merasa kebingungan dengan progress kerja dari proyek. Sudah sejauh mana kira-kira pencapaian dari proyek Anda? Jangan khawatir, untuk mengetahuinya, Anda bisa mengecek fitur roadmaps di JIRA.

Fitur ini memberikan gambaran rencana ke depan dalam proyek secara mendetail kepada seluruh anggota yang terlibat dalam tim. Alhasil, para pimpinan dapat mengontrol proses kerja dan membuat keputusan, sedangkan anggota bisa lebih fokus bekerja.

Scrum dan Kanban Boards

 
Scrum dan Kanban Boards adalah fitur yang mempermudah tim dalam proses brainstorming. Fitur ini memungkinkan setiap anggota tim berkoordinasi dan berkolaborasi dalam menentukan prioritas kerja.

Lebih jauh lagi, mereka dapat saling berdikusi terkait beragam masalah yang dijumpai dalam kerja via boards Scrum dan Kanban sehingga hasil kerja yang didapat lebih maksimal.

Task Assignment

 
Fitur task assignment pada JIRA memuat tampilan antarmuka berisikan workflow proyek yang tengah digarap. Fitur yang satu ini merupakan intisari dari pengorganisasian pekerjaan tim Anda. Namun di software JIRA, progress dari proyek dapat dilihat oleh siapa saja alias tidak dibatasi untuk tim tertentu.

Konektivitas

 
JIRA bisa terkoneksi dengan beragam aplikasi, seperti yang diilustrasikan oleh gambar berikut:

Fitur konektivitas pada JIRA membawa manfaat besar dalam proses pengerjaan proyek, sebab memungkinkan software untuk terhubung dengan lebih banyak aplikasi yang dibutuhkan dalam proyek.

Pembuat Laporan

 
Selanjutnya adalah fitur pembuat laporan yang akan membantu Anda untuk proses evaluasi hasil proyek. Terdapat beragam bentuk laporan yang dapat dibuat menggunakan JIRA, seperti pie chart, velocity chart, cumulative report diagram, dan masih banyak lagi seperti pada gambar:

Kustomisasi

 
Kustomisasi memberikan kenyamanan saat memakai software JIRA. Dalam JIRA, kustomisasi yang diberikan cukup unik seperti kustomisasi emoji. Kustomisasi emoji bermanfaat untuk membuat setiap pesan dan catatan tugas menjadi lebih personal serta menyenangkan untuk dilihat.

Artikel Terkait  Belajar Coding dengan 8 Aplikasi Bahasa PemrogramanTerbaru untuk Sistem Pemrograman Android

4 Manfaat JIRA Software

 

jira-2

Mengapa Anda harus menggunakan software JIRA? Untuk Anda yang masih ragu-ragu atau bingung dengan manfaat menggunakan software JIRA, yuk simak pembahasan berikut ini terkait 4 manfaat JIRA untuk organisasi kerja proyek Anda.

Mudah Diintegrasikan

 
JIRA mempunyai banyak integrasi sistem yang dapat dijalankan bersamaan di dalamnya.

Tampilan Sederhana

 
Dibandingkan dengan aplikasi manajemen proyek tim lainnya, software JIRA memiliki tampilan desain yang lebih sederhana serta mudah dipahami. Meski demikian, software JIRA mempunyai fitur-fitur yang kompleks dan bermanfaat untuk mempermudah pengorganisiran kerja.

Organisir yang Mendetil

 
JIRA software membantu Anda untuk membuat rancangan serta mengelola pembagian kerja secara rinci serta mendetail untuk tim. Di sini, Anda bisa membagi pekerjaan kepada setiap anggota tim disertai porsi beban kerja masing-masing orang. Pembagian tugas pun semakin dipermudah sebab software JIRA menyediakan template khusus siap pakai untuk Anda.

Menyediakan Laporan yang Lengkap

 
Manfaat penggunaan JIRA selanjutnya adalah menyediakan laporan perkembangan hingga hasil kerja yang lengkap. Kadangkala setiap divisi dalam proyek bisa menemui kendala sekaligus memiliki perkembangan kerja yang berbeda-beda. Agar proyek dapat mencapai hasil yang optimal, peran laporan akan dibutuhkan sebagai bahan untuk memonitor sejauh mana perkembangan proyek.

Dibandingkan dengan aplikasi manajemen lainnya, software JIRA menyediakan fitur untuk membuat beragam jenis laporan proyek, seperti kecepatan kerja, sprint, hingga perkembangan proyek. Bahkan JIRA software memiliki fitur untuk menganalisis informasi hingga menjadi laporan yang dikehendaki.

Artikel Terkait  Cara Memasarkan Aplikasi Anda dengan Media Sosial

JIRA VS Trello: Mana yang Lebih Baik?

 
Selain JIRA software, ada pula aplikasi manajemen proyek yang cukup populer bernama Trello. Trello juga memiliki daya fungsi yang tak kalah apik untuk mengorganisir pembagian kerja secara berkelompok. Maka dari itu, tak mengherankan jika ada banyak orang menggunakan Trello selain JIRA software.

Namun apa saja perbedaan JIRA software dengan Trello? Mana pula aplikasi yang lebih baik? Banyak pengguna berpendapat bahwa perbedaan mendasar JIRA software dan Trello terletak pada sistem integrasi di dalamnya. Trello hanya mendukung hosting yang berbasis cloud, sementara JIRA bisa terintegrasi dengan beragam serta banyak software lain.

Dari segi tampilan, Trello hadir dalam bentuk sederhana berupa kartu kerja dengan fitur-fitur esensial. Namun, JIRA memiliki tampilan yang lebih sederhana dan fitur yang lebih kompleks. Selain itu, JIRA software dapat dikustomisasi dengan sangat mudah. JIRA pun bisa digunakan untuk tim berskala besar, memiliki onboarding biaya waktu lebih tinggi, dan mampu melacak tim software.

Jadi menurut Anda, aplikasi mana yang lebih baik? Menggunakan JIRA ataupun Trello sesungguhnya boleh saja, asal aplikasi yang dipilih mampu memenuhi kebutuhan organisasi proyek Anda. Untuk dapat memberi penilaian dengan baik, tak ada salahnya mencoba memakai Trello dan JIRA software untuk mengorganisir pekerjaan Anda.

Demikianlah pembahasan kali ini terkait JIRA software. Menarik dan informatif sekali bukan pembahasannya? Jangan lupa untuk menambah wawasan Anda dengan membaca artikel lainnya dari kami, ya! Terima kasih sudah membaca.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami
Tags: