APPKEY | Pembuat Aplikasi Android Sendiri Secara Offline
Pembuat aplikasi Android bisa Anda lakukan secara offline menggunakan Tools berikut ini. Selain itu, Anda juga membutuhkan ide, dan tekad yang kuat untuk belajar.
18355
post-template-default,single,single-post,postid-18355,single-format-standard,qode-listing-1.0.1,qode-quick-links-1.0,qode-restaurant-1.0,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.2,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive

Pembuat Aplikasi Android Sendiri Secara Offline

Sebelumnya pernah dengar tidak tentang aplikasi yang difungsikan sebagai pembuat aplikasi? Kedengarannya memang sangat lucu, karena memang ada semacam aplikasi yang khusus dibuat untuk membuat aplikasi. Namun, kehadirannya sebenarnya sangat bermanfaat, karena aplikasi tersebut dapat digunakan oleh para pemula yang hendak belajar bagaimana cara membuat aplikasi.

Menariknya lagi, aplikasi-aplikasi tersebut telah menggunakan sistem operasi yang mudah dioperasikan oleh pemula, sehingga menjadi lebih mudah dalam mengotak-ngatik dan melakukan uji coba membuat aplikasi Android dengan menggunakan pilihan bahasa pemrograman yang tepat. Selain itu, kebanyakan aplikasi pembuatan aplikasi Android tersebut sudah dilengkapi dengan basic pemrograman yang memudahkan Anda dalam melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis Android.

Artikel Terkait  6 Aplikasi Pembuat Website Terbaik

Bahkan, aplikasi-aplikasi tersebut dapat dioperasikan secara offline, sehingga Anda dapat leluasa belajar tanpa perlu memikirkan pembengkakan kuota data internet. Pasti Anda merasa penasaran, aplikasi-aplikasi apa sajakah itu? Sebelum menjelaskannya, Anda harus tahu, bahwasanya secanggih apapun aplikasi yang Anda gunakan, namun jika Anda tidak memiliki tekad dan niat untuk belajar, maka percuma saja.

Membuat aplikasi merupakan pekerjaan yang rumit dan sulit, terlebih lagi bagi para pemula. Walaupun sudah berbekal aplikasi atau tools canggih sekalipun, Anda tetap diharuskan untuk mengembangkan ide dan kreativitas agar dapat membuat aplikasi yang menarik, fungsional dan bermanfaat bagi para penggunanya.

Kriteria Aplikasi Pembuat Aplikasi Android Terbaik

Sebenarnya, kemampuan, ide dan kreatifitas bukanlah hal yang satu-satunya menjadi kunci utama agar Anda bisa membuat aplikasi sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Sebab, sebaik apapun kemampuan yang Anda miliki, kemampuan tersebut tetap harus ditunjang dengan pemilihan aplikasi atau software pembuat aplikasi yang terbaik dan memiliki fitur yang lengkap. Agar tidak salah pilih, berikut ini beberapa kriteria tentang aplikasi atau software yang terbaik dalam hal pembuatan aplikasi.

Gratis

Sebagai seorang pemula yang masih dalam tahap belajar membuat aplikasi, tentu Anda lebih tertarik untuk menggunakan aplikasi gratis dan berbasis offline. Jangan khawatir, karena terdapat aplikasi atau software pembuatan aplikasi gratis yang bisa Anda dipilih untuk diinstal ke dalam perangkat Anda.

Jaminan Kualitas

Untuk mengetahui kualitasnya, Anda harus melihat detail review dari aplikasi pembuat aplikasi yang hendak diinstal. Dari situ, Anda bisa mengetahui kualitasnya berdasarkan dari detail informasi dan respon para pengguna yang telah menginstal aplikasi tersebut. Aplikasi berkualitas terbaik, biasanya memiliki banyak unduhan dan memiliki banyak komentar positif dari pengguna.

Kelengkapan Fitur

Bagi seorang pemula seperti Anda, tentu menggunakan aplikasi maupun software pembuatan aplikasi Android dengan fitur-fitur yang menunjang merupakan pilihan yang tepat. Oleh karena itu, pastikan bahwa aplikasi yang hendak Anda pilih sudah dilengkapi dengan banyak fitur penunjang.

Developer Berpengalaman

Pilihlah aplikasi yang sudah memiliki jam terbang tinggi, yakni aplikasi yang sudah lama dirilis oleh developer yang berpengalaman. Pastikan bahwa aplikasi tersebut sudah berumur cukup lama untuk memenuhi kebutuhan penggunaanya dalam melakukan pembuatan aplikasi Android.

Apakah Anda sudah bisa menentukan pilihan? Jika belum, berikut ini akan direkomendasikan beberapa aplikasi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pembuat Aplikasi Android Sendiri Secara Offline

Pembuat aplikasi android bisa Anda lakukan secara offline dengan menggunakan tools-tools berikut ini. Yang mana, tools-tools berikut ini merupakan aplikasi terbaik yang kemungkinan besar dapat memenuhi kebutuhan Anda saat ini.

Aplikasi Android Studio

Aplikasi Android Studio ini cukup populer di kalangan desainer aplikasi profesional. Sebab, aplikasi yang dikembangkan oleh IDE (Integrated Development Environment) ini difungsikan secara khusus untuk merancang dan mengembangkan aplikasi berbasis Android resmi dari Google.

Aplikasi yang mendapat dukungan resmi dari Google ini telah dirilis sejak tahun 2013. Yang mana Android Studio menyediakan fitur-fitur yang berguna bagi kemudahan dan produktivitas pengguna dalam merancang, membuat hingga mengembangkan aplikasi berbasis Android. Adapun fitur lengkap yang dimilikinya, adalah:

  • Aplikasi Android Studio memiliki Sistem versi berbasis Gradle yang dapat digunakan dengan fleksibel.
  • Dilengkapi dengan Emulator yang cepat dan kaya fitur-fitur yang menunjang.
  • Memiliki lingkungan yang menyatu untuk pengembangan bagi semua perangkat Android.
  • Memiliki fitur Instant Run yang difungsikan untuk mendorong perubahan ke aplikasi yang berjalan tanpa membuat APK baru.
  • Adanya dukungan template kode dan integrasi GitHub untuk membuat fitur aplikasi yang sama dan mengimpor kode contoh.
  • Dilengkapi dengan alat pengujian dan kerangka kerja yang ekstensif.
  • Aplikasi Android Studio telah dilengkapi dengan alat Lint untuk meningkatkan kinerja, kegunaan, kompatibilitas versi, dan digunakan untuk mengatasi berbagai masalah.

Dengan menggunakan aplikasi Android Studio, Anda dapat merancang, membuat dan mengembangkan aplikasi Android dengan beberapa bahasa pemrograman, diantaranya seperti : Java, Kotlin, dan C++.

Aplikasi Eclipse

Aplikasi Eclipse sebenarnya merupakan software yang multi platform, karena memang bisa digunakan dalam mengembangkan aplikasi dari semua platform, tak terkecuali untuk OS Android.

Eclipse merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java. Akan tetapi, eclipse juga dapat dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman lain, mulai dari Python, Perl, Php, C, C++ dan lain sebagainya. Selain itu, Eclipse merupakan tool yang bersifat open source dan memiliki banyak plugin, sehingga dapat dikatakan mirip dengan Android Studio.

Aplikasi Xamarin

Apabila Anda sudah bisa menguasai basic dari pemrograman C#, maka Xamarin merupakan tools pembuat aplikasi yang paling pas untuk Anda pilih. Aplikasi yang dikembangkan oleh Xamarin Inc ini memang difungsikan untuk membuat aplikasi platform Android, IOS dan windows phone dengan menggunakan bahasa pemrograman C#. Terdapat dua jenis Xamarin yang dibedakan dari Integrated Development Environment yang dimilikinya, diantaranya adalah Xamarin Studio dan Xamarin yang terintegrasi dengan Visual Studio. Yang mana, keduanya memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda, namun tetap memberikan hasil yang berkualitas.

Aplikasi NetBeans

Aplikasi NetBeans ini difungsikan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Java, C++ dan yang lainnya. Aplikasi ini memiliki sifat open source. Untuk menggunakan aplikasi yang dirilis oleh perusahaan Oracle ini, Anda harus menginstal JRE dan JDK terlebih dahulu.

Aplikasi Adobe Flash

Sebelum dikenal dengan nama Adobe Flash, aplikasi ini dulunya dikenal dengan nama Macromedia Flash. Walaupun memiliki nama yang berbeda, namun aplikasi ini sejak dulu hingga sekarang memang bisa digunakan untuk merancang, membuat hingga mengembangkan aplikasi berbasis Android.

Artikel Terkait  Programming Apps : Aplikasi Terbaik Untuk membuat Aplikasi

Namun, seperti yang kita ketahui bahwa fungsi utama dari tool Adobe Flash ini sebenarnya untuk membuat gambar vektor dan animasi. Akan tetapi, ketika sudah diakuisisi oleh adobe system sejak Desember 2005 lalu, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai salah satu tool terbaik untuk pembuat aplikasi berkualitas.

Aplikasi Unity

Pada awal kehadirannya, Unity hanya bisa digunakan oleh MacOS saja. Namun, saat ini Unity sudah berkembang menjadi sebuah software dengan multi platform, sehingga bisa digunakan oleh OS lainnya, seperti Linux dan Windows. Sejak dirilis pada tahun 2005 hingga sekarang, banyak developer yang menggunakan Unity sebagai software yang digunakan dalam membuat aplikasi game berbasis Android, iOS, Playstation, Windows, Mac dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan Unity memang merupakan Game Engine, karena di dalamnya Anda bisa memasukan kode-kode bahasa pemrograman seperti Javascript, C# dan yang lainnya untuk membuat game.

Aplikasi Apache Cordova

Apakah dulu Anda cukup familiar dengan nama PhoneGap? Pasalnya, sebelum dikenal dengan nama Apache Cordova, dulunya aplikasi ini dikenal dengan nama PhoneGap. Pada dasarnya, Apache Cordova merupakan suatu framework yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis iOs, Android dan Windows Phone. Dengan menggunakan Apache Cordova, maka Anda bisa membuat aplikasi berkualitas dengan menggunakan HTML5, CSS3, dan Javascript. Menariknya, dalam membuat aplikasi dengan Apache Cordova, Anda tidak diharuskan untuk menggunakan API yang spesifik.

Itulah beberapa aplikasi terbaik yang dapat Anda gunakan sebagai alat pembuat aplikasi secara offline. Anda harus tahu, meskipun aplikasi atau tools tersebut dapat digunakan secara offline, namun dalam mengoperasikannya, setidaknya Anda harus mengetahui tentang bahasa pemrograman atau coding.

Membuat aplikasi merupakan hal yang rumit dan sulit, sehingga tak cukup sehari atau dua hari saja dalam belajar membuat aplikasi. Terlebih lagi, proses pengerjaan dan pembuatan aplikasi tersebut juga membutuhkan waktu yang cukup lama, karena Anda memang harus mempertimbangkan banyak hal dalam setiap prosesnya, mulai dari tampilan desain, kelengkapan fitur, performa, kepuasan pengguna dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan aplikasi? | PT APPKEY
Selain mengembangkan aplikasi, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas aplikasi Anda, dengan penerapan strategi pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang KamiKontak Kami
Pengenalan PerusahaanPengenalan Layanan
Tags: