APPKEY | Pembuat Aplikasi Android Dengan Mudah Tanpa Ngoding
Pembuat aplikasi android paling umum menggunakan beberapa software berikut ini. Apa saja software tersebut? Berikut ini informasi lengkapnya!
18416
post-template-default,single,single-post,postid-18416,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Pembuat Aplikasi Android Dengan Mudah Tanpa Ngoding

Fakta pengguna mobile atau smartphone semakin banyak. Kini budget orang-orang untuk membeli HP semakin tinggi karena mereka menyasar spesifikasi yang dibawa oleh perangkat HP tersebut. Tak terkecuali memilih yang memiliki RAM dan ROM yang tinggi.

Dampak dari banyaknya pengguna HP, khususnya HP android, menyebabkan semakin banyaknya orang-orang yang berprofesi sebagai pengembang aplikasi berbasis android atau android mobile developer. Keahlian ini dapat disebut sebagai pekerjaan jasa karena mampu menghasilkan jasa untuk membuat aplikasi android yang nantinya akan banyak dimanfaatkan oleh orang-orang.

Bagi Anda yang tertarik untuk belajar sebagai android mobile developer tapi terkendala tidak memiliki keahlian dalam pemrograman atau coding, maka Anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga, yaitu tools atau software. Berikut akan kami berikan ulasan beberapa software pembuat aplikasi android dengan mudah tanpa ngoding.

Tidak jarang orang-orang berpikir jika kita ingin membuat aplikasi harus mempunyai skill coding. Padahal itu tak perlu dilakukan karena banyak situs yang menyediakan tempat untuk membuat aplikasi dengan mudah. Anda hanya perlu mendaftar dan melengkapi form-form yang disediakan oleh situs pembuat aplikasi Android.

Software Pembuat Aplikasi Android

Selain Android Studio, ada beberapa tools yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi android, tentunya tanpa ngoding dan ribet belajar bahasa pemrograman. Berikut ini daftar lengkapnya:

Appery.lo

Situs pertama yang akan kita bahas adalah Appery.lo, situs ini dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile enterprise dengan backend service dan mempunyai banyak plugin API yang akan menyederhanakan integrasi dengan service cloud dan sistem enterprisenya.

Situs ini cukup dikenal di dunia pengembangan aplikasi android. Appery.lo ini dengan kekuatan JavaScript nya bisa membuat aplikasi mobile di berbagai macam perangkat dengan cepat.

Kelebihan Appery.lo ini yaitu dapat menggunakan cloud jadi kita tak perlu mengunduh aplikasi. Fitur Appery.lo menyediakan editor visual untuk melakukan drag and drop komponen untuk membangun antarmukanya. Aplikasi yang dibuat pun tidak hanya untuk android, tetapi juga tersedia untuk iOS dan Windows Phone.

Xamarin

Xamarin yaitu salah satu software development selain android studio yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi tidak hanya untuk perangkat android, tetapi juga iOS dan Windows Phone. Tools ini dibuat oleh perusahaan software sejak tahun 2011 dan memiliki kantor di San Fransisco, California.

Xamarin memiliki 2 IDE xamarin yang terintegrasi, yaitu Microsoft Visual Studio dan Xamarin Studio. Bedanya adalah dari perangkat lain yang digunakan oleh pengguna. Bila pengembang aplikasi menggunakan komputer yang memiliki sistem operasi Windows maka cocok menggunakan Xamarin yang terintegrasi dengan Microsoft Visual Studio. Sedangkan bagi pengembang aplikasi yang menggunakan sistem operasi Macintosh, maka lebih cocok menggunakan Xamarin Studio.

Artikel Terkait  Software Pembuat Aplikasi Android Secara Offline

Bagi para android mobile developer yang mahir dalam pemrograman, khususnya pemrograman C#, software ini memudahkan mereka untuk dapat mengembangkan aplikasi di beberapa platform sekaligus. Hal ini didukung oleh pernyataan dari Xamarin bahwa aplikasi yang dibuat menggunakan software ini hasilnya akan sebaik aplikasi native di android yang menggunakan Java dan iOS dengan Objective-C atau Swift.

Kelebihan lain dari Xamarin adalah Xamarin selalu update API-API terbaru yang diperoleh dari Google (Android) dan Apple (iOS). Xamarin juga menyediakan beragam dokumentasi, guide, tutorial dan support yang dibutuhkan oleh para user yang mengembangkan aplikasi dengan Xamarin.

Kekurangan dari Xamarin ini apabila Anda masih menggunakan yang versi free maka akan merasakan keterbatasan yang cukup signifikan dalam hal besarnya kapasitas aplikasi yang dibuat. Selain itu, Xamarin juga tidak memiliki fitur form yang memungkinkan penggunaan kode yang sama pada platform yang berbeda.

Apache Cordova

Apache Cordova adalah platform pembuat aplikasi android yang menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript. Software ini juga menyediakan berbagai API plugin yang memudahkan user dalam mengembangkan aplikasi dengan cara mengakses beberapa fungsi seperti status baterai, kamera, kontak, perangkat, akselerometer, kompas, sistem berkas, geolokasi, media, informasi jaringan, dll.

Dengan Apache Cordova ini, kita tidak perlu lagi membangun aplikasi menggunakan native code seperti Java dan Objective-C. Kita hanya perlu menggunakan teknologi web dan diinstall pada perangkat mobile yang bersangkutan. Kelebihan dari menggunakan Javascript oleh software ini, aplikasi yang kita buat pun dapat digunakan pada platform lain dengan sedikit atau tanpa perubahan.

Ionic Framework

Ionic adalah sebuah framework yang berbasis HTML5 yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile dengan teknologi web seperti HTML, CSS, dan Javascript. Bila Anda menggunakan Ionic ini, Anda tidak perlu lagi belajar bahasa pemrograman Java, Objective-C, atau C# untuk membuat aplikasi android.

Selain menggunakan HTML5, Ionic juga menggunakan Angular JS untuk mengimplementasikan logicnya. Dengan menggunakan Angular JS ini, aplikasi yang dibuat akan dapat berjalan sangat cepat seperti aplikasi native.

Artikel Terkait  Pembuat Aplikasi Android Sendiri Secara Offline

Desain tampilan antarmuka aplikasi yang dimiliki Ionic dibantu dengan IonicLab. IonicLab ini adalah solusi bagi Anda yang ingin kenyamanan dengan versi GUI dari Ionic CLI. Sehingga Anda tinggal klik untuk melakukan operasi, Anda tidak perlu lagi mengetikkan perintah di Console.

Namun software Ionic ini telah dihentikan oleh pihak developer dikarenakan Ionic hanyalah sebuah framework yang membutuhkan tool tambahan seperti Cordova / Phonegap untuk merubah kodingan menjadi aplikasi android atau iOS.

React Native

Meski sama-sama menggunakan framework javascript, tapi React Native berbeda dengan Ionic Framework. Jika Ionic Framework adalah sebuah web app, maka React Native merupakan real native. Dengan menggunakan React Native, hasil aplikasi yang kita buat sangat mendekati bahkan tidak dapat dibedakan dengan aplikasi native. Hal ini disebabkan karena React Native memang memiliki native, sehingga aplikasi yang dibuat terintegrasi dengan aplikasi native yang sebenarnya.

React Native membuat render component yang berbeda antara iOS dan android, tetapi ada beberapa component yang bisa digunakan bersamaan antara android dan iOS. Sehingga Anda bisa membuat dua aplikasi iOS dan Android dalam waktu yang bersamaan.

App Inventor

App Inventor ini awalnya dikembangkan oleh Google, tapi saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). App Inventor ini lebih memungkinkan bagi pemula atau user baru agar dapat memprogram komputer dan membuat aplikasi terutama bagi sistem yang berbasis Android.

Tampilan App Inventor menggunakan antarmuka grafis, yang memungkinkan user untuk mendrag and drop objek visual saat membuat aplikasi android. Dengan App Inventor ini kita tidak perlu menggunakan coding sama sekali dalam membuat aplikasi. Hal ini karena App Inventor berbasis visual block programming dimana kita dapat melihat, menggunakan, menyusun, dan drag-drop blok yang merupakan simbol-simbol perintah dan fungsi event handler. Tentu ini sangat menyenangkan bagi Anda saat membuat aplikasi android.

IDE Pembuat Aplikasi Android Eclipse

Eclipse merupakan Integrated Development Environment (IDE). Eclipse berfungsi untuk mengembangkan aplikasi Java dan aplikasi dalam bahasa pemrograman lain melalui plugin, seperti ABAP, C, C++, COBOL, Fortran, Haskell, JavaScript, Lasso, Lua, ALAMI, Perl, PHP, Prolog, Python, R, Ruby, Scala, Clojure, Groovy, Skema, dan Erlang.

Eclipse juga berfungsi untuk mengembangkan aplikasi berbasis android, tapi diperlukan lingkungan pengembang seperti Eclipse Java JDT untuk Java dan Scala, Eclipse CDT untuk C / C ++, Eclipse PDT untuk PHP, Eclipse ADT untuk Android.

ADT adalah salah satu jenis plugin Google yang sudah tersedia pada IDE Eclipse yang dirancang untuk menyediakan lingkungan yang terintegrasi untuk membuat aplikasi android. Kelebihan menggunakan Eclipse ini juga saat ADT membiarkan user menyiapkan proyek android baru, membuat aplikasi UI, menambah paket berdasarkan kerangka android API, debug aplikasi menggunakan alat SDK android, dan esksport signed atau unsigned file APK untuk mendistribusikan aplikasi.

Kode awal dari Eclipse berasal dari IBM VisualAge. Eclipse Software Development (SDK) kit yang termasuk pengembang Java dapat ditambah kemampuannya dengan menginstall plugin yang telah tertulis untuk Eclipse Platform, seperti toolkit pengembangan bahasa pemrograman lain.

Appclay Shephertz

Dengan menggunakan situs tersebut Anda tidak perlu install software seperti saat Anda membuat aplikasi lain. Jadi Anda bisa membuat aplikasi berbasis android dengan menggunakan basis HTML5.

AppYet

Selain situs pembuat aplikasi android Appclay Shephertz yang menggunakan HTML5, situs AppYet juga menggunakan basis yang sama untuk membuat aplikasi. Keuntungannya bila Anda menggunakan situs ini untuk membuat aplikasi Anda dapat menjalankan aplikasi tersebut pada iPad, iPhone, Blackberry,dan juga pada Windows Phone.

Buzztouch

Buzztouch adalah software open source yang dapat membantu Anda membuat aplikasi secara gratis. Kelebihannya, Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut pada Android dan iOS.

Appy Pie

Banyak situs yang telah membahas Appy Pie, seperti Mashable, TechCrunch, Wired, Forbes, Gigaom, TNW, dan VentureBeat. Kini Appy Pie pun menyediakan game builder sehingga Anda bisa membuat game sendiri.

Cara menggunakan aplikasi di Appy Pie, Anda hanya perlu register melalui facebook, setelah itu Anda tinggal mengeditnya. Anda bisa memilih paket free dari Appy Pie, tetapi hanya akan bisa membuat aplikasi untuk HTML5 dan android. Fiturnya pun sangat terbatas untuk pilihan paket free.

AppMakr

AppMakr adalah tool pembuat aplikasi android yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi dengan kreasinya masing-masing dengan menggunakan teknik **point dan click**. Dan Anda pun bisa menggunakannya secara gratis.

AppMakr memiliki interface, sehingga Anda cukup melakukan drag komponen dari sebelah kiri ke jendela smartphone yang di tengah. Selain itu, Header, Ikon, dan gambar latar belakang pun juga tersedia.

AppMachine

Hampir sama dengan AppMakr yang menggunakan interface. Anda hanya perlu melakukan drag and drop yang dapat Anda kombinasikan dengan berbagai macam building block yang menawarkan berbagai macam fitur, seperti informasi, foto, video, dll.

Sayangnya untuk menggunakan AppMachine ini cukup menguras kantong. Karena untuk mendaftar di paket plus seharga $49 dan paket basic seharga $19, tapi hanya menyediakan aplikasi HTML5 untuk paket basic.

Good Barber

Good Barber lebih dikenal dengan pilihan tema yang beragam hingga 350 lebih ikon dan 600 font google. Kelebihan Good Barber dalam segi tampilan ini akan lebih mempercantik aplikasi yang Anda buat.

Situs ini dapat membantu Anda dalam membuat aplikasi untuk android, iPhone, serta aplikasi web untuk mobile. Anda pun tak perlu belajar coding dan pemrograman jika menggunakan situs ini. Sehingga Anda pun dapat membuat aplikasi dengan lebih cepat dan mudah.

Namun sayangnya yang ditawarkan oleh Good Barber tidak dapat diperoleh secara gratis. Kita harus mengeluarkan biaya untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

Artikel Terkait  6 Aplikasi Pembuat Website Terbaik

Beberapa situs di atas yang bisa Anda gunakan untuk dapat digunakan sebagai pembuat aplikasi android dengan cepat dan mudah tanpa perlu belajar coding yang menurut user pemula itu cukup rumit dan juga memakan waktu lama untuk memahaminya. Namun sebelum memilih situs apa yang sesuai, cek kembali kelebihan dan kekurangan masing-masing situs, juga Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda dalam membuat aplikasi.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang KamiKontak Kami
Pengenalan PerusahaanPengenalan Layanan
Tags: